Ujian mandiri 2022 (Arsip Zenius)

Tentang Ujian Mandiri 2022: Tanggal, Persyaratan, dan Biaya

Halo Sobat Zenius, usaha apa yang sudah elo lakukan untuk bisa meraih perguruan tinggi negeri? Selain SNMPTN dan UTBK SBMPTN, elo punya pilihan jalur mandiri, lho. Yuk, cari tahu tentang jalur ini lewat jadwal ujian mandiri 2022, persyaratan hingga biayanya.

Beberapa dari elo mungkin memang udah mengincar jalur yang satu ini ya. Mungkin banyak yang menjadikan ujian mandiri sebagai backup plan jika UTBK tidak lolos. Mengingat ujian mandiri menjadi jalur penerimaan terakhir perguruan tinggi negeri.

Tapi elo tahu nggak sih apa sebenernya ujian mandiri itu? Kenapa ujian mandiri sebaiknya tidak diabaikan? Gue ajak elo bahas ini dulu deh, lanjut baca terus ya!

Apa Itu Ujian Mandiri?

Ujian mandiri adalah sistem penerimaan perguruan tinggi negeri di mana ketentuannya dilakukan secara mandiri atau sesuai perguruan tinggi masing-masing. Makanya, jangan heran kalau ujian mandiri di tiap perguruan tinggi memiliki seleksi yang berbeda-beda.

Ujian mandiri atau seleksi mandiri ini bisa dilakukan dengan dua cara. Beberapa perguruan tinggi negeri membuka pendaftaran dengan menggunakan nilai UTBK. Jadi, elo wajib melaksanakan UTBK terlebih dahulu lalu nilainya bisa digunakan untuk mendaftar ujian mandiri. Perguruan tinggi dengan cara ini juga biasanya meminta pendaftar melampirkan nilai rapor.

Cara lainnya ialah dengan melakukan ujian atau tes terlebih dahulu. Seperti layaknya UTBK, elo perlu mencapai standar skor yang telah ditentukan.

Ujian mandiri memperbesar kesempatan elo masuk PTN, secara peminatnya lebih sedikit sehingga saingan elo juga nggak sebanyak ketika SBMPTN. Tapi ini diikuti dengan kuota penerimaannya yang maksimal hanya 30%.

Biaya di ujian mandiri tentu lebih besar dari sistem penerimaan lainnya. Setelah diterima elo juga harus membayar uang pangkal dan UKT (uang kuliah tetap).

Nah, sekarang elo udah dapat gambaran kan tentang jalur penerimaan ujian mandiri ini. Kali ini gue akan kasih informasi mengenai jadwal ujian mandiri 2022.

Sobat Zenius, elo tahu nggak nih materi ujian mandiri itu berbeda-beda di tiap PTN lho. Bikin elo cemas nggak nih? Nggak perlu cemas dan bingung ya, gue saranin elo download aplikasi Zenius sekarang. Lewat penjelasan dari para tutor dan juga live class yang tersedia dijamin elo bakal lebih siap deh.

cta banner donwload apps zenius

Download Aplikasi Zenius

Tingkatin hasil belajar lewat kumpulan video materi dan ribuan contoh soal di Zenius. Maksimalin persiapan elo sekarang juga!

download aplikasi zenius play store
download aplikasi zenius app store
download aplikasi zenius app gallery

Jadwal Ujian Mandiri 2022

Pada umumnya ujian mandiri akan dilaksanakan setelah pelaksanaan UTBK, namun beberapa telah membuka pendaftarannya sejak bulan April. Yuk lanjut baca untuk tahu ujian mandiri yang masih buka dan bisa elo ikuti.

Ujian Mandiri UI 2022 (SIMAK UI)

Untuk elo yang ingin menjadi mahasiswa UI pendaftaran ujian mandiri UI bagi jalur pendaftaran S1 reguler wajib memiliki nilai UTBK, meskipun pendaftarnya tetap harus mengikuti ujiannya. Elo perlu tahu, S1 reguler UI merupakan program ujian mandiri tanpa uang pangkal.

Ujian mandiri UI atau yang lebih dikenal dengan SIMAK UI juga membuka pendaftaran S1 paralel yang tidak memiliki batasan usia. Jadi, nilai UTBK tidak diperlukan di sini. Namun jika berhasil lolos, elo harus membayar uang pangkal dan UKT yang telah ditentukan.

Kalau elo ingin bergabung dengan Universitas Indonesia, pastikan elo catat ya tanggal-tanggal pentingnya. Berikut jadwal ujian mandiri UI 2022:

Pendaftaran: 24 Mei – 27 Juni 2022
Ujian : 2 – 4 Juli 2022 (Melalui daring)

Pengumuman:  14 Juli 2022

Oh iya, jadwal ujian mandiri di atas merupakan jalur penerimaan S1 reguler dan paralel ya!

Untuk biayanya, baik S1 reguler dan paralel perlu membayar Rp500.000 untuk 2 pilihan IPA dan IPS. Elo bisa memilih hingga 3 program studi dan akan bertambah Rp100.000 untuk program studi tambahan. Jadi untuk 3 pilihan IPA, IPS atau campuran akan membayar total Rp600.000.

Untuk informasi lengkapnya bisa elo cek di website resmi SIMAK UI. Elo juga bisa baca di artikel SIMAK UI 2022 untuk cek daya tampung dan keketatannya.

Ujian Mandiri UGM 2022 (UTUL UGM)

Lebih dikenal sebagai UTUL UGM atau ujian tulis UGM, namun kini pelaksanaannya menjadi CBT atau Computer Based Test. Elo juga perlu daftar UTBK dulu ya karena penilaiannya juga diambil dari nilai UTBK elo.

Elo harus ambil kelompok soal yang sama di UTBK dan CBT UGM. Misalnya saat UTBK elo ambil kelompok soal campuran, maka begitu pula di CBT UGM ya. Oh iya, program studi yang bisa elo pilih hanya boleh dua ya.

Namun, elo belum bisa tahu nih kapan tanggal tepatnya jadwal ujian mandiri UGM 2022 dilaksanakan karena belum adanya tanggal yang diberikan.

Elo bisa pantengin terus website resminya ya di um.ugm.ac.id. Elo bisa baca artikel Zenius mengenai UTUL UGM juga ya untuk tahu lebih banyak lagi.

Ujian Mandiri UNPAD 2022 (SMUP UNPAD) 

Ujian mandiri Universitas Padjadjaran lebih dikenal sebagai SMUP atau Seleksi Masuk Universitas Padjadjaran. Untuk elo yang ingin menjadi mahasiswa UNPAD lewat jalur mandiri, elo punya dua opsi pilihan nih. Seleksi melalui nilai UTBK atau melalui tes oleh SMUP.

Elo cuma bisa milih salah satu dari opsi di atas ya. Materi ujian mandiri UNPAD atau SMUP ini berupa Tes Kemampuan Dasar.

Elo bisa memilih dua program studi baik untuk opsi nilai UTBK dan SMUP. Namun, pilihan program studi elo harus sesuai dengan pilihan soal UTBK. Keuntungan elo yang mengikuti SMUP nih karena elo bisa memilih dua program studi dari kelompok studi yang berbeda.

Cek tanggal penting ujian mandiri UNPAD 2022 di bawah ini ya!

Batas Pendaftaran: 27 Juni 2022
Simulasi ujian: 4 – 5 Juli 2022
Ujian : 7 Juli 2022 (Melalui daring)

Pengumuman:  18 Juli 2022

Udah tau jadwal ujian mandiri UNPAD 2022, penasaran nggak nih sama biayanya?

Kalau elo memilih seleksi melalui nilai UTBK, elo cukup membayar Rp100.000. Sedangkan, elo yang memilih opsi SMUP akan membayar Rp200.000.

Gue saranin elo langsung meluncur aja deh ke website resmi ujian mandiri UNPAD, biar tahu informasi lengkapnya. Elo juga bisa baca melalui artikel Zenius tentang SMUP 2022 ya.

Ujian Mandiri UNDIP 2022

Siapa nih yang udah nggak sabar ikut ujian mandiri UNDIP 2022? Ujian mandiri UNDIP akan menggunakan metode gabungan antara portofolio dan Test Potensi Skolastika (TPS). Oh iya portofolio ini berupa rapor atau prestasi lain.

Syarat ujian mandiri UNDIP adalah telah lulus SMA sederajat dan maksimal berusia 22 tahun. Nantinya elo dapat memilih 2 program studi pilihan baik Soshum, Saintek, atau campuran.

Yang perlu elo catet nih, biaya ujian mandiri UNDIP 2022 adalah Rp350.000 untuk kelompok pilihan Saintek atau Soshum, dan Rp500.000 untuk kelompok pilihan campuran.

Ada pun materi ujian mandiri yang perlu elo siapkan adalah materi Tes Potensi Skolastik (TPS), berupa numerik, penalaran, verbal, dan bahasa Inggris.

Ini yang elo tunggu tunggu kan, langsung aja deh cek jadwal ujian mandiri UNDIP 2022 di bawah ini!

Pendaftaran: 11 April – 20 Juni 2022
Ujian : 27 Juni – 8 Juli 2022 (Melalui daring)

Pengumuman:  13 Juli 2022

Biar elo makin update dengan informasi terkini ujian mandiri UNDIP, pastikan elo cek website officialnya di sini ya!

Ujian Mandiri ITB 2022 (SM ITB)

Elo yang tertarik dengan ujian mandiri ITB, perlu cek persyaratannya dulu nih, karena persyaratan akan berbeda untuk elo yang ingin menjadi mahasiswa Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD).

Elo memerlukan nilai UTBK dan nilai rapor sebagai syarat. Namun, untuk elo yang tertarik dengan FSRD syaratnya bertambah yaitu melampirkan hasil kemampuan seni rupa.

Nantinya elo akan dinilai berdasarkan capaian terbaik rapor dan nilai UTBK. Bagi pendaftaran FSRD hasil tes kemampuan seni rupa yang akan dilaksanakan secara offline juga dipertimbangkan.

Cek jadwal ujian mandiri ITB 2022 di bawah ini ya!

Pendaftaran: 6 – 29 Juni 2022
Ujian Seni Rupa: 2 Juli 2022
Pengumuman:  12 Juli 2022

Elo bisa memilih 3 program studi ITB dengan membayar sebesar Rp500.000. Biaya ini sudah termasuk dengan pelaksanaan ujian seni rupa bagi peminat FSRD.

Informasi lengkapnya bisa elo akses di website official ITB atau elo bisa kunjungi artikel Zenius tentang ujian mandiri ITB 2022.

Ujian Mandiri UNAIR 2022 (SMUA)

Elo yang berminat mengikuti ujian mandiri UNAIR atau SMUA, punya dua pilihan nih. Elo bisa menggunakan nilai UTBK atau mengikuti ujian.

Materi yang akan diujikan nanti berupa Tes Potensi Akademik dan Tes Kemampuan Akademik berdasarkan kelompok ilmu.

Elo cuma bisa memilih 2 program studi dengan biaya ujian mandiri sebesar Rp300.000 untuk kelompok Soshum atau Saintek. Sedangkan kelompok campuran akan membayar Rp500.000 untuk dua pilihan program studi.

Dicatet ya jadwal ujian mandiri UNAIR 2022 di bawah ini, karena tanggalnya akan berbeda bagi pendaftar dengan nilai UTBK dan ujian.

Seleksi Mandiri UNAIR (SMUA) Reguler jalur Nilai UTBK/SBMPTN

Pendaftaran: 4 – 26 Juni 2022 (Terakhir pukul 19.00 WIB)
Pengumuman:  29 Juni  2022

Seleksi Mandiri UNAIR (SMUA) Reguler Jalur Ujian Tulis:

Pendaftaran: 1  – 22 Juli 2022
Ujian : 27 Juli – 28 Juli 2022 

Pengumuman:  2 Agustus 2022

Cek informasi lengkapnya di website resmi UNAIR ya! Jangan lupa juga ada artikel Zenius yang pernah bahas ujian mandiri UNAIR, cek di sini ya!

Tabel jadwal ujian mandiri 2022 di UI, Unpad, Undip, ITB, dan Unair.
Jadwal Ujian Mandiri 2022 (Arsip Zenius)

Kalau elo perhatikan dari segi biaya dan juga materi-materi ujian mandiri, rasanya sayang banget ya kalau diremehkan dan nggak belajar maksimal. Jadi pingin tau kan tips lolos ujian mandiri 2022.

Mau asal cari materi dari internet? Yakin tuh materinya valid? Daripada asal, mending elo ikutan program paket belajar Zenius yang dikhususkan untuk elo yang ingin mengikuti ujian mandiri 2022.

Gue kenalin elo dengan Live Ultima Bootcamp Ujian Mandiri. Pokoknya di sini paket lengkap banget deh, elo bakal dapet materi-materi yang dikhususkan untuk ujian mandiri. Nggak cuma itu, buat elo yang masih bingung, tentunya bakal ada konsultasi jurusan juga.

Elo bakal punya jadwal belajar harian biar elo tetap konsisten belajarnya. Nanti elo bakal belajar bareng Zen Tutor lewat video pembelajaran dan juga live class, lho. Rangkuman materi serta bank soal + pembahasan bikin ujian mandiri nanti bisa elo hadapin dengan mulus.

Yang nggak kalah menarik juga nih di Live Ultima Bootcamp UM elo bakal dapat reminder ujian mandiri. Nggak perlu takut ketinggalan kan tuh dan jadi berasa ada yang ngingetin gitu.

Tenang aja kelas ini bakal dimulai pada 6 Juni 2022, jadi elo masih bisa daftar dari sekarang dan nikmati akses live class, try out, dan konsultasi jurusan di Live Ultima Bootcamp UM.

Yuk mulai langganan Zenius Live Ultima Bootcamp UM dengan klik banner di bawah ini!

Join Ultima Bootcamp Ujian Mandiri.
Yuk langganan sekarang!

Sekian informasi mengenai ujian mandiri 2022, pastikan elo cek jadwal ujian mandiri di setiap PTN yang dituju. Semangat belajar Sobat Zenius!

Bagikan Artikel Ini!