latihan soal utbk, tips belajar utbk, persiapan UTBK 2022

Hindari Kesalahan Umum Ini dalam Persiapan Belajar UTBK

Belajar selama tiga tahun di SMA, bukan berarti persiapan UTBK elo udah sempurna. Yuk, simak kesalahan umum persiapan belajar UTBK yang sering terulang!

Hai, para pejuang UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer)! Setelah kurang lebih tiga tahun di SMA (Sekolah Menengah Akhir), sebentar lagi elo bakalan jadi seorang mahasiswa, nih. 

Pastinya, fase transisi menjadi dewasa ini sebuah batu loncatan besar buat banyak orang. Yang biasanya semua serba disiapkan mulai dari jam belajar sampai jam istirahat, saat menjadi mahasiswa nanti, elo bakal punya kendali penuh atas waktu dan kegiatan yang bakal elo jalanin.

Makanya, persiapan mental itu penting banget.

Tapi ya, namanya juga proses pendewasaan, elo bakal mengalami banyak ‘trial and error’. Kalau kata pepatah sih, kesalahan adalah guru terbaik. Ada benarnya juga, sih. Tapi, bukan berarti elo nggak bisa meminimalkan kesalahan itu, lho.

Apalagi untuk urusan menuju dunia perkuliahan, persiapan buat UTBK nggak boleh setengah-setengah. Biarpun selama sekolah elo udah giat belajar, bisa aja masih ada hal terlewat dan akhirnya bisa jadi penyebab kegagalan.

Nah, di sini gue mau berbagi 5 kesalahan umum dalam belajar UTBK yang sering banget terulang di kalangan para pejuang UTBK, nih. Elo bisa setidaknya ambil pelajaran supaya nggak kejadian di elo juga. Yuk, kita kupas satu per satu.

Tips belajar UTBK, soal-soal UTBK, latihan soal UTBK
Kesalahan umum saat persiapan UTBK (Ilustrasi Zenius)

Latihan Soal Campuran sebelum Paham Materi

Soal-soal UTBK terdahulu jadi godaan terbesar saat elo baru memulai belajar. Memang, latihan soal bisa dijadikan acuan sejauh mana elo menguasai materi. Nggak salah, kok, belajar dari latihan-latihan soal. Tapi, urutannya yang perlu dibenerin, nih.

Latihan soal UTBK itu sudah mencampur berbagai materi, bisa saja bab yang paling sulit muncul duluan. Jadi, kalau mulai dari latihan soal sebelum pendalaman konsep, bisa-bisa elo nggak paham materi dengan tuntas. Gue saranin buat belajar materinya dulu, mulai dari konsep sampai bab-bab dengan tingkat kesulitan tinggi. Setelah itu, baru deh elo coba kerjakan latihan soal. Simpelnya, elo belajar teorinya dulu baru praktik.

Jangan sampai karena keasikan latihan soal doang, elo jadi cuma menghafal jawaban dari soal-soal itu! Pastikan dulu kalau elo paham materi yang menjadi pertanyaan di soal tersebut. Kalau elo paham materinya, mau dibolak-balik dan diubah bentuknya kayak apapun, elo pasti bisa jawabnya. Penting banget buat elo ingat kalau soal UTBK itu menguji pemahaman terhadap konsep. Jadi, bisa aja di hari H nanti, elo justru ketemu soal yang tipenya jauh berbeda dengan latihan-latihan soal yang pernah elo kerjakan.

Keasikan Mendalami Materi, tapi Kurang Latihan Soal

Kalau tadi keasikan ngerjain soal, kali ini kalau elo cuma mendalami materi tanpa latihan atau tryout soal UTBK yang cukup bisa menjadi salah satu kesalahan fatal, lho.

Tipe soal UTBK itu ada banyak banget dan bisa beragam bentuknya. Jadi, elo juga bakal perlu menyesuaikan diri dengan beragam jenis soal dan melatih sudah sejauh mana nih pengetahuan yang sudah elo punya. Kira-kira, kalau kalimatnya diubah, apakah elo tetap mengerti soal tersebut?

Kurang lebih begitu, deh. Jadi, jangan keasikan belajar dengan satu cara, ya. Elo juga harus punya porsi seimbang antara belajar materi dengan latihan soal!

Nggak Fokus Belajar buat UTBK

Nggak fokus belajar buat UTBK ini sering banget menjadi salah satu faktor kegagalan lolos ujian. Memang cukup berat sih, soalnya selain harus belajar UTBK, murid kelas 12 juga punya banyak kewajiban lain kayak ngerjain tugas harian, ujian praktik, sampai persiapan ujian sekolah. 

Makanya, elo mesti pinter-pinter membagi porsi waktu belajar supaya semuanya seimbang dan nggak ada yang keteteran!

Nggak Riset Tingkat Persaingan 

UTBK ini nggak cuma sekedar gede-gedean nilai, lho. Elo nantinya akan bersaing dengan siswa dari sepenjuru Indonesia dan nggak ada yang tahu kemampuan satu sama lain. Kelihatannya sepele ya, tapi karena itu juga penting banget buat meriset tingkat persaingan dan memiliki strategi untuk memilih jurusan yang kamu mau. Ini sering banget dilupain sama para pejuang UTBK karena terlalu fokus sama keyakinan akan kemampuan sendiri, tapi lupa situasi di lapangan juga berpengaruh.

Nah, sebenarnya, riset tingkat persaingan tiap jurusan kuliah nggak ribet, kok. Elo bisa melihat seberapa banyak sih peminat  jurusan yang elo incer di tahun-tahun sebelumnya dibanding dengan daya tampung. Dari situ, elo bisa menilai sendiri seberapa sulit persaingan merebut kursi di jurusan kuliah incaran elo.

Baca Juga: Persiapan UTBK dalam 2 Minggu, Bisakah?

Belajar Mepet Hari H

Nah, ini nih salah satu masalah yang cukup berat. Karena UTBK biasanya dilaksanakan setelah ujian-ujian di sekolah selesai, banyak yang akhirnya mulai persiapannya telat dan mepet banget! Ini mungkin terjadi karena elo belum menyusun rencana belajar UTBK yang efektif.

Makanya, alangkah baiknya elo mempersiapkan jadwal belajar UTBK dari jauh-jauh hari supaya tiap kegiatan elo nggak ada yang saling bertabrakan. Elo bisa manfaatin Zenius Ultima Bootcamp buat dapetin jadwal belajar UTBK yang sudah diatur serapi mungkin, materi belajar UTBK termasuk semua video premium, latihan soal dan tryout rutin, live class tiap minggu, bahkan elo bisa curhat sama wali kelas di Live Class Zenius. 

Zenius Ultima Bootcamp sengaja dirancang buat membimbing elo belajar UTBK secara intensif selama 42 hari!

Program ini bakalan cocok banget buat elo yang baru bisa mulai persiapan UTBK baru-baru ini atau cuma mau memantapkan materi yang selama ini sudah dipelajari. Elo nggak perlu repot-repot menyusun jadwal belajar sendiri karena Zenius sudah nyiapin jadwal belajar UTBK beserta materi apa yang bakal elo pelajari tiap harinya.

Gimana sih cara belajarnya agar menghindari beberapa kesalahan umum dalam belajar khususnya dalam menghadapi UTBK? Nantinya, elo bakal ngikutin live class bareng tutor-tutor Zenius yang kece buat pendalaman materi UTBK saintek dan materi UTBK soshum. Nggak cuma itu, elo juga bisa ikutan simulasi latihan soal UTBK, jadi bisa tertakar nih sejauh mana elo udah paham materi dan terbiasa dengan soal UTBK berbagai versi.

Zenius Ultima Bootcamp bakal membantu elo #GantiCaraBelajar UTBK menjadi lebih efektif dalam waktu kurang dari dua bulan. Supaya elo juga bisa menghindari kesalahan yang seharusnya bisa dicegah. Langsung daftar aja dengan mengeklik banner di bawah ini, ya!

Hindari Kesalahan Umum Ini dalam Persiapan Belajar UTBK 9
Ultima Bootcamp
Bagikan Artikel Ini!