Semua Hal yang Harus Elo Tau tentang SNPMB 2024! 17

Semua Hal yang Harus Elo Tau tentang SNPMB 2024!

Sobat Zenius, Seleksi Nasional Mahasiswa Baru (SNPMB) 2024 sudah resmi diluncurkan! Apa elo udah siap mengikuti SNBP, SNBT, atau Seleksi Mandiri? Tapi, sebelum elo sibuk dengan seluruh seleksi itu, mari pahami dulu aturan baru tentang SNPMB 2024.

Kuota dan Jalur SNPMB 2024

Seperti tahun 2023, ada 3 jalur seleksi untuk menjadi mahasiswa PTN.

Jalur pertama adalah Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP). Jalur SNBP 2024 hanya bisa diikuti oleh siswa yang eligible. Pemeringkatan siswa ini dilakukan oleh pihak sekolah elo. Yup, jalur SNBP ini hanya bisa diikuti oleh siswa kelas 12.

Jalur selanjutnya adalah Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT). Jalur SNBT ini bisa diikuti oleh seluruh siswa kelas 12 yang belum diterima melalui jalur SNBP. SNBT 2024 juga bisa diikuti oleh lulusan SMA atau SMK tahun 2022 dan 2023 yang mengambil gap year.

Jalur terakhir adalah Seleksi Mandiri yang diadakan oleh masing-masing universitas. Peserta seleksi mandiri adalah siswa kelas 12 yang belum diterima melalui jalur SNBP dan SNBT, serta lulusan SMA atau SMK yang mengambil gap year.

Elo bisa cek kuota setiap jalur dengan melihat tabel di bawah ini, Sobat Zenius!

kuota dan jalur snmpb 2024
Kuota dan Jalur SNPMB 2024

Jadwal SNPMB 2024

Sobat Zenius, jadwal SNPMB 2024 ini padat banget!

Elo akan disibukkan dengan berbagai persiapan berkas untuk SNBP. Elo juga harus belajar dan mengikuti berbagai macam try out untuk SNBT dan Seleksi Mandiri. Jadi, segera ambil kalender 2024 dan tandain tanggal-tanggal di bawah ini!

Jadwal SNBP 2024

jadwal snbp, snpmb 2024
Sumber Informasi: Akun Youtube BPPP – SNPMB 2024

* seluruh kegiatan di tanggal-tanggal yang sudah ditentukan di atas akan berakhir pada pukul 15.00

Jadwal SNBT 2024

jadwal snbt 2024, jadwal snpmb 2024, jadwal utbk 2024
(Sumber Informasi: Akun Youtube BPPP – SNPMB 2024)

*seluruh kegiatan di tanggal-tanggal yang sudah ditentukan di atas akan berakhir pada pukul 15.00

Terus, kapan jadwal seleksi mandiri 2024, Zen?

Seleksi mandiri ini adalah kewenangan tiap PTN. Mekanisme dan jadwal seleksinya juga ditentukan oleh masing-masing PTN. Jadi, ada baiknya elo juga sering ngecek website PTN-PTN yang jadi incaran elo.

Syarat Peserta & Pilihan Prodi SNPMB 2024

Sobat Zenius, elo udah catat jadwal pelaksanaan SNBP dan SNBT 2024?

Selanjutnya, gue akan kasih tau elo syarat kepesertaan dan ketentuan pemilihan program studi untuk SNBP 2024 dan SNBT 2024. Nah, ada juga beberapa aturan baru SNPMB 2024 yang perlu elo perhatikan baik-baik supaya elo nggak salah langkah.

Syarat Peserta SNBP 2024

Seperti yang gue sebutkan di atas, SNBP ini adalah jalur prestasi yang menggunakan nilai raport. Jadi, peserta SNBP 2024 ini adalah siswa kelas 12 pada tahun 2024 yang dipilih berdasarkan hasil pemeringkatan oleh sekolah.

Nah, siswa kelas 12 ini juga perlu memenuhi syarat administrasi dasar. Di antaranya adalah merupakan Warga Negara Indonesia, punya nomor induk kependudukan (NIK), NISN, dan nilai rapor yang sudah diisikan di Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS).

Selanjutnya, sekolah akan menghitung rerata nilai semua mata pelajaran setiap siswamulai dari semester 1 hingga 5. Kalau ada nilai yang sama, sekolah bisa menambah kriteria lain, seperti prestasi akademik. Lalu, sekolah akan membuat peringkat siswa.

Nah, kuota siswa yang bisa mengikuti SNBP 2024 juga bergantung dari akreditasi sekolah. Kuota sekolah dengan akreditasi A adalah 40%, sekolah terakreditasi B adalah 25%, dan kuota sekolah yang terakreditasi C dan lainnya adalah 5%.

Jadi, misalnya sekolah elo terakreditasi A dan ada 100 siswa di sekolah elo. Maka, 40 siswa dengan rerata paling tinggi lah yang eligible dan mendapat kesempatan untuk mengikuti SNBT.

Pilihan Program Studi SNBP 2024

Oke, Zen! Kalau ternyata gue eligible untuk mengikuti SNBP, selanjutnya apa yang perlu gue lakukan?

Selanjutnya, elo tentukan jurusan dan PTN mana yang ingin elo pilih. Elo bisa memilih maksimal 2 program studi, namun salah satunya harus berada di provinsi yang sama dengan sekolah asal elo.

Elo bisa lihat gambar di bawah untuk informasi lebih lengkapnya, Sobat Zenius!

Semua Hal yang Harus Elo Tau tentang SNPMB 2024! 18
(Sumber Informasi: Akun Youtube BPPP – SNPMB 2024)

Syarat Peserta SNBT 2024

Selain SNBP, jalur lain untuk menjadi mahasiswa PTN adalah melalui SNBT. SNBT adalah seleksi mahasiswa baru dengan ujian tertulis. Kalau elo mengikuti jalur ini, elo harus mendaftarkan diri secara mandiri.

Tapi, sebelum mendaftar, elo perhatikan dulu beberapa syarat kepesertaan SNBT 2024.

Pertama, siswa yang boleh mendaftar SNBT 2024 adalah siswa kelas XII yang akan lulus pada tahun 2024.

Kalau elo gap year, elo juga masih bisa mengikuti SNBT 2024. Tapi, maksimal gap year adalah 2 tahun. Alias, hanya lulusan SMA/MA/SMK Kelas XII pada tahun 2022 & 2023 yang bisa mengikuti SNBT.

Peserta didik paket C juga bisa mengikuti SNBT, namun umur peserta dibatasi maksimal 22 tahun (per 1 Juli 2024)

Ketentuan lain adalah peserta SNBT hanya boleh mengikuti UTBK sebanyak satu kali, dan hasilnya hanya berlaku untuk seleksi penerimaan PTN pada tahun 2024. Oh iya, kalau elo memilih program studi seni atau olahraga, elo juga harus menyediakan portofolio.

Pilihan Program Studi SNBT 2024

Pada pelaksanaan SNBT 2024, elo bisa memilih hingga 4 program studi, Sobat Zenius!

Namun, elo hanya bisa memilih maksimal 2 untuk program sarjana, sementara 2 lainnya adalah program vokasi dan sarjana terapan. Supaya lebih jelas, elo bisa lihat tabel komposisi pemilihan program studi di bawah ini.

pilihan program studi snbt

Jangan Sampai Salah Jurusan!

Nah, ada peraturan baru yang cukup penting untuk SNPMB tahun 2024 ini. Yaitu, kalau elo sudah diterima SNBP maka elo nggak bisa mengikuti SNBT dan Seleksi Mandiri.

Lalu, kalau elo sudah diterima SNBT, maka elo nggak bisa mengikuti Seleksi Mandiri.

Elo bisa baca peraturan lebih lengkap di bawah ini.

snmpmb 2024

Sobat Zenius, peraturan ini dibuat supaya semua peserta dapat kesempatan yang sama dan adil dalam seleksi universitas. Jadi, nggak ada lagi yang udah diterima SNBP, namun nggak jadi daftar ulang karena merasa nggak yakin dengan pilihan yang diambil.

Yup, mumpung masih ada waktu, kita bisa manfaatkan untuk cari tau lebih jauh tentang jurusan-jurusan di universitas: mana yang sesuai dengan keinginan kita, mana yang cocok dengan kemampuan kita, dan mana yang kita yakini sesuai dengan kita.

By the way, Zenius membahas tentang Serba-Serbi University ini di KONZEP edisi yang kedua, loh! Elo bisa cari tau cara membuat keputusan dan baca pengalaman tentang salah jurusan di KONZEP edisi ini. Elo bisa dapatkan KONZEP gratis dengan klik link ini.

Atau kalau elo mau explore lebih dalam tentang jurusan-jurusan di berbagai universitas, elo juga bisa download Campus 101 by Zenius di sini.

Materi UTBK – SNBT 2024

Sobat Zenius, soal-soal di SNBT 2024 akan terdiri dari Tes Potensi  Skolastik, Literasi dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris, dan Penalaran Matematika. Nah, menariknya soal SNBT 2024 ini nggak hanya terdiri dari pilihan ganda.

Elo juga akan ketemu dengan pilihan majemuk kompleks dan soal melengkapi rumpang, alias soal isian sederhana. Supaya nggak bingung, gue kasih contohnya di bawah. Atau kalau elo penasaran dan ingin coba sendiri, elo bisa coba simulasi soal SNBT di laman resmi mereka!

contoh soal snpmb 2024
Contoh Soal SNBT 2024

Zenius punya beragam paket pembelajaran yang bisa membantu elo mencapai prestasi impian elo. Ada ribuan video materi, soal-soal yang akan mengasah pemahaman elo, serta live class dengan para tutor yang super cerdas.

Klik banner di bawah ini dan pilih paket yang paling sesuai untuk elo!

Langganan Zenius

Semangat terus, ya, Sobat Zenius!

Bagikan Artikel Ini!