Informasi lengkap SMUP UNPAD (Arsip Zenius)

Informasi Lengkap Jalur Mandiri SMUP UNPAD 2022

Hi, Sobat Zenius! Di artikel kali ini, gue akan membahas tentang jalur mandiri SMUP UNPAD. Yaps benar, salah satu PTN favorit di tanah Jawa Barat. 

Hayoo.. Siapa yang tertarik masuk sini dan menjadi salah satu dari puluhan ribu mahasiswanya? Perlu elo ketahui, bahwa pada SBMPTN 2022, UNPAD masuk dalam deretan PTN dengan peminat terbanyak lho. Udah kebayang kan keketatan unpad mandiri gimana, Sobat Zenius. 

Meskipun SNMPTN dan SBMPTN sudah dilalui, elo jangan putus asa dulu kalau belum bisa masuk UNPAD. Ada salah satu jalur yang bisa elo tempuh lagi dalam mengejar impian, yaitu SMUP UNPAD. Kita telusuri lebih jauh tentang jalur mandiri UNPAD 2022 ini, yuk

Apa Itu SMUP UNPAD?

SMUP UNPAD adalah seleksi mandiri yang diadakan dan dikelola langsung oleh Universitas Padjadjaran pada semua jenjang pendidikannya, yaitu program sarjana, sarjana terapan, magister, profesi, spesialis dan subspesialis, serta doktor. 

Ujian SMUP Unpad ini diadakan setelah SNMPTN dan SBMPTN. Jadi, buat elo yang belum beruntung atau gagal masuk UNPAD diseleksi sebelumnya, masih ada kesempatan untuk mengikuti seleksi mandiri ini. 

Jangan berpikir kalau seleksi mandiri ini hanya diperuntukkan bagi orang-orang dengan kemampuan ekonomi tinggi ya. Seleksi ini tetap memperhitungkan prestasi dan perkembangan akademik dari calon mahasiswa. 

Nah, biaya yang dikenakan akan berbeda-beda antar calon mahasiswa tergantung dari kemampuan ekonominya. Jadi, tidak ada keraguan lagi untuk mengikuti seleksi mandiri di UNPAD, ‘kan?

Jadwal SMUP UNPAD 2022

Informasi jadwalnya perlu elo perhatikan baik-baik ya. Seperti yang elo tau peminatnya yang banyak membuat keketatan UNPAD mandiri nggak boleh elo remehkan, lho.

Buat elo yang tertarik masuk UNPAD melalui jalur SMUP, berikut adalah informasi mengenai jadwal pendaftarannya:

SMUP UNPAD
SMUP UNPAD

Kalau elo bertanya-tanya ujian mandiri Unpad online atau offline? Jawabannya online ya Sobat Zenius. Pelaksanaan ujian secara daring ini menggunakan sistem CAT (Computer Assisted Test). 

Perangkat Keras

JenisLaptop atau Komputer PC
Sistem OperasiWindows: 7,8,10
CPUintel i3 atau di atasnya
RAM4 GB
WebCamAda dan berfungsi baik
Penyimpanan Bebas (Free Disk Space)> 1 GB
Internet1 Mbps dengan kuota internet 2 GB

Perangkat Lunak

  1. Panduan Instalasi Aplikasi Ujian SMUP: Download
  2. Aplikasi Safe Exam Browser: Download
  3. Download aplikasi SMUP unpad
  4. Panduan Singkat Ujian Online Untuk Peserta SMUP: Download
  5. Tata Tertib Ujian: Download

Elo bisa tandain kalender untuk tanggal penting di bawah ini:

1Batas Pendaftaran, Pembayaran Biaya Seleksi dan Unggah Dokumen Persyaratan27 Juni 2022 (16:00 WIB)
2Simulasi Ujian (Jadwal akan disampaikan melalui SMS)4 – 5 Juli 2022
3Pelaksanaan Ujian Seleksi7 Juli 2022
4Pengumuman18 Juli 2022

Nah, buat elo yang akan mengikuti SMUP UNPAD 2022 pada jenjang program lainnya (Sarjana Terapan, Magister, Doktor, Profesi, Spesialis dan Subspesialis) bisa langsung cek website resminya ya.

Materi SMUP UNPAD apa aja sih? Untuk persiapan elo bisa cek video materi belajar Zenius, lho. Pake penjelasan yang seru, tutor yang asyik dan pastinya gratis. Elo cukup login aja untuk nikmati fiturnya. Download dulu yuk aplikasi Zenius, klik di bawah ini ya!

cta banner donwload apps zenius

Download Aplikasi Zenius

Fokus UTBK untuk kejar kampus impian? Persiapin diri elo lewat pembahasan video materi, ribuan contoh soal, dan kumpulan try out di Zenius!

icon download playstore
icon download appstore
download aplikasi zenius app gallery

Prosedur Pendaftaran SMUP UNPAD 2022

Sudah cek jadwal pendaftarannya? Langsung aja yuk simak langkah-langkah pendaftaran mandiri UNPAD pada program sarjana jalur mandiri berikut ini.

  • Periksa Persyaratan Umum dan Khusus

Sebelum melakukan registrasi pendaftaran, elo harus mengetahui dulu persyaratan peserta yang diberikan pada setiap program pendidikannya. Untuk program sarjana jalur mandiri, persyaratan dan ketentuan bagi pesertanya, yaitu:

a. Warga Negara Indonesia (WNI)

b. Lulusan SMA/MA/SMK tahun 2020, 2021, atau 2022

Nah, elo perlu memastikan bahwa hanya dapat memiliki maksimal 2 (dua) program studi saat mendaftar SMUP. Selain itu, elo hanya bisa memilih salah satu dari dua skema pendaftaran seleksi yang diadakan, yaitu:

Skema 1 : Peserta menggunakan nilai UTBK 2022

Skema 2 : Peserta menggunakan nilai SMUP (untuk siswa lulusan tahun 2020, 2021, 2022)

Elo pilih salah satu skema yang menurut elo paling potensial ya, Sobat Zenius. Biaya yang dibebankan untuk tiap skemanya juga berbeda-beda, yang akan dibahas pada poin-poin selanjutnya. 

  • Registrasi Akun Pendaftaran

Setelah mengetahui bahwa kriteria elo sesuai dengan persyaratan, maka elo bisa melakukan registrasi akun pendaftaran. Akun yang dibuat saat registrasi nanti, bakal elo gunakan untuk login dan masuk ke sistem pendaftaran SMUP UNPAD. Caranya bagaimana?

a. Buka website pendaftaran UNPAD di pendaftaran.unpad.ac.id

b. Masuk ke pembuatan account dan isi data diri secara lengkap dan benar, yaitu:

  1. Nama lengkap
  2. NIK
  3. Email
  4. Nomor HP
  5. Kewarganegaraan
  6. Mengisi password yang diinginkan untuk keperluan login

Oh ya, sebelum membuat akun, pastikan juga bahwa elo sudah menyiapkan scan foto formal terbaru ukuran 3×4 dan scan foto KTP atau Kartu Keluarga. Setelah semua data dicek dan sudah benar, klik setuju dan buat account.

  • Input dan Upload Dokumen

Login dengan akun yang sudah elo buat tadi, lalu input atau upload dokumen asli, seperti:

  1. Ijazah SMA/MA/SMK
  2. Ijazah SMA bagi peserta yang pilihan prodinya di UNPAD linear dengan jurusan di SMA. Bagi yang pilihan prodinya di unpad tidak linear dengan jurusan di SMA (lintas jurusan) dan bagi lulusan SMK, nilai rapor bisa diisi dengan 0 (Nol).
  3. Kartu Peserta UTBK Tahun 2022 (bagi yang memilih Skema 1)
  4. Menginputkan No. Peserta UTBK 2022 (bagi yang memilih Skema 1)
  5. Pas foto terbaru berwarna dengan latar belakang putih ukuran 3×4 cm
  6. Kartu Tanda Penduduk
  7. Kartu Keluarga

Tips supaya lebih mudah dan cepat dalam upload dokumen, elo pastikan bahwa dokumen-dokumen di atas sudah dipersiapkan. Jadi, elo tinggal upload tanpa perlu menyiapkannya lagi.

  • Pembayaran Biaya Pendaftaran

Untuk membayar biaya pendaftaran, elo perlu menyiapkan atau mencetak nomor tagihan yang diperoleh saat pendaftaran online. Selanjutnya, elo membayar biaya pendaftaran ke Bank yang ditunjuk oleh UNPAD.

Berapa biaya pendaftarannya? Biaya dikelompokkan menjadi dua skema sebagai berikut:

Skema 1 : sebesar Rp100.000,-

Skema 2 : sebesar Rp200.000,-

Uang pendaftaran yang sudah dibayarkan tidak dapat ditarik kembali

  • Cetak Kartu Peserta Ujian

Setelah melakukan proses pembayaran, langkah selanjutnya adalah dengan mencetak dan menyimpan kartu peserta ujian yang telah elo peroleh. Simpan baik-baik ya kartunya, itu akan menjadi bukti bahwa elo sudah menjalankan pendaftaran sesuai prosedur dan bisa mengikuti ujian seleksi mandiri.

Kuis zenius kampus yang cocok buat lo

Itu tadi cara daftar ujian mandiri UNPAD ya. Pastikan setiap langkahnya elo laksanakan dengan baik. Kalau udah gitu elo tinggal belajar materi soal SMUP UNPAD. Cek tips dan triknya di bawah ini ya!

Tips dan Trik Lulus SMUP UNPAD

Setelah elo mengetahui persyaratan hingga jadwal pelaksanaan seleksi, sekarang elo tinggal mempersiapkan diri. Berikut ini gue sajikan tips dan trik supaya elo bisa maksimal dalam mengerjakan setiap ujian dan mendapatkan pengumuman yang menyatakan bahwa elo lulus seleksi mandiri UNPAD. Bangga nggak? Bangga lah, masa nggak?! 

  • Pilih Jalur Masuk dan Program Studi Favorit Elo!

Supaya elo dalam melakukan persiapan dan menjalankan seleksi semakin bersemangat, maka perlu memiliki tujuan yang memang sesuai dengan keinginan. Jadi, elo harus melakukan research terlebih dahulu tentang jalur masuk UNPAD dan prodi yang diinginkan.

Setelah elo menentukan mana prodi yang ingin masuki, langkah selanjutnya adalah mengecek berbagai persyaratan dan catat tanggal penting dari pelaksanaan SMUP. Jangan hanya mengecek persyaratannya, tetapi persiapkan juga berbagai dokumen dan penuhi semua persyaratannya, jangan sampai ada yang terlewat!

  • Daftar, Jangan Tunggu Nanti!

Kalau elo sudah membuat keputusan tentang prodi apa yang akan dipilih dan telah melakukan research mendalam, maka langkah elo selanjutnya adalah mendaftar. Yap, jangan ditunda-tunda lagi, terlebih kalau semua persyaratan dan dokumen sudah disiapkan. Kalau ditunda-tunda bisa mengakibatkan lupa dan akhirnya jadwal pendaftaran sudah kelewat deh, sedih kan kalau sudah begitu?

  • Persiapkan Diri dan Perbanyak Latihan Soal

Orang sukses bisa mencapai kesuksesannya karena terus berusaha dan pantang menyerah. Elo juga perlu seperti itu. Perbanyak latihan soal bisa membuat elo terbiasa dan lebih santai saat mengerjakan ujian nanti. 

Pastikan juga bahwa elo selalu menjaga kesehatan dengan memakan makanan sehat serta rajin berolahraga. Meskipun sudah belajar dengan sungguh-sungguh, ketika ujian elo sakit kan hasilnya tidak akan maksimal. Jadi, tetap jaga kesehatan elo ya, Sobat Zenius! Terakhir, berdoa sesuai dengan kepercayaan.

Materi Ujian SMUP UNPAD

Materi SMUP Unpad atau ujian seleksi mandiri Universitas Padjadjaran untuk jenjang sarjana yaitu Tes Kemampuan Belajar (TKB SMUP UNPAD). Tes tersebut akan dilakukan secara daring atau online

Tes kemampuan belajar Unpad ini diadakan untuk mengukur kemampuan berpikir dan menyelesaikan masalah. Jadi, materi yang mungkin akan muncul pada tes tersebut, antara lain:

  1. Kemampuan memahami bacaan
  2. Berpikir logis dan analitis
  3. Penalaran numerik
  4. Penalaran figural

Lalu, bagaimana sistem penilaian SMUP UNPAD?

UNPAD menggunakan sistem IRT (Item Response Theory) untuk menilai hasil TKB. IRT adalah sistem yang mengutamakan karakteristik setiap soal. Maksudnya gimana kak? Maksudnya, semakin susah jenis soal yang elo jawab, maka semakin tinggi juga bobot skor yang elo dapatkan. 

Jadi, penilaiannya bukan hanya mempertimbangkan jumlah soal yang berhasil elo jawab benar, tetapi juga mempertimbangkan tingkat kesulitan soal yang disuguhkan.

Nah, elo harus gerak cepat juga nih dalam mengerjakan. Jangan terpatok pada satu soal saja, sehingga mengesampingkan soal lainnya. Karena, waktu yang akan diberikan untuk mengerjakan adalah 107 menit dengan jumlah soal sebanyak 110 nomor. Tapi tenang, Sobat Zenius. TKB ini gak kayak SBMPTN yang menggunakan sistem minus.

Perbedaan TKB dan TPS

TPS merupakan jenis soal yang tujuannya untuk mengukur kemampuan kognitif yang dimiliki oleh peserta. Soal ini terdiri dari beberapa bagian lagi, yaitu kemampuan penalaran umum, kemampuan memahami bacaan dan menulis, pengetahuan dan pemahaman umum, dan kemampuan kuantitatif yang mencakup pengetahuan dan penguasaan Matematika Dasar. 

Selain itu, sebagian dari soal TPS ini akan disajikan dalam bahasa Inggris. Jadi, secara tidak langsung juga akan menguji kemampuan bahasa Inggris elo nih.

Meskipun dilihat dari materi yang mungkin diberikan pada seleksi TKB mirip dengan TPS, keduanya juga memiliki perbedaan lho. Perbedaan tersebut terletak pada bagian matematika dasar dan jenis soalnya.

Jadi bisa terbayangkan contoh soal TKB UNPAD bakal gimana. Mengingat daya tampung mandiri UNPAD sekitar 40% saja, elo perlu banget nih mulai ngebut belajar.

Itu dia informasi seputar SMUP UNPAD 2022, termasuk persyaratan, cara pendaftaran, jadwal, hingga tips dan trik supaya lolos seleksi. Buat tambahan belajar contoh soal SMUP UNPAD, elo bisa juga nih cek paket belajar Zenius banner di bawah ini.

CTA Zenius ultima plus
Klik banner di atas!

Semoga informasi di atas bermanfaat buat elo ya. Semangat terus dalam mengejar impian elo dan jangan patah semangat!

Baca Juga Artikel Lainnya

SIMAK UI

UM UNAIR

UTUL UGM

Originally Published: April 27, 2021
Updated By: Arieni Mayesha & Silvia Dwi

Bagikan Artikel Ini!