jalur mandiri universitas udayana

Informasi Lengkap Jalur Mandiri Universitas Udayana 2022

Halo para pejuang PTN! Kalau elo lagi cari info mengenai jalur mandiri Udayana 2022, ini adalah artikel yang tepat! 

Atau mungkin ada nih yang emang mau banget kuliah di Bali dan kemarin pas SNMPTN daftarnya Unud. 

Kalo elo ingin coba ikutan pendaftaran mandiri Unud 2022, gue udah ngumpulin info lengkapnya nih. Langsung disimak aja ya~

Apa Itu Jalur Mandiri Udayana 2022?

Selain melalui SNMPTN dan SBMPTN, ada juga ujian mandiri Unud yang bisa elo jadikan alternatif jalur untuk diterima menjadi mahasiswa salah satu PTN di Bali ini.

jalur mandiri universitas udayana 2021
Kampus Universitas Udayana (Dok. Unud.ac.id)

Jadwal Pendaftaran Jalur Mandiri Udayana 2022

Berikut ini adalah jadwal pendaftaran jalur mandiri Udayana 2022: 

  • Pendaftaran jalur mandiri: 11 April 2022 – 30 Juni 2022
  • Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) yang diadakan selama 7 hari dengan 13 sesi: 
    • Sesi 1 dan 2: 4 Juli 2022
    • Sesi 3 dan 4: 5 Juli 2022
    • Sesi 5 dan 6: 6 Juli 2022
    • Sesi 7 dan 8: 7 Juli 2022
    • Sesi 9 dan 10: 8 Juli 202
    • Sesi 11: 9 Juli 2022 (Khusus Campuran)
    • Sesi 12 dan 13: 10 Juli 2022 (Sesi Cadangan)
  • Pengumuman kelulusan: 15 Juli 2022
  • Daftar ulang: 15 s/d 25 Juli 2022

Syarat Pendaftaran Mandiri Unud 2022

  1. Warga Negara Indonesia (WNI) dan memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN).
  2. Lulusan SMA/SMK/MA/Sederajat tahun 2020, 2021, dan 2022.
  3. Dokumen kelulusan untuk tahun 2020 dan 2021 berupa fotocopy ijazah yang sudah disahkan oleh Kepala Sekolah dengan tanda tangan dan cap basah.

    Sedangkan untuk kelulusan tahun 2022 dapat berupa Surat Keterangan Lulus (SKL) berisikan pas foto berwarna, disahkan oleh Kepala Sekolah dengan tanda tangan dan cap basah.

Cara Pendaftaran Jalur Mandiri Udayana 2022

  1. Pendaftaran jalur mandiri Unud 2022 dilakukan secara online melalui laman: utbk.unud.ac.id dengan memilih pilihan jalur masuk Seleksi UTBK Jalur Mandiri 2022. 
  2. Calon peserta membayar biaya pendaftaran jalur mandiri Udayana 2022 ini sebesar Rp450.000,00 (empat ratus lima puluh ribu rupiah) mulai tanggal 11 April s/d 30 Juni 2022.

    Pembayaran menggunakan Nomor Virtual Account (pembayaran bisa dilakukan dari Bank manapun) yang tertera pada Lembar Pembayaran yang diperoleh setelah melakukan pendaftaran akun dengan cara memilih Bank tempat melakukan pembayaran.

    Pembayaran dapat dilakukan di Bank atau melalui ATM/m-Banking dan biaya Pendaftaran yang sudah dibayar, tidak dapat ditarik kembali.
  1. Setelah melakukan pembayaran, calon peserta melanjutkan pendaftaran melalui laman utbk.unud.ac.id dan login menggunakan username dan password yang dibuat saat pendaftaran awal atau yang tertera dalam e-mail.
  2. Calon peserta seleksi Jalur Mandiri tersebut mengisi biodata, mengunggah foto, memilih program studi, mengisi Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI), melakukan pengisian data untuk penentuan Uang Kuliah Tunggal (UKT), dan mengunggah dokumen prasyarat pendaftaran lainnya.
  3. Calon peserta mencetak Tanda Peserta Seleksi Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) jalur mandiri tahun 2022 secara online.
  4. Calon peserta mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) sesuai jadwal yang ditentukan.
  5. Setiap pendaftar hanya boleh memilih maksimal 2 (dua) program studi yang ada di lingkungan Universitas Udayana.
Kuis zenius kampus yang cocok buat lo

Syarat Kelulusan Jalur Mandiri Udayana 2022

Peserta yang dapat dinyatakan LULUS di jalur mandiri Udayana 2022 adalah peserta yang belum lulus pada seleksi penerimaan mahasiswa baru secara nasional baik melalui SNMPTN maupun SBMPTN tahun 2022.

Oh iya guys, sebelum gue lanjut ke bagian biaya jalur mandiri Unud, gue ada info penting nih. 

Di Zenius sekarang udah ada program belajar khusus elo yang sedang mempersiapkan ujian mandiri lho. Nama programnya adalah Ultima Boot Camp. 

Kalo elo ikutan Ultima Boot Camp, elo akan fokus belajar mengenai soal-soal ujian mandiri yang sering keluar di berbagai PTN ternama di Indonesia, termasuk Universitas Udayana. 

Caranya, elo cukup download aplikasi Zenius buat dapetin materi belajar persiapan ujian mandiri supaya bisa masuk universitas impian elo. Langsung klik banner di bawah ini ya!

cta banner donwload apps zenius

Download Aplikasi Zenius

Fokus UTBK untuk kejar kampus impian? Persiapin diri elo lewat pembahasan video materi, ribuan contoh soal, dan kumpulan try out di Zenius!

icon download playstore
icon download appstore
download aplikasi zenius app gallery

Biaya Kuliah Jalur Mandiri Unud

Setelah dinyatakan LULUS, calon mahasiswa diwajibkan membayar biaya pendidikan yang meliputi:

1. Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang dibayarkan setiap semester yang besarannya sesuai dengan kelompok UKT yang telah ditetapkan pada masing-masing Program Studi;

2. Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI) yang dibayarkan satu kali selama kuliah di Universitas Udayana dengan besaran sesuai dengan yang diinputkan pendaftar dalam sistem online.

3. Uang Asrama: untuk kenyamanan dan kelancaran perkuliahan, setiap mahasiswa baru wajib tinggal di Student Dormitory selama 2 (dua) semester. Pemilihan tipe kamar dapat dilakukan melalui sistem pada saat melakukan Registrasi secara Online.

Daftar Program Studi yang Bisa dipilih pada Jalur Mandiri Udayana 2022

Daftar jurusan yang ada di Universitas Udayana.
Daftar jurusan di Universitas Udayana. (Dok. unud.ac.id)

Oke, itu tadi informasi terbaru mengenai jalur mandiri Udayana 2022. Semoga elo bisa memanfaatkan informasi ini dengan sebaik-baiknya ya. Dan jangan lupa share juga ke teman-teman atau saudara-saudara elo sesama pejuang PTN 2022. 

Oh iya, untuk pengumuman ujian mandiri Unud 2022 nantinya bisa elo cek langsung di website resmi Universitas Udayana atau klik di sini.

Untuk membantu elo mempersiapkan diri, elo juga bisa terus belajar bareng Zenius biar makin paham sama materi ujian masuk kampus. 

Coba deh klik banner di bawah ini untuk tau paket belajar Zenius khususnya untuk paket belajar persiapan ujian masuk PTN. 

Tetap semangat dan semoga berhasil menaklukkan PTN impian ya Sobat Zenius!

CTA Zenius ultima plus
Yuk, langganan Zenius sekarang!

Baca Juga Info Ujian Mandiri Lainnya:

Info Lengkap SPMB UNS

Info Lengkap UM UNDIP

Info Lengkap SBMPTBR UNEJ


Originally Published: April 29, 2021
Updated By: Arieni Mayesha dan Sabrina Mulia Rhamadanty

Bagikan Artikel Ini!