Rumus Simpangan Baku Data Kelompok dan Pembahasan Soal

Rumus Simpangan Baku Data Kelompok dan Pembahasan Soal 121

Saat mempelajari statistika, Sobat Zenius pasti bakalan menemukan materi yang satu ini. Gimana, susah, nggak? Eits, tenang aja. Supaya elo nggak bingung lagi, gue mau ngajak elo semua buat membahas rumus simpangan baku data kelompok beserta contoh soal yang bisa elo pelajari langsung!

Sebenarnya, rumus simpangan baku ini gampang dipelajari, kok, asalkan elo tahu dan paham dasar dari simpangan baku itu sendiri. 

Nah, buat Sobat Zenius yang belum memahami pengertiannya, secara sederhana simpangan baku merupakan salah satu materi yang diajarkan dalam ilmu statistika selain mean, median, dan modus. 

Khusus artikel ini, gue bakal ngebahas bagaimana cara mencari simpangan baku data kelompok dan pembahasan soalnya!

Tanpa perlu lama-lama lagi, yuk, simak artikel ini!

Pengertian Simpangan Baku

rumus simpangan baku data kelompok
Ilustrasi orang belajar (Dok. Arsip Zenius)

Saat mempelajari sesuatu, ada baiknya kita memahami fundamentalnya terlebih dahulu, nih, Sobat Zenius. Yap, gue akan menjelaskan singkat mengenai pengertian simpangan baku.

Simpangan baku biasanya diajarkan pada ilmu statistik untuk mengukur tingkat kesamaan atau kedekatan dalam suatu kelompok. 

Simpangan baku adalah nilai statistik yang sering kali dipakai dalam menentukan kedekatan sebaran data yang ada di dalam sampel dan seberapa dekat titik data individu dengan mean atau rata-rata nilai dari sampel itu sendiri.

Buat Sobat Zenius yang belum tahu, simpangan baku pada ilmu statistika juga bisa disebut dengan Deviasi Standar. Apa itu? Deviasi Standar yaitu teknik statistik yang digunakan dalam menjelaskan homogenitas pada sebuah kelompok.

Fungsi Simpangan Baku

Simpangan baku pada umumnya dipakai oleh para ahli statistik atau orang yang terjun dalam dunia statistik untuk mengetahui apakah sampel data yang diambil mewakili seluruh populasi. 

Dalam mencari data yang tepat untuk sebuah populasi sangat sulit dilakukan. Oleh karena itu, untuk mempermudah pencariannya maka dipilih sampel data yang mewakili seluruh populasi.

Rumus Simpangan Baku Data Kelompok

Nah, dari penjelasan di atas setidaknya Sobat Zenius sudah memahami apa itu simpangan baku data kelompok beserta fungsinya.

Selanjutnya, kita akan beralih pada rumus simpangan baku data kelompok. Elo semua pasti udah penasaran, kan?

Ketika Sobat Zenius hendak mencari simpangan baku data kelompok, maka cara yang bisa dilakukan yaitu menggunakan rumus di bawah ini:

Rumus Simpangan Baku Data Kelompok dan Pembahasan Soal 122

Rumus Simpangan Baku Data Kelompok dan Pembahasan Soal 123 = Standar deviasi

Rumus Simpangan Baku Data Kelompok dan Pembahasan Soal 124 = frekuensi kelompok

Rumus Simpangan Baku Data Kelompok dan Pembahasan Soal 125 = nilai tengah x ke-i

Rumus Simpangan Baku Data Kelompok dan Pembahasan Soal 126 = nilai rata-rata data

Rumus Simpangan Baku Data Kelompok dan Pembahasan Soal 127 = jumlah data

Nah, mungkin Sobat Zenius bertanya-tanya, apa, sih standar deviasi itu? 

Standar deviasi merupakan nilai statistik yang dipakai untuk menentukan seberapa dekat data dari suatu sampel statistik dengan data rata-rata data tersebut.

Lalu, bagaimana cara mencari nilai standar deviasi? Pertama-tama, elo bisa menghitung nilai rata-rata dari semua titik data. Kemudian, hitung penyimpanan pada setiap titik data dari rata-rata. 

Untuk menghitungnya, Sobat Zenius bisa mengurangkan nilai dari nilai rata-rata. Lalu, deviasi setiap titik data akan dikuadratkan dan dicari penyimpanan kuadrat individu rata-rata.

Contoh Soal Simpangan Baku Data Kelompok dan Pembahasan

Kini saatnya buat Sobat Zenius untuk mempelajari beragam contoh soal simpangan baku data kelompok.

Di bawah ini gue akan memaparkan contoh-contoh soalnya beserta pembahasannya. Yuk, disimak baik-baik!

Soal

Tentukan simpangan baku dari tabel berikut:

Rumus Simpangan Baku Data Kelompok dan Pembahasan Soal 128

Pembahasan:

Untuk menjawab soal di atas, ada beberapa langkah yang bisa elo praktikkan.

1. Tentukan nilai tengah dari setiap kelompok yang ada. Selanjutnya hitung jumlah nilai kelompok dengan cara nilai tengah dikalikan frekuensi.

Rumus Simpangan Baku Data Kelompok dan Pembahasan Soal 129

2. Hitung nilai rata-rata dengan cara jumlah nilai kelompok dibagi dengan total data tersebut.

Rumus Simpangan Baku Data Kelompok dan Pembahasan Soal 130

3. Hitung simpangan setiap kelompok dengan cara mengkalikan frekuensi dengan kuadrat nilai tengah yang dikurang rata-rata data.

Rumus Simpangan Baku Data Kelompok dan Pembahasan Soal 131

4. Jumlah simpangan setiap kelompok dibagi dengan total data disebut varians.

Rumus Simpangan Baku Data Kelompok dan Pembahasan Soal 132

5. Kemudian akarkuadratkan nilai varian tersebut.

Rumus Simpangan Baku Data Kelompok dan Pembahasan Soal 133

Jadi,  simpangan baku dari data yang disajikan pada tabel di atas adalah Rumus Simpangan Baku Data Kelompok dan Pembahasan Soal 134

Bagaimana? Sobat Zenius sudah memahaminya dengan baik? Kalau belum, elo bisa mempelajarinya secara perlahan-lahan, ya!

Itu dia pembahasan singkat dari gue mengenai rumus simpangan baku data kelompok beserta contoh soal yang bisa elo pelajari.

Kalau nanti setelah lulus dari SMA Sobat Zenius tertarik untuk masuk jurusan Statistika, sebaiknya pelajari materi ini dengan saksama. Nantinya, elo juga akan mengeksplorasi lebih dalam lagi mengenai materi-materi menarik tentang Statistika.

Nah, kalau elo tertarik buat belajar materi UTBK yang lainnya, Sobat Zenius bisa langsung, nih, klik banner di bawah ini! Di sana, ada banyak sekali contoh soal beserta video pembelajaran yang disajikan dengan menarik sehingga mudah dipahami oleh Sobat Zenius.

Rumus Simpangan Baku Data Kelompok dan Pembahasan Soal 135

Baca Juga Artikel Lainnya:

2 Rumus Simpangan Baku dan Pembahasan Soal

2 Rumus Varians dan Pembahasan Soal

Contoh Soal Pengetahuan Kuantitatif TPS

Originally published: September 24, 2021
Updated by: Maulana Adieb

Bagikan Artikel Ini!