stei itb

Program Studi Baru di Institut Teknologi Bandung Tahun 2021

Artikel ini akan membahas tentang program studi baru yang ditambahkan pada tahun ajaran 2020/2021 untuk kampus Jatinangor.

Hai hai, apa kabar semuanya? Ada info terbaru nih dari kampus Institut Teknologi Bandung (ITB), terutama untuk kampus Jatinangor, Bandung, Jawa Barat. Kata kuncinya adalah program studi baru. Kira-kira apa yang akan kita bahas?

Program Studi Baru ITB 2021

Fakultas dan Jurusan di ITB

Untuk kamu yang belum tau, sebelumnya program studi yang udah ada di ITB adalah sebagai berikut:

Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara

– Teknik Mesin
– Ilmu Teknik
– Lainnya

Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati

– Agribisnis
– Biologi
– Kehutanan
– Teknik Pertanian

Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian

– Budidaya Perairan (Akuakultur)
– Teknik Geodesi
– Teknik Geologi
– Kelautan
– Ilmu Teknik

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam

– Pendidikan Matematika
– Fisika
– Kimia
– Matematika
– Lainnya

Fakultas Seni Rupa dan Desain

– Seni Rupa
– Desain
– Desain Komunikasi Visual

Fakultas Teknologi Industri

– Ilmu dan Teknologi Pangan
– Teknik Industri
– Teknik Kimia
– Ilmu Teknik

Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan

– Geofisika
– Teknik Pertambangan
– Ilmu Teknik

Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan

– Perencanaan Wilayah dan Kota
– Teknik Lingkungan
– Teknik Sipil
– Kelautan
– Budidaya Perairan (Akuakultur)

Sekolah Arsitek, Perencanaan dan Pengembangan Kebijakan

– Pariwisata
– Arsitektur
– Perencanaan Wilayah dan Kota
– Lainnya

Sekolah Bisnis dan Manajemen

– Bisnis
– Manajemen

Sekolah Farmasi

– Pendidikan Olahraga
– Farmasi

Sekolah Teknik Elektro dan Informatika

– Ilmu Teknik
– Teknik Informatika
– Sistem Informasi
– Teknik Elektro
– Ilmu Komputer

Program Studi Baru ITB Tahun 2021

Bakalan ada program studi baru (prodi) di kampus ITB Jatinangor. Bagi kamu yan tertarik masuk ITB, wajib banget nih nyatet hal satu ini, apalagi mungkin kamu sekarang masih duduk di bangku kelas 12 SMA, dan mungkin juga tertarik banget nih masuk ke kampus ITB tahun depan.

Baca juga:

Seluk Beluk Perkuliahan di ITB

Dari Mimpi Masuk ITB Sampai ke Google

Yuk, kita langsung bahas aja ya. Tiga prodi yang dibuka di Kampus Jatinangor adalah:

Program Studi Desain Komunikasi Visual (DKV) – FSRD

Program studi ini memiliki keunikan tersendiri untuk setiap materi belajarnya. Hal unik yang dimaksud adalah penguatan DKV untuk bidang narasi visual.

Nah, buat yang belum tau, materi narasi visual meruapakan salah satu dasar yang sangat penting dalam industri animasi, games, fotografi, dan juga film.

Berdasarakan informasi yang ada di halaman FSRD ITB, DKV itu sendiri adalah seni berkomunikasi (Arts of Commmunication) dengan menggunakan bahasa rupa (Visual Text) untuk menyampaikan suatu pesan dan disampaikan melalui media (desain) yang bertujuan menginformasikan, mempersuasi, mempengaruhi, hingga merubah perilaku sasaran sesuai dengan yang diinginkan.

Untuk kamu yang anaknya visual banget, pasti cocok banget sama jurusan ini. Jangan lupa terus update informasinya di Zenius biar kamu ga ketinggalan informasi tentang jurusan DKV ini ya.

Program studi Sistem dan Teknologi Informasi (STI) – STEI

Sedangkan untuk program studi ini merupakan salah satu program studi baru dalam lingkungan Sekolah Teknik Elektro dan Informatika ITB. Program studi Sistem dan Teknologi Informasi dikembangkan sebagai antisipasi terhadap perkembangan sistem informasi yang sangat pesat.

Untuk program studi STI ITB ini, ada keunikan juga pada materi belajarnya. Ada penguatan untuk bidang sistem perangkat lunak untuk industri berbasis digital ekonomi.

Untuk kamu yang anaknya IT banget, dan gapernah gak update soal teknologi, program studi ini tuh cocok banget deh pasti buat kamu. Apalagi yang dari mulai SMA atau SMK udah biasa berurusan dengan perkembangan sistem informasi. Zenius akan terus nemenin kamu, baca artikel Zenius tentang jurusan IT ya.

Program studi Teknik Informatika (IF) – STEI

Menurut sejarah yang ada di laman website ITB, terbentuknya Program Studi Teknik Informatika di ITB diawali dengan penggunaan komputer di bawah pengelolaan Pusat Komputer ITB. Didukung oleh semangat dan kemauan berkembang, pendidikan formal tentang komputer dimulai dengan dibukanya Pendidikan Ahli Teknik Jurusan Penggunaan Komputer (PAT-JPK) pada tahun 1978.

Untuk kamu yang dari jaman SMA/SMK udah mulai ngoding-ngoding atau berurusan dengan kode kode serta text editor, jurusan ini cocok banget. Apalagi sekarang pekerja teknologi IT tuh lagi dicari banget untuk startup yang memang memanfaatkan teknologi untuk mengembangkan bisnis mereka.

Tidak Hanya Program Studi Baru

Untuk selanjutnya, ITB juga akan membuat program tambahan loh, jadi gak cuma program studi baru yang sudah kita bahas di atas aja. Program itu dinamakan program studi Kewirausahaan. Program tersebut dibuat untuk menguatkan kolaborasi antarprodi.

Program kewirausahaan ini dibuat dengan harapan untuk membuat semua mahasiswa di ITB bisa mengenal dasar dari sebuah industri itu sendiri. Selain itu, seluruh mahasiswa juga diharapkan menghasilkan lulusan yang bisa mengenal baik dunia usaha dan industri.

Nah, itu tadi pembahasan tentang program studi baru di ITB pada tahun ajaran 2020/2021 ini. Kira-kira apa jurusan atau program studi yang bikin kamu penasaran di ITB? Komen di kolom komentar ya!