cardinal dan ordinal numbers

Perbedaan Cardinal dan Ordinal Numbers

Menggunakan angka dalam bahasa Inggris tidaklah sama dengan angka dalam Bahasa Indonesia. Dalam Bahasa Inggris, dikenal istilah cardinal and ordinal numbers. Apa itu cardinal dan ordinal numbers? Simak kajian yang satu ini.

Di dalam pelajaran Bahasa Inggris, dikenal dua jenis angka. Angka yang pertama dikenal dengan nama Cardinal Numbers, sedangkan angka kedua memiliki nama Ordinal Numbers. Apa perbedaan di antara keduanya? 

Pengertian Cardinal dan Ordinal Numbers

Cardinal numbers adalah angka yang digunakan untuk menerangkan jumlah dalam bilangan bulat. Adapun ordinal numbers adalah angka yang digunakan untuk menjelaskan posisi. Untuk lebih mudah memahaminya, perhatikan gambar berikut ini. 

cardinal dan ordinal numbers dalam Bahasa Inggris

Gambar di atas, bagian kiri adalah contoh Cardinal number bisa dibilang juga angka yang digunakan untuk menyatakan jumlah (quantity) bulat dari objek yang dibicarakan. Bagian kanan adalah contoh Ordinal number yang biasa digunakan untuk menyatakan urutan atau suatu tahapan.

Kalau kamu pernah nonton motogp, di akhir balapan akan diumumkan peringkat yang diraih setiap pembalap, tuh. Di situlah Ordinal numbers mengambil peran karena memang angka yang dipakai ditujukan untuk memberitahukan posisi dan bukan jumlah. 

Contoh Ordinal Number seperti di bawah ini:

Podium untuk memetakan Ordinal number
Source: Unsplash

1st Marquez

2nd Dovizioso

3rd Vinales

Sedangkan kalau kamu sedang berada di sebuah pasar dan ditanyai oleh pedagangnya mau beli semangka berapa, kamu perlu menjawabnya dengan menggunakan Cardinal number. 

Contoh Cardinal Number ialah seperti di bawah ini:

Contoh cardinal number
Source: Unsplash

“Hey, bro. How many watermelons you want to buy?” 

“5 watermelons” 

Tidak mungkin kan kamu mau jawabnya pakai kalimat “5th watermelon”? 

Penggunaan Cardinal dan Ordinal Numbers

Di awal tadi, sudah dibahas kalau cardinal dipakai untuk menyatakan jumlah dan ordinal untuk mengumumkan posisi. Baik cardinal maupun ordinal memiliki kegunaannya masing-masing yang perlu kamu tahu supaya tidak terjadi kesalahan dalam penggunaannya. 

Cardinal Numbers

Cardinal numbers digunakan untuk menyebutkan jumlah dan biasanya digunakan untuk menjawab pertanyaan “how many?”. Satu hal yang perlu dicamkan adalah angka cardinal selalu bulat: 1, 2, 3, dst dan bukan pecahan atau angka lain selain bilangan bulat. Sederhana sekali, bukan? Hehe. Memang iya sih. Yang agak rumit adalah untuk ordinal numbers. 

Ordinal Numbers

  • Tingkat 

Misalkan kalian mau kasih tahu ke paman kalau sekarang sudah duduk di kelas 2 SMA maka kalian perlu mengucapkannya dengan memakai ordinal numbers. Untuk menyebut tingkatan dalam suatu gedung pun juga digunakan ordinal numbers

Contoh :

2nd year of senior high school 

37th floor 

  • Tanggal

Ordinal numbers juga digunakan untuk menyatakan tanggal. Misalkan August 17th, June 3rd, dst.  

  • Urutan 

Kalau kalian suka bikin video tutorial memasak, make up, dan sebagainya, kalian perlu menggunakan ordinal numbers untuk mengurutkan setiap langkah yang ingin kalian bagikan. Misalkan gini:

First, turn on the stove 

Second, put your pot on the stove 

Third, turn off the stove 

  • Penyebut pada pecahan

Penyebut adalah angka yang ada di bagian bawah pecahan dan pembilang adalah angka yang ada di atas. Nah, dalam bahasa Inggris, angka penyebut menggunakan ordinal numbers. Misalkan untuk menyatakan ¾ maka kita gunakan kalimat three fourth. 

Jadi kesimpulannya pada ordinal number, terdapat empat akhiran yang digunakan, yaitu: -st, -nd, -rd, -th. Empat akhiran itu wajib diingat ya, Sobat Zenius. Keempat akhiran itu dipakai untuk menunjukan bilangan satuan. Tapi perlu jadi perhatian ya, Sobat Zenius. Kalau menemukan angka 33, ini ditambahkan akhiran -rd bukan -th. Jadi kalian membacanya 33rd, thirthy third bukan thirthy thirth. Begitu pula 41st, dibaca dengan forty first bukan forty forth, begitu seterusnya.

Sejauh ini sudah jelas dan mengerti belum tentang perbedaan kedua angka yang baru kita pelajari nih, Sobat Zenius? Sudah bisa dong membuat contoh sendiri dan mengerti cara penggunaannya, kan? Kalau kalian penasaran dengan materi lain terkait angka, bahasa Inggris, klik tautan di bawah ini yaa.

Baca Juga: Mengenal Angka dalam Bahasa Inggris

Baiklah. Sobat Zenius, kalian bisa baca Materi Pelajaran apapun di Zenius Blog. Sekian dulu penjelasan ini. Have a nice day!

Bagikan artikel ini: