rumus rata-rata data kelompok

3 Rumus Rata-Rata Data Kelompok dan Pembahasan Soal

Halo sobat zenius, kamu sudah paham belom sama nilai rata-rata? Ada 3 rumus rata-rata data kelompok yaitu dengan menggunakan titik tengah, menggunakan simpangan rata-rata sementara, menggunakan kode atau coding. Tenang aja ya sobat, kali ini aku bakal ngejelasin rumusnya pake contoh, biar kamu cepet paham. Langsung aja cekidot!

Rumus Rata-Rata Data Kelompok

1. Rumus Titik Tengah

3 Rumus Rata-Rata Data Kelompok dan Pembahasan Soal 257

3 Rumus Rata-Rata Data Kelompok dan Pembahasan Soal 258 = Nilai rata-rata

3 Rumus Rata-Rata Data Kelompok dan Pembahasan Soal 259 = Frekuensi

3 Rumus Rata-Rata Data Kelompok dan Pembahasan Soal 260 = Nilai tengah

3 Rumus Rata-Rata Data Kelompok dan Pembahasan Soal 261 = Total frekuensi atau data

Contoh Soal dan Pembahasan

Tentukan nilai rata-rata dari tabel di bawah berikut ini!

3 Rumus Rata-Rata Data Kelompok dan Pembahasan Soal 262

Dengan menggunakan rumus titik tengah, yang perlu dicari terlebih dahulu adalah menghitung titik tengah dari tiap kelas interval.

3 Rumus Rata-Rata Data Kelompok dan Pembahasan Soal 263

Kemudian, titik tengah tiap kelas interval dikalikan dengan frekuensinya.

3 Rumus Rata-Rata Data Kelompok dan Pembahasan Soal 264

Terakhir, jumlahkan hasil tiap kelas interval dan bagi dengan total data atau frekuensi yang ada.

3 Rumus Rata-Rata Data Kelompok dan Pembahasan Soal 265

Jadi, nilai rata-rata dari tabel berikut menggunakan rumus nilai tengah adalah 70,67

Kamu penasaran gak kalo tabel yang sama dikerjain pake rumus rata-rata data kelompok yang berbeda, apakah hasilnya bakalan sama atau beda? Cek rumus selanjutnya ya!

2. Rumus simpangan rata-rata sementara.

3 Rumus Rata-Rata Data Kelompok dan Pembahasan Soal 266

3 Rumus Rata-Rata Data Kelompok dan Pembahasan Soal 258 = Nilai rata-rata

3 Rumus Rata-Rata Data Kelompok dan Pembahasan Soal 268 = rata-rata sementara

3 Rumus Rata-Rata Data Kelompok dan Pembahasan Soal 259 = Frekuensi

3 Rumus Rata-Rata Data Kelompok dan Pembahasan Soal 270 = Simpangan ke-i (selisih antara nilai tengah dan nilai rata-rata sementara

3 Rumus Rata-Rata Data Kelompok dan Pembahasan Soal 261 = Total frekuensi atau data

Contoh Soal dan Pembahasan

Masih dengan tabel yang sama. Tentukan nilai rata-rata dari tabel di bawah berikut ini!

3 Rumus Rata-Rata Data Kelompok dan Pembahasan Soal 262

Sebelum menghitung rata-rata data berkelompok menggunakan simpangan rata-rata, tentukan terlebih dulu rata-rata sementaranya. Sekarang, anggap nilai rata-rata sementaranya adalah 65.

Kemudian, kurangi rata-rata sementara dengan titik tengah tiap kelas interval.

3 Rumus Rata-Rata Data Kelompok dan Pembahasan Soal 273

Selanjutnya, hasil pengurangan tersebut dikali dengan frekuensi tiap kelas interval.

3 Rumus Rata-Rata Data Kelompok dan Pembahasan Soal 274

Hasil perkalian itu dibagi dengan total frekuensi semua kelas interval. 

3 Rumus Rata-Rata Data Kelompok dan Pembahasan Soal 275

Terakhir nilai rata-rata sementara ditambah dengan hasil pembagian sebelumnya.

3 Rumus Rata-Rata Data Kelompok dan Pembahasan Soal 276

Dengan menggunakan simpangan rata-rata sementara nilai rata-rata tabel berikut adalah 70,67

3. Rumus Kode atau Koding 

3 Rumus Rata-Rata Data Kelompok dan Pembahasan Soal 277

3 Rumus Rata-Rata Data Kelompok dan Pembahasan Soal 258 = Nilai rata-rata

3 Rumus Rata-Rata Data Kelompok dan Pembahasan Soal 268 = rata-rata sementara

3 Rumus Rata-Rata Data Kelompok dan Pembahasan Soal 259 = Frekuensi

3 Rumus Rata-Rata Data Kelompok dan Pembahasan Soal 281 = Kode kelas ke-i

3 Rumus Rata-Rata Data Kelompok dan Pembahasan Soal 282 = panjang interval

3 Rumus Rata-Rata Data Kelompok dan Pembahasan Soal 261 = Total frekuensi atau data

Contoh Soal dan Pembahasan

Masih dengan tabel yang sama. Tentukan nilai rata-rata dari tabel di bawah berikut ini!

3 Rumus Rata-Rata Data Kelompok dan Pembahasan Soal 262

Sama seperti simpangan rata-rata sementara, langkah pertama rumus coding adalah menentukan rata-rata sementara. Namun rata-rata sementara yang kita tentukan harus sama dengan nilai tengah salah satu kelas interval. Sekarang anggap nilai rata-rata sementaranya adalah 70

Pengkodean dimulai dari angka 0 untuk kelas interval yang sudah ditentukan. Kelas sebelumnya berturut-turut menjadi angka negatif. Begitu juga dengan kelas sesudahnya tapi dengan nilai positif. 

3 Rumus Rata-Rata Data Kelompok dan Pembahasan Soal 285

Kemudian, kalikan frekuensi tiap kelas dengan kodingnya.

3 Rumus Rata-Rata Data Kelompok dan Pembahasan Soal 286

Selanjutnya, jumlah perkalian dengan koding dikali panjang interval dan bagi total frekuensi.

3 Rumus Rata-Rata Data Kelompok dan Pembahasan Soal 287

Terakhir, tambah rata-rata sementara ditambah hasil tersebut.

3 Rumus Rata-Rata Data Kelompok dan Pembahasan Soal 288

Jadi, dengan rumus koding rata-rata tabel tersebut adalah 70,67

Wah! Ternyata pake rumus rata-rata data kelompok apapun hasilnya bakal tetep sama ya. Menurut kamu di antara rumus rata-rata data kelompok yang udah aku bahas, rumus apa sih yang paling mudah? Diskusi di kolom komentar ya!

Kamu bisa baca artikel lainnya di sini!

Rumus Volume Bola dan Luas Permukaan, 4 Pembahasan Soal

Rumus Volume Limas Segitiga dan Pembahasan Soal