rumus ragam

2 Rumus Ragam dan Pembahasan Soal

Halo sobat zenius! Kamu merasa kesulitan gak sama rumus ragam? Sebenarnya rumus ragam itu gampang dipelajari kok, asalkan kamu tau dan paham dasar dari ragam itu sendiri. Ragam merupakan salah satu materi yang diajarkan dalam ilmu statistika selain mean, median, dan modus. Tenang aja sobat, kali ini aku bakal ngebahas rumus ragam beserta penjelasannya kok. Simak sampe habis ya biar paham.

Pengertian

Ragam biasanya diajarkan pada ilmu statistik untuk mengukur tingkat kesamaan atau kedekatan dalam suatu kelompok. Ragam adalah nilai statistik yang sering kali dipakai dalam menentukan kedekatan sebaran data yang ada di dalam sampel dan seberapa dekat titik data individu dengan mean atau rata-rata nilai dari sampel itu sendiri.

Fungsi

Ragam pada umumnya dipakai oleh para ahli statistik atau orang yang terjun dalam dunia statistik untuk mengetahui apakah sampel data yang diambil mewakili seluruh populasi. Dalam mencari data yang tepat untuk sebuah populasi sangat sulit dilakukan. Oleh karena itu, untuk mempermudah mencarinya maka dipilih sampel data yang mewakili seluruh populasi.

Rumus ragam Data Tunggal

2 Rumus Ragam dan Pembahasan Soal 169

2 Rumus Ragam dan Pembahasan Soal 170 = Ragam

2 Rumus Ragam dan Pembahasan Soal 171 = nilai x ke-i

2 Rumus Ragam dan Pembahasan Soal 172 = nilai rata-rata data

2 Rumus Ragam dan Pembahasan Soal 173 = jumlah data

Soal dan Pembahasan

Di suatu kelas terdiri dari 10 orang yang memiliki tinggi 152, 165, 173, 159, 164, 154, 174, 156, 168, dan 163.

Pembahasan

1. Menghitung nilai rata-rata dari nilai data yang ada. Nilai rata-rata sama dengan jumlah dari setiap nilai yang ada dalam kumpulan data dibagi dengan jumlah data tersebut.

2 Rumus Ragam dan Pembahasan Soal 174

2 Rumus Ragam dan Pembahasan Soal 175

2. Menghitung penyimpangan setiap data dari rata-ratanya. Yaitu dengan cara mengurangi nilai dari nilai rata-rata.

2 Rumus Ragam dan Pembahasan Soal 176

3. Terakhir, simpangan setiap nilai data kita kuadratkan lalu kita bagi dengan nilai rata-rata data. Nilai yang dihasilkan disebut ragam.

2 Rumus Ragam dan Pembahasan Soal 177

2 Rumus Ragam dan Pembahasan Soal 178

Jadi, nilai ragam data tersebut adalah 54,7

Rumus ragam Data Kelompok

2 Rumus Ragam dan Pembahasan Soal 179

2 Rumus Ragam dan Pembahasan Soal 170 = Ragam

2 Rumus Ragam dan Pembahasan Soal 181 = frekuensi kelompok

2 Rumus Ragam dan Pembahasan Soal 171 = nilai tengah x ke-i

2 Rumus Ragam dan Pembahasan Soal 183 = nilai rata-rata data

2 Rumus Ragam dan Pembahasan Soal 173 = jumlah data

Contoh dan Pembahasan Soal

Tentukan Ragam dari tabel berikut

2 Rumus Ragam dan Pembahasan Soal 185

Pembahasan

1. Tentukan nilai tengah dari setiap kelompok yang ada. Selanjutnya hitung jumlah nilai kelompok dengan cara nilai tengah dikali frekuensi.

2 Rumus Ragam dan Pembahasan Soal 186

2. Hitung nilai rata-rata dengan cara jumlah nilai kelompok dibagi dengan total data tersebut.

2 Rumus Ragam dan Pembahasan Soal 187

3. Hitung simpangan setiap kelompok dengan cara mengkalikan frekuensi dengan kuadrat nilai tengah yang dikurang rata-rata data.

2 Rumus Ragam dan Pembahasan Soal 188

4. Jumlah simpangan setiap kelompok dibagi dengan total data disebut ragam.

2 Rumus Ragam dan Pembahasan Soal 189

Jadi, ragam kelompok tersebut adalah 46

Gimana, gampang kan? Wah kalo kalian suka sama materi dan rumus ragam, aku rekomendasiin deh kalian kuliah jurusan ilmu statistika atau aktuaria, karena di sana lebih banyak ilmu hitung-hitungan seperti ini.

Baca artikel lainnya di sini!

Rumus Simpangan Baku Data Tunggal dan 2 Pembahasan Soal

8 Rumus Luas Bangun Datar Yang Harus Kamu Tau!