Boleh Dicoba, 10 Tips Persiapan Gap Year SBMPTN

gap year

Halo Sobat Zenius yang sedang berada di masa gap year SBMPTN, aku padamu! Kalimat ‘aku padamu’ sulit digantikan menjadi ‘gue pada elo!’ karena nanti jadinya nggak romantis.

Kali ini gue mau berbagi tips belajar SBMPTN gap year sekaligus cerita dan mencoba menjawab pertanyaan elo tentang ‘apakah kuliah itu penting?’.

Gue juga akan sharing cara daftar SBMPTN untuk gap year itu bagaimana caranya. Pokoknya elo masuk artikel yang tepat, kinda one stop solution for you! Hehehe…

Sebelum masuk ke apa itu gap year, bagaimana cara mempersiapkan diri untuk kuliah, serta cara ampuh mengisi waktu luang saat gap year, coba elo tonton dulu video ini biar semangat! Tapi nanti balik lagi ke sini ya.

Nah tadi gue denger Alya memotivasi dirinya dan elo untuk gap year dengan kata-kata ingin melanjutkan kuliah, seperti ini:

Tetap semangat dan menerapkan target-target. Terus tetap percaya setiap orang pasti memiliki masa kritisnya masing-masing, nantinya perjuangan pasti akan berbuah manis dari usaha-usaha yang sudah elo lakukan selama ini. Hiraukan omongan negatif di luar, karena hidup kita ya… kita yang menjalaninya sendiri.”

Aduh… Gue terharu nonton dan denger musiknya yang sedih. Jadi inget perjuangan gap year 2 tahun yang gue jalani dulu.

10 Tips Mengisi Waktu Luang

Selama nganggur 2 tahun, bisa dibilang begitu, gue tetap belajar kok meski di rumah aja. Tips ini juga berguna sebagai cara mempersiapkan diri untuk kuliah setelah elo gap year nanti. 

Oke, gimana kalau mulai gue spill 10 cara mengisi waktu luang. Yuk!

Tentukan Target

Tips belajar SBMPTN gap year pertama adalah menentukan target. Ini merupakan hal terpenting pada masa gap year SBMPTN. Agar elo komitmen dengan tujuan utama, yaitu PTN. Target bisa berupa belajar, nilai yang mau dicapai, jurusan impian. 

Kalau sudah menentukan target, elo mulai bisa nih menyusun strategi berikutnya untuk dapatkan PTN impian. Peluang itu juga akan terasa semakin besar.

Untuk dapat kuliah di kampus impian, tentu saja elo wajib cari tahu seluk beluk persyaratan, persaingan masuk, dan standar nilai. Setelah itu cari tahu hal terkait penerimaan.

Jadwal Belajar 

Di artikel ini teman gue kasih cara membuat jadwal belajar yang bisa juga elo terapkan untuk mengisi waktu gap year SBMPTN.

Kalau di sini gue punya waktu kerja optimal otak yang bisa banget elo pake sebagai acuan untuk mengatur waktu belajar.

tips gap year
Waktu kerja optimal otak

Kalau elo merasa, ah… satu tahun lama kok! Elo salah, setahun itu berlalu cepat banget. So, jangan buang-buang waktu, manfaatkan waktu untuk belajar dari sekarang.

Kuasai Materi Belajar

Nanti kan elo akan menghadapi Tes Kemampuan Akademik (TKA), isi tesnya kurang lebih materi-materi pelajaran yang udah pernah elo pelajari di sekolah. Kategori Saintek, antara lain: Kimia dan Biologi; Kategori Soshum; Ekonomi, Sejarah, dan Geografi; dan Matematika.

Karena elo sudah sering berkutat dengan mata pelajaran itu, jadinya terbiasa deh. Yang perlu elo lakukan adalah mendalami lagi materinya, bisa pake ZenCore-nya Zenius untuk meningkatkan Fundamental Skill.

Selain TPA, elo juga akan menghadapi Tes Potensi Skolastik (TPS) untuk melengkapi tahapan UTBK yang dibutuhkan untuk gap year SBMPTN.

So, manfaatkan setahun ini untuk belajar sebanyak mungkin, perdalam materi sampai benar-benar ngerti ya, Sobat Zenius.

cta zenius ultima supreme
Klik banner di atas dan langganan Zenius Ultima Supreme sekarang!

Belajar Bersama

Katanya kan kalau ditemenin menjalani perjuangannya tidak terasa berat. Jadi biar elo tidak merasa sendiri, boleh banget nih elo cari teman seperjuangan gap year.

Menemukan teman yang saling mendukung itu berharga banget, jadi elo pilih ya temen yang bisa komitmen untuk mencapai target belajar.

Nah, ZenCore tadi itu bisa elo gunakan untuk belajar bareng temen di aplikasi Zenius. Seru juga belajar bareng di ZenCore karena disimulasikan seperti game online gitu. Elo bisa ikutin kuis-kuisnya dan push rank bareng temen belajar.

Klik di sini kalau elo mau pendalaman materi:

Matematika Wajib 

Matematika Peminatan 

Fisika 

Biologi 

Kimia 

Ekonomi

Geografi 

Sosiologi 

Sejarah Indonesia 

Sejarah Peminatan 

Bahasa Inggris 

Bahasa Indonesia

Latihan Soal

Cara berikutnya adalah latihan soal. Karena Sobat Zenius, “bisa karena terbiasa” merupakan ungkapan yang benar adanya.

Zenius adalah jawabnya. Elo pasti tau kan kalau di Zenius elo bisa pendalam materi dengan nonton video pembahasan.

Terus, Zenius itu punya latihan soal yang sudah disimulasikan mirip banget sama ujian aslinya. Mantap kan?!

Klik di sini kalau elo mau latihan soal:

TPS UTBK 

SAINTEK UTBK

SOSHUM UTBK

Kalau di bawah ini ada salah satu PTN impian elo, coba kerjain latihan soal ujian mandirinya di sini ya!

SIMAK UI

UM UGM

PKN STAN

Perbanyak Try Out Online

Ikutin try out online di Zenius sebanyak-banyaknya ya. Ini tuh bagus banget untuk melatih kesiapan diri elo guna menghadapi ujian yang sesungguhnya.

Karena try out online di Zenius sudah disimulasikan semirip mungkin dengan ujian aslinya. Elo juga bisa ikutan try out UTBK di Zenius.

Semakin sering try out elo akan semakin terbiasa dengan manajemen waktu ujian. Lama-lama ini bisa jadi jam biologis belajar elo gitu. Jadi bukan hanya otak yang terlatih tapi seluruh badan elo ikut serta mendukung. 

Coba simulasi try out di bawah ini ya Sobat Zenius:

TRY OUT UTBK

Mandiri 

Sebagai pribadi yang beranjak dewasa, dan semakin mengerti bahwa yang dapat membawa dan berusaha mencapai cita-cita dan impian adalah diri kita sendiri, maka haruslah kita mandiri. 

Memiliki keinginan besar, berdiri di kaki sendiri merupakan salah satu cara menuju kesuksesan. Kuatkan tekad, yakin elo akan dapat PTN serta jurusan yang diinginkan. Elo kudu disiplin, terus bekerja keras.

Tidak akan ada usaha yang mengkhianati hasilnya.

Di sini gue sekalian ingin menjawab mengenai kuliah itu penting atau tidak? Ini opini pribadi gue ya, Sobat Zenius.

Menurut gue, kuliah sangatlah penting. Meski sebagai perempuan dari daerah yang terkadang sering dibenturkan dengan kata-kata ‘perempuan akhirnya akan ke dapur.’.

Ini gue berbicara sebagai sesama manusia dewasa ya, pernyataan itu salah banget. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh Washington University, gen intelegensi anak diturunkan melalui kromosom (XX) yang dimiliki oleh Ibu. 

Melansir dari NDTV.com,

“Mother’s genes may determine how clever the children will be, whereas the father makes no difference to their intelligence levels.” 

Meski gen intelegensi tadi tidak berhubungan dengan tingkat pendidikan si Ibu, tapi perempuan harus tetap sekolah agar siap menjadi sekolah pertama bagi anak-anaknya.

Di sini gue berbicara mengenai betapa pentingnya pendidikan untuk perempuan. Bagaimana untuk laki-laki? Katanya, jati diri laki-laki adalah bekerja.

Kuliah memberikan elo cara berpikir kritis. Ijazah sarjana sampai saat ini masih menjadi syarat utama melamar kerja. Dengan berkuliah elo akan terkoneksi dengan banyak relasi, dan elo bisa mengikuti berbagai organisasi untuk memperluas jangkauan karir.

Kalau masih bingung dan ragu, kuliah penting atau tidak, kuliah penting untuk elo, laki-laki maupun perempuan. Setidaknya untuk menjadi pribadi dewasa dan mandiri, elo perlu berpikiran terbuka guna menghadapi tantangan global di depan mata yang semakin massive.

Mengembangkan Minat dan Bakat

Materi UTBK aja kurang cukup. Masa gap year ini sedapat mungkin elo manfaatkan untuk menjalankan hobi, mengembangkan minat dan bakat. 

Enggak ada salahnya elo klik ini, link ZenPro. Hehehe… di ZenPro elo bisa banget lho ikuti kursus menjadi barista yang andal, atau belajar jualan di e-commerce

Pokoknya isi gap year elo untuk eksplore minat dan bakat elo, coba hobi baru. Gak ada yang tahu, mungkin aja elo unlocked kemampuan baru yang belum pernah elo ketahui sebelumnya.

Komitmen

Main game online, nonton drakor, nongkrong sama teman. Boleh! Pergilah main, pergilah nongkrong. Nonton drakor lah.

Gue sih gak suka dikekang. Sehingga gue tidak akan mengekang elo untuk selalu belajar melulu. Setiap manusia kan punya emosi lain, rasa bosen, dan lelah. 

Kalau belajar mulu nanti elo bilang, ‘mentally drained’ karena sama Yesha Zenius gue disuruh belajar mulu. 

Enggak ah, gue bilang elo boleh main, boleh nonton drama korea, tapi tetap harus stick to the aim, tetap harus fokus kejar PTN impian. Tetap komitmen untuk belajar selama gap year.

Main boleh kok. Sobat Zenius sudah pada dewasa. Mengekang hanya akan membuat kalian semakin jauh melewati track. Gue selalu percaya, semakin diberikan kebebasan dan kepercayaan elo akan semakin bertanggung jawab dan berhati-hati dengan kepercayaan yang diberikan. 

Nah… Teguhkan hati elo Sobat Zenius kepada komitmen yang sudah dibuat oleh diri sendiri.

Oh iya, kalo elo suka sama drama korea, Zenius punya program baru tuh. Belajar bahasa Korea pake kurikulum buku BTS. Woah… BTS Army yang membaca ini pasti otomatis menjerit.

Jaga Kesehatan

Ini merupakan akhir dari cara mengisi waktu luang semasa gap year SBMPTN. Yap… cara terakhir adalah dengan menjaga kesehatan.

Mens sana in corpore sano, artinya: dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Menjaga kesehatan itu perlu lho.

Yuk, selingi belajar, main game online, nonton drakor dengan berolahraga. Ya meski main game online salah satu esport, tapi olahraga yang gue maksud di sini adalah aktivitas fisik yang bergerak, seperti joging, main sepeda, senam, atau berenang.

Makan makanan sehat juga merupakan salah satu upaya menjaga kesehatan kok. Jadi olahraga dan makan sehat ya, Sobat Zenius.

Baiklah, gue rasa sudah 10 cara ampuh mengisi waktu luang selama gap year SBMPTN gue berikan. Sekarang gue kembalikan waktunya ke elo yang sudah mulai mengatur waktu untuk mengisi gap year. See you orang-orang hebat dan kuat! Gue bangga sama elo!

Originally published: December 24, 2021

Bagikan Artikel Ini!