Info FISIP UNAIR Zenius Education

Info Kuliah, Akreditasi, dan Daftar Jurusan di FISIP UNAIR

Kalau elo punya passion buat belajar ilmu sosial dan politik, FISIP UNAIR bisa jadi salah satu pilihan tempat buat elo melanjutkan pendidikan nantinya!

Dulu waktu awal-awal SMA, cita-cita gue masih sering berubah-berubah. Salah satu impian gue dulu adalah jadi penyiar berita. Soalnya keren aja kalau tiap pagi sebelum sekolah gue nonton berita di TV, penyiarnya tuh cakep-cakep, pakai baju rapi, dan kelihatan pintar. Gue juga mau kayak gitu!

Wih, gue inget banget saat itu dengan semangat googling gimana cara jadi penyiar berita. Ternyata kalau mau kerja kayak gitu bagusnya tuh kuliah Jurusan Ilmu Komunikasi.

Langsung deh, gue sat set sat set nyari info universitas yang punya Jurusan Ilmu Komunikasi.  Lalu ketemulah info terkait Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Airlangga (FISIP UNAIR).

Meskipun pada akhirnya setelah sekian tahun, sekarang gue statusnya bukan lulusan FISIP UNAIR (lho, gimana sih?). Tapi gue memang abis cari-cari informasi ter-update tentang fakultas tersebut. 

Nggak, bukan buat gue, tapi buat elo yang juga berminat buat kuliah di sini!

Nah, kali ini, gue akan berbagi informasi apa aja yang gue dapet seputar perkuliahan khususnya program sarjana (S1) di FISIP UNAIR. Cekidaw!

Sekilas tentang FISIP UNAIR

Sobat Zenius, elo tahu nggak, usia Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Airlangga (FISIP UNAIR) udah berapa tahun? Well, pada tahun ini, usia fakultas tersebut akan menginjak tepat 50 tahun, lho!

FISIP UNAIR udah ada sejak 23 Desember 1977. Dulu, namanya Fakultas Ilmu Sosial (FIS) dan jurusan atau program studinya cuma satu, yaitu Sosiologi. Hingga sekarang, FISIP UNAIR menyediakan tujuh jurusan program sarjana, lima jurusan program magister (S2), dan satu jurusan program doktor (S3).

Alamat kampus FISIP UNAIR ada di Kampus B Universitas Airlangga, Jl. Dharmawangsa Dalam, Surabaya. Elo udah pernah main ke sana atau sekadar ngelewatin aja, belum? 

Kalau misalnya sekarang elo belum bisa ke Surabaya, elo bisa jalan-jalan virtual di kampus UNAIR lewat fitur Virtual Tour di website resmi FISIP UNAIR!

Jangan lupa sambil “jalan-jalan”, elo manifesting “gue kuliah di sini”, ya!

Baca Juga: Profil Lengkap dan Jurusan Fakultas Ilmu Sosial & Politik UI (FISIP UI)

Jurusan FISIP UNAIR

Kalau elo mau masuk FISIP UNAIR, udah nentuin belum, mau ke jurusan apa? Kalau elo sekarang ada di jenjang SMA, elo bisa memilih dari tujuh jurusan FISIP UNAIR untuk jenjang sarjana (S1). 

Gimana dengan akreditasi FISIP UNAIR? Wah, nggak perlu diragukan lagi sih, kalau itu. Berikut gue cantumkan infografis yang memuat daftar jurusan di fakultas ini beserta dengan peringkat akreditasinya yang udah oke banget!

akreditasi FISIP UNAIR
Peringkat akreditasi FISIP UNAIR (Arsip Zenius)

Yuk, sekarang kita lanjut ke penjelasan tiap jurusannya. Teliti lagi baik-baik, ya, supaya elo nggak salah milih jurusan.

Jurusan Antropologi UNAIR

Jurusan Antropologi UNAIR udah mulai menerima mahasiswa sejak tahun 1985. Elo berminat menelaah lebih dalam tentang manusia, terutama perihal sosial dan budaya? Kalau iya, jurusan ini cocok banget buat elo.

Di Jurusan Antropologi UNAIR, ada mata kuliah cabang Antropologi Ragawi yang cuma ada di universitas ini di seluruh Indonesia, lho! Nama mata kuliah ini adalah Antropogenese. Di sini, elo akan diajak untuk mempelajari asal-usul manusia mulai dari mana manusia berasal serta proses apa aja yang ada didalamnya.

Di tahun 2018, mahasiswa yang mengambil mata kuliah ini mengikuti kuliah lapangan untuk melihat dan mempelajari fosil-fosil manusia dari zaman purba. Lho, bukannya kalau belajar fosil itu kuliahnya arkeologi, ya?

Mata kuliah Antropogenese ini merupakan bagian dari Paleoantropologi yang mempelajari manusia dari zaman purba hingga sekarang, makanya kegiatannya termasuk mempelajari tentang manusia purba. Ada banyak yang bisa dipelajari mengenai pola kehidupan manusia, nggak hanya dari fosil manusianya aja tapi juga fosil hewan-hewan purba dan peralatan yang dulu pernah digunakan oleh manusia purba!

Kalau ada mata kuliah seseru ini, jadi tertarik nggak sih, buat gabung ke Jurusan Antropologi UNAIR?

Jurusan Administrasi Publik UNAIR

Di jurusan ini, elo akan dibekali dengan pengetahuan dan keterampilan untuk mengidentifikasi dan menangani permasalahan seputar administrasi publik. Selain itu, elo akan melakukan penelitian mengenai tata-kelola pemerintahan, birokrasi, kebijakan publik, pelayanan publik, administrasi dan manajemen pembangunan, serta demokratisasi.

Jurusan Administrasi Publik di FISIP UNAIR punya tiga konsentrasi/peminatan:

  • Administrasi dan Manajemen Pembangunan
  • Kebijakan Publik
  • Manajemen Pelayanan Publik

Jurusan Hubungan Internasional UNAIR

Belakangan ini masih panas banget situasi perang Rusia vs Ukraina. Gue jadi tersadar kalau permasalahan global tuh semakin kompleks. Karena itu juga, ilmu Hubungan Internasional semakin berkembang. 

Nggak hanya di bidang politik, ekonomi, maupun keamanan, sekarang seluruh dunia sedang menghadapi lebih banyak isu, termasuk lingkungan dan terorisme.

Elo akan banyak mengkaji isu-isu internasional secara mendalam sebagai mahasiswa di jurusan ini. 

Pas lulus nanti, profil elo cocok memenuhi berbagai kriteria profesi, mulai dari analis global, penyusun strategi, perantara global dengan keterampilan diplomasi yang baik, sampai pengelola urusan-urusan antarnegara.

Baca Juga: Jurusan Hubungan Internasional (HI), Belajar Apa Saja Sih?

Jurusan ilmu Informasi dan Perpustakaan UNAIR

Jurusan ini juga sempat bikin gue tertarik, lho. Soalnya gue suka baca buku, bayangan gue kalau udah lulus dari sini bisa kerja di perpustakaan terus baca buku sepuasnya.

Tapi ternyata kuliah di Jurusan Ilmu Informasi dan Perpustakaan UNAIR bukan sekedar belajar menata buku di perpustakaan. Jurusan ini dibangun karena kebutuhan informasi masyarakat terus meningkat. Makanya, sebagai upaya untuk mengoptimalkan pengolahan dan pemanfaatan informasi, mahasiswa jurusan ini akan dipersiapkan untuk itu.

Lulusan dari jurusan ini diharapkan menjadi tenaga profesional yang bisa mengelola sistem informasi, perpustakaan, arsip, dan dokumentasi.

Jadi nanti elo bisa kerja jadi pustakawan, jadi system analyst atau system designer, jadi manajer dalam hal pengelolaan perpustakaan maupun institusi penyedia informasi lainnya, atau jadi peneliti.

Jurusan Ilmu Komunikasi UNAIR

Nah, ini nih yang jadi incaran gue dulu! Jurusan ini akan mengajak kalian untuk belajar seputar ilmu komunikasi dan studi media berbasis teknologi komunikasi dan media terkini.

Kurikulum program sarjana Jurusan Ilmu Komunikasi UNAIR ini mencakup mata kuliah wajib universitas dan fakultas, mata kuliah wajib program studi, dan juga mata kuliah pilihan sesuai dengan peminatan yang elo pilih. 

Nah, ada 4 peminatan yang nantinya ditawarkan pas elo udah keterima di jurusan ini:

  • Peminatan Komunikasi Korporat
  • Peminatan Komunikasi Pemasaran
  • Peminatan Produksi Konten Kreatif
  • Peminatan Studi Media dan Budaya

Elo pengen masuk yang mana? Kalau gue dulu jadi ambil Jurusan Ilmu Komunikasi, gue bakal ambil peminatan Produksi Konten Kreatif sih, hehe.

Jurusan Ilmu Politik UNAIR

Buat elo yang ingin berkecimpung di dunia politik, elo bisa mempertimbangkan masuk ke jurusan ini di FISIP UNAIR. Jurusan Ilmu Politik UNAIR didirikan atas kesadaran bahwa hampir semua bidang kehidupan ada kaitannya dengan politik.

Di sini, elo akan didorong untuk mengembangkan pola pikir kritis dan kepekaan terhadap kebutuhan negara di bidang politik. Selain itu, elo juga diharapkan akan berkontribusi dalam membantu masyarakat untuk berperan aktif dalam perubahan-perubahan politik.

Jurusan Sosiologi UNAIR

Kalau elo suka mengikuti perubahan-perubahan di kehidupan masyarakat begitu juga dengan permasalahannya, elo bisa banget nih, milih buat belajar di Jurusan Sosiologi UNAIR. 

Belajar sosiologi ini berasa belajar psikologi juga sih, soalnya kita mempelajari tingkah laku manusia. Cuma bedanya, kalau di psikologi kita cenderung belajar tingkah laku dari individu, kalau sosiologi kita belajar tingkah laku masyarakat di tengah lingkungan sosialnya.

Elo akan diajak untuk mengembangkan kemampuan untuk menganalisis dan memecahkan permasalahan yang sedang terjadi di tengah masyarakat. Kayak terjadinya konflik adat di tengah masyarakat yang masih kental unsur budayanya. Nah, elo akan belajar soal itu juga.

Nah, demikianlah ketujuh jurusan/program studi (prodi) FISIP UNAIR. Mana yang paling pas di hati elo, nih?

Baca Juga: Info Penerimaan, Perkuliahan, dan Jurusan di FISIP UNS

Cara Masuk FISIP UNAIR

Kalau udah menentukan jurusan yang elo minati, sekarang kita masuk ke informasi seputar gimana caranya masuk ke FISIP UNAIR, yuk!

Sama dengan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) lainnya, elo bisa coba daftar ke fakultas ini melalui jalur SNMPTN (undangan) dan/atau UTBK SBMPTN (ujian tertulis). 

Kalau misalnya di kedua jalur tersebut elo masih belum lolos, masih ada jalur ketiga, yaitu melalui Seleksi Mandiri Universitas Airlangga (SMUA).

SMUA ini dibagi lagi menjadi dua jalur. Pertama, jalur nilai UTBK-SBMPTN yang menggunakan hasil skor UTBK-SBMPTN serta motivation letter. Kedua, jalur nilai Ujian Tulis Mandiri yang menggunakan nilai ujian tulis dari UNAIR.

Mungkin elo juga bertanya-tanya, kira-kira berapa sih jumlah mahasiswa FISIP UNAIR? Well, untuk gambaran, coba lihat daftar kuota FISIP UNAIR masing-masing jalur yang udah gue rangkum dalam tabel berikut ini!

Daya tampung FISIP UNAIR 2022/2023
Daya tampung FISIP UNAIR 2022/2023 (Arsip Zenius)

Biaya Kuliah di FISIP UNAIR

Untuk biaya kuliah di FISIP UNAIR, udah gue siapkan tabelnya juga, nih! Simak dan catat sesuai dengan jurusan pilihan elo, ya!

Biaya kuliah FISIP UNAIR jalur SNMPTN & SBMPTN
Biaya kuliah di FISIP UNAIR jalur SNMPTN & SBMPTN (Arsip Zenius)
Biaya kuliah di FISIP UNAIR jalur Mandiri
Biaya kuliah di FISIP UNAIR jalur Mandiri (Arsip Zenius)

Penutup

Alrighty, gue udah selesai nih, berbagi beberapa hal penting seputar perkuliahan di FISIP UNAIR. 

Nah, buat elo yang lagi nunggu pelaksanaan UTBK 2022 gelombang 2, selamat berjuang! Gue tahu elo pasti deg-degan banget. Tapi, tenang! Kalau elo udah yakin sama persiapan elo, kerjain soal-soalnya dengan percaya diri aja. 

Elo juga masih bisa tonton playlist belajar UTBK yang udah Zenius siapin kapanpun. Langsung klik aja link di bawah ini, ya!

Persiapan UTBK: Materi Ujian, Latihan Soal, Try Out, dan Live Class

Sekarang, giliran elo untuk cobain try out dari Zenius. Supaya elo bisa mengevaluasi sejauh mana pemahaman elo terhadap materi ujian. Selain itu, elo juga perlu terbiasa mengerjakan berbagai variasi soal ujian, termasuk ujian mandiri. Langsung klik banner di bawah ini aja, ya!

Try Out UM PTN

Referensi

Daya Tampung Sarjana Tahun Akademik 2022/2023 – Pusat Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Airlangga

Program Studi – Fakultas Ilmu Sosial & Politik FISIP UNAIR

Program Studi Sarjana Kelompok Soshum – Pusat Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Airlangga

Satuan Biaya Pendidikan Jalur Mandiri Kemitraan – Pusat Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Airlangga

Satuan Biaya Pendidikan Jalur Mandiri Reguler – Pusat Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Airlangga

Satuan Biaya Pendidikan SBMPTN – Pusat Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Airlangga

Satuan Biaya Pendidikan SNMPTN – Pusat Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Airlangga

Sejarah – Fakultas Ilmu Sosial & Politik FISIP UNAIR

Bagikan Artikel Ini!