universitas swasta dengan jurusan psikologi terbaik

7 Daftar Universitas Swasta dengan Jurusan Psikologi Terbaik yang Perlu Sobat Zenius Tahu!

Nggak cuman di perguruan tinggi negeri (PTN), saat ini sudah ada banyak, lho, universitas swasta dengan jurusan psikologi terbaik yang bisa Sobat Zenius pilih saat masuk ke dunia perkuliahan nanti!

Tak bisa dimungkiri, jurusan psikologi memang menjanjikan prospek kerja yang tinggi. Setelah lulus kuliah, elo bisa jadi konsultan psikolog ataupun masuk ke instansi pemerintahan.

Sayangnya, saat ini masih banyak orang-orang yang terpaku dengan jurusan psikologi yang ada di perguruan tinggi negeri. Padahal, jurusan psikologi terbaik juga bisa elo temukan di perguruan tinggi swasta, lho, Sobat Zenius!

Emangnya, mana aja, sih, universitas swasta yang ada jurusan psikologi? Daripada makin penasaran, gue mau coba buat daftar universitasnya buat elo, nih! Yuk, simak baik-baik, ya!

Daftar Universitas Swasta dengan Jurusan Psikologi Terbaik

Sobat Zenius yang belum lulus PTN dan tertarik untuk memasuki PTS dengan mengambil jurusan psikologi sebaiknya perhatikan artikel ini dengan baik-baik. Daftar universitas swasta di bawah ini bisa jadi referensi yang menarik buat elo di masa depan nanti.

1. Universitas Islam Indonesia (UII)

universitas swasta dengan jurusan psikologi terbaik
Universitas Islam Indonesia. Credit Image by uii.ac.id

Sobat Zenius pernah mendengar nama Universitas Islam Indonesia alias UII? Yap, kampus swasta yang satu ini masuk ke dalam salah satu PTS terbaik di Indonesia, lo! 

Terletak di Daerah Istimewa Yogyakarta, UII menyediakan jurusan psikologi dengan akreditasi A! Di sisi lain, jurusan Psikologi UII juga mengalami perubahan secara berkala dengan berlandaskan perkembangan keilmuan terkini. 

Di UII, jurusan Psikologi masuk ke dalam Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial dan Budaya atau biasa disingkat menjadi FPSB.

Jika Sobat Zenius tertarik masuk ke jurusan Psikologi UII, elo akan belajar banyak sekali mata kuliah yang menarik seperti biopsikologi, psikologi komunikasi, psikologi kognitif, asesmen dewasa, asesmen anak dan remaja, dan lain-lain.

UII menjadi salah satu penyedia jurusan psikologi swasta terbaik dan bisa jadi pilihan elo saat hendak memasuki jenjang perkuliahan nanti.

Baca Juga: Ingin Masuk PTS? Ini 5 Universitas Swasta Terbaik di Pulau Sumatera

2. Universitas Katolik Atma Jaya Jakarta

universitas swasta dengan jurusan psikologi terbaik
Universitas Katolik Atma Jaya. Credit Image by m.atmajaya.ac.id

Selain UII, universitas swasta dengan jurusan Psikologi terbaik selanjutnya adalah Atma Jaya Jakarta. Sobat Zenius yang tinggal di Jabodetabek mungkin sudah pernah mendengar nama kampus yang satu ini.

Sama seperti halnya UII, Universitas Katolik (Unika) Atma Jaya Jakarta juga menyediakan jurusan Psikologi terbaik dengan akreditasi A. Bedanya, jurusan Psikologi Atma Jaya sudah masuk ke dalam Fakultas Psikologi sendiri.

Di Atma Jaya, Sobat Zenius akan menemukan mata kuliah Psikologi sebagai berikut:

  • Psikologi perkembangan
  • Psikologi sosial
  • Psikologi faal
  • Filsafat ilmu
  • Psikologi kognitif
  • Psikologi klinis
  • Dan masih banyak lagi

3. Universitas Gunadarma

7 Daftar Universitas Swasta dengan Jurusan Psikologi Terbaik yang Perlu Sobat Zenius Tahu! 17
Universitas Gunadarma. Credit Image by gunadarma.ac.id

Masih di area Jabodetabek, Sobat Zenius juga bisa menjadikan Universitas Gunadarma sebagai opsi untuk memilih universitas swasta psikologi terbaik.

Sama seperti Atma Jaya dan UII, Psikologi Gunadarma juga sudah terakreditasi A sejak tahun 2013 lalu.

Di Gunadarma, jurusan Psikologinya juga sudah masuk ke dalam Fakultas Psikologi sendiri. Apabila Sobat Zenius tertarik masuk ke Psikologi Gunadarma, elo akan belajar banyak hal, mulai dari interaksi manusia dan komputer, kode etik psikologi, ergonomi komputerisasi, hingga psikologi konseling.

4. Universitas Mercu Buana

universitas swasta dengan jurusan psikologi terbaik
Universitas Mercu Buana. Credit Image by mercubuana.ac.id

Beralih ke area Yogyakarta, universitas swasta dengan jurusan psikologi terbaik selanjutnya yaitu Universitas Mercu Buana. Kampus ini terletak di Jl. Raya Wates-Yogyakarta, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Psikologi Mercu Buana sudah terakreditasi A. Dengan demikian, Sobat Zenius tak perlu khawatir akan kualitasnya.

Selain S1, di Mercu Buana juga menyediakan jenjang kuliah S2 untuk jurusan Psikologi. 

Berikut daftar mata kuliah jurusan Psikologi di Mercu Buana:

  • Psikologi pendidikan
  • Psikologi sosial
  • Psikologi industri dan organisasi
  • Filsafat manusia
  • Psikometri
  • Kognisi sosial
  • Dan masih banyak lagi

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Lebih Baik Memilih Gap Year Kuliah

5. Universitas Sanata Dharma

7 Daftar Universitas Swasta dengan Jurusan Psikologi Terbaik yang Perlu Sobat Zenius Tahu! 18
Universitas Sanata Dharma. Credit Image by usd.ac.id

Masih menetap di Daerah Istimewa Yogyakarta, ada satu lagi universitas swasta yang ada jurusan psikologi, yaitu Universitas Sanata Dharma. Sobat Zenius pernah mendengar nama kampus yang satu ini?

Yap, Universitas Sanata Dharma terletak di Jl. Affandi, Kec Depok, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Secara keseluruhan, kampus USD terbagi menjadi 5 dan terletak di alamat yang berbeda-beda.

Jurusan Psikologi Sanata Dharma juga termasuk salah satu jurusan psikologi terbaik di Indonesia. Bagaimana tidak, jurusan Psikologinya sudah terakreditasi A, lo! Secara lokasi, fakultas Psikologi Sanata Dharma terletak di kampus 3, yaitu di Jl. Paingan, Maguwoharjo.

Di USD, elo akan belajar mata kuliah Psikologi seperti pendidikan anak usia dini, biopsikologi, psikologi kepribadian, dan masih banyak lagi.

6. Universitas Muhammadiyah Malang

universitas swasta dengan jurusan psikologi terbaik
Universitas Muhammadiyah Malang. Credit Image by umm.ac.id

Berpindah ke Kota Malang, Jawa Timur, ada salah satu universitas swasta dengan jurusan Psikologi terbaik yang perlu Sobat Zenius ketahui, yaitu Universitas Muhammadiyah Malang. Universitas ini memang seringkali disebut-sebut sebagai salah satu PTS terbaik di Indonesia, lho!

Universitas Muhammadiyah Malang atau UMM sendiri terletak di Jl. Bendungan Sutami No. 188, Sumbersari, Kec. Lowokwaru, Kota Malang, Jawa Timur. Jurusan Psikologi UMM juga sudah terakreditasi A. 

Fakultas Psikologi UMM memiliki tiga program studi sejak tahun 2008, yaitu Sarjana Psikologi, Magister Sains Psikologi (M.Si), dan Magister Profesi Psikologi (M.Psi, Psikolog).

7. Universitas Ahmad Dahlan

universitas swasta dengan jurusan terbaik
Universitas Ahmad Dahlan. Credit Image by uad.ac.id

Kembali lagi ke kota pelajar alias Yogyakarta, ada lagi universitas swasta dengan jurusan Psikologi terbaik, yaitu Universitas Ahmad Dahlan atau biasa disingkat UAD. Sama seperti halnya UMM, jurusan Psikologi UAD juga sudah terakreditasi A.

UAD sendiri terletak di Jl. Kapas No. 9, Semaki, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta. Jurusan Psikologi UAD juga sudah masuk ke dalam Fakultas Psikologi sendiri.

Berikut daftar mata kuliah yang elo pelajari di Psikologi UAD:

  • Kode etik psikologi
  • Sejarah & aliran psikologi
  • Pengantar psikodiagnostik
  • Psikologi perkembangan remaja, dewasa & lansia
  • Teori-teori psikologi sosial
  • Psikologi sosial terapan
  • Dan masih banyak lagi

Baca Juga: 3 Hal Penting untuk Memaksimalkan Diri di Dunia Kuliah

Demikian 7 daftar universitas swasta dengan jurusan psikologi terbaik yang perlu Sobat Zenius ketahui. Saat ini, elo nggak perlu khawatir apabila belum keterima di Psikologi salah satu PTN. 

Pasalnya, Psikologi di universitas swasta juga sudah memberikan kualitas yang luar biasa bagi para mahasiswa. Terlebih, semuanya juga sudah terakreditasi A. Dengan demikian, nggak akan  beda jauh dengan yang ada di PTN.

Bagi Sobat Zenius yang sekiranya butuh persiapan diri untuk menghadapi tes PTS, elo juga bisa, lho, ambil paket belajar dari Zenius. 

Zenius menyediakan paket belajar yang beragam, mulai dari Ultima + UTBK hingga Optima yang bantu elo melatih kemampuan diri untuk menghadapi beragam tes seleksi masuk perguruan tinggi, baik swasta maupun negeri.

Bagikan Artikel Ini!