Fakultas Psikologi UI Zenius Education

Syarat Masuk dan Info Kuliah di Fakultas Ilmu Psikologi UI

Apakah elo berminat melanjutkan studi di Fakultas Ilmu Psikologi UI? Yuk, gali info lengkap jurusan di Fakultas Ilmu Psikologi UI sampai daya tampungnya!

Belakangan ini, pembahasan seputar mental health lagi viral banget, ya? Gue sering banget menemukan topik ini di tayangan video YouTube, TikTok, sampai podcast. Yang terlibat obrolan soal mental health ini juga datang dari berbagai generasi, lho. Rasanya, sering banget datang dari kalangan milenial dan generasi Z.

Kalau gue perhatikan sih, diskusi mengenai mental health ini mulai merebak beberapa bulan semenjak pandemi Covid-19 berlangsung. Karena lockdown, orang-orang jadi banyak yang harus tinggal di rumah. Urusan-urusan pekerjaan maupun pendidikan hampir semuanya dilakukan di rumah.

Nggak bisa ketemu teman-teman, menyaksikan keluarga yang tumbang akibat terpapar virus, nggak bisa jalan-jalan buat healing, hingga beban tugas yang dirasa lebih banyak selama WFH… Beberapa faktor ini kerap kali disebut-sebut menjadi alasan kenapa banyak orang merasa mental health mereka mulai terganggu.

ilustrasi gangguan pada mental health
Di masa pandemi, banyak orang yang merasakan mental health mereka terganggu. (Arsip Zenius)

Nah, elo pasti udah tahu kan, kalau ada ilmu yang secara khusus menelaah fenomena seperti yang gue bahas tadi, yaitu psikologi. Ilmu Psikologi  mempelajari perilaku manusia dan masalah-masalah yang mereka hadapi.

Elo suka ngikutin topik seperti ini di media sosial dan tertarik buat mempelajari lebih dalam? Kalau iya, Fakultas Ilmu Psikologi UI (Universitas Indonesia) mungkin bisa jadi salah satu pilihan elo buat melanjutkan pendidikan ke jenjang kuliah!

Baca Juga: Mengenal Jurusan Psikologi – Materi Kuliah dan Prospek Kerja

Kenalan Dulu Yuk, Sama Fakultas Ilmu Psikologi UI!

Dibentuk pada tahun 1960, Fakultas Ilmu Psikologi Universitas Indonesia merupakan fakultas psikologi pertama yang berdiri di Indonesia, lho! Bahkan sampai sekarang, FPsi UI (singkatan Fakultas Psikologi UI) masih jadi teladan bagi pengembangan fakultas-fakultas psikologi lainnya di Indonesia. Keren abis!

Gimana dengan akreditasi Fakultas Psikologi UI? Well, pada tahun 2021 yang lalu, fakultas ini telah menerima peringkat akreditasi Unggul dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi. Jangan ragu sama kualitas, ya!

Saat ini, Fakultas Psikologi UI beralamat di Jl. Lkr. Kampus Raya Jl. Prof. DR. R Slamet Iman Santoso, Pondok Cina, Beji, Depok, Jawa Barat.

Dicatat ya, biar kalau elo mau main-main ke situ nggak nyasar. Bisa juga jadi patokan buat elo cari-cari tempat tinggal nanti kalau elo mau merantau dan kuliah di sini, hehe.

Jurusan di Fakultas Psikologi UI

Ada 5 pilihan jurusan di Fakultas Psikologi UI, yaitu Program Sarjana Psikologi (KKI), Magister Ilmu Psikologi, Magister Psikologi Profesi, Magister Psikologi Terapan, dan Doktor Psikologi. Karena elo baru mau mulai S1 nih, maka elo bisa memilih Program Sarjana Psikologi.

Tapi, kalau elo cita-citanya jadi psikolog, elo harus melanjutkan pendidikan ke jenjang S2 dulu dengan mengambil program profesi.

Baca Juga: Jadi Psikolog di Indonesia, Gimana Caranya?

Program Sarjana Psikologi di Fakultas Psikologi UI sendiri ada 3, yaitu program reguler, paralel, dan kelas internasional.

Untuk kelas internasionalnya, Universitas Indonesia menggandeng School of Psychology, Faculty of Social Behavioral Science di University of Queensland di Brisbane, Australia.

Syarat Masuk Fakultas Psikologi UI

Syarat masuk Fakultas Ilmu Psikologi UI, khususnya di Jurusan/Program Studi Sarjana Psikologi, antara lain:

  • Lulusan SMA/SMK/MA/Sederajat maksimal dalam dua tahun dari tahun kelulusan (reguler), tanpa batas tahun kelulusan (paralel).
  • Elo harus melalui proses seleksi, antara lain via jalur SIMAK UI, UTBK SBMPTN, SNMPTN, jalur undangan (program reguler dan paralel), penilaian rapor siswa, atau talent scouting (untuk kelas internasional).
  • Elo memenuhi kriteria-kriteria di atas dan lulus seleksi dari sistem penerimaan mahasiswa baru.

Persyaratan pendaftaran Jurusan Psikologi UI gue rangkum di infografis berikut ini:

Persyaratan masuk Program Sarjana Fakultas Ilmu Psikologi UI
Infografis persyaratan masuk Program Sarjana Psikologi UI. (Arsip Zenius)

Berapa Sih, Biaya Kuliahnya?

Sekarang, yuk, kita mulai obrolin tentang biaya Fakultas Psikologi UI. Ada 3 hal yang mau gue jelaskan, yaitu untuk Program Sarjana Reguler, Program Sarjana Paralel, dan Program Sarjana Kelas Khusus Internasional.

Biaya Program Sarjana Reguler

Tarif Uang Kuliah Tunggal Biaya Operasional Pendidikan Berkeadilan (BOP-B)

Kelas-1 (Rp)Kelas-2 (Rp)Kelas-3 (Rp)Kelas-4 (Rp)Kelas-5 (Rp)Kelas-6 (Rp)
0 s.d. 500.000> 500.000 s.d. 1.000.000> 1.000.000 s.d. 2.000.000> 2.000.000 s.d. 3.000.000> 3.000.000 s.d. 4.000.000> 4.000.000 s.d. 5.000.000
BOP-B Sarjana Reguler Fakultas Ilmu Psikologi UI

Tarif Uang Kuliah Tunggal Biaya Operasional Pendidikan Pilihan (BOP-P)

Kelas-1 (Rp)Kelas-2 (Rp)Kelas-3 (Rp)Kelas-4 (Rp)Kelas-5 (Rp)
7.500.00010.000.00012.500.00015.000.00017.500.000
BOP-P Sarjana Reguler Fakultas Ilmu Psikologi UI

Biaya Program Sarjana Paralel

JenjangBiaya Operasional Pendidikan (Rp)Uang Pangkal (Rp)
Reguler14.000.00016.000.000
WNA20.000.00027.000.000
Biaya Program Sarjana Paralel Fakultas Ilmu Psikologi UI

Biaya Kelas Internasional

JenjangBiaya operasional Pendidikan (Rp)Uang Pangkal (Rp)
Reguler34.000.00020.000.000
Reguler34.000.00027.000.000
Biaya Kelas Internasional Program Sarjana Fakultas Ilmu Psikologi UI

Baca Juga: 7 Daftar Universitas Swasta dengan Jurusan Psikologi Terbaik yang Perlu Sobat Zenius Tahu!

Daya Tampung Jurusan di Fakultas Psikologi UI

Kuota penerimaan mahasiswa baru program sarjana di Fakultas Ilmu Psikologi UI berbeda jumlah untuk tiap jalur masuk. Daftar selengkapnya udah gue rangkum di infografis ini, ya!

Daya tampung program sarjana Fakultas Ilmu Psikologi UI
Daya tampung Program Sarjana Psikologi UI (Arsip Zenius)

Menurut data di atas, kuota prioritas diperuntukkan buat pendaftar jalur SIMAK UI, yaitu 95 orang. Kalau elo mau daftar lewat jalur SIMAK UI, persiapkan diri elo supaya bisa bersaing dengan pendaftar lainnya!

Maka dari itu, pastikan elo gali dengan teliti semua informasi mengenai SIMAK UI. Tenang aja, Zenius udah merangkum semua informasi penting SIMAK UI di link berikut.

Panduan Lengkap SIMAK UI

Jangan lupa untuk coba kerjakan latihan-latihan soal SIMAK UI biar persiapan elo tambah matang!

Latihan Soal SIMAK UI

Zenius juga punya program Ultima Plus yang oke abis untuk bantu persiapan SIMAK UI dan ujian masuk PTN lainnya yang akan elo hadapi. Langsung aja klik banner di bawah ini, ya!

CTA Zenius ultima plus
Klik banner di atas untuk berlangganan Zenius Ultima Plus!

Referensi:

Biaya Pendidikan – Fakultas Psikologi Universitas Indonesia

Daftar Program Studi S1 Reguler TA 2022 – SIMAK UI

Fakultas Psikologi – Universitas Indonesia

Persyaratan Pendaftaran Program Studi TA 2022 – SIMAK UI

Program Sarjana Psikologi (KKI) – Universitas Indonesia

Program Studi Sarjana Psikologi – Fakultas Psikologi Universitas Indonesia

Psikologi – Universitas Indonesia

Sejarah – Fakultas Psikologi Universitas Indonesia

Bagikan Artikel Ini!