Rumus Skala dan Jarak

Rumus Skala dan Jarak Sebenarnya pada Peta

Kamu pernah memperhatikan peta? Di sana ada skala, kira-kira bagaimana ya rumus skala dan apa sebenarnya skala itu? Cari tahu jawabannya di artikel ini, yuk!

Hi, guys! Kalian pernah bertanya-tanya gak tentang berapa sih jarak suatu wilayah yang sebenarnya? Soalnya, kalau kita melihat peta atau globe, hanya ada tulisan skala perbandingan, misalnya skala 1:500.000. Itu maksudnya apa sih? Bagaimana cara perhitungannya?

Selain itu, dalam menggambar peta, kita juga gak boleh asal menggambar, khususnya para ahli. Gak boleh asal menggambar tanpa ada perhitungannya dulu. Nah, perhitungannya bisa menggunakan skala. Jadi, jarak suatu wilayah yang sebenarnya bisa direpresentasikan hanya menggunakan peta. Penasaran bagaimana rumus skala dan pengertiannya? Yuk, simak terus penjelasan di bawah ini. Keep reading!

Apa Itu Skala?

Sebelum masuk ke rumus, kita harus paham dulu pengertiannya. Skala adalah angka yang menunjukkan perbandingan antara jarak sebenarnya dengan jarak pada peta. Kan gak mungkin tuh kita menggambar peta wilayah tapi pakai ukuran jarak yang sebenarnya. Jadi, untuk merepresentasikan hal tersebut dibuatlah skala. Dengan begitu, pembaca peta bisa mengetahui jarak yang sebenarnya di lapangan.

rumus skala
Skala pada peta untuk menentukan jarak sebenarnya di lapangan (sumber gambar: unsplash.com/Adolfo Felix)

Rumus Skala

Supaya kamu bisa menghitung jarak sebenarnya di lapangan hanya dengan melihat peta, maka gunakan rumus skala berikut ini:

Jarak sebenarnya = Ukuran pada peta : Skala

Skala = Ukuran pada peta : Ukuran sebenarnya

Jarak peta = Jarak sebenarnya x skala

Dari ketiga rumus di atas, kamu bisa sesuaikan lagi dengan kebutuhan. Apa yang mau kamu cari. Kalau kamu mau mencari jarak sebenarnya , kamu bisa membagi ukuran pada peta dengan skala yang tertera di peta tersebut.

Contoh Soal dan Pembahasan

Nah, sekarang udah tau rumus-rumusnya ‘kan. Kita mulai latihan soalnya supaya kamu lebih paham lagi, yuk!

Contoh Soal 1

Jarak antara kota A dan B pada suatu peta adalah 6 cm. Jarak sebenarnya antara kota A dan B tersebut adalah 120 km. Berapakah skala peta tersebut?

Jawab:

Skala =  Ukuran pada peta : Ukuran sebenarnya

Skala = 6 cm : 120 km = 6 cm : 12.000.000 = 1 : 2.000.000

Jadi, skala pada peta tersebut adalah 1 : 2.000.000.

Contoh Soal 2

Jarak antara kota C dan D pada peta adalah 6 cm. Jika skala pada peta yang digunakan adalah 1:500.000, tentukan jarak kedua kota sebenarnya!

Jawab:

Jarak sebenarnya= Ukuran pada peta : Skala

Jarak sebenarnya= 6 : (1:500.000) = 6 x 500.000 = 3.000.000 cm

Jadi, jarak sebenarnya antara kota A dan B adalah 3.000.000 cm atau 30 km.

Itu dia penjelasan mengenai rumus skala. Sekarang udah paham dan bisa menghitung jarak sebenarnya pada peta, ’kan? Semoga penjelasan di atas bermanfaat ya buat kamu. Have a nice day, guys

Baca Juga Artikel Lainnya

Rumus Keliling dan Luas Layang layang

Rumus Luas Permukaan dan Volume Kerucut

Rumus Limas dan Pengertiannya

Sering nemu soal matematika yang sulit kamu jawab? Santai aja boy, nih kenalin ZenBot, temen 24 jam yang siap bantu kamu cari solusi dari masalah matematika! Untuk menjawab soal-soal tentang akar polinomial, kamu juga bisa manfaatkan fitur dari ZenBot, lho! Tanyain soal yang kamu gak bisa jawab lewat chat WhatsApp ZenBot sekarang atau download aplikasi Zenius.