Jadwal Ujian Mandiri 2021 dari UI, UNDIP, UNAIR, ITS, IPB

Jadwal Ujian Mandiri 2021: UI, Undip, Unair, ITS, dan IPB

Artikel ini akan membahas tuntas tentang jadwal ujian mandiri 2021 dari beberapa kampus negeri favorit di Indonesia seperti UI (Universitas Indonesia), Undip (Universitas Diponegoro), Unair (Universitas Airlangga), ITS (Institut Teknologi Sepuluh November), dan IPB (Institut Pertanian Bogor).

Proses seleksi untuk masuk ke perguruan tinggi negeri di tahun akademik 2021/2022 telah dimulai sejak penyelenggaraan SNMPTN di bulan Maret lalu. Selain itu, jalur kedua yaitu SBMPTN juga sudah berjalan di awal April 2021 kemarin. Untuk SNMPTN dan SBMPTN diselenggarakan di bawah Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi Negeri (LTMPT).

Informasi Jadwal Ujian Mandiri 2021

Untuk jalur yang masih tersisa tinggal satu lagi nih, yaitu jalur mandiri. Jalur terakhir ini penyelenggaraannya di bawah masing-masing perguruan tinggi, jadi bukan di bawah LTMPT lagi.

Untuk kamu yang berminat mencoba tes masuk perguruan tinggi melalui jalur mandiri, kamu bisa mencoba dan juga cek tentang jadwal ujian mandiri 2021 ini dari beberapa kampus di bawah ini:

1. Universitas Indonesia (UI)

Kampus UI Depok

Ujian mandiri di Universitas Indonesia lebih dikenal dengan istilah SIMAK UI atau Seleksi Masuk UI. Zenius juga punya loh program intensif 5 Minggu untuk menghadapi SIMAK UI 2021 ini. Informasi lebih lanjut kamu bisa cek di ZENIUS SIMAK UI ya.

Tahun 2021 ini, Universitas Indonesia menyediakan kuota sebanyak 2.675 untuk semua program studi yang dibuka untuk jenjang Strata 1 (S1). Jumlah ini berdasarkan apa yang ditulis di laman website SIMAK UI.

Baca Juga: Informasi Lengkap Pendaftaraan SIMAK UI 2021

Secara persentase, kuota jalur mandiri UI kali ini adalah 50 persen dari total mahasiswa baru yang diterima. Jadi, peluang kamu untuk berhasil masuk UI lebih besar, terutama untuk kamu yang kemarin sudah mencoba jalur SNMPTN dan SBMPTN.

Nah, berikut ini adalah jadwal ujian mandiri yang harus kamu perhatikan untuk pelaksanaan jalur penerimaan SIMAK UI 2021:

Program S1 Reguler:
Pendaftaran: 3 Mei-9 Juni 2021
Ujian: 19-21 Juni 2021
Pengumuman: 30 Juni 2021

Jangan lupa ya, untuk pendaftaran ini diperlukan nilai hasil UTBK bagi pendaftar Simak UI, sementara program yang lain bisa menggunakan nilai ujian Simak UI.

Program S1 Paralel:
Pendaftaran: 3 Mei-9 Juni 2021
Ujian: 19-21 Juni 2021
Pengumuman: 30 Juni 2021

Program S1 Kelas Internasional:
Pendaftaran: 3 Mei-9 Juni 2021
Ujian: 16 Juni 2021
Pengumuman: 30 Juni 2021

Program S1 Ekstensi/Paralel Lulusan D3:
Pendaftaran: 7 Juni-9 Juli 2021
Ujian: 11 Juli 2021
Pengumuman: 12 Agustus 2021

Untuk kamu yang kepingin banget bisa masuk Universitas Indonesia melalui jalur mandiri, ini dia saatnya. Semangat terus ya!

2. Universitas Diponegoro (Undip)

Kampus Undip Semarang

Universitas Diponegoro atau kita sering menyebutnya dengan Undip membuka jalur mandiri untuk para calon mahasiswa baru di Tahun Akademik 2021 ini.

Kampus yang terletak di Semarang, Jawa Tengah ini menyediakan kuota sebanyak 5.089 untuk para mahasiswa di jalur mandiri ini.

Jalur mandiri atau yang lebih sering kita sebut dengan Ujian Mandiri (UM) ini akan dibagi menjadi dua program, yaitu:

– UM Regular sebanyak 4.686 kuota kursi
– UM International Undergraduate Program atau IUP sebanyak 403 kuota kursi

Nah, untuk selanjutnya sistem penilaian tidak akan menggunakan hasil dari UTBK atau Ujian Tulis Berbasis Komputer, melainkan akan menggunakan hasil ujian online yang akan digabungkan dan dikombinasikan dengan portofolio dari calon mahasiswa yang mengikuti rangkaian tes masuk kali ini.

Ujian online itu sendiri akan dilaksanakan melalui portal yang khusus dan juga terdiri dari Tes Potensi Skolastik (TPS) dan juga Tes Potensi Akademik (TPA).

Untuk kebutuhan dokumen yang disebutkan di atas adalah nilai prestasi dari para pendaftar dan dihitung mulai dari semester satu sampai enam selama duduk di bangku Sekolah Menengah Atas (SMA)/sederajat dan ditambah dengan pengetahuan umum wawasan kebangsaan.

Untuk jadwal ujian mandiri dan pelaksanaan UM Undip 2021 adalah sebagai berikut:

– Pendaftaran: 19 April-17 Juni 2021
– Ujian online: 21 Juni-3 Juli 2021
– Pengumuman: 7 Juli 2021

Bagi kalian yang berminat mengikuti UM Undip 2021, jangan lupa belajar ya terutama untuk TPS dan TPA nya jangan sampai lupa jadwal ujian mandiri dari Undip ini. Zenius juga selalu siap kok buat nemenin kalian belajar sampai bisa berhasil masuk ke Universitas Diponegoro. Semangat ya!

3. Universitas Airlangga (Unair)

Kampus Unair Surabaya

Universitas Airlangga Surabaya membuka kesempatan untuk para calon mahasiswa dengan melalui jalur mandiri. Berdasarkan informasi yang ada di laman website Pusat Penerimaan Mahasiswa Baru Unair, kuota Seleksi Mandiri Universitas Airlangga (UM UNAIR 2021) disediakan sebanyak 3.110 kuota kursi.

Baca Juga: Informasi Jalur Mandiri Universitas Airlangga (UM UNAIR 2021)

Akan ada beberapa ujian yang diberikan jika kamu ingin mengikut serangkaian tes dari jalur ujian mandiri Unair 2021 ini. Apa aja sih?

Ujian yang diberikan adalah Tes Potensi Akademik (TPA) dan juga Tes Kemampuan Akademik (TKA).

Untuk Tes Potensi Akademik (TPA) terdiri dari tes kemampuan verbal, numerik, dan juga penalaran. Sementara untuk Tes Kemampuan Akademik, ada beberapa yang harus kamu pelajari, yaitu:

Kelompok Saintek: matematika, biologi, fisika, kimia, bahasa Inggris
Kelompok Soshum: matematika, sosiologi, ekonomi, geografi, sejarah, bahasa Inggris
Kelompok campuran: gabungan dari materi saintek dan soshum

Untuk jadwal ujian mandiri dan kegiatan seleksi program sarjana di jalur mandiri atau UM Unair 2021 adalah sebagai berikut:

– Pendaftaran online (Pra-pendaftaran): 10 Mei-20 Juni 2021 pukul 23.59 WIB
– Verifikasi dokumen pendaftaran: 10 Mei-21 Juni 2021
– Pengumuman lolos verifikasi online: 10 Mei-21 Juni 2021
– Perbaikan bagi yang tidak lolos: 10 Mei-21 Juni 2021
– Pembayaran biaya ujian: 10 Mei-22 Juni 2021
– Ujian tulis: 26 Juni 2021
– Pengumuman hasil seleksi: 3 Juli 2021

Nah, untuk kamu yang berminat mendaftarkan diri masuk ke Universitas Airlangga melalui jalur mandiri, selamat mencoba ya.

4. Institut Teknologi Sepuluh November (ITS)

Kampus ITS Surabaya

Ujian mandiri yang diselenggarakan oleh Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) dibagi menjadi tiga jalur penerimaan, yaitu Seleksi Kemitraan, Seleksi Mandiri, dan Seleksi Prestasi.

Berdasarkan informasi yang ada di laman Seleksi Masuk ITS, kuota yang disediakan untuk jalur mandiri SKMP ITS 2021 ini adalah 3.145 kuota kursi.

Baca Juga: Informasi Jalur Mandiri ITS (SMITS 2021)

Seleksi Kemitraan diperuntukkan bagi siswa SMA/MA/SMK sejenis yang sesuai dengan persyaratan yang ditentukan oleh ITS dan merupakan utusan instansi mitra (Perusahaan/Pemprov/Pemkab/Pemkot) yang mempunyai nota kesepahaman dengan ITS ditunjukkan dengan adanya MoU dan MoA.

Seleksi Mandiri diperuntukkan bagi siswa SMA/MA/SMK sejenis yang sesuai dengan persyaratan yang ditentukan oleh ITS dari masyarakat umum yang berminat.

Seleksi Prestasi diperuntukkan bagi siswa SMA/MA/SMK sejenis yang sesuai dengan persyaratan yang ditentukan oleh ITS dan mempunyai prestasi atau penghargaan

Seleksi dari ITS ini didasarkan pada hasil nilai UTBK tahun 2021 atau nilai Tes Kemampuan Akademik ITS tahun 2021, nilai rapot, deskripsi diri, dan juga prestasi yang dimiliki oleh masing-masing calon mahasiswa.

Untuk jadwal ujian mandiri dan pelaksanaan SKMP ITS 2021 ini adalah sebagai berikut:

– Pendaftaran: 8 Mei–16 Juni 2021
– Pengumuman hasil: 24 Juni 2021
– Pendaftaran ulang: 5-7 Juli 2021

Buat kalian yang mau mendaftarkan diri ke SKMP ITS 2021 ini, sekali lagi Zenius siap banget buat mendampingin kalian belajar karena di Zenius banyak referensi dan contoh soal yang bisa banget kamu pelajari, dan jangan lupa yang utama, berdoa ya!

5. Institut Pertanian Bogor (IPB)

Kampus IPB Bogor

Untuk Institut Pertanian Bogor (IPB) agak berbeda dengan universitas lain dalam menjalankan ujian mandiri. IPB sendiri punya beberapa jalur seleksi mandiri, salah satunya adalah Ujian Tulis Mandiri Berbasis Komputer atau sering disebut dengan UTM-BK.

Untuk kamu yang berminat mengikuti jalur mandiri IPB ini, kuota yang diberikan pihak kampus adalah 1.050 kuota kursi.

Pada tahun 2021 ini, UTMBK akan dilaksanakan menggunakan dua metode seleksi. Yang kamu harus tau, dua metode itu adalah HASIL UTMBK ONLINE UPB yang dilaksanakan dari rumah masing-maing dan juga UTBK LTMPT. Peserta pendaftar ujian mandiri IPB ini bisa memilih akan menggunakan jalur yang pertama, atau yang kedua.

Informasi yang dapat dilihat di halaman website Admisi IPB, materi yang akan diujikan untuk UTMBK 2021 ini adalah Tes Kemampuan Skolastik (TPS) yang bersifat Higher Order Thingking Skills (HOTS).

Untuk jumlah soal tes ini akan diberikan sebanyak 25 butir dan dengan waktu pengerjaan 60 menit.

Untuk tahapan dan jadwal ujian mandiri dan pelaksanaan UTM-BK IPB 2021 adalah sebagai berikut:

– Pendaftaran: 13 April pukul 16.00 WIB–16 Juni 2021
– Pengumuman penerimaan peserta dengan skor UTBK: 5 Juli 2021
– Registrasi online peserta dengan skor UTBK yang lolos: 5–9 Juli 2021
– Pembayaran UKT peserta dengan skor UTBK yang lolos: 15–23 Juli 2021
– Tes UTMBK (Online): 27 Juni 2021
– Pengumuman penerimaan jalur tes UTMBK: 5 Juli 2021
– Registrasi online peserta yang dinyatakan lolos: 5–9 Juli 2021
– Pembayaran UKT peserta yang dinyatakan lolos: 15 – 23 Juli 2021

Untuk kamu yang kepingin banget masuk IPB, jangan sampai lupa perhatikan jadwal ujian mandiri 2021 dari IPB ini ya dan tetap semangat untuk belajar!

Selain kamu harus perhatikan jadwal ujian mandiri tahun 2021 di atas, kamu juga bisa belajar berbagai materi yang sudah disedikan oleh Zenius secara gratis loh.

Mau tau gimana sih caranya? Coba pelajari link di bawah ini ya!

Pembahasan lengkap Tes Kemampuan Skolastik (TPS)

Pembahasan lengkap Tes Potensi Akademik (TPA)

Tips Mengerjakan TPA dan TPS Verbal

Nah, itulah tadi informasi mengenai jadwal ujian mandiri 2021 yang mudah-mudahan bisa membantu kamu yang mungkin sedang mencari informasi mengenai penerimaan masuk universitas melalui jalur mandiri tahun ajaran 2021. Akhir kata, semoga kalian berhasil ya! Kamu mau masuk kampus yang mana nih? Komen di bawah ini ya!

Bagikan Artikel Ini!