Ciri-Ciri Tanah di Indonesia dan Teksturnya – Materi Geografi Kelas 10

ciri-ciri tanah di indonesia zenius

Lho, emangnya ada ya ciri-ciri tanah? Hmm …. Kira-kira apa aja ya ciri-cirinya? Cari tahu jawabannya di sini, yuk!

“Roy, barusan gue ketemu Zahra di halte.”

“Oh iya? Udah lama banget gue nggak ketemu Zahra, terakhir SD kali ya. Sekarang udah kayak gimana dia?”

“Cantik banget, Bro. Dia masih dengan rambut keritingnya yang khas, tapi panjang dan warna cokelat gitu. Tadi pas ketemu gue, dia lagi pake jaket warna oranye.”

ilustrasi wanita zenius education
Zahra sedang pakai jaket warna oranye. (dok. Pixabay/Jonas Svidras)

Ketika elo ditanya tentang gambaran sesuatu atau seseorang, maka elo akan menjelaskan ciri-cirinya seperti penggalan cerita di atas. Iya, nggak?

Ternyata, tanah juga punya ciri-ciri lho, guys. Hmm …. Kira-kira ciri-ciri tanah itu seperti apa ya? Bukannya tanah cuma itu-itu aja ya, warna cokelat, bentuknya juga sama semua seperti itu. Nggak gitu, guys. Coba deh, perhatikan tanah di sekitar rumah elo. Terus coba elo jalan-jalan dan lihat tanahnya. Pasti ada tanah yang warnanya berbeda dari yang ada di rumah elo. Selain warnanya, ternyata teksturnya juga beda.

Baca juga: Profil Tanah dan Lapisan Horizonnya – Materi Geografi Kelas 10

Karakteristik Tanah

Gimana sih, karakteristik tanah? Kita perlu tahu dulu mengenai parameter yang bisa digunakan untuk melihat kualitas tanah. Kita bisa membagi parameter tersebut menjadi beberapa jenis, yaitu fisik, kimia, dan biologi.

ciri-ciri tanah dilihat dari karakteristiknya zenius education
Karakteristik tanah. (Arsip Zenius)

1. Sifat Fisik

Sifat ini berkaitan dengan sesuatu yang bisa dilihat dan dirasakan. Misalnya warna, tekstur, dan struktur tanah. Kita bahas satu per satu, yuk!

  • Warna Tanah

Warna tanah merupakan gabungan berbagai warna komponen penyusun tanah, seperti mineral, bahan organik, air, dan udara. Jadi, setiap tanah punya jumlah komponen yang berbeda-beda. Nih, elo bisa perhatikan macam-macam tanah di bawah ini.

warna tanah zenius education
Warna-warna tanah. (Arsip Zenius)

Ada macam-macam warna tanah, seperti hitam, abu-abu, putih, merah, dan cokelat. Faktor yang mempengaruhi warna tanah, yaitu bahan organik dan kadar mineral. Kalau bahan organiknya banyak, maka akan menghasilkan warna hitam. Kalau kandungan mineral berupa besi (Fe) banyak, maka akan menghasilkan warna abu (reduksi) dan merah (oksidasi).

Untuk melihat perbedaan warna-warna tanah beserta penjelasannya, elo bisa nonton video belajar Zenius dengan klik banner di bawah ini.

Pelajari materi Geografi di video materi belajar Zenius
  • Tekstur Tanah dan Strukturnya

Apa yang dimaksud dengan tekstur dan struktur tanah? Pengertian tekstur tanah yaitu perbandingan relatif antara fraksi pasir, debu, dan liat. Coba deh elo bandingkan tanah yang ada di sawah dan di pantai. Pasti elo akan merasakan kalau tekstur tanah di sawah lebih lengket dan halus, sedangkan pasir pantai lebih buyar dan kasar.

Bisa dibilang, tekstur tanah menunjukkan halus atau kasarnya suatu tanah. Kita klasifikasikan tekstur tanah ke dalam tiga fraksi, yaitu pasir, debu, dan liat. Ciri-ciri tanah pasir yaitu kasar, berbulir, nggak lengket, dan porositas tinggi. Debu memiliki ciri-ciri nggak kasar, berbulir, agak lengket, dan porositas sedang. Sedangkan, tanah liat memiliki ciri-ciri halus, lengket, dan porositas rendah. Berikut ini merupakan macam macam tekstur tanah.

tekstur tanah
Tekstur tanah pasir, debu, dan liat. (dok. Wikimedia Commons)

Oh iya, faktor yang mempengaruhi tekstur tanah, antara lain air, waktu, bahan induk atau batuan, organisme, dan topografi.

2. Sifat Kimia

Sifat yang satu ini nggak bisa kita lihat secara kasat mata, karena sifat ini berkaitan dengan komposisi kimia pada tanah. Contohnya pH tanah (tingkat keasaman) dan kandungan susunan kimia tanah.

Jadi, kita harus tahu dulu nih mengenai komposisi tanah itu sendiri. Misalnya berapa kandungan bahan organiknya, berapa nitrogen, forsfor, kalsium, dan berbagai komposisi kimia lainnya yang terkandung dalam tanah. Elo bisa lihat pada tabel berikut ini.

tabel susunan kimia tanah zenius education
Tabel susunan kimia tanah. (Arsip Zenius)

3. Sifat Biologi

Ngomongin tentang biologi, pasti nggak jauh dari organisme hidup. Yap, sifat yang satu ini berkaitan dengan organisme yang ada di dalam tanah, misalnya hewan dan tumbuhan yang ukurannya mikro hingga makro.

Peran organisme hidup bagi tanah yaitu sebagai pembentukan dan perkembangan tanah. Jadi, adanya organisme tanah itu bisa membantu proses dekomposisi tanah (mikroorganisme, seperti protozoa dan fungi), sekaligus pelubang tanah (makroorganisme, seperti cacing dan akar tanaman).

Baca juga: Metode Konservasi Tanah dan Contohnya – Materi Geografi Kelas 10

Bagaimana Ciri-Ciri Tanah yang Subur?

Kesuburan tanah berkaitan erat dengan kandungan bahan organik di dalamnya. Semakin banyak bahan organik, maka warna tanah akan semakin gelap, seperti cokelat gelap hingga kehitaman.

ciri-ciri tanah subur zenius education
Ciri-ciri tanah subur. (Arsip Zenius)

Nah, bahan organik tersebut kalau udah melalui proses dekomposisi, maka tanahnya akan sangat subur. Istilah dari tanah tersebut adalah tanah humus. Pasti elo udah nggak asing kan dengan istilah tanah humus? Biasanya, tanah seperti ini ada di hutan-hutan yang memiliki banyak vegetasi.

Baca juga: Pengolahan Limbah Organik dan Anorganik – Materi Biologi Kelas 10

Contoh Soal Ciri-Ciri Tanah dan Pembahasannya

Wah, ternyata tanah punya ciri-ciri juga ya, guys. Untuk menguji sejauh mana pemahaman elo mengenai materi di atas, gue ada contoh soal dan pembahasan yang bisa dijadikan sebagai referensi.

Contoh Soal

Zahra sedang berkunjung ke suatu daerah. Ketika berjalan-jalan sambil mengamati tanah di sekitarnya, Zahra heran kok warna tanahnya merah. Zahra tahu kalau warna tanah dipengaruhi oleh komponen penyusun tanah. Kira-kira komponen apakah yang menyebabkan warna tanah menjadi merah?

Jawab: Besi (Fe) yang teroksidasi.

Pembahasan: Warna tanah merupakan gabungan dari berbagai komponen penyusunnya, yaitu bahan organik, air, udara, dan yang paling banyak pengaruhnya bagi warna adalah mineral. Nah, ketika ada warna tanah yang merah, maka komponen penyusun tanah tersebut adalah besi yang teroksidasi.

*****

Gimana nih, sampai sini udah paham kan tentang ciri-ciri tanah? Buat yang lebih menyukai belajar dengan nonton video, elo bisa mengakses materi ini di video belajar Zenius menggunakan akun yang sudah didaftarkan di website dan aplikasi Zenius sebelumnya, ya!

Baca juga: Pengertian dan Jenis-Jenis Akuifer – Materi Geografi Kelas 10

Bagikan Artikel Ini!