teknik pengolahan data kualitatif

Teknik Pengolahan Data Kualitatif – Materi Sosiologi Kelas 10

Di materi Sosiologi Kelas 10, lo akan bertemu dengan teknik pengolahan data kualitatif. Artikel ini akan membahasnya secara lengkap.

Sobat Zenius pasti tahu kan, kalau melakukan penelitian pasti butuh teknik pengolahan data yang tepat? Ada dua teknik pengolahan data nih yang bisa dipakai, kuantitatif dan kualitatif.

Lho, apa bedanya?

Beda, dong! Bahkan ada data-data yang hanya bisa diolah secara kuantitatif atau kualitatif saja. Jadi, lo harus tahu bedanya dulu nih, sebelum memakai teknik pengolahan data yang tepat.

Ilustrasi perbedaan data kualitatif dan kuantitatif
Ilustrasi perbedaan data kualitatif dan kuantitatif (Arsip Zenius).

Yuk, kita sama-sama pahami teknik pengolahan data kualitatif dulu!

Baca Juga: Pengertian Teknik Sampling dalam Penelitian – Materi Sosiologi Kelas 10

Data Kualitatif

Sebelum lo memahami teknik pengolahannya, lo harus tahu apa itu data kualitatif. Data kualitatif seringkali subjektif, kaya, dan terdiri dari informasi mendalam yang biasanya disajikan dalam bentuk narasi.

Beberapa teknik yang dapat digunakan untuk mengambil data kualitatif adalah:

  • Observasi, yaitu dengan mengamati objek penelitian secara langsung di lapangan.
  • Wawancara melalui proses tanya jawab dengan subjek penelitian.
  • Studi literatur dengan memanfaatkan sumber-sumber data seperti buku atau jurnal yang relevan.
  • Focus group discussion atau diskusi yang mengangkat sebuah tema untuk menemukan makna atau pemahaman tertentu.
Ilustrasi teknik pengambilan data kualitatif
Teknik pengambilan data kualitatif (Arsip Zenius).

Berikut contoh-contoh data kualitatif:

  • Terdapat kue dengan rasa coklat, stroberi, dan vanila.
  • Di kelas X ada siswi yang memiliki rambut berwarna coklat dan hitam.
  • Berdasarkan pengalamannya, siswa kelas X lebih suka belajar secara kelompok dibanding individu.

Nah, setelah data-data ini dikumpulkan, baru lo bisa mengolahnya untuk mendapatkan kesimpulan penelitian.

Baca Juga: Teknik Pengumpulan Data Penelitian – Materi Sosiologi Kelas 10

Teknik Pengolahan Data Kualitatif

Data-data yang telah didapatkan selama proses pengumpulan data disebut sebagai data mentah, guys.

Untuk bisa mendapatkan hasil dan kesimpulan dari penelitian, data-data ini harus diolah dulu.

Kok gitu, sih?

Iya dong, pengolahan data itu penting banget supaya data-data yang dihasilkan penelitian lo sesuai dengan tujuan dari penelitian itu sendiri.

Bagaimana cara mengolah datanya? Ada tiga tahapan yang harus lo lalui.

Ilustrasi pengolahan data kualitatif
Pengolahan data kualitatif (Arsip Zenius).

1. Kategorisasi Data

Tahapan pertama yang harus lo lakukan ketika menggunakan teknik pengolahan data kualitatif adalah memilah data-data tersebut. Cara memilahnya adalah dengan mengkategorisasi data-data tersebut.

Contohnya, nih, lo sudah menyalin hasil wawancara lo dalam bentuk verbatim. Nah, hal selanjutnya yang harus lo lakukan adalah mengambil poin-poin penting dari verbatim tersebut. Poin-poin ini harus sesuai dengan topik atau teori yang digunakan dalam penelitian lo.

Biar lebih paham, kita coba pakai contoh. Misalnya, lo melakukan penelitian untuk mencari tahu penyebab siswa SMA terlibat tawuran. Dari hasil wawancara, lo menemukan poin-poin ini:

  • “Saya ikut tawuran soalnya diajak teman.”
  • “Saya cuma balas dendam aja, sih, soalnya mereka duluan yang gangguin kita”

Data-data ini bisa lo kasih kode sesuai teori penyebab penyimpangan, yaitu innovation dan retreatism. Berikut contohnya.

PertanyaanDataKode
“Apa motif Anda terlibat tawuran?“Saya ikut tawuran soalnya diajak teman.”Innovation
“Saya cuma balas dendam aja, sih, soalnya mereka duluan yang gangguin kita”Retreaism

Jadi, lo cukup menandai poin-poin hasil wawancara yang relevan dengan penelitian lo. Jika tidak relevan, lo bisa mengabaikannya.

2. Penyajian Data

Nah, setelah data-data itu lo kumpulkan sesuai kodenya, tahap selanjutnya adalah melakukan penyajian data.

Bagaimana caranya? Lo bisa menyajikan data-data tersebut dalam bentuk narasi sesuai dengan topik dan teori yang lo gunakan. Tentu saja, data-data ini harus lo interpretasikan terlebih dahulu agar lebih mudah dipahami.

Contohnya:

“Berdasarkan wawancara dengan narasumber, didapatkan bahwa (interpretasi data yang didapatkan).”

“Teori (teori yang digunakan) menyatakan bahwa (penjelasan teori yang digunakan). Dalam hal ini, (fenomena penelitian) dapat dijelaskan dengan teori tersebut.”

“Sesuai dengan (teori yang digunakan), fenomena (fenomena penelitian) terjadi akibat (kaitkan dengan teori). Hal ini sesuai dengan (interpretasi temuan data yang mendukung).”

Baca Juga: Jenis Penelitian Sosial dan Manfaatnya – Materi Sosiologi Kelas 10

3. Penarikan Kesimpulan

Kalau data-data lo sudah disajikan dengan benar sesuai dengan topik dan teori yang lo pakai, tinggal tarik kesimpulan, deh!

Kesimpulan ini menjawab pertanyaan penelitian lo sesuai dengan temuan data dan analisis lo. Jangan lupa, sesuaikan juga dengan teori dan tujuan penelitian lo.

Supaya lebih paham, pakai contoh lagi, deh.

Pertanyaan penelitian lo adalah “apa yang menjadi penyebab terlibatnya siswa SMA ke dalam tawuran?”. Kesimpulan dari temuan data dan analisis penelitian lo dapat ditarik dengan cara ini.

“Fenomena terlibatnya siswa SMA ke dalam tawuran dapat dijelaskan melalui (teori penelitian) mengenai (topik penelitian).

Terlibatnya siswa SMA ke dalam tawuran didorong oleh (temuan dan analisis data penelitian)

Nah, selesai deh, penelitian lo. Lo sudah bisa menyajikan hasil penelitian lo berikut dengan kesimpulannya.

Contoh Soal

1. Proses pengolahan data dalam penelitian kualitatif meliputi ….

a. reduksi, penyajian, dan verifikasi

b. editing, coding, dan tabulasi

c. editing, reduksi, dan tabulasi

d. coding, penyajian, dan verifikasi

e. reduksi, coding, dan verifikasi

Proses pengolahan data dalam penelitian kualitatif berupa a. reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data (kesimpulan).

2. Yang dimaksud dengan reduksi data dalam pengolahan data kuantitatif adalah ….

a. membuat penjelasan informasi dalam bentuk narasi

b. proses analisis data untuk membuat kesimpulan atau memverifikasi temuan lapangan

c. proses pemilihan atau penyaringan data yang telah terkumpul

d. proses pembuatan kode dalam penelitian

e. proses memasukkan kode yang telah dibuat ke dalam tabel

Proses pengolahan data dalam penelitian kualitatif sebagai berikut.

  1. Reduksi data, proses pemilihan atau penyaringan data yang telah terkumpul.
  2. Penyajian data, membuat penjelasan informasi dalam bentuk narasi (deskripsi kalimat).
  3. Verifikasi data (kesimpulan), proses analisis data untuk membuat kesimpulan atau memverifikasi temuan lapangan.

Jadi, jawaban yang benar adalah c.

Supaya lo lebih paham lagi seputar teknik pengolahan data kualitatif, lo bisa pelajari lebih dalam lagi materinya di Zenius, lho! Buruan download aplikasinya!

Referensi:

Zenius. “Pengantar Pengolahan Data Kualitatif”.

Business Research Methodology. “Qualitative Data Analysis”.

Sarah Ivan. NICHQ. “Qualitative Data Collection: 7 Things Researchers Need to Know to Get it Right”.

Wong LP. “Data Analysis in Qualitative Research: A Brief Guide to Using Nvivo”.

Bagikan Artikel Ini!