Peta Indonesia

Skala Peta, Rumus, dan Macamnya – Materi Geografi Kelas 10

Artikel ini membahas tentang apa itu skala peta, rumus menghitung skala peta, macam-macam skala dan peta, serta contoh soal skala peta.

Lo tahu nggak, sih? Kalau skala itu adalah salah satu elemen penting yang ada di dalam peta? Eits, kenapa tuh? Hal ini dikarenakan skala itu yang bertanggung jawab menjadi pembatas antara realita di lapangan dan informasi yang ada di peta. Lo bayangin, deh. Kalau nggak ada skala, peta-peta yang ada di dunia ini nggak bakal beres-beres deh bikinnya! Bakalan gede banget, Sob.

Skala Peta

Sebelum masuk ke skala, nih. Lo udah tahu belum, peta itu apaan?

Kumpulan Peta
Pemahaman akan peta akan sangat penting ketika kita ingin mempelajari skala (Sumber: Andrew Neel dari Pexels)

Peta adalah gambaran kenampakan wilayah permukaan bumi, baik itu sebagian atau seluruhnya, yang disajikan pada bidang datar yang ukurannya telah diperkecil berdasarkan skala tertentu. Peta berguna sebagai suatu alat atau pedoman bagi elo yang lagi kepingin pergi ke suatu tempat, biar nggak nyasar.

Kalau zaman sekarang sih, lo mungkin kenalnya sama bentuk peta yang lebih modern, yaitu Google Maps atau Waze. Selain itu, peta juga ngasih berbagai macam informasi dari suatu wilayah. Misalnya, bentuk suatu wilayah, jarak, potensi sumber daya, dan sebagainya.

Sementara itu, yang dimaksud dengan skala adalah perbandingan antara ukuran atau jarak dari suatu wilayah tertentu yang ada di peta dengan ukuran atau jarak sebenarnya yang ada di lapangan.

Skala gunanya buat apaan, sih? Misal, lo kepingin tahu jarak antara dua wilayah tertentu nih, lo bisa langsung tengok ke jarak antara kedua wilayah itu yang ada di peta deh. Dari situ, lo tinggal ngitung-ngitung dikit, terus ketahuan deh, jarak aslinya! Jadi lo nggak perlu repot-repot datang langsung ke wilayah tersebut di dunia nyata, Sob.

Rumus Skala Peta

Rumus Skala itu sebenernya cukup sederhana. Cukup kayak yang ada di bawah ini.

Skala = Jarak sebenarnya di lapangan : Jarak pada peta

Nah, kalau lo otak-atik nih, dari rumus skala di atas tadi, bisa jadi kayak gini:

Jarak pada peta = Jarak sebenarnya : Skala Jarak sebenarnya = Skala x Jarak pada peta

Nah, ada juga nih, cara ngitung ketika suatu skala pada peta itu mau lo perbesar atau perkecil.

Skala baru setelah diperkecil = Skala x Jumlah pengecilan Skala baru setelah diperbesar = Skala : Jumlah perbesaran

Macam-Macam Skala pada Peta

Skala Angka atau Numerik

Skala angka atau numerik ini mungkin adalah jenis skala yang paling sering lo temuin. Penulisan skala ini menggunakan angka.

Contoh Skala Angka atau Numerik
Ilustrasi skala numerik (Sumber: Manajemen Sekolah)

Misalnya, nih. Terdapat sebuah skala berikut di peta, yakni 1 : 100.000. Itu berarti, jarak 1 cm di peta tersebut mewakili jarak 100.000 cm di lapangan.

Skala Garis atau Grafis

Skala grafis atau grafis merupakan jenis skala yang ditunjukkan dengan menggunakan garis lurus yang terbagi ke dalam ruas-ruas. Nah, setiap ruasnya ini memiliki ukuran yang sama.

Contoh Skala Garis atau Grafis
Ilustrasi skala garis (Sumber: Manajemen Sekolah)

Misalnya, satu ruas pada suatu skala garis itu mewakili 10 km di lapangan. Itu berarti, 1 cm di peta tersebut sama dengan jarak 10 km di lapangan.

Skala Verbal

Sesuai dengan namanya, skala verbal merupakan jenis skala yang ditunjukkan dengan menggunakan kalimat.

Nah, misalnya dituliskan begini di sebuah peta “Skala 1 cm untuk 5 km”. Itu berarti, 1 cm di peta mewakili jarak 5 km di lapangan.

Macam-Macam Peta Berdasarkan Skala

Peta Kadaster atau Teknik

Contoh Peta Kadaster
Ilustrasi peta kadaster (Sumber: Materi Ipa)

Peta kadaster atau teknik merupakan jenis peta yang memiliki skala antara 1 : 100 hingga 1 : 5000. Peta ini biasanya digunakan untuk melakukan penggambaran ukuran suatu tanah tertentu. Jadi, kalau lo mau bikin sertifikat tanah, bisa pake peta ini.

Peta Skala Besar

Contoh Peta Skala Besar
Ilustrasi peta skala besar (Sumber: Kecamatan Batununggal)

Peta skala besar merupakan jenis peta yang memiliki skala antara 1 : 5000 hingga 1 : 250.000. Peta ini biasanya digunakan untuk menunjukkan wilayah-wilayah yang relatif kecil dan sempit, kayak kelurahan, kecamatan, atau desa.

Peta Skala Sedang

Contoh Peta Skala Sedang
Ilustrasi peta berskala sedang (Sumber: Peta Tematik Indo)

Peta skala sedang merupakan jenis peta yang memiliki skala antara 1 : 250.000 hingga 1 : 500.000. Peta ini biasanya digunakan untuk menggambarkan wilayah yang relatif cukup luas, seperti kota atau provinsi.

Peta Skala Kecil

Contoh Peta Skala Kecil
Ilustrasi peta skala kecil (Sumber: The Book)

Peta skala kecil merupakan jenis peta yang memiliki skala antara 1 : 500.000 hingga 1 : 1.000.000. Peta ini biasanya digunakan untuk menunjukkan wilayah-wilayah yang lebih luas, seperti pulau atau negara.

Peta Geografi

Contoh Peta Geografi
Peta dunia umumnya punya skala lebih dari 1:1.000.000 (Sumber: Geology.com)

Peta geografi merupakan jenis peta yang memiliki skala lebih dari 1 : 1.000.000. Peta ini biasanya digunakan untuk menggambarkan wilayah regional, benua, hingga seluruh dunia.

Contoh Soal dan Pembahasan

Contoh Soal 1

Diketahui, jarak sebenarnya antara kota Y ke Z adalah 2 km. Di peta, terdapat skala 1 : 50.000. Berapakah jarak kota Y ke kota Z pada peta tersebut?

Pembahasan:

a). 2 km = 200.000 cm.

b). Jarak pada peta = jarak sebenarnya : skala

Jarak pada peta = 200.000 cm : 50.000 cm

Jarak pada peta = 4 cm.

Jadi, jarak kota Y ke kota Z pada peta tersebut adalah 4 cm.

Contoh Soal 2

Diketahui sebuah peta memiliki skala 1 : 1.000.000. Berapa skala peta tersebut setelah diperkecil sebanyak 2 kali?

Pembahasan:

Skala peta baru = skala x jumlah pengecilan

Skala peta baru = 1.000.000 x 2

Skala peta baru = 2.000.000

Jadi, skala peta baru tersebut adalah 1 : 2.000.000.

***

Gimana, Sobat Zenius? Wah, ternyata skala banyak macamnya dan menarik, ya? Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk menambah wawasan lo dan bikin lo semangat buat cari tahu lebih banyak, ya!

Baca dan Nonton Materi Geografi Lainnya

Keterampilan Memahami Peta

Rumus Skala dan Jarak Sebenarnya pada Peta

Toponimi dan Skala Peta

Bagikan artikel ini