mata pelajaran sejarah

Coba Ngertiin Ilmu Sejarah dan Manfaatnya Buat Elo Deh!

Apa itu sejarah? Sejarah menjadi salah satu mata pelajaran wajib yang biasanya diberikan di tingkat SMP dan SMA khususnya untuk jurusan IPS. Sejarah merupakan mata pelajaran yang yang akan memberikan materi tentang hal-hal penting yang terjadi di masa lampau untuk diingat.

mata pelajaran sejarah

Pengertian Sejarah

Sejarah adalah cabang dari ilmu pengetahuan sosial yang mempelajari tentang peristiwa penting yang telah terjadi di masa lampau. Bidang ilmu yang satu ini melakukan kajian secara sistematis tentang perkembangan dan dinamika kehidupan masyarakat di masa lalu melalui bukti-bukti yang ada.

Sumber sejarah bisa berasal dari benda peninggalan di zaman dahulu seperti candi, perhiasan, patung, dan lainnya. Bisa juga berasal dari sumber tulisan seperti prasasti, dokumen, surat kabar, rekaman video, dan lainnya. Keterangan sejarah secara lisan dari pelaku juga bisa menjadi sumber kesaksian.

Baca Juga Artikel Lainnya dari Zenius

Langsung Nikah Setelah Lulus Sekolah, Aman kan?
Mengenal Kesalahan Logika Beban Pembuktian
Ngapain Sih Berpikir Kritis?
Ikan Cupang: Cantik-cantik Kok Suka Berantem?
Buat Apa Ada Suatu Negara? Emang Ada Fungsinya?
Benci Mendengar Rekaman Suara Sendiri, Kok Bisa?
Proses Mumifikasi dalam Tradisi Mesir Kuno

Ada tiga syarat utama sebuah sebuah peristiwa bisa dicatatkan dalam ilmu sejarah. Pertama, peristiwa tersebut harus unik hanya terjadi satu kali. Peristiwa itu juga abadi dan tidak pernah berubah dari masa ke masa sehingga selalu dikenang. Terakhir peristiwa itu dapat menimbulkan pengaruh bagi masyarakat.

Manfaat Ilmu Sejarah

Sebagian orang mungkin menganggap bahwa ilmu sejarah itu tidak penting dan karena sudah terjadi di masa lalu. Bahkan ada yang menganggap pelajaran sejarah itu juga membosankan. Padahal ada banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan ketika kamu belajar sejarah. Berikut ini di antaranya:

1. Membantu Memahami Identitas

Sebagai warga negara Indonesia yang baik dan memiliki sikap nasionalisme, maka belajar sejarah bisa membantu kamu untuk memahami identitas negara sendiri. Identitas tersebut tidak hanya terbatas pada identitas suatu bangsa atau negara saja.

Namun, bisa juga bisa identitas tersebut untuk mengenal negara, kelompok ,atau organisasi tertentu. Sehingga siapapun yang mempelajari sejarah bisa mengetahui bagaimana suatu kelompok, organisasi, ataupun negara bisa terbentuk dan berkembang dari waktu ke waktu.

Mulai dari proses pembentukannya, siapa pendirinya, orang-orang yang terlibat di dalamnya, dan peristiwa apa saja yang terjadi. Kamu pun bisa mengetahui dan belajar dari apa yang telah dilakukan orang-orang di masa lampau jika ingin membangun organisasi atau komunitas tertentu.

2. Meningkatkan Wawasan Dunia dan Masyarakat

Dunia ini begitu luas dan memiliki sejarah yang panjang. Dengan mempelajari sejarah maka akan membantu kamu untuk memahami dunia dan bagaimana perilaku masyarakat di setiap negara. Sejarah akan memberikan gambaran mengenai berbagai aspek yang ada di dunia ini dengan lebih jelas.

Mulai dari sejarah kerajaan, pemerintahan, perilaku sosial dan budaya masyarakat, perkembangan teknologi, perkembangan ilmu pengetahuan, dan lain sebagainya. Jika kamu belajar sejarah, maka kamu akan mendapatkan wawasan yang lebih banyak tentang dunia dan sekelilingnya.

3. Jadi Warga Negara yang Cerdas

Mungkin kamu pernah mendengar ungkapan “jasmerah” yang artinya jangan lupakan sejarah. Karena bagaimanapun juga sejarah adalah bagian penting dari hidup kita sebagai warga negara. Dengan mempelajari sejarah, maka kamu akan lebih banyak bersyukur dan berterima kasih kepada para pahlawan.

Khususnya bagi mereka yang telah berjuang hingga bisa meraih kemerdekaan seperti saat ini. Sejarah kuno di masa lampau mulai dari masa kerajaan hingga perkembangan agama-agama yang ada di Indonesia juga akan membuat kamu menjadi warga negara yang berwawasan dan cerdas.

4. Membantu Memahami Masalah yang Terjadi

Adakalanya beberapa kepingan peristiwa yang terjadi di masa sekarang ada hubungannya dengan sejarah di masa lampau. Dengan memahami peristiwa yang telah terjadi sebelumnya maka bisa menjadi refleksi buat kamu untuk melihat apa yang terjadi saat ini.

Contohnya saja seperti pengaruh revolusi industri di Eropa yang memberikan dampak bagi seluruh dunia. Bagaimana perang kedua terjadi dan mengapa ada konflik perang yang saat ini masih terjadi di dunia. Hingga peristiwa lainnya yang sangat berdampak dalam pembentukan sistem politik saat ini.

5. Mendapatkan Karir

Dengan mempelajari sejarah kamu juga bisa memiliki karir yang cemerlang di masa depan. Ada banyak profesi yang bisa dilakukan oleh orang-orang yang terampil dalam mempelajari sejarah. Karena mereka terlatih untuk berpikir kritis dalam menilai informasi.

Profesi yang bisa dipilih kamu yang suka dengan pelajaran sejarah adalah dosen, guru, ahli sejarah, bekerja di museum, dan masih banyak lagi. Jadi jangan pernah menganggap bahwa pelajaran sejarah tidak akan memberikan kamu karir apa-apa.

Karena jika kamu fokus dan terampil di bidangnya maka bukan tidak mungkin kamu akan menjadi orang yang sukses di bidang ini.

6. Mempelajari Tanda Peringatan

Dalam kalender, ada tanggal merah yang diambil karena untuk memperingati peristiwa atau sejarah penting yang terjadi di Indonesia. Contohnya seperti hari kemerdekaan, hari Pancasila, hari kebangkitan nasional, hari pahlawan, hari Kartini, dan masih banyak lagi.

Perayaan di hari tersebut merupakan tanda peringatan sekaligus ucapan terima kasih kepada para pahlawan yang telah berjuang dalam berbagai bidang. Apalagi jika bidang tersebut memiliki dampak untuk masyarakat Indonesia hingga saat.

Hari yang ditetapkan sebagai peringatan nasional tersebut juga bisa menjadi peringatan bagi kamu untuk mempelajari apa yang terjadi di masa lalu. Kamu juga bisa mempelajari hal apa yang bisa dipetik untuk dijadikan bekal pengetahuan di masa sekarang dan masa depan.

Belajar sejarah bagi sebagian orang mungkin terasa membosankan padahal belajar sejarah adalah suatu hal yang menyenangkan dan seru. Setelah mengetahui apa itu sejarah dan manfaatnya mempelajari sejarah maka kamu bisa mengambil banyak pelajaran dari apa yang telah terjadi di masa lalu.

Lihat Juga Proses Belajar Ala Zenius di Video Ini

Bagikan artikel ini: