Info Penerimaan, Perkuliahan, dan Jurusan di FISIP UNS

Info Penerimaan, Perkuliahan, dan Jurusan di FISIP UNS

Hai Sobat Zenius, gimana nih, kabarnya? Udah mulai deg-degan belum karena sebentar lagi UTBK akan dimulai? Hmm gue jadi kepo deh, emangnya elo nargetin kuliah di mana, nih? Di FISIP UNS, bukan?

Kalau iya, mantap deh, elo udah mendarat di artikel yang tepat! Kali ini, gue mau bagi-bagi informasi seputar pendaftaran dan perkuliahan di FISIP UNS. Langsung aja disimak dan jangan lupa tandai info-info pentingnya, ya!

Kenalan Dulu Yuk, Sama FISIP UNS!

Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Sebelas Maret (FISIP UNS) ini berdirinya udah dari lama, lho. Bersamaan dengan peresmian Universitas Negeri Surakarta Sebelas Maret pada tahun 1976, terbentuk juga FISIP UNS yang dulunya masih bernama Fakultas Sosial Politik.

Waktu itu, FISIP UNS cuma punya dua jurusan, yaitu Administrasi Negara dan Publisistik. Pada tahun 1982, nama fakultas tersebut diubah jadi yang dipakai hingga sekarang. Lalu pada 1983, jurusan-jurusan tadi juga berubah jadi Jurusan Ilmu Administrasi dan Ilmu Komunikasi.

Nah itu kan pas baru-baru pecah telur ya, tapi sekarang FISIP udah punya lebih banyak pilihan jurusan, lho, baik untuk jenjang S1, S2, maupun S3.

Nanti gue bakal bahas satu per satu, tapi khusus yang S1 aja dulu, yaitu Jurusan Ilmu Administrasi Negara, Ilmu Komunikasi, Sosiologi, dan Hubungan Internasional.

gapura depan kampus FISIP UNS di Surakarta
Kampus UNS terletak di Surakarta. (Dok: Wikimedia Commons)

Alamat FISIP UNS berada di Jl. Ir. Sutam 36A, Kentingan, Jebres, Surakarta. Elo bisa main-main ke “calon kampus” elo ini atau mungkin bisa jadi patokan buat mencari hunian kalau misalnya elo nanti jadinya melanjutkan pendidikan di sini.

Baca Juga: Di Jurusan Ilmu Politik Itu Belajar Apa, Sih?

Apa Peringkat Akreditasi FISIP UNS?

Nah, berikutnya gue mau ngomongin soal status akreditasi FISIP UNS, nih. Ini bisa dijadikan alasan memilih FISIP UNS yang bisa elo pertimbangkan, lho. Karena, untuk program sarjananya aja, jurusan-jurusan di fakultas ini hampir semuanya terakreditasi A!

Berikut rincian akreditasi program sarjana FISIP UNS.

Program StudiPeringkat Akreditasi
S1 Administrasi NegaraA
S1 Ilmu KomunikasiA
S1 SosiologiA
S1 Hubungan InternasionalB

Berapa Sih, Daya Tampung FISIP UNS?

Kalau akreditasinya bagus, nggak heran jurusan FISIP UNS ramai peminat tiap tahunnya. Berikut gue sajikan informasi tentang peminat FISIP UNS dari tahun 2021 dan daya tampung untuk jalur SBMPTN pada tahun 2022.

Daya tampung dan peminat FISIP UNS
Daya tampung dan peminat FISIP UNS. (Arsip Zenius)

Nah, kalau elo kira-kira termasuk peminat jurusan/program studi yang mana, nih?

Yuk, Intip 4 Pilihan Jurusan FISIP UNS!

Sekarang, gue mau bahas tipis-tipis mengenai jurusan yang ditawarkan oleh FISIP UNS untuk program sarjana. 

Elo udah ada gambaran belum, mau menggeluti ilmu sosial dan ilmu politik di bidang apa? Kalau belum,  gue kasih bocoran info-info penting. Gue nggak hanya akan mengulik materi kuliah, tapi juga prospek kerja lulusan jurusan FISIP UNS. Yuk, langsung cek aja!

S1 Ilmu Administrasi Negara

Bisa dilihat dari tabel daya tampung yang udah gue tunjukkan tadi, jurusan ini termasuk salah satu yang banyak peminatnya. Apalagi belakangan lumayan banyak permasalahan seputar hal administrasi di pelayanan publik di Indonesia. Sering banget tuh, muncul keluhan di media sosial terkait birokrasi pelayanan publik yang berbelit-belit.

Makanya, jurusan ini bertujuan mencetak lulusan yang punya kompetensi sebagai:

  • Administrasi publik yang paham cara menyusun dan mengelola hal-hal seputar organisasi, kebijakan, dan pelayanan publik secara efektif sesuai dengan permasalahan yang ada.
  • Birokrat yang melek Information Technology (IT) untuk menyelesaikan permasalahan terkait organisasi, kebijakan, dan pelayanan publik.
  • Analis kebijakan yang bisa mengorganisir pembuatan keputusan dan menjalankan tugas pokok dan fungsinya.
  • Pengelola kegiatan lapangan yang bisa mewujudkan nilai-nilai publik dengan baik.

Jika elo menjadi mahasiswa jurusan ini, elo punya kesempatan magang di Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dan DIY selama 2 bulan. Soalnya, pihak kampus udah menjalin kerja sama dengan pemda setempat. Wuih, elo bisa nyicil pengalaman kerja sejak kuliah, nih.

Nantinya, kalau udah lulus dari jurusan ini, elo bisa kerja di berbagai institusi publik maupun swasta. Di sana, ilmu elo bakal terpakai banget dalam melaksanakan tata laksana organisasi, sumber daya manusia, keuangan, informasi, hingga  formulasi kebijakan.

S1 Ilmu Komunikasi

Nah, kalau jurusan ini meraih  pendaftar UTBK SBMPTN terbanyak pada 2021. Peminat jurusan kuliah di bidang industri kreatif memang seakan nggak ada matinya, deh. Nantinya, lulusan dari jurusan ini akan diarahkan ke industri media kayak broadcasting/TV, media cetak, periklanan, dan public relations.

Tapi selain itu, lapangan kerja di bidang pemerintahan, pendidikan, humas, hingga perbankan juga terbuka buat para lulusan Jurusan Ilmu Komunikasi.

Prospek kerja yang cukup luas ini sesuai hasil dari pembelajaran selama 4 tahun elo berkuliah. 

Kumpulan mata kuliah yang elo pelajari memastikan elo nanti akan lulus dengan menguasai pengetahuan-pengetahuan ini:

  • Konsep-konsep ilmu komunikasi.
  • Konsep dan prosedur riset bidang ilmu komunikasi.
  • Penyusunan rencana program komunikasi.

Elo juga akan dapat bekal pengetahuan yang terspesialisasi khusus sesuai peminatan yang elo pilih. Ada apa aja, sih?

  • Spesialisasi Jurnalistik: konsep dan prosedur produksi jurnalistik.
  • Spesialisasi Public Relations: konsep dan prosedur aktivitas kehumasan sektor pemerintah maupun swasta.
  • Spesialisasi Advertising: konsep dan pengelolaan kampanye iklan.
  • Spesialisasi Video: konsep dan prosedur produksi program televisi.
  • Spesialisasi Radio: konsep dan prosedur produksi program radio siaran.

Baca Juga: Kenalan Sama Jurusan Ilmu Komunikasi, Yuk!

S1 Sosiologi

Sesuai namanya, jurusan ini berkutat dengan ilmu sosiologi. Elo akan belajar supaya bisa responsif terhadap kebutuhan, tuntutan, dan tren dalam masyarakat. 

Kalau elo masuk ke jurusan ini, elo akan dipersiapkan agar bisa masuk ke profesi-profesi seperti:

  • Analis sosial yang bisa menginterpretasi data berdasarkan teori sosiologi dan mengatasi permasalahan sosiologi.
  • Konsultan sosial yang bisa mengidentifikasi permasalahan sosial dan merancang serta mengimplementasikan penyelesaiannya.
  • Pemberdaya masyarakat yang bisa mengidentifikasi potensi yang dimiliki masyarakat serta membuat, mengaplikasikan, dan mengevaluasi program untuk mereka.
  • Perencana sosial yang bisa mengidentifikasi berbagai informasi dalam perspektif perencanaan sosial sambil menggunakan big data.
  • Peneliti sosial yang bisa menerapkan penelitian kualitatif dan kuantitatif dalam ranah sosiologi.

S1 Hubungan Internasional

Nah, kalau elo ingin terjun ke kancah internasional, elo bisa pilih jurusan ini. Di sini, elo akan dididik agar punya soft skills seperti keterampilan bernegosiasi, bekerja sama secara internasional, melakukan perdagangan, dan lain-lain.

Lapangan kerja yang terbuka buat lulusan jurusan ini ada di bidang hubungan dan kerja sama internasional serta diplomasi.

Jadi, lulusan Jurusan Hubungan Internasional FISIP UNS nggak hanya punya pilihan karier sebagai diplomat saja. Mereka bisa mencoba berada di posisi staf kedutaan besar negara asing, analis kebijakan, praktisi politik, analis politik, negosiator, governance relation officer, Pegawai Negeri Sipil (PNS) pusat/daerah, atau peneliti di lembaga-lembaga riset.

Gelar Lulusan FISIP UNS

Penasaran nggak sih, setelah selesai menempuh pendidikan di program sarjana FISIP UNS nanti, gelar apa yang bakal ditambahkan ke nama elo? Yuk kita cek!

  • S1 Administrasi Negara: Gelar Sarjana Sosial (S.Sos.)
  • S1 Ilmu Komunikasi: Gelar Sarjana Imu Komunikasi (S.I.Kom.)
  • S1 Sosiologi: Gelar Sarjana Sosial (S.Sos.)
  • S1 Hubungan Internasional: Gelar Sarjana Sosial (S.Sos.)

Nah, elo mau siap-siap buat menyabet gelar yang mana, nih?

Catat Informasi SPMB FISIP UNS!

Oke deh, tadi elo udah baca-baca tentang jurusan yang ada di FISIP UNS, sekarang waktunya kita menelusuri informasi tentang Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UNS (SPMB UNS).

Untuk masuk program sarjana di FISIP UNS, ada 3 jalur yang bisa elo coba. Seperti biasa, tentu elo bisa coba jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dengan UTBK yang akan berlangsung di bulan Mei-Juni 2022 nanti.

Tapi, ada satu jalur lagi yang mau gue jelaskan ke elo, yaitu Seleksi Mandiri UNS (SM UNS). SM UNS ini terbagi atas beberapa jenis lagi:

Seleksi Mandiri FISIP UNS
Jenis-Jenis Jalur Seleksi Mandiri UNS (Arsip Zenius)

Baca Juga: 6 Cara Belajar SBMPTN yang Efektif Agar Dapat Skor Tinggi

Ketentuan umum untuk mengikuti jalur-jalur yang gue sebutkan tadi adalah:

  1. Warga Negara Indonesia.
  2. Lulusan SMA/MA/SMK/SMALB  atau yang sederajat paling lama 3 (tiga) tahun terakhir.
  3. Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses studi.
  4. Mendaftarkan diri sebagai peserta Seleksi Mandiri UNS.

Biaya Kuliah di FISIP UNS

Dari hasil penelusuran gue, website UNS baru menginfokan biaya kuliah untuk mahasiswa yang diterima lewat jalur SM UNS. Ini rincian seluruh biayanya, ya:

Program StudiKelompok 1Kelompok 2Kelompok 3Kelompok 4Kelompok 5Kelompok 6Kelompok 7Kelompok 8
Hubungan InternastionalRp475.500Rp975.500Rp2.975.500Rp3.775.500Rp5.775.500Rp6.355.500Rp6.675.500Rp6.716.500
Ilmu Administrasi NegaraRp475.500Rp975.500Rp2.875.500Rp3.375.500Rp4.975.500Rp5.475.500Rp6.025.500Rp6.716.500
Ilmu KomunikasiRp475.500Rp975.500Rp2.975.500Rp3.775.500Rp5.775.500Rp6.025.500Rp6.630.500Rp6.986.500
SosiologiRp475.500Rp975.500Rp2.875.500Rp3.375.500Rp4.975.500Rp5.475.500Rp6.025.500Rp6.716.500

Penutup

Nah, gue udah selesai kasih info-info penting tentang FISIP UNS, nih. Elo udah tambah siap buat daftar, belum?

Jangan lupa juga buat mempersiapkan diri untuk menghadapi UTBK yang sebentar lagi dilaksanakan. Belajarnya bareng Zenius yuk, biar persiapan elo makin yoi!

Persiapan UTBK: Materi Belajar, Latihan Soal, Try Out, dan Live Class

Terus, buat persiapan ujian mandiri masuk PTN, elo bisa cobain try out Zenius dengan klik banner berikut. Ada  try out buat berbagai ujian masuk lainnya, lho.

Siap-siap ikut seleksi mandiri FISIP UNS dengan nyobain Try Out Zenius, yuk!

Referensi

Akreditasi – Fisip UNS

Daftar Prodi SBMPTN – sidata-ptn

Informasi Jadwal dan Jalur Masuk Program Sarjana (S1) – SPMB UNS

Sarjana – Fisip UNS

Sejarah – Fisip UNS

Uang Kuliah Tunggal (UKT) dan Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI) – SPMB UNS

Bagikan Artikel Ini!