peradaban mesopotamia

Peradaban Mesopotamia dan Peninggalannya – Materi Sejarah Kelas 10

Di materi Sejarah Kelas 10, elo akan belajar tentang peradaban Mesopotamia. Pelajari sejarah lengkapnya di artikel ini, yuk!

Sobat Zenius pernah dengar tentang Taman Gantung Babilonia, tidak? Taman ini adalah salah satu peninggalan dari peradaban Mesopotamia, lho. Konon, peradaban ini adalah salah satu peradaban paling maju pada zamannya.

Seperti apa sih, kehidupan manusia pada Mesopotamia ini? Kita cari tahu bareng-bareng, yuk!

Periode Peradaban Mesopotamia

Kata Mesopotamia berasal dari gabungan dua kata Yunani, mesos dan potamos. Mesos artinya adalah “di tengah-tengah”, sementara potamos artinya “sungai”. Pemberian nama ini sesuai dengan lokasi peradaban Mesopotamia yang berada di antara dua sungai, yaitu Sungai Eufrat dan Sungai Tigris. Sekarang, wilayah tersebut merupakan bagian dari negara Irak dan Suriah.

Seperti halnya peradaban-peradaban lain seperti Mesir Kuno dan Yunani, peradaban ini terbagi atas beberapa periode.

1. Periode Sumeria

Bangsa yang tercatat pertama kali mendiami wilayah Mesopotamia dikenal sebagai bangsa Sumeria. Diperkirakan, bangsa yang aslinya berasal dari wilayah sekitar Susa ini diperkirakan mendiami wilayah Mesopotamia sekitar tahun 4500 hingga 1900 SM.

Bangsa Sumeria ini dikenal sebagai salah satu bangsa yang maju di zamannya, lho. Soalnya, bangsa ini tercatat sebagai salah satu pencipta sistem penulisan paling awal. Namanya sistem penulisannya disebut huruf cuneiform. Huruf ini ditulis menggunakan paku pada lempengan tanah liat sehingga disebut juga huruf paku. 

Huruf paku peninggalan bangsa Sumeria
Huruf paku peninggalan bangsa Sumeria (dok. Wikimedia Commons)

Penguasa bangsa Sumeria adalah seorang pendeta raja yang disebut patesi. Patesi yang paling terkenal adalah Ur Nanshe yang membangun kota Lagash sekitar tahun 2500 SM.

2. Periode Akkadia

Saingan dari bangsa Sumeria adalah bangsa Akkadia yang menetap di bagian utara Mesopotamia. Bangsa yang berasal dari rumpun Semit ini sering berperang dengan bangsa Sumeria tapi selalu kalah. Baru pada tahun 2334 SM bangsa ini menguasai peradaban Mesopotamia sampai tahun 2154 SM.

Alih-alih mengganti kebiasaan dan budaya dari bangsa Sumeria, bangsa ini malah mengambil bahkan meniru hasil kebudayaan bangsa Sumeria. Menarik sekali, bukan?

Sayangnya, kekuasaan bangsa Akkadia mulai merosot sekitar tahun 2100 SM sampai akhirnya ditaklukan oleh bangsa Assiria.

cta banner donwload apps zenius

Download Aplikasi Zenius

Tingkatin hasil belajar lewat kumpulan video materi dan ribuan contoh soal di Zenius. Maksimalin persiapanmu sekarang juga!

download aplikasi zenius play store
download aplikasi zenius app store
download aplikasi zenius app gallery

3. Periode Assiria

Sebenarnya, bangsa Assiria sudah mendiami wilayah pegunungan di sebelah timur Mesopotamia. Namun, bangsa ini baru mencapai masa jayanya sekitar 2500 SM hingga 609 SM.

Bangsa ini dikenal sebagai pembuat bangunan atau arsitek yang ulung, lho. Kebanyakan bangunan megah seperti istana atau kuil peninggalan peradaban Mesopotamia adalah hasil karya dari bangsa ini.

Selain mahir membangun bangunan megah, bangsa ini juga juga terkenal pintar lho. Bangsa ini senang mempelajari astrologi untuk meramal nasib ataupun kejadian-kejadian berdasarkan letak tata bintang. Bangsa Assiria juga punya perpustakaan yang tulisan-tulisannya menggunakan huruf paku peninggalan bangsa Sumeria.

Baca Juga: Peradaban Romawi Kuno dan Peninggalannya – Materi Sejarah Kelas 10

4. Periode Babilonia

Nah, ini nih bangsa yang paling terkenal dari peradaban Mesopotamia. Sebenarnya bangsa Babilonia ini masih serumpun dengan bangsa Akkadia, lho. Alias, sama-sama berasal dari rumpun bangsa Semit.

Peninggalan dari bangsa Babilonia ini banyak banget, guys. Selain Taman Gantung Babilonia yang terkenal itu, bangsa ini juga menghasilkan sebuah hukum yang namanya diambil dari nama penguasa saat itu, Hammurabi. Iya guys, hukum Hammurabi yang memperkenalkan istilah “mata diganti mata” itu adalah peninggalan dari bangsa ini.

Peradaban Mesopotamia dan Peninggalannya - Materi Sejarah Kelas 10 9
Prasasti Hukum Hammurabi sekarang tersimpan di Museum Louvre, Paris, Prancis (dok. Wikimedia Commons)

Peradaban Mesopotamia adalah salah satu peradaban yang sebagian besar peninggalannya masih terjaga sampai sekarang, lho. Seperti apa ya, hidup di masa ini?

Baca Juga: Peradaban Mesir Kuno dan Peninggalannya – Materi Sejarah Kelas 10

Peninggalan Peradaban Mesopotamia

1. Corak Politik

Seperti halnya peradaban-peradaban kuno pada masanya, peradaban Mesopotamia juga menganut politik teokrasi. Penguasa tidak hanya memiliki peran di bidang politik dan pemerintahan saja. Para raja-raja di masa Mesopotamia ini juga bertindak sebagai pemuka agama.

Bahkan Raja Hammurabi dipercaya rakyatnya mampu berbicara dengan dewa sehingga dapat mengeluarkan Hukum Hammurabi.

2. Corak Ekonomi

Sebagai salah satu peradaban yang terletak di dekat sungai, peradaban Mesopotamia terkenal dengan hasil pertaniannya. Mulai dari hasil gandum, barley, apel, dan anggur.

Selain untuk pertanian peradaban ini juga memanfaatkan sungai untuk menangkap ikan-ikan air tawar. Para nelayan Mesopotamia akan menggunakan jaring yang besar untuk menangkap ikan dalam jumlah yang banyak.

Ikan-ikan yang berhasil ditangkap akan dikonsumsi masyarakat bersama dengan buah-buahan.

3. Corak Sosial Budaya

Seperti bangsa-bangsa peradaban kuno lainnya, masyarakat peradaban Mesopotamia adalah penganut politeisme atau mempercayai banyak dewa-dewa. Bahkan, setiap kota pada peradaban ini memiliki dewa pelindung yang berbeda-beda.

Salah satu peninggalan budaya peradaban ini adalah epos Gilgamesh. Epos ini berisikan cerita-cerita pada masa pemerintahan Gilgamesh sekitar tahun 2700 SM-2500 SM. Jauh lebih tua dari epos Mahabharata yang terkenal itu, lho!

Tablet V Epos Gilgamesh sekarang tersimpan di Museum Sulaymaniyah, Irak
Tablet V Epos Gilgamesh sekarang tersimpan di Museum Sulaymaniyah, Irak (dok. Wikimedia Commons)

4. Corak Sains dan Teknologi

Elo pasti sudah paham kalau peradaban Mesopotamia adalah salah satu peradaban dengan ilmu pengetahuan dan teknologi yang cukup maju pada masanya.

Selain huruf paku yang diciptakan bangsa Sumeria, peradaban ini juga menciptakan sistem numerasi sexogesimal atau perhitungan angka berbasis 60. Sistem ini masih digunakan sampai sekarang, lho. Misalnya untuk membagi 1 jam menjadi 60 menit, atau satu menit menjadi 60 detik.

Mesopotamia juga menjadi salah satu bangsa pertama yang menerapkan sistem penamaan tujuh hari seperti yang kita gunakan sekarang. Bedanya, penamaan hari pada masa Mesopotamia menggunakan nama dewa-dewa yang mereka percaya.

Meski termasuk peradaban kuno, ternyata peradaban Mesopotamia termasuk maju. Kok bisa ya? Cari tahu jawabannya di video ini, yuk!

Baca Juga: Periodisasi Sejarah Peradaban Islam – Materi Sejarah Kelas 10

Contoh Soal Peradaban Mesopotamia

Sekarang, apa elo sudah memahami bagaimana sejarah peradaban Mesopotamia? Kalau sudah, coba jawab soal ini, yuk!

1. Huruf paku atau cuneiform diciptakan oleh bangsa ….

a. Babilonia

b. Sumeria

c. Assiria

d. Akkadia

e. Semit

Huruf paku atau cuneiform merupakan peninggalan bangsa Sumeria. Jawabannya adalah b.

Selain Mesopotamia, ada berbagai peradaban lain yang berkembang bahkan sampai saat ini, lho. Penasaran nggak sih? Cari tahu sejarah lengkapnya dengan klik banner ini, yuk!

belajar materi pelajaran sejarah di zenius

Referensi:

  • History of Mesopotamia – Britannica
  • Mesopotamia – World History
  • Mesopotamia – History
Bagikan Artikel Ini!