Maaf Dalam Bahasa Inggris

Nggak Cuma ‘Sorry’, Ini 5 Ungkapan Maaf Dalam Bahasa Inggris

Artikel ini membahas beberapa variasi ungkapan maaf dalam Bahasa Inggris.

Sorry, sorry, dan sorry. Itulah kata yang biasanya kita katakan ketika ingin meminta maaf dalam Bahasa Inggris. Bahkan, terkadang kita bisa mengetik kata ‘sori’ di dalam chat.

Sadar ngga sih lo, sebenarnya masih banyak lho ungkapan lain yang bisa lo gunain buat minta maaf atau menyampaikan penyesalan.  Setiap ungkapan ini mengandung makna bahwa lo merasa menyesal dan ingin meminta maaf. Namun, variasi dari ungkapan maaf dalam bahasa inggris yang akan gue share ini bisa membuat lo minta maaf dengan perasaan dan maksud yang berbeda. Penasaran gimana maksudnya? Yuk langsung aja cek ungkapan-ungkapan maaf di bawah ini.

“Ungkapan Maaf Dalam Bahasa Inggris ada banyak lho”

My Bad

My Bad Sorry
Sumber: Giphy

Ketika lo melakukan kesalahan dan ingin mengakui bahwa itu memang salah lo, lo bisa ngomong ‘my bad‘ yang berarti ‘salahku’. Ada juga ungkapan lain dengan arti yang sama seperti ‘my fault‘ dan ‘my mistake‘. Contohnya ketika lo lupa ulang tahun sahabat lo.

Best Friend: Did you forget my birthday? (Apakah kamu lupa ulang tahunku?)

You : Oh no, I forgot your birthday. My bad. (Oh tidak, aku lupa ulang tahunmu. Salahku.)

Wah, parah banget nih tapi seenggaknya kamu mengakui kesalahan kamu, ya kan?

Pardon Me

Pardon Me
Sumber: Tenor

Ungkapan maaf yang satu ini mungkin agak jarang lo dengar di sekitar lo. Itu karena ungkapan ‘pardon me’ itu agak formal dan digunakan di situasi tertentu saja. Biasanya lo bisa menggunakan ungkapan ini untuk meminta maaf karena telah melakukan kesalahan atau karena lo tidak sengaja mengatakan atau bertindak kurang sopan.

Selain untuk meminta maaf, lo juga bisa memakai kata ini untuk meminta seseorang mengulang apa yang ia katakan. Seakan-akan, lo meminta maaf karena tidak mendengarkan dengan seksama dan membuat orang tersebut harus mengulang apa yang telah ia katakan.

Forgive Me

Forgive Me
Sumber: Tenor

Ya ampun si Puss In Boots kalau minta maaf imut banget ya. Siapa coba yang tega nggak maafin kalau ngeliat mata unyu kayak gitu? Nah, di situ si Puss ngomong ‘forgive me’ yang artinya maafkan aku. Gimana nih sobat Zenius, maafin nggak?

I apologize

Please accept my apology
Sumber: Tenor

Apakah lo familiar dengan kata apology? Kata apology merupakan kata beda atau noun yang memiliki makna permintaan maaf dalam bahasa Inggris. Kalau kalian lihat GIF di atas, teman kita SpongeBob disitu mengatakan please accept my apology yang artinya mohon terima permintaan maafku.

Nah, apology ini memiliki bentuk lain sebagai kata kerja yaitu apologize. Lo juga bisa menggunakan apologize yang berarti minta maaf dengan mengatakan I apologize atau saya minta maaf. Bahkan, lo bisa tambahkan alasan setelah ungkapan itu. Contohnya, I apologize for my mistake (Aku minta maaf untuk kesalahanku).

I’m (…) sorry

I'm so sorry
Sumber: Tenor

Jangan kaget, sorry tetap masuk daftar ini lho. Tapi, alih-alih cuma sekedar ngomong ‘sorry’, lo bisa coba menambahkan kata yang menekankan penyesalan lo. Bagaimana caranya? Ini beberapa contohnya:

  • I’m am really/very sorry (Aku sangat menyesal)
  • I’m sincerely sorry (Aku menyesal dengan tulus)
  • I’m terribly sorry (Aku benar-benar menyesal)

Gimana sobat Zenius?

Sekarang kalian jadi tahu kan variasi ungkapan permintaan maaf dalam Bahasa Inggris? Kira-kira kalian punya ide lain nggak contoh variasi permintaan maaf dalam bahasa Inggris lainnya? Langsung aja ya komen di bawah.

Baca juga:

5 Tips Jitu Belajar Bahasa Inggris Anti-Bosan

Kenapa Menguasai Bahasa Inggris itu Penting?

Lemot dalam Belajar Bahasa Inggris: Gimana Dong Ujian Gue?

4 Prinsip Utama dalam Belajar Bahasa Asing