Materi Kimia: Rumus Massa Atom Relatif dan Aplikasinya

Massa Atom Relatif

Artikel ini bakal membahas secara ringkas mengenai massa atom relatif dalam kimia serta aplikasinya dalam soal

Halo warga Zenius yang budiman! Balik lagi bersama gua, Alhas di Zenius Blog! Gimana persiapan kalian buat UTBK tahun depan? Semoga kalian udah curi start dan nyicil-nyicil dari sekarang ya! Buat menemani semangat belajar kalian, gua bakal share suatu konsep penting yang selalu ada di kimia apapun itu babnya, yaitu Massa Atom Relatif

Massa Atom Relatif (yang nantinya akan gua singkat sebagai Ar) merupakan suatu konsep kimia yang benar-benar melekat dan selalu ada di bab apapun dalam kimia, baik itu osmosis, stoikiometri, asam basa, kimia organik, hingga kimia atom. Oleh karena itu, pemahaman mengenai konsep Ar yang matang dan baik merupakan hal yang wajib karena menjadi salah satu kunci dalam menguasai pelajaran kimia secara keseluruhan.

Massa Rata-Rata Atom 

Nah coba gua kasih pertanyaan yang simple namun lumayan tricky ke kalian semua…

Gimana sih cara ngitung massa atom?

Ini pertanyaan yang simple tapi bikin kita mikir dua kali untuk jawab hehehe…

Atom sama seperti benda-benda yang ada di sekitar kita, kayak laptop, hape, dan buku, karena semua benda yang ada di alam semesta ini tersusun oleh atom. Akan tetapi, yang membedakan adalah atom suangatttt kecilll, sehingga mustahil banget buat kita tau massanya pake timbangan konvensional (apalagi timbangan bebek). 

Lah, terus gimana dong cara tau massa dari atom?

Beruntungnya, para engineer hebat di dunia menciptakan alat yang bernama Spektrometri Massa yang berguna dalam menentukan massa atom atau molekul.

Spektrometer
Spektrometer (Sumber: chem.co.id)

Massa atom ini memiliki suatu satuan, yaitu s.m.a (Satuan Massa Atom). 1 s.m.a itu ekuivalen dengan massa unsur paling ringan di tabel periodik, yaitu hidrogen yang hanya memiliki satu proton dan satu elektron.   

Spektrometer ini dapat menunjukkan massa dan rasio kelimpahan isotop dari masing-masing atom dengan kurva, nah karena suatu atom memiliki isotop-isotop yang beragam, maka massa rata-rata suatu atom dihitung berdasarkan rata-rata massa dari keseluruhan isotop atom tersebut. Biar makin jelas, gua bakal kasih contoh biar kalian jauh lebih paham mengenai perhitungan massa rata-rata atom 

  1. Atom Karbon di alam terdapat dalam dua macam isotop, yaitu 75% sebagai C-12 yang bermassa 12 s.m.a, dan 25% sebagai C-13 yang bermassa 13 s.m.a. Maka massa rata-rata atom klorin adalah: 

Karena yang ditanya dari soal adalah rata-rata massa atom, maka kalian cukup menghitung berapa jumlah massa masing-masing isotop, lalu dibagi dengan total isotop, sehingga didapatkan suatu formula. 

Massa rata rata atom

Akhirnya, kita dapet deh, massa rata-rata dari atom karbon sebesar 12,15 s.m.a. Buat kalian yang masih bingung, kalian bisa simak video penjelasan dari zenius di sini ya!

Massa Atom Relatif (Ar)

Setelah kalian paham mengenai rumus massa rata-rata atom, kita bakal lanjut ke massa atom relatif. Seperti yang kalian tau, untuk mengukur massa suatu benda, kita harus membandingkannya dengan benda yang lain. Prinsipnya seperti timbangan bebek, untuk mengetahui apakah massa suatu beras 1 kg, kita harus membandingkannya dengan suatu benda yang memiliki massa 1 kg. 

Hal ini berlaku juga pada massa atom, untuk mengetahui massa atom relatif suatu unsur, kita harus punya standar/tetapan. Dalam pengukuran massa atom relatif, tetapan yang digunakan adalah massa 1 atom karbon-12. Sehingga perhitungan massa atom relatif suatu unsur adalah perhitungan satuan massa atom yang dibandingkan dengan 1 massa atom Karbon-12

Massa atom relatif

Massa 1 atom karbon-12 itu setara dengan= 12 s.m.a, jika mengikuti satuan metrik, massa atom C-12 sebesar 2,04 x 10-27 Kg

Biar kalian ga bingung sama penjelasan gua tadi, gua bakal kasih satu soal sehingga bisa membayangkan cara perhitungannya. 

  1. Massa rata-rata 1 atom Cl adalah 35 s.m.a, berapa massa atom relatif dari Cl?

Karena dalam soal sudah memakai s.m.a, Jadi kalian tinggal masukin aja deh massa atom C-12 dengan satuan s.m.a

rumus massa atom relatif

Nah, akhirnya dapet deh jawabannya sebesar 35 s.m.a, tapi biasanya dalam soal kalian akan disuguhkan dalam satuan metrik seperti kilogram atau gram, sehingga kalian harus menghitungnya dengan teliti dan cermat!

Semoga dengan penjelasan singkat ini, kalian bisa jauh lebih paham mengenai penggunaan rumus massa atom relatif dalam soal-soal kimia. Buat kalian yang masih bingung, kalian bisa simak video penjelasan dari zenius di sini ya!

Adios~

Baca Artikel Lainnya

Rumus Osmosis dan Penerapannya dalam Kehidupan Sehari-hari!

Materi Kimia: Laju Reaksi

Materi Kimia: Sistem Koloid

Referensi

https://id.wikipedia.org/wiki/Massa_atom_relatif

https://id.wikipedia.org/wiki/Spektrometri_massa

Bagikan Artikel Ini!