Ilustrasi Belajar UTBK Sejarah

Contoh Soal Sejarah UTBK Soshum dan Pembahasan 

Menuju tes Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK), terdapat lebih dari 20 bab pada mata pelajaran Sejarah yang harus elo kuasai. Udah gitu, cuma 20 soal yang muncul lagi! Gimana, ya, cara belajarnya?

Sejarah merupakan salah satu cabang ilmu pengetahuan sosial yang mempelajari peristiwa penting di masa lampau. Sama halnya dengan hari kelahiran elo. Bagi keluarga, hari kelahiran elo merupakan peristiwa penting. Tiga bulan setelah kelahiran, elo sudah memiliki kemampuan motorik, umur 7 bulan sudah bisa mengoceh, sampai akhirnya sekarang elo menjadi siswa kelas 12 yang siap menghadapi tes UTBK. 

Coba bayangin kalo nyokap elo cerita masa kecil elo nggak secara runut? Pasti elo juga bingung, kan? 

Kesalahan Belajar UTBK Sejarah
Kesalahan Belajar UTBK Sejarah (Sumber: Arsip Zenius)

Dari contoh Zeni di atas, kebayang, dong, kalau elo belajar Sejarah nggak secara kronologis? Sebagai rangkaian peristiwa yang terjadi di masa lampau, tentu akan lebih mudah dipahami ketika elo belajar secara runut. 

Elo juga nggak perlu bingung untuk memetakan materi mana yang harus elo pelajari terlebih dahulu. Cukup dengan cek link di sini, elo bisa belajar sejarah untuk UTBK secara runut. 

Selain pemahaman, untuk mempersiapkan diri menghadapi medan perang elo juga perlu tahu, nih, bagaimana persebaran topik mata pelajaran Sejarah, soal yang pernah muncul, dan pembahasannya. Semua akan gue kupas tuntas di sini, so, pastikan elo simak informasinya, ya.

Eits, sebelum itu, kita kenalan dulu, yuk, dengan mata pelajaran Sejarah di tes UTBK.

Kenalan dengan TKA Sejarah

Ngomongin tentang mata pelajaran yang satu ini, gue jadi inget pengalaman gue ketika SMA. Bisa dibilang gue juga kurang suka dengan mata pelajaran yang satu ini dulu. Gimana mau suka? Di awal pertemuan, guru gue selalu menagih hafalan nama tokoh, tahun, peristiwa-peristiwa sejarah yang sudah dipelajari di minggu sebelumnya. Ada yang sama, nggak?

Nggak bisa disalahkan juga, guru di sekolah juga pastinya ingin kita benar-benar memahami materi yang sudah dipelajari, dong, ya? Salah satunya dengan cara di atas. Walaupun jujur bikin otak ngebul banget!

Nah, terus gimana, sih, cara belajar mata pelajaran Sejarah yang bener buat menghadapi tes UTBK? Elo bisa mulai dari hal-hal berikut.

  1. Membuat timeline sejarah yang terstruktur.
  2. Mencari tahu foto dari tokoh yang terlibat pada materi yang elo pelajari. Hal ini akan membuat materi yang elo baca seolah lebih hidup dan memvisualisasikan adegan peristiwa yang sedang elo pelajari.
  3. Nonton film. Siapa bilang belajar harus dari buku? Dengan menonton film, elo bisa lebih kebayang peristiwa yang terjadi pada saat itu, lho. Beberapa film yang bisa elo tonton ada Soekarno (2013), Jenderal Soedirman (2015), Di Balik 98 (2015), dan masih banyak lagi. 

Selain itu, membiasakan diri dengan latihan soal juga nggak kalah penting, lho. Dengan latihan soal elo bisa mengevaluasi penguasaan materi yang sudah elo pelajari.

Di Tes Kemampuan Akademik (TKA) Sejarah ini elo akan berhadapan dengan berbagai topik, mulai dari yang paling dasar yaitu pengantar ilmu sejarah, masa pra-aksara, peradaban di Nusantara, perjuangan melawan penjajah, proklamasi, hingga sejarah kontemporer dunia akan elo hadapi.  

Lebih jelasnya, kita simak, yuk, urutan persebaran topik UTBK TKA Sejarah yang sering muncul pada tes UTBK tahun 2018 – 2021. Simak informasinya di bawah, ya.

 Persebaran Topik UTBK TKA Sejarah

Daftar persebaran topik UTBK Sejarah pada 2018 - 2021
Persebaran Topik UTBK Sejarah di Tahun 2018 – 2021 (Sumber: Arsip Zenius)

Bisa elo perhatikan pada gambar di atas merupakan persebaran topik yang sering muncul di tes UTBK TKA Sejarah tahun 2018 – 2021. 

Eits, tapi, bukan berarti elo bisa mengandalkan sebaran topik ini sebagai acuan belajar, ya. Seperti yang sudah dibilang sebelumnya, untuk belajar Sejarah elo harus pahami konsepnya secara runut dan kronologis. 

Dan informasi di atas hanya persebaran topiknya aja, ya, Sobat Zenius. Bukan kisi-kisi. Bisa jadi di tes UTBK nanti topik sejarah kontemporer yang pada sebaran di atas berada di peringkat 23 menjadi peringkat 1? We never know .… 

Di tes UTBK, soal yang muncul biasanya menggunakan tipe soal Higher Thinking Order Skills (HOTS), di mana soal ini digunakan untuk mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi. Kira-kira bagaimana, ya, gambaran soalnya? Penasaran nggak, sih? Langsung aja, yuk, simak rangkuman contoh soal Sejarah UTBK di tahun 2018–2019 beserta pembahasannya. 

Topik 1: Kerajaan Hindu-Buddha

Siapa yang sudah mempelajari materi yang satu ini? Elo penasaran nggak, sih, kenapa, ya, sebagian besar Kerajaan Hindu-Buddha berada di Pulau Jawa? Ada yang tahu, nggak?

Nah, ternyata hal ini dipengaruhi kondisi geografis, lho. Wilayah dataran rendah dianggap cocok untuk aktivitas pertanian. Hal ini karena ketersediaan air cukup banyak di dataran rendah, lokasinya yang relatif landai, dan suhu yang nggak terlalu panas maupun dingin.

Ngomongin tentang topik Kerajaan Hindu-Buddha, topik ini menjadi yang paling sering muncul di UTBK, lho. Lalu, gimana, sih, penerapan soalnya di UTBK? Simak contoh soal Sejarah UTBK di bawah ini, yuk!

Contoh Soal 1

Perhatikan gambar di bawah ini.

Salah satu peninggalan Kerajaan Hindu-Buddha
Peninggalan Kerajaan Hindu-Buddha (Sumber: Wikimedia Commons)

Bangunan di atas merupakan peninggalan bersejarah pada masa kerajaan ….

A. Sriwijaya

B. Majapahit

C. Mataram

D. Kediri

E. Singhasari

Jawaban dan pembahasan:

Nah, ini adalah salah satu pentingnya belajar Sejarah dengan mencari foto-foto pada materi terkait. Gambar di atas merupakan Candi Penataran yang berlokasi di Desa Penataran. Candi ini merupakan salah satu peninggalan Kerajaan Kediri yang sangat terkenal. 

Sampai sini sudah jelas, dong, jawabannya? Yoi. Jadi, jawabannya adalah D. Kediri.

Baca Juga: Sejarah Berdirinya Kerajaan Kediri – Materi Sejarah Kelas 10

Contoh Soal 2

Kerajaan Mataram Kuno terletak di Jawa Tengah dan sering disebut  Bhumi Mataram.

Sebab

Mataram Kuno dibagi 3 dinasti yaitu Sanjaya, Syailendra, dan Isyana.

Mana pilihan jawaban yang benar?

A. Jika pernyataan benar, alasan benar, dan ada hubungan sebab akibat

B. Jika pernyataan benar, alasan benar, tapi tidak ada hubungan sebab akibat

C. Jika pernyataan benar dan alasan salah

D. Jika pernyataan salah dan alasan benar

E. Jika keduanya salah

Jawaban dan pembahasan:

Untuk dibagi rata pada kedua anaknya, Ratu Shima membagi kerajaan Kalingga menjadi dua bagian, yaitu Kerajaan Mataram Kuno dan Kerajaan Keling. 

Kerajaan Mataram Kuno sebagai hasil pembagian kerajaan Kalingga, memiliki nama lain Bhumi Mataram. Kerajaan yang dipimpin oleh Dewi Parwati ini memiliki dibagi menjadi dua dinasti, yaitu Sanjaya dan Syailendra. 

Sedangkan Dinasti Isyana didirikan oleh Mpu Sindok setelah Kerajaan Mataram Kuno dipindahkan ke Jawa Timur akibat bencana gunung meletus. Dinasti ini bukan menjadi bagian dari kerajaan Mataram Kuno, tapi Kerajaan Medang Kamulan.

Sehingga, jika kita kembalikan lagi ke soal, pernyataan satu benar, dan pernyataan dua salah. Jadi, jawaban yang tepat adalah C. 

Kedua soal di atas pernah muncul pada soal UTBK tahun 2019 dan 2021, lho. 

cta banner donwload apps zenius

Download Aplikasi Zenius

Fokus UTBK untuk kejar kampus impian? Persiapin diri elo lewat pembahasan video materi, ribuan contoh soal, dan kumpulan try out di Zenius!

download aplikasi zenius play store
download aplikasi zenius app store
download aplikasi zenius app gallery

Pelajari Juga: Video Materi UTBK Sejarah – Kerajaan Hindu-Buddha

Topik 2: Kolonialisme & Imperialisme

Kolonialisme merupakan upaya suatu negara untuk memperluas daerah kekuasaannya di luar wilayah kekuasaan negara tersebut. Tentunya daerah yang dikuasai bukan sembarang daerah, dong. Wilayah koloni biasanya merupakan wilayah yang kaya akan bahan mentah seperti Indonesia.

Sedangkan imperialisme merupakan kebijakan  untuk memperluas kekuasaan dengan tujuan perluasan akses politik dan ekonomi, kekuasaan, dan kontrol. 

Perbedaan keduanya terletak pada tujuannya. Jika kolonialisme berfokus pada penguasaan wilayah untuk menguasai sumber daya alam, sedangkan imperialisme bertujuan penguasaan politik dan pemerintahan negara lain untuk memberikan pengaruh.

Lantas, bagaimana, sih, penerapan soalnya pada tes UTBK? Simak contoh soal di bawah, yuk.

Contoh Soal 1

Setelah dikuasai Inggris, wilayah Hindia-Belanda kembali diserahkan kepada Belanda pada tahun 1824 berdasarkan konvensi .…

A. Wina

B. Tuntang

C. London

D. Amsterdam

E. Den Haag

Jawaban dan pembahasan:

Latar belakang konvensi ini erat kaitannya dengan Perang Koalisi (1792–1797) di mana Belanda kalah dari Perancis. Akhirnya, Belanda dikuasai oleh Perancis.  Jatuhnya Belanda ke tangan Perancis membuat Hindia-Belanda sebagai daerah jajahan Belanda pun ikut jatuh ke tangan Perancis. 

Seiring berjalannya waktu, Perang Koalisi kembali terjadi pada tahun (1813–1814) Perancis mengalami kekalahan atas Inggris, dan Belanda pun berhasil lepas. 

Perubahan geopolitik inilah yang menggerakan Inggris untuk mengadakan pertemuan dengan Belanda di London pada tahun 1814. Pertemuan ini menghasilkan sebuah kesepakatan yang disebut Konvensi London dan ditandatangani pada tanggal 13 Agustus 1814. Konvensi London berisi penyerahan kembali Hindia-Belanda kepada Belanda. 

Sehingga, jawaban yang tepat untuk pertanyaan di atas adalah C. London.

Baca Juga: Apa Benar Indonesia Dijajah Eropa Selama 350 Tahun?

Contoh Soal 2

Perhatian Belanda dialihkan ke Kalimantan pada abad ke-19 karena khawatir wilayahnya dikuasai oleh bangsa .…

A. Jepang

B. Spanyol

C. Portugis

D. Inggris

E. Prancis

Jawaban dan pembahasan:

Pada abad ke-19, Belanda mengalihkan perhatian ke Kalimantan karena khawatir Kalimantan akan jatuh ke tangan Inggris. Kekhawatiran ini muncul juga akibat Inggris yang telah berhasil menguasai sebelah utara Kalimantan. Dari sini sudah ketahuan, dong, jawabannya? Namun, coba kita cari tahu lebih dalam, yuk.

Kalimantan sudah menjadi daerah incaran Belanda sejak kedatangannya. Hal ini karena sumber dayanya yang melimpah. Monopoli dagang pun tidak dapat terelakan. Hingga pada tahun 1799, VOC mengalami keruntuhan, dan diganti pemerintah kolonial. Nah, kondisi Belanda yang sedang tidak stabil inilah yang menyebabkan Belanda ketar-ketir.

Nah, jadi jawaban yang tepat untuk pertanyaan di atas adalah D. Inggris.

Pelajari Juga: Video Materi UTBK Sejarah – Kolonialisme dan Imperialisme

Kedua contoh soal terkait topik kolonialisme dan imperialisme di atas pernah muncul pada tes UTBK Tahun 2019, lho.

Topik 3: Konsep Dasar Ilmu Sejarah

Jika Doraemon saat ini berbaik hati ke elo buat minjemin mesin waktu, elo bakal pakai untuk apa, sih? 

Kalau gue, sih, pengin ke masa lalu. Melihat bagaimana, sih, peristiwa-peristiwa sejarah terjadi. Jadi, nggak perlu belajar Sejarah dari buku sejarah yang tebal, deh. Bye bye buku Sejarah .…

Eh, tapi, elo tahu nggak, sih? Bagaimana, ya, seorang sejarawan mengungkap sejarah? Apa dia pinjam mesin waktu Doraemon juga? Nggak, dong! Mereka belajar dari dokumen-dokumen. Sejarah bisa diungkap melalui dokumen di masa lampau, mulai dari catatan koran, pengalaman orang yang mengalaminya, dan sebagainya.

Memiliki mesin waktu juga nggak menjamin kita bisa mengungkap sejarah, lho. Hal ini karena metode memiliki peran penting penelitian sejarah. Metode tersebut dilakukan dengan beberapa tahap penelitian, mulai dari pra-penelitian, pengumpulan data (heuristik), pemeriksaan keabsahan data (kritik), pengkajian bahan (interpretasi), hingga penyajian data (historiografi).

Lalu, gimana, sih, bentuk soalnya di UTBK? Simak bareng-bareng, yuk!

Contoh Soal 1

Sebagai ilmu pengetahuan, sejarah mempunyai tahapan-tahapan baku dalam penelitian. Hal itu membuktikan bahwa sejarah mempunyai .…

A. metode

B. metodologi

C. perspektif

D. teori

E. objektif

Jawaban dan pembahasan:

Dalam melakukan penelitian sejarah terdapat empat tahapan, yaitu:

  • Pengumpulan bahan dan data (heuristik)
  • Pemeriksaan keabsahan bahan dan data (kritik)
  • Pengkajian bahan dan data (interpretasi)
  • Penyajian hasil penelitian (historiografi)

Keempat tahapan di atas dapat disebut juga sebagai metode. Emang metode, tuh, apa, sih? Secara sederhananya metode, merupakan alat riset yang digunakan untuk memperoleh hasil dari asumsi atau membuktikan hipotesis. 

Nah, jadi udah ketebak, dong, jawabannya? Yoi. Jawabannya A. metode, ya. 

Pelajari Juga: Video Materi UTBK Sejarah – Konsep Dasar Ilmu Sejarah

Contoh Soal 2

Jejak sejarah seperti mania tulip dan depresi besar yang terjadi pada masa lampau memiliki arti yang sangat penting dalam historiografi. Hal ini karena sejarah berfungsi sebagai ….

A. peristiwa

B. kisah

C. ilmu

D. seni

E. dongeng

Jawaban dan pembahasan:

Mania tulip merupakan economic bubble atau gelembung ekonomi pertama yang tercatat dalam sejarah. Terjadi pada awal abad ke-17, tulip yang pada masa itu dianggap sebagai barang mewah menjadi incaran kaum bangsawan. Melihat potensi yang ada, pedagang memanfaatkan momen tersebut untuk meningkatkan momen tersebut dengan menjualnya dengan harga tinggi. 

Yaaa, nggak beda jauh pada saat awal pandemi, penjual masker dan hand sanitizer menimbun barang tersebut dan memanfaatkan momen dengan meningkatkan harga. Pasti masih pada inget, dong?

Oke. kembali ke pertanyaan. Mania tulip ini termasuk fungsi sejarah yang mana, sih? 

Mania tulip terjadi pada abad ke 17, berarti sampai sekarang kita masih mereview terkait fenomena ini, nggak, sih? Bisa, dong, yah. Melalui apa? Tentu saja melalui referensi yang kita dapat dari internet, buku, maupun sumber-sumber lainnya. Nah, artinya sejarah merupakan pengetahuan mengenai peristiwa di masa lampau dan meninggalkan jejak hingga sekarang. 

Dan dalam Sejarah, fungsi ini termasuk dalam fungsi sejarah sebagai ilmu. Sehingga, jawaban yang tepat adalah C.

Baca Juga: Apa, sih, Manfaat Ilmu Sejarah?

Kedua soal terkait topik konsep dasar ilmu Sejarah di atas pernah muncul pada UTBK tahun 2019 dan 2021, lho, Sobat Zenius. 

Topik 4: Orde Baru

Periode Orde Baru merupakan istilah yang digunakan untuk periode Indonesia pada masa kepemimpinan Presiden Soeharto. Presiden Soeharto merupakan presiden dengan masa jabatan terlama dalam sejarah negara kita, yakni selamat lebih dari tiga dekade. Materi lengkapnya terkait Orde Baru bisa elo cek di sini, ya. Sekarang kita langsung cari tahu, yuk, contoh soal Sejarah UTBK pada topik Orde Baru. Let’s go!

Baca Juga: Latar Belakang Masa Orde Baru – Materi Kelas 12

Contoh Soal 1

PDI merupakan hasil fusi partai tahun 1973 yang terdiri atas PNI, Parkindo, Partai Katolik, dan .…

A. IPKI

B. PSI

C. Partai Marhaen

D. Partindo

E. PDII

Jawaban dan pembahasan:

Pada masa kepemimpinan Soeharto, terdapat beberapa upaya yang dilakukan untuk meningkatkan stabilitas politik. Saat itu, merupakan masa-masa kemelut partai politik untuk saling memperebutkan kekuasaan, hingga muncul kudeta (tindakan pembalikan kekuasaan) melalui G30S.

Untuk menyelesaikan permasalahan tersebut, maka dibentuklah disabilitas politik melalui penggabungan partai politik yang memiliki ideologi yang sama. Salah satunya adalah PSI yang merupakan hasil penggabungan Partai Nasional Indonesia, Partai Kristen Indonesia, Partai Murba, Partai Katolik, dan Partai Ikatan Pendukung Kemerdekaan Indonesia (IPKI). Nah, dari sini dapat kita simpulkan bahwa jawaban yang sesuai untuk pertanyaan di atas adalah A. IPKI.

Pelajari Juga: Video Materi – Kebijakan Masa Orde Baru di Berbagai Bidang

Contoh Soal 2

Kabinet Ampera pada masa Orde Baru memiliki tugas menciptakan stabilitas politik dan memperbaiki kehidupan rakyat. Tugas ini sering disebut ….

(1) Dwidarma 

(2) Panca Karya 

(4) Catur Karya 

(5) Pancasila

A. Jika (1), (2), dan (3) benar

B. Jika (1) dan (3) benar

C. Jika (2) dan (4) benar

D. Jika hanya (4) yang benar

E. Jika semua benar

Jawaban dan pembahasan:

Untuk mencari tahu jawaban dari pertanyaan di atas, kita cek masing-masing poinnya, yuk.

  1. Dwidarma. Berasal dari dua kata dwi yang berarti dua, dan darma yang berarti pengalaman. Kedua pengamalan tersebut adalah program untuk menciptakan stabilitas politik dan menciptakan stabilitas ekonomi. Dwidarma merupakan program kerja yang dicanangkan pada Kabinet Ampera yang memerintah pada tanggal 28 Juli 1966 hingga 14 Oktober 1967.
  2. Panca Karya. Merupakan program Kabinet Djuanda yang memerintah pada 9 April 1957 hingga 10 Juli 1959. Isinya adalah membentuk dewan nasional, normalisasi keadaan RI, melanjutkan pembatalan KMB, memperjuangkan Irian Barat untuk kembali ke RI, dan percepatan pembangunan. Program kerja ini tidak terjadi pada masa orde baru melainkan pada masa demokrasi liberal.
  3. Catur Karya. Merupakan program kerja Kabinet Ampera yang dibentuk pada tanggal 28 Juli 1966 hingga 14 Oktober 1967. Terdapat empat hal pokok pembangunan nasional yang dicanangkan pada program kerja ini. Di antaranya, memperbaiki kehidupan rakyat pada segi sandang dan pangan, melaksanakan pemilu, melaksanakan politik LN bebas aktif, melanjutkan perjuangan anti imperialisme dan kolonialisme.
  4. Pancasila. Merupakan dasar negara yang ditetapkan pada tanggal 18 Agustus 1945 hingga sekarang.

Dari pernyataan di atas, sudah bisa menebak, dong, mana yang benar? Nah, betul, jawaban yang tepat adalah B. Jika 1 dan 3 benar. 

Pelajari Juga: Video Materi UTBK Sejarah – Indonesia Masa Orde Baru

Kedua contoh soal terkait Orde Baru di atas pernah muncul pada UTBK tahun 2019 dan 2021, lho, Sobat Zenius.

Topik 5: Peradaban Dunia Kuno

Buat apa, sih, belajar peradaban dunia kuno? Eits, Sobat Zenius, tahu nggak, sih, meskipun ada dari ribuan tahun sebelum Masehi, teknologi yang ada saat ini merupakan sisa dan hasil modifikasi dari peradaban dunia kuno, lho. Seperti jam, kalender, diciptakan pada peradaban dunia kuno. 

Contoh Soal 1

Peradaban kuno di Asia yang memberikan gambaran sisa-sisa perkotaan yang lengkap terdapat di lembah Sungai .…

A. Eufrat

B. Tigris

C. Indus

D. Gangga

E. Huang He

Jawaban dan pembahasan:

Kita kotakin dulu, yuk, opsi jawaban di atas berdasarkan wilayahnya! 

Peradaban Lembah Sungai Eufrat dan Tigris terdapat di Mesopotamia. Kemudian, peradaban Lembah Sungai Indus dan Gangga terdapat di India. Dan peradaban  Lembah Sungai Huang Ho berada di Cina.

Selanjutnya, coba, deh, elo perhatikan gambar di bawah ini. 

Kota Harappa
Kota Harappa (Sumber: Wikimedia Commons)

Siapa sangka kota yang penataannya seteratur ini dihuni masyarakat pada 3300 hingga 1600 SM? Selain Harappa, ada pula Mohenjo Daro yang juga merupakan peradaban yang bernilai tinggi dengan adanya penataan kota yang teratur. 

Mohenjo Daro dan Harappa merupakan bukti dari peninggalan Peradaban Lembah Sungai Indus, lho. Jadi, sudah terjawab, dong, pertanyaan di atas? Peradaban kuno di Asia yang memberikan gambaran sisa-sisa perkotaan terdapat di Lembah Sungai Indus, C.

Pelajari Juga: Video Materi UTBK Sejarah – Peradaban Dunia Kuno

Contoh Soal 2

Budaya Mesopotamia adalah salah satu budaya tertua di dunia. Di bawah ini adalah bangsa penguasa Mesopotamia, kecuali ….

A. Sumeria

B. Persia

C. Akkadia

D. Mesir

E. Assyria

Jawaban dan pembahasan:

Peradaban Mesopotamia merupakan peradaban tertua di dunia yang berada di antara dua sungai, yaitu Sungai Eufrat dan Tigris. Letaknya yang strategis membuat daerah ini terkenal dengan kesuburannya hingga dijuluki sebagai bulan sabit subur. 

Bangsa yang mendiami Mesopotamia antara lain Sumeria, Akkadia, Babilonia, Assiria, dan Persia. 

Sedangkan bangsa Mesir menguasai peradaban Lembah Sungai Nil. Sehingga, jawaban yang tepat untuk pertanyaan di atas adalah D. Mesir.

Kedua soal di atas pernah muncul pada tes UTBK tahun 2019 dan 2021, lho, Sobat Zenius. 

Baca Juga: Panduan Belajar UTBK Sejarah

Nah, itu dia contoh soal Sejarah UTBK yang pernah muncul di tahun 2018–2021. Pada berhasil ngerjain berapa, nih? Komen di bawah, ya.

Sudah kebayang, dong, bagaimana tipe soal UTBK? Semoga informasi di atas bermanfaat, ya.

Mendekati tes UTBK, elo juga bisa hajar kumpulan soal-soal UTBK lainnya, lho. Cuss, langsung klik banner di bawah ini aja, ya!

Latihan Soal UTBK Sejarah
Bagikan Artikel Ini!