rumus jarak

Rumus Jarak Itu Bagaimana Sih?

Artikel ini akan membahas tentang rumus jarak, termasuk pengertian dan contoh soalnya.

Hi, guys! Pernah gak kamu mendapat pertanyaan, “Berapa jarak rumahmu ke sekolah?” atau pernyataan, “Lulu memiliki warung yang berada sekitar 10 meter di depan rumahnya”. Kira-kira cara menghitung jarak itu bagaimana ya? Apakah kita harus menggunakan meteran? Nah, kalau kita harus menghitung jarak lintasan lari bagaimana donk? Oke, kali ini aku bakal menjelaskan tentang rumus jarak supaya kamu bisa lebih mudah dalam menghitung jarak antar benda, posisi, atau jarak tempuh. Baca terus penjelasan di bawah ini, yuk!

Apa Itu Jarak?

Definisi jarak yang sesungguhnya itu seperti apa sih? Jadi, jarak adalah suatu ukuran numeri yang menunjukkan seberapa jauh suatu objek dengan objek lainnya. Kalau di Fisika itu ada yang merujuk pada panjang antara dua buah objek, atau perkiraan yang didasarkan pada periode tertentu.

rumus jarak
Jarak antara satu objek dengan objek lainnya (sumber gambar: pixabay.com/ElisaRiva)

Contoh jarak itu apa, guys? Tadi di awal aku udah bilang kalau contohnya jarak antara rumah dan warung, itu merupakan jarak antara dua buah posisi. Sedangkan, ketika kamu melintasi lapangan saat lari atau atau jarak yang harus ditempuh perjalanan Bandung-Yogyakarta juga bisa dikatakan sebagai jarak, yaitu jarak tempuh.

Rumus Jarak

Lalu, bagaimana sih perhitungan yang tempat untuk menentukan jarak tersebut? Kamu bisa menggunakan rumus jarak berikut ini.

s = v x t

v = s : t

t = s : v

Keterangan:

s : jarak atau perpindahan (m, km).

v : kecepatan (km/jam, m/s).

t : waktu (jam, sekon).

Contoh Soal dan Pembahasan

Nah, supaya kamu bisa lebih mudah untuk memahami rumus di atas, langsung aja yuk kita masuk ke latihan soalnya.

Contoh Soal 1

Lizah mengendarai sebuah mobil dengan kecepatan rata-rata 70 km/jam. Ia berangkat dari kota Bandung pukul 05.00 WIB. Kalau Lizah sampai di kota Bogor pada pukul 08.00 WIB. Berapa jarak yang telah ditempuh Lizah?

Jawab:

Waktu yang ditempuh Lizah : 05.00 – 08.00 WIB = 3 jam.

s = v x t

s = 70 km/jam x 3 jam = 210 km.

Jadi, jarak tempuh Lizah dari kota Bandung ke Bogor adalah 210 km.

Contoh Soal 2

Perhatikan gambar di bawah ini!

Seseorang melakukan perjalanan melalui lintasan seperti pada gambar di atas. Awalnya, ia berjalan dari titik A melalui B, C, D, dan kembali lagi ke titik A. Jarak yang ditempuh oleh orang tersebut adalah ….

Jawab:

s = |AB| + |BC| + |CD| + |DA|

Nah, itu dia rumus jarak yang harus kamu ketahui untuk menghitung seberapa jauh sih suatu benda dari benda lainnya? Dari sini, kamu juga bisa menghitung jarak antara rumahmu dengan sekolah atau tempat lainnya. Dengan begitu, kamu akan lebih mudah dalam memperkirakan berapa lama waktu yang kamu butuhkan untuk menuju suatu tempat. Semoga artikel ini bermanfaat ya buat kamu. Have a nice day, guys!

Baca Juga Artikel Lainnya

Rumus Keliling dan Luas Layang layang

Rumus Luas Permukaan dan Volume Kerucut

Rumus Limas dan Pengertiannya