Teknik Pengolahan Data Kuantitatif – Materi Sosiologi Kelas 10

teknik pengolahan data kuantitatif zenius education

Dalam setiap penelitian, baik penelitian kualitatif maupun kuantitatif pasti harus melakukan analisis data. Nah, di dalam analisis data ada beberapa teknik pengolahan data kuantitatif. Simak uraiannya di bawah ini, yuk!

Halo, Sobat Zenius! Dalam membuat sebuah penelitian, kita membutuhkan respondenーorang yang menjawab pertanyaan saat penelitianーdan data yang banyak supaya hasil yang diperoleh semakin valid. Selain itu, pengolahan dan analisis data juga berperan penting dalam menentukan hasil penelitian. Baik itu penelitian kualitatif maupun kuantitatif.

Perlu elo ketahui, bahwa:

Pengolahan data merupakan kegiatan pengolahan data mentahーbelum diolahーagar mendapatkan informasi yang jelas.

Contohnya saat kita melakukan survei ke beberapa teman sekolah tentang alasan memilih IPA dan IPS. Kita akan wawancara ke beberapa orang dan mendapatkan jawaban dari mereka. Nah, jawaban dari mereka itulah yang dinamakan data mentah. Dari situ, kita olah data tersebut untuk mendapatkan informasi yang valid.

tahap teknik pengolahan data kuantitatif zenius education
Tahapanan dalam melakukan penelitian (Arsip Zenius).

Proses Pengolahan Data Kuantitatif

Pada tahap pengolahan data kuantitatif, elo akan melakukan tahap atau proses editing, coding, dan tabulasi. Waduh, apa sih maksud dari tahapan tersebut?

Editing

Tahap ini merupakan pemeriksaan ulang data yang udah terkumpul. Elo akan mengecek kira-kira data yang terkumpul udah lengkap belum ya? Udah sesuai belum sama apa yang elo butuhkan? Jelas atau nggak? Dan hal-hal lainnya mengenai kebutuhan penelitian.

Kalau ternyata elo menemukan data yang kurang jelas atau kurang lengkap, maka elo harus melengkapi data tersebut.

Coding

Tahap ini merupakan tahap di mana elo menyederhanakan data menjadi simbol atau kode angka.

Gue ambil contoh tentang alasan siswa sekolah memilih IPA dan IPS. Nah, elo akan mengelompokkan data-data tersebut menjadi sebuah simbol atau kode angka. Berapa jumlah siswa perempuan yang menjadi responden? Berapa jumlah siswa laki-lakinya? Berapa banyak orang yang menjawab skor 1 (nggak setuju), 2 (ragu), dan 3 (setuju) saat menjawab pertanyaan?

penelitian data kuantitatif zenius education
Ilustrasi responden dalam penelitian IPA dan IPS (Arsip Zenius)

Tabulasi

Terakhir ada tahap tabulasi. Tahap ini mulai pengelompokkan atau pengorganisasian data melalui tabel. Misalnya tabel antara nilai matematika dan frekuensi yang diperoleh siswa IPS berikut ini.

tabel nilai dan frekuensi nilai matematika siswa IPA
Tabel nilai dan frekuensi nilai matematika siswa IPA (Arsip Zenius).

Nah, tabel itulah yang akan kita gunakan untuk analisis data. Apa sih yang dimaksud dengan analisis data?

Analisis data merupakan kegiatan mengkomunikasikan informasi dari data yang sudah diolah.”

Contohnya, data pada tabel nilai matematika dan frekuensi siswa yang memperolehnya di atas masih mentah atau belum diapa-apain. Nah, sekarang elo analisis data tersebut buat mencari KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) dan berapa banyak siswa IPS yang dinyatakan lulus dan nggak lulus.

Misalnya KKM dari nilai di atas adalah 75. Berarti ada 13 siswa dinyatakan nggak lulus dan 14 siswa lulus. Sehingga, diperoleh angka kelulusan siswa IPS adalah 51,85%.

Oke, paham ya sampai sini? Nah, analisis data ini ada beberapa tekniknya, lho!

Baca Juga: Jenis Penelitian Sosial dan Manfaatnya – Materi Sosiologi Kelas 10

Teknik Pengolahan Data Kuantitatif

Teknik pengolahan data kuantitatif dalam penelitian dapat dibedakan menjadi dua, yaitu teknik deskriptif dan inferensial. Pengertian dan perbedaan dari keduanya bisa elo lihat di bawah ini.

Teknik Deskriptif

Metode pengolahan data kuantitatif yang satu ini digunakan untuk membuat sebuah gambaran data yang udah dikumpulkan tanpa menyimpulkan data tersebut. Bentuk penggambaran datanya bisa berupa grafik, tabel, frekuensi, dan diagram.

Contohnya ketika elo mau mengetahui seberapa besar sih tingkat kesulitan belajar matematika di suatu sekolah. Nah, elo bisa menggunakan teknik deskriptif kuantitatif. Dari situ elo akan mendapatkan gambaran mengenai status objeknya, yaitu populasi siswa di sekolah tersebut dan kesulitannya dalam belajar matematika.

Data yang udah elo kumpulkan itu bisa digambarkan dalam bentuk tabel seperti yang gue contohkan di atas, bisa juga grafik dan diagram.

Teknik Inferensial

Sedangkan, teknik inferensial menggunakan metode statistik untuk menarik kesimpulan dari data yang telah terkumpul. Teknik ini memang tergolong lebih sulit dibandingkan dengan teknik deskriptif. Tapi, hasil yang akan elo peroleh jauh lebih akurat, karena menggunakan perhitungan statistik.

Perhitungan statistiknya bisa menggunakan chi square, uji T, anova, analisis regresi, atau uji galat sesuai kebutuhan data yang akan disimpulkan.

Materi yang gue sampaikan di atas juga ada dalam bentuk video belajar yang bisa elo akses di website dan aplikasi Zenius. Langsung aja klik banner di bawah ini ya!

belajar materi pelajaran sosiologi di zenius

Baca Juga: Teknik Pengolahan Data Kualitatif – Materi Sosiologi Kelas 10

Contoh Soal Teknik Pengolahan Data Kuantitatif

Untuk menguji sejauh mana pemahaman elo mengenai materi teknik pengolahan data kuantitatif di atas, gue ada beberapa contoh soal dan pembahasan yang bisa dijadikan sebagai referensi. Cekidot!

Contoh Soal 1

Tiga tahap pengolahan data dalam penelitian kuantitatif meliputi ….

a. Coding, rekapitulasi, dan tabulasi.

b. Editing, sirkulasi, dan rekapitulasi.

c. Editing, kodifikasi, dan rekapitulasi.

d. Editing, coding, dan tabulasi.

e. Editing, coding, dan rekapitulasi.

Jawab: d. Editing, coding, dan tabulasi.

Pembahasan: Proses pengolahan data dalam penelitian kuantitatif berupa editing, coding, dan tabulasi data.

Contoh Soal 2

Proses editing dalam pengolahan data kuantitatif maksudnya adalah ….

a. Proses penarikan kesimpulan dari data yang udah terkumpul.

b. Proses pemeriksaan data yang udah terkumpul.

c. Proses pemberian kode pada data yang udah terkumpul.

d. Proses pemasukkan data yang udah terkumpul ke dalam tabel.

e. Proses penyimpanan data yang udah terkumpu.

Jawab: b. Proses pemeriksaan data yang udah terkumpul.

Pembahasan: Dalam tahap teknik pengolahan data kuantitatif ada 3, yaitu editing (memeriksa kembali data yang telah terkumpul), coding (menyederhanakan data berupa kode angka atau simbol), dan tabulasi (mengorganisasikan data melalui tabel).

Baca Juga: Mengenal Tokoh Sosiologi dan Teorinya – Sosiologi Kelas 10

*****

Gimana nih, sampai sini udah paham kan tentang teknik pengolahan data kuantitatif? Buat yang lebih menyukai belajar dengan nonton video, elo bisa mengakses materi ini di video belajar Zenius di sini menggunakan akun yang sudah didaftarkan di website dan aplikasi Zenius sebelumnya, ya!

Bagikan Artikel Ini!