Contoh Soal PTS Biologi Kelas 12 Semester 1 dan Pembahasan

soal pts biologi kelas 12 semester 1

Halo, Sobat Zenius! Bagaimana, nih, persiapan menghadapi PTS, utamanya untuk pelajaran Biologi? Udah siap banget belum? Kalau elo butuh contoh soal PTS Biologi kelas 12 semester 1, gue akan memaparkannya kepada elo semua lewat artikel ini.

Buat elo yang ambil jurusan IPA, mata pelajaran yang satu ini tentu nggak bisa elo hindari. Ada banyak sekali materi-materi yang wajib elo hafal dan pahami dengan baik, mulai dari Pertumbuhan dan Perkembangan, Enzim dan Energi, hingga Pembelahan Sel. 

Meski nggak begitu banyak rumus yang perlu elo pelajari seperti mata pelajaran Fisika ataupun Matematika, Sobat Zenius tetap harus memerhatikan Biologi dengan saksama, ya!

Nah, sebelum gue mau ngasih beberapa contoh soal PTS Biologi kelas 12 semester 1, gue mau ngasih tahu elo, nih, apa saja materi yang perlu dipahami buat persiapan PTS nanti. Yuk, disimak bersama-sama, ya!

Daftar Materi PTS Biologi Kelas 12 Semester 1

Pertumbuhan dan Perkembangan

Enzim dan Energi

Katabolisme

Anabolisme

Siklus & Pembelahan Sel

Itu dia beberapa materi Biologi yang mesti elo pelajari buat menghadapi PTS nanti. Kalau elo belajar lewat Zenius, elo bakal menemukan penjelasan yang detail dari ZenTutor lewat video pembelajaran.

Tinggal buka situs Zenius, lalu klik menu belajar, kemudian pilih kelas 12 dan mata pelajaran “Biologi”. Setelah itu, elo akan disajikan tampilan seperti di bawah ini:

soal pts biologi kelas 12
Ilustrasi tampilan materi Biologi kelas 12 (Dok. Zenius)

Sobat Zenius tinggal pilih, deh, mau belajar yang mana. Di situ juga ada summary serta contoh soal dan pembahasan yang wajib elo kerjakan, ya!

Nah, setelah tahu apa saja materinya, gue mau ngasih tahu elo beberapa contoh soal PTS Biologi kelas 12 semester 1 di dalam artikel ini!

Contoh Soal PTS Biologi Kelas 12 Semester 1

Contoh Soal 1

Topik: Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan

Perhatikan tabel hasil pengamatan pertumbuhan kecambah di bawah ini!

soal pts biologi
Ilustrasi tabel kecambah (Dok. Zenius)

Kesimpulan yang tepat berdasarkan percobaan di atas adalah …

A. pertumbuhan kecambah tidak dipengaruhi oleh kondisi cahaya

B. cahaya dapat meningkatkan pertumbuhan batang kecambah

C. kecambah tidak dapat tumbuh jika tidak ada cahaya

D. cahaya bukan faktor penting dalam proses pertumbuhan kecambah

E. intensitas cahaya yang tinggi menghambat pertumbuhan batang kecambah

Pembahasan:

Dari contoh soal PTS Biologi kelas 12 semester 1 di atas, kita bisa melihat ada tiga kategori keadaan cahaya untuk pertumbuhan kecambah, yaitu dalam keadaan gelap, remang-remang, dan terang.

Dari ketiga kategori tersebut, kecambah mampu tumbuh lebih tinggi batangnya saat keadaan gelap.

Adakah Sobat Zenius yang masih mengingat pertumbuhan tumbuhan di kondisi yang minim cahaya/gelap itu disebut apa? Yap, kondisi tersebut dinamakan etiolasi.

Tumbuhan yang mengalami etiolasi biasanya memiliki ciri-ciri:

  • Batang yang cenderung panjang karena pengaruh hormon auksin saat gelap
  • Batangnya lemah
  • Warna daun biasanya kuning pucat

Meski tergolong bagus dalam pertumbuhan, tetapi etiolasi ini juga bisa dibilang nggak sehat buat tumbuhan karena batangnya lemah dan warna daunnya kuning pucat.

Nah, sekarang kita kembali lagi ke soal di atas. Dari kesimpulan di atas, manakah yang benar? Mari kita bahas satu-satu.

Jawaban A sudah jelas salah karena cahaya memegang peranan penting dalam pertumbuhan tanaman, tak terkecuali kecambah. Bahkan, kecambah juga masih bisa tumbuh batangnya di kondisi terang seperti tabel di atas.

Jawaban B juga salah karena cahaya justru menghambat pertumbuhan kecambah, bukan meningkatkan. Hal itu bisa dilihat dari tabel di atas, di mana kecambah lebih mengalami peningkatan pertumbuhan batang saat gelap.

Jawaban C juga masih salah karena terbukti kecambah masih bisa tumbuh saat ada cahaya. Jawaban D juga salah karena cahaya merupakan faktor penting dalam pertumbuhan kecambah.

Jadi, jawaban yang tepat adalah E karena intensitas cahaya yang tinggi memang menghambat pertumbuhan kecambah. Semakin terang tingkat cahayanya, maka pertumbuhan batangnya juga pendek.

Hal itu bisa dilihat dari tabel di atas, di mana saat kondisi gelap, kecambah justru mengalami pertumbuhan yang pesat dari batangnya.

Jadi, jawaban E adalah kesimpulan yang benar.

Baca Juga: Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan

Contoh Soal 2

Topik: Katabolisme

Perhatikan proses-proses di bawah ini!

i. Sintesis protein dari asam amino sesuai dengan kode yang ada pada DNA

ii. Pengubahan glukosa menjadi asam piruvat pada proses glikolisis

iii. Pembentukan glukosa dari senyawa intermediet berkarbon 3 pada fotosintesis

iv. Pembentukan asetaldehid dari asam piruvat yang kehilangan satu atom karbon

v. Reaksi gliserol dan asam lemak menghasilkan senyawa lipid

Proses yang termasuk ke dalam katabolisme ditunjukkan oleh nomor …

A. (i) dan (ii)

B. (ii) dan (iv)

C. (iii) dan (v)

D. (iv) dan (v)

E. (ii) dan (v)

Pembahasan:

Sebelum membahas satu per satu kesimpulan di atas, Sobat Zenius perlu tahu terlebih dahulu kalau katabolisme merupakan salah satu jenis dari metabolisme.

Buat elo yang belum tahu, metabolisme itu ada dua jenis, yaitu katabolisme dan anabolisme.

Secara sederhana, katabolisme merupakan pemecahan senyawa kompleks jadi sederhana. Sedangkan, anabolisme yaitu penyusunan senyawa kompleks dari senyawa yang lebih sederhana.

Nah, dari kelima proses di atas, mana yang termasuk proses katabolisme?

Mari kita bahas dari nomor satu. Kalau dilihat prosesnya, nomor satu termasuk proses anabolisme karena terjadi penyusunan protein dari asam amino. Seperti yang kita ketahui, protein merupakan senyawa kompleks dan asam amino merupakan senyawa sederhana.

Kemudian, nomor dua itu bisa dikatakan sebagai proses katabolisme karena terjadi pemecahan senyawa kompleks ke sederhana. Hal itu bisa dilihat dari glukosa yang mempunyai 6 atom karbon, sedangkan asam piruvat mempunyai 3 atom karbon.

Nomor tiga merupakan proses anabolisme karena fotosintesis merupakan salah satu proses anabolisme. Ditambah, di situ ada penyusunan senyawa sederhana ke senyawa kompleks, di mana senyawa intermediet berkarbon 3 menyusun menjadi glukosa yang mempunyai 6 atom karbon.

Nomor empat merupakan proses katabolisme karena asam piruvat yang merupakan senyawa kompleks memecah jadi senyawa yang lebih sederhana yaitu asetaldehid, di mana asam piruvat mempunyai 3 atom karbon, lalu asetaldehid mempunyai 2 atom karbon.

Nomor lima merupakan proses anabolisme karena di situ gliserol dan asam lemak merupakan molekul sederhana dan disusun menjadi senyawa lipid yang merupakan senyawa kompleks. 

Jadi, jawaban yang tepat untuk proses katabolisme terletak pada nomor (ii) dan (iv) atau B

Contoh Soal 3

Topik: Katabolisme

Proses katabolisme yang dapat terjadi pada semua sel makhluk hidup adalah …

A. glikolisis

B. siklus krebs 

C. rantai transpor elektron

D. fermentasi

E. respirasi aerob

Pembahasan:

Jawaban dari soal di atas yaitu glikolisis. 

Mengapa glikolisis? Sebab proses ini terjadinya di sitoplasma, di mana segala enzim yang dibutuhkan dalam proses glikolisis itu sudah pasti ada di sitoplasma. 

Terlebih, semua sel makhluk hidup juga pasti ada sitoplasmanya. Jadi, bisa disimpulkan bahwa semua sel makhluk hidup itu pasti bisa melakukan glikolisis.

Jadi, jawaban A yang benar.

Contoh Soal 4

Topik: Lapisan Tubuh

Seorang bayi memiliki otot jantung yang tidak berfungsi dengan normal sehingga sirkulasi darah dalam tubuhnya terganggu. Kemungkinan bayi tersebut mengalami gangguan perkembangan lapisan embrional, yaitu …

A. endoderm

B. mesoderm

C. ektoderm

D. arkenteron

E. blastofor

Pembahasan:

Dari contoh soal PTS Biologi kelas 12 semester 1 di atas kita bisa menyimpulkan pertanyaan kalau otot jantung itu sebenarnya berkembang dari lapisan embrional yang mana?

Nah, lapisan embrional itu pada dasarnya dibagi menjadi 3 bagian, yaitu endoderm, mesoderm, dan ectoderm.

Endoderm merupakan lapisan embrional yang ada di bagian dalam. Sel-sel di lapisan endoderm bakal berkembang menjadi sel-sel yang menyusun organ-organ di sistem pencernaan dan pernapasan.

Mesoderm berada di bagian tengah-tengah dan bisa berkembang jadi jaringan otot dan darah.

Ectoderm merupakan lapisan yang berada di luar. Ectoderm bakal berkembang menjadi sistem saraf dan epidermis kulit. 

Balik lagi ke soal, seorang bayi memiliki otot jantung yang tidak berfungsi normal. Jadi, jawabannya adalah bayi tersebut mengalami gangguan perkembangan lapisan embrional mesoderm. Sebab, mesoderm merupakan lapisan di mana di dalamnya akan berkembang jaringan otot dan darah.

Jadi, jawaban yang tepat adalah B.

Baca Juga: Mengenal Meiosis dan Perbedaannya dengan Mitosis 

Contoh Soal 5

Vitamin B (niacin) merupakan zat gizi yang penting bagi tubuh. Di dalam tubuh, vitamin B dapat diubah menjadi senyawa nikotinamida adenin dinukleotida (NAD) yang penting untuk aktivasi enzim. NAD dapat membentuk ikatan yang lemah dengan enzim. NAD merupakan contoh dari …

A. koenzim

B. apoenzim

C. gugus prostetik

D. inhibitor

E. ion anorganik

Pembahasan:

Contoh soal di atas merupakan bagian-bagian dari penyusun enzim. Sobat Zenius masih hapal nggak apa saja penyusun enzim? Yap, penyusun enzim terdiri dari apoenzim dan kofaktor. 

Apoenzim merupakan bagian enzim yang terdiri dari protein, sedangkan kofaktor merupakan bagian enzim yang non protein. Kedua bagian tersebut bisa menghasilkan holoenzim. 

Di bagian penyusun enzim, kofaktor memiliki porsi yang kecil tapi memiliki peranan penting dalam penyusun enzim. 

contoh soal pts biologi kelas 12 semester 1
Ilustrasi enzim (Dok. Zenius)

Nah, berbicara soal kofaktor, bagian ini memiliki berbagai macam jenis, yaitu koenzim, gugus prostetik, dan ion anorganik.

Koenzim merupakan kofaktor berupa molekul organik dan membentuk ikatan yang lemah dengan enzim. Contoh dari koenzim yaitu NAD.

Kemudian, gugus prostetik merupakan kofaktor berupa molekul organik dan memiliki ikatan kuat dengan enzim. Contohnya yaitu Heme.

Ion anorganik merupakan kofaktor berupa molekul ion. Contohnya yaitu Fe2+.

Balik lagi ke soal, jadi NAD merupakan contoh dari apa? Yap, jawabannya yaitu A, yaitu koenzim.

Contoh Soal 6

Topik: Respirasi Aerob

Perhatikan bagan respirasi aerob di bawah ini!

soal pts biologi kelas 12

Berdasarkan bagan tersebut, molekul Y adalah …

A. NADH dan CO2

B. CO2 dan ATP

C. NADH dan ATP

D. FADH2 dan NADH

E. FADH2 dan CO2

Pembahasan:

Untuk menjawab contoh soal PTS Biologi kelas 12 semester 1 di atas, kita harus identifikasi terlebih dahulu senyawa di dalam bagan tersebut.

Mari kita mulai dari C6. C6 di bagan tersebut merupakan senyawa glukosa karena mempunyai 6 atom karbon.

Kemudian, sebelahnya ada 2C3 yang merupakan asam piruvat karena memiliki 3 atom karbon. Di sampingnya lagi ada 2C2 yang merupakan asetil ko-A karena hanya memiliki 2 atom karbon.

Nah, masing-masing senyawa tersebut mengalami pengubahan senyawa. Pertama, glukosa diubah menjadi 2 senyawa asam piruvat dan proses tersebut biasanya dinamakan dengan istilah proses glikolisis.

Selanjutnya, asam piruvat diubah menjadi 2 senyawa asetil ko-A. Perubahan asam piruvat menjadi asetil ko-A dalam respirasi aerob disebut dengan proses dekarboksilasi oksidatif. 

Kemudian, asetil ko-A masuk ke tahap siklus krebs yang berada di bulatan paling pojok. Siklus krebs akan menghasilkan 4C1. Senyawa yang mempunyai satu atom karbon yaitu CO2 sehingga siklus krebs menghasilkan 4 CO2.

Sekarang, kita akan membahas molekul X dan Y. Dari bagan tersebut, molekul X dan Y merupakan hasil dari proses yang ada pada bagan tersebut.

Berarti, molekul X merupakan hasil dari proses glikolisis. Proses glikolisis menghasilkan 2 ATP dan 2 NADH. Sedangkan, molekul Y dihasilkan dari proses dekarboksilasi oksidatif. Proses tersebut menghasilkan 2 CO2 dan 2 NADH.

Jadi, jawaban dari molekul Y adalah A, NADH dan CO2.

Baca Juga: Pertumbuhan dan Perkembangan Hewan

Itu dia beberapa contoh soal PTS Biologi kelas 12 semester 1 beserta pembahasannya yang bisa Sobat Zenius pelajari dengan saksama.

Sebenarnya, Zenius masih punya contoh soal lainnya yang bisa elo pelajari lewat video pembelajaran. Buat elo yang mau belajar lebih lanjut, coba klik banner di bawah ini, ya!

contoh soal pts biologi kelas 12
Ilustrasi contoh soal PTS Biologi kelas 12

Kemudian, buat Sobat Zenius yang mau nyobain try out ujian sekolah buat ngasah otak, elo juga bisa, nih, aktifin paket belajar Aktiva dari Zenius!

Nggak cuman bisa ngerjain try out, elo juga bakal mendapatkan keuntungan lainnya, seperti akses video premium Zenius, masuk anggota ZenClub, hingga ikut sesi live class per minggunya.

Menarik, kan? Yuk, segera berlangganan dari sekarang!

Contoh Soal PTS Biologi Kelas 12 Semester 1 dan Pembahasan 9
Ilustrasi contoh soal PTS Biologi kelas 12
Bagikan Artikel Ini!