informasi jalur mandiri unp

Informasi Jalur Mandiri UNP (Universitas Negeri Padang) 2021

Artikel ini berisi informasi jalur mandiri UNP 2021, termasuk jadwal pendaftaran dan prosedur pendaftaran. Buat kamu yang mau kuliah di UNP (Universitas Negeri Padang), simak artikel ini ya!

Hi, guys! Adakah di antara kamu yang sedang berjuang untuk bisa kuliah di Universitas Negeri Padang (UNP)? Kalau sebelumnya kamu sudah mencoba jalur SNMPTN dan SBMPTN tapi masih belum berjodoh, masih ada satu kesempatan lagi dengan melalui jalur mandiri UNP di tahun 2021 ini, lho. Penasaran apa saja persyaratan dan informasi pendaftaran lainnya dari UNP? Yuk, simak artikel ini baik-baik!

Apa Itu Mandiri UNP?

Jalur mandiri atau disebut seleksi mandiri adalah seleksi yang diadakan dan dikelola sendiri oleh perguruan tinggi, di sini penyelenggaranya adalah Universitas Negeri Padang. Tujuannya adalah untuk menjaring mahasiswa baru. Yap, sama seperti jalur penerimaan mahasiswa baru lainnya, SNMPTN dan SBMPTN. Hanya saja, seleksi mandiri ini tidak melibatkan lembaga lain, termasuk pemerintahan saat penyelenggaraannya.

informasi jalur mandiri unp
Gedung Universitas Negeri Padang (sumber gambar: unp.ac.id)

Jadwal Pendaftaran Jalur Mandiri UNP 2021

UNP sendiri sudah menyiapkan jadwal untuk pelaksanaan seleksi mandiri tahun 2021. Berikut adalah jadwal sejak pendaftaran dibuka hingga dimulainya masa perkuliahan baru.

  • Pendaftaran Online
    Tanggal 5 April – 18 Juni 2021
  • Pengumuman Hasil Seleksi
    Tanggal 21 Juni 2021 melalui website
  • Mengisi Biodata dan Upload Dokumen
    Tanggal 22 – 25 Juni 2021
  • Verifikasi Data
    Tanggal 26 – 30 Juni 2021 bagi yang dinyatakan lulus
  • Pengumuman Verifikasi Rapor
    Tanggal 1 Juli 2021
  • Pembayaran UKT
    Tanggal 2 – 9 Juli 2021 secara online semua kantor cabang Bank Nagari
  • Prasireg dan Pendaftaran Ulang
    Tanggal 2 – 9 Juli 2021
  • Awal Perkuliahan
    Tanggal 16 Agustus 2021

Prosedur Pendaftaran Jalur Mandiri UNP

Sebelum membahas prosedur pendaftaran, kamu harus tahu dulu apa saja persyaratan yang diberikan oleh UNP untuk calon mahasiswa dari jalur mandiri ini. Nah, ternyata persyaratan yang diberikannya hanya satu, yaitu:

  • Lulusan SMA/MA/SMK/MAK dan sederajat tahun 2019, 2020 atau 2021.

Menariknya, untuk jalur mandiri UNP tidak ada ujian tulisnya, guys. Jadi, proses penerimaan mahasiswa dari jalur ini berdasarkan nilai rapor semester 1 – 5, prestasi, dan nilai SBMPTN-UTBK. Hayoo, coba cek lagi nilai rapor kamu masih lengkap apa tidak! Hihihi.

Kalau berdasarkan persyaratan di atas ternyata kamu sudah masuk kriterianya. Berarti langkah selanjutnya adalah dengan mengikuti prosedur pendaftaran sebagai berikut:

  • Registrasi Pendaftaran

Pendaftaran dilakukan secara online pada website sbmp.unp.ac.id/mandiri pada 5 April – 18 Juni 2021. Isi biodata secara lengkap pada laman tersebut untuk mendapatkan nomor rekening dan besaran uang pendaftaran, userID dan PIN. Berikut adalah data yang perlu kamu isi:

  • Nama
  • Nomor HP
  • Tanggal Lahir
  • Membayar Uang Pendaftaran

Selanjutnya, kamu diharuskan untuk membayar biaya pendaftaran senilai Rp250.000,-. Biaya tersebut dapat ditransfer melalui teller Bank Nagari atau Transfer melalui seluruh ATM (Bank Nagari, ATM Bersama, dan ATM Prima).

  • Upload Data

Untuk mengunggah data atau dokumen di portal UNP, kamu harus login dulu menggunakan akun yang sudah dibuat sebelumnya. Kemudian, masukkan data pendaftaran berupa nilai rapor semester I – V dan data dokumen prestasi. Setelah mengisi lengkap data tersebut, kamu akan mendapatkan bukti pendaftaran yang digunakan juga sebagai kartu peserta.

  • Pilih Prodi dan Fakultas

Terakhir, pilih maksimal 3 program studi yang kamu ingin masuki, minimal berada pada 2 fakultas. Untuk melihat informasi jurusan/prodi yang menerima mahasiswa jalur mandiri, kamu bisa cek file di sini.

Itu dia prosedur pendaftaran mandiri UNP 2021. Supaya kamu bisa cepat saat proses pendaftaran, siapkan semua dokumen dan data yang dibutuhkan sebelum masuk ke laman pendaftaran. Kalau semuanya sudah siap, kamu hanya tinggal upload dan memasukkan data saja tanpa harus mencari data/dokumennya terlebih dahulu.

Berhubung tidak ada ujian tulis saat proses seleksi mandiri di UNP, kamu tetap harus menggunakan strategi supaya bisa lulus. Misalnya dengan memilih program studi yang memang kamu kuasai dan mendapatkan nilai tinggi selama sekolah. Sehingga saat nilai rapormu dilihat, kamu bisa lebih unggul dibandingkan peserta lain yang nilainya lebih rendah dari kamu. Semoga informasi di atas bermanfaat ya buat kamu. Semangat berjuang!

Baca Juga Informasi Ujian Mandiri Lainnya

Informasi Lengkap Jalur Mandiri Universitas Udayana 2021

Informasi Lengkap UM UNY 2021

Informasi Lengkap Pendaftaran UM UNDIP 2021