Rekomendasi drakor 2

5 Rekomendasi Drakor yang Inspiratif, dan Bikin Semangat Belajar

Artikel ini membahas tentang rekomendasi drakor yang inspiratif, alurnya ringan, tapi bisa bikin jadi semangat belajar.

Buat kalian yang lagi nyari rekomendasi drakor buat menemani liburan akhir pekan kalian atau sekedar lagi mau isi waktu luang dengan nonton drama yang ringan, tapi punya jalan cerita yang berkesan banget, nih gw bakal rekomenin beberapa rekomendasi drakor alias drama korea yang bisa bikin kalian semangat belajar. 

Sebelum lanjut, semua rekomendasi drakor yang gw rekomenin disini menurut pendapat dan selera gw pribadi ya guys, jadi kalo ada dari drama favorite kalian yang gak gw sebutin atau sebaliknya, mungkin selera kita beda aja guys, atau mungkin gw belom nonton aja dramanya, okay?

Meskipun banyak yang bilang ini adalah hobi yang tidak berfaedah, tapi jujur guys nonton drakor sedikit banyak membuat pandangan gw akan dunia menjadi lebih luas, karena gw jadi terlatih atau terbiasa melihat cerita dari sudut pandang orang lain, tapi tetep aja nonton drakor itu jangan terlalu dibawa serius karena itu hanya bentuk dari imajinasi atau penggambaran, hampir kebanyakan karakter-karakter favorite kalian di drama korea itu fiksi atau gak ada di dunia nyata guys! (kecuali yang diangkat dari kisah nyata)

Nah disini gw mau rekomen drama yang bertema sekolahan atau perkuliahan yang punya cerita ringan tapi bermakna bagi gw pribadi, kenapa gw suka drama yang ringan, karena alur nya enteng dan gak nambah-nambahin beban pikiran gw, alias gak bikin gw mikir keras haha tapi jangan salah ada kala nya gw juga pecinta drakor yang penuh konflik kok kalo cerita nya emang bagus banget. Kebanyakan dari artikel ini akan lebih ke kayak gw lagi sharing atau kasih rekomendasi drakor-drakor berdasarkan alur cerita yang gw dapet dari sudut pandang gw, jadi mungkin bakal ada sedikit spoiler ya guys! So, anggep gw kayak temen kalian lagi rekomendasiin rekomendasi drakor nih.

Rekomendasi Drakor #1: God of Study (Master of Study)

Rekomendasi drakor 1
Official Poster God of Study atau Master of Study

Drama pertama yang gw rekomenin adalah God of Study atau Master of Study, ini sebenarnya termasuk drakor lama atau jadul karena tayang 2010, gw pun nonton ini pas gw masih SMP guys, tapi serius menurut gw ini cerita nya bagus banget. 

Jadi rekomendasi drakor ini kurang lebih menceritakan tentang seorang pengacara namanya Kang Suk-ho (Kim Soo-ro) yang ditugaskan buat menyelamatkan sebuah sekolah yang terancam tutup dengan membuat murid disana bisa masuk Universitas bergengsi. Untuk itu Kang Suk-ho membuka kelas khusus berisi 5 orang, yaitu Hwang Baek-hyeon (Yoo Seung-ho),  Kil Pul-ip (Ko Ah-sung), Hong Chan-du (Lee Hyun-woo), Na Hyeon-jeong (Park Ji-yeon), dan Oh Bong-ku (Lee Chan-ho). 

Pada awalnya tidak ada satupun yang benar-benar tertarik buat join kelas khusus ini, kebanyakan dari mereka udah nyerah untuk masuk perguruan tinggi atau bahkan gak berniat melanjutkannya karena gak ada harapan. Bahkan reaksi orang-orang pas tau goalnya Kang Suk-ho langsung kayak “mana mungkin”. Meskipun agak sedikit terdengar klise yaitu mengubah yang “tidak mungkin menjadi mungkin”, tapi kenyataannya drama ini lebih realistis dari itu guys. 

5 murid yang masuk kelas khusus memiliki background keluarga yang berbeda, dan juga problem nya masing-masing, ada yang orang tuanya justru udah nyerah sama anaknya, ada yang orang kaya tapi orang tuanya bercerai dan lain-lain. Selain itu, di drakor ini juga gak cuma kasih kita liat perjuangan murid tapi juga perjuangan guru, dari sini gw belajar bahwa yang terpenting untuk dimiliki seorang guru adalah hati mereka untuk mendidik.( Let’s sending love to all teachers around the world! )

Selain itu dari drama ini gw juga belajar bahwa kita gak tau pernah tau potensi seseorang, termasuk diri kita sendiri, semua orang punya potensi yang gak terbatas. Jadi di drama ini

kalian bakal di suguh in bahwa dalam proses belajar penting memiliki guru yang tulus mengajar, penting juga untuk memiliki dukungan keluarga, dan menaruh kepercayaan pada guru yang ngajarin, namun yang paling penting adalah kemauan dari anaknya sendiri untuk belajar dan berusaha, karena semua hal itu percuma kalo dari kita sendiri gak ada kemauan untuk belajar. 

Dalam drama ini juga di kasih liat bahwa semuanya butuh proses guys, gak ada yang instan, perjalanan kelima anak ini untuk belajar gak kayak jalan tol, lurus, lancar, dan tanpa hambatan, tapi justru kebalikannya, ada harga yang harus dibayar, atau ada perjuangan. Meskipun mungkin dari cara gw menceritakan ini drama kayak “berat amat gitu kan penuh perjuangan,” “ini ringan darimana,” tapi guys drama ini juga ada unsur komedi dan romance nya kok meskipun dikit, tapi tetep fokus nya ke tujuan mereka bersama untuk diterima di kampus bergengsi. Untuk endingnya, menurut gw drama ini gak meninggalkan aspek realistisnya, namun tetep kasih liat ke kita buah atau hasil dari usaha, buat kalian yang penasaran, cus kepoin drama ini!

Rekomendasi Drakor #2: School Series

Rekomendasi drakor 2
Official Poster School Series

Yang selanjutnya gw rekomen adalah School Series, bagi pecinta drakor pasti udah tau beberapa drama yang termasuk dalam school series, kenapa gw nyebutnya series, karna drakor “School” ini pertama kali dirilis pas tahun 1999 dan sejak itu KBS2 sebagai channel televisi Korea Selatan yang memproduksi drama ini mulai memproduksi drama ini setiap beberapa tahun. 

Dan sejujurnya gw gak nonton semua series nya guys, cuma beberapa, karena gw merasa udah gak terlalu relate kalo baru sekarang nonton. Pada dasarnya sesuai dengan judul drama nya yang mengandung kata “school” drama ini menceritakan mengenai permasalahan siswa-siswi dalam dunia sekolah yang memang cukup sering terjadi di sekolah-sekolah di Korea Selatan, oleh karena itu drama ini termasuk drama yang realistis, dan meskipun drama ini berfokus pada kasus yang sering terjadi di korea selatan, kita pun tetep bisa relate kok. 

Selain itu drama ini juga bisa membantu orang-orang atau dunia untuk menaruh perhatian lebih mengenai permasalahan yang ada di sekolah, salah satunya yang membuat gw jadi lebih concern adalah bullying.

Setelah menonton salah satu series nya yaitu “Who Are You: School 2015” cara pandang gw jadi berbeda dengan kasus bullying jadi berbeda, yang gw yakin di negara kita pun sebenernya terjadi, dari yang awalnya gw kira akibat bullying gak segitunya, sampe gw tersadar waktu pemeran utamanya dalam rekomendasi drakor ini mencoba buat bunuh diri karena di bully. Gak cuma berfokus pada pemeran utama, karakter yang lain pun memiliki problemnya masing-masing. Kayak misalnya di balik sosok yang paling pinter di kelas, ada tekanan yang begitu besar yang dia dapat dari orang tuanya, atau dibalik anak yang suka buat onar, ada keinginan yang dalam agar orang tuanya bisa perhatian ke dia, dan lain-lain. 

Jadi sebenernya drama ini gak melulu soal belajar aja, tapi juga tentang persahabatan dan peran lingkungan (guru, sekolah dan orang tua) terhadap siswa atau anaknya. 

Fyi, gaes pihak produksi udah konfirmasi kalo School series yang terbaru yaitu School 2021 akan segera diproduksi dan tayang di tahun 2021, jadi buat kalian yang penasaran bisa nih masukin School 2021 ke daftar drama yang perlu ditonton kalian. Selagi nunggu School 2021 kalian bisa nonton series yang sebelumnya kayak School 2013, Who Are You: School 215, School 2017, dan school series yang lain. 

Rekomendasi Drakor #3: Cheese in The Trap

Rekomendasi drakor 3
Official Poster Cheese in The Trap

Agak berbeda dari rekomendasi drakor-drakor yang udah gw rekomenin sebelumnya, yang ini drakornya bukan berlatar belakang sekolahan guys, tapi perkuliahan. Drama ini memiliki jalan cerita tentang perjuangan untuk bertahan dan struggle yang dialami selama menjalani perkuliahan, dan lagi rekomendasi drakor ini termasuk dalam salah satu drama yang paling sering gw tonton ulang. 

Kalo kalian penggemar webtoon pasti kalian tau kalo drama ini diadaptasi dari webtoon dengan judul yang sama. Awalnya gw gak ekspektasi apapun guys sama drama ini, cuma pas gw nonton gw secara gak sadar merasa relate parah dan bahkan beberapa kali sampe nangis dong. Entah ini gw yang terlalu berlebihan atau emang akting pemeran utama wanitanya yang jadi Hong-seol (Kim Go-eun) yang emang bisa meranin karakternya dengan baik. 

Drakor ini menceritakan tentang kehidupan mahasiswa dimana mungkin bisa jadi sneek peek sedikit buat kalian yang akan masuk dunia perkuliahan, meskipun gak persis, atau mungkin malah gak mirip sama sekali. Gw bener-bener suka dengan karakter Hong-seol dimana dia anak pertama cewe dan merupakan orang pekerja keras, ayahnya gak dukung dia buat kuliah karena menganggap cewe itu nantinya bakal ngurusin rumah, jadi Hong-seol usaha sendiri buat cari beasiswa dan kerja part-time biar bisa membiayai hidupnya sendiri selama kuliah. 

Yang bikin gw tambah suka adalah dimana drakor ini memberikan gambaran lingkungan sekitar di dunia perkuliahan cukup realistis. Spoiler sedikit, ada adegan Hong-seol gak lulus satu mata kuliah karena dia dapet kelompok yang gak mau kerja sama sekali, akhirnya di situ Hong-seol kerjain semuanya sendirian, dan akhirnya pas presentasi yang ngerti tentang bahan presentasinya cuma Hong-seol, dan mengakibatkan satu kelompok dapet nilai D termasuk Hong-seol, dan tipe orang seperti ini bisa kalian temui nanti pas kuliah, biasanya sih ada aja yaa yang begini, gak harus pas kuliah, sekarang mungkin ada juga kan yang begini?

Meskipun gw sangat gak menyukai endingnya, karena penulis webtoon dari cheese in the trap gak mau ending dramanya sama kayak di webtoon, karena nanti jadi spoiler ending webtoonnya, makanya dibedain endingnya. Tapi gw tetep nonton di drama berkali-kali meskipun berkali-kalinya itu gw skip bagian endingnya. Drama ini sebenarnya fokusnya ke genre romance antara Hong-seol dan seniornya Yoo-jung (Park Hee-jin), yang gak akan mengurangi keseruan dari drama ini. Berkat drama ini gw kena Second lead syndrome karena sebenernya dalam lubuk hati terdalam gw dukung Hong-seol sama Baek In-ho (Seo Kang-joon), meskipun gw tau itu gak mungkin. Kalo kalian juga nonton ini, please tell me which team are you?

Rekomendasi Drakor #4: Dream High

Rekomendasi drakor 4
Official Poster Dream High

Rekomen gw selanjutnya rekomendasi drakor yang bergenre musikal yaitu Dream High, sama kayak God of Study atau Master of Study, drama ini juga termasuk drama jadul atau drama lama, yaitu drakor tahun 2011. Tapi gw yakin kalo kalian nonton sekarang pun masih worth it kok!  

Kalian gak perlu takut bakal bosen sama drama ini karna drama ini banyak nyanyinya, jadi bener-bener ringan. Meskipun drama ini berlatar belakang sekolah musik, jadi gak ada adegan-adegan belajarnya gitu, tapi drama ini punya makna yang bagus. Drama ini berfokus pada ke enam murid Kirin Art High School, yaitu Go Hye-mi (Suzy), Song Sam-dong (Kim Soo-hyun), Hyun Si-hyuk (Taecyeon), Yoon Baek-hee (Eunjung), Kim Pil-suk (IU), dan Jason (Wooyoung). 

Keenam murid tersebut juga memiliki latar belakang yang berbeda, dan problem yang berbeda, misalnya Go Hye-mi merupakan anak yang dianggap berbakat namun sombong, tapi keluarganya tiba-tiba jatuh bangkrut dan menyebabkan dia harus bertahan dengan sekolah di Kirin, selain itu, ada Yoon Baek-hee yang merupakan teman baik Go Hye-mi dan sangat mengagumi Go Hye-mi,  tapi berubah menjadi karakter yang mudah iri hati, dan menghalalkan segala cara untuk mendapatkan yang dia mau dan lain-lain. 

Yang sangat gw suka dalam drama ini adalah melihat ke enamnya berproses menjadi karakter yang lebih baik, dengan melewati problem dan permasalahannya masing-masing. Selain itu drama ini juga tidak luput dari unsur komedinya dan juga soundtrack dari drama ini enak-enak parah!

Rekomendasi Drakor #5: A-Teen

Rekomendasi drakor 5
Official Poster A-Teen season 1 dan season 2

Dari semua rekomendasi drakor yang gw rekomendasiin,  ini merupakan satu-satunya rekomendasi drakor yang merupakan web drama, jadi per episode drakor ini gak sepanjang drama lain durasinya, dan kalian juga bisa nonton drama ini dengan engsub atau indosub di Youtube lho guys!

Rekomendasi drakor ini sebenernya drama yang cukup simple karena gak terlalu banyak karakter dan berfokus pada 6 siswa SMA yang berumur 18 tahun, dan apa saja yang perubahan emosi serta permasalahan yang dihadapi anak berumur 18 tahun pada umumnya seperti permasalahan yang menyangkut pelajaran, persahabatan, percintaan, serta kegalauan memilih jurusan dan menentukan impian. Webdrama ini cukup populer di korea dan memiliki 2 season, dimana keduanya sama-sama bagus dan populer.

Dari drama-drama yang udah gw rekomen di atas, menurut gw drama ini merupakan drama teringan, tapi relate banget pastinya sama kehidupan sekolah kalian. Meskipun pas gw nonton drama ini gw udah bukan anak sekolahan alias lagi kuliah, gw nonton ini jadi kangen masa-masa sekolah dan kangen temen-temen gw sekolah gw dulu, jadi guys kalo kalian masih sekolah, nikmati every little moment kalian selama sekolah, karena pas udah kuliah kalian pasti kangen sama sekolah. 

Gimana guys? dari drama-drama yang udah gw rekomen di atas ada yang bikin kalian tertarik buat nontonnya, atau kalian udah nonton semua ? atau kalian ada rekomendasi drakor lainnya? Bisa banget komen di bawah guys! Kita jadi bisa bertukar rekomendasi drama list dan saling sharing drama-drama favorite kita ya kan? 

Semoga rekomendasi drakor di atas bisa membantu mengisi waktu luang kalian dan bikin kalian jadi makin semangat belajar gara-gara ketular karakternya pada semangat belajar juga atau mungkin kalian jadi terinspirasi oleh salah satu karakternya, dan pengen banget bisa kayak dia. Selamat menonton!

Baca Juga Artikel Lainnya

Rekomendasi Sabda: Buku Mengubah Hidup Gue
Rekomendasi Novel Bertema Sejarah
Rekomendasi Sabda: Film Dokumenter terbaik