11 Cara Belajar Efektif di Masa Pandemi

cara belajar efektif

Selama pandemi dan belajar dari rumah, rasanya agak sulit, ya, menemukan cara belajar efektif. Baru belajar 5 menit, eh, si kucing lucu udah datang minta disayang. Terus pas udah selesai main, tiba-tiba ada anggota keluarga yang berisik dan mengganggu konsentrasi belajar elo. Waduh, jadi susah belajar, deh. 

Nah, biar waktu belajar elo nggak kebuang sia-sia, Zenius punya 11 cara belajar efektif di masa pandemi nih buat elo. Simak, yuk! 

Baca Juga: Tips Meningkatkan Motivasi Belajar di Masa Pandemi

Apa itu Belajar Efektif?

Belajar efektif adalah sebuah kondisi pada saat elo belajar dan materi pembelajaran dapat dipahami dalam waktu yang ditentukan. Belajar efektif juga bisa jadi salah satu faktor penentu kesuksesan saat belajar, lho. 

Nah, kalau elo sendiri sudah merasa proses belajar elo cukup efektif, nggak, nih? 

Waktu Belajar Efektif Itu Kapan, Sih? 

waktu belajar efektif
Ilustrasi belajar pagi dan malam hari (Arsip Zenius)

Walaupun nggak jadi penentu utama, ternyata waktu belajar bisa jadi faktor penentu keberhasilan cara belajar efektif elo, lho. 

Dikutip dari PSB Academy, penelitian menunjukkan bahwa waktu belajar yang efektif itu ada di antara jam 10 pagi sampai 2 siang dan 4 sore sampai 10 malam. 

Kalo elo lebih ngerasa bisa belajar efektif kapan, nih? Saat pagi, siang, sore, atau malam hari? Yang jelas, cara belajar efektif di tiap waktunya punya kelebihannya masing-masing, nih. 

Mengutip laporan Oxford Learning, belajar di pagi hari memiliki manfaat sebagai berikut.

  1. Pikiran lebih jernih.
  2. Suasana dan pencahayaan di pagi hari meningkatkan fokus belajar.
  3. Waktu tidur nggak terganggu.
  4. Memiliki waktu lebih panjang untuk diskusi dengan teman.

Nah, kalo elo termasuk orang yang lebih senang belajar di malam hari, berikut manfaatnya.

  1. Suasana lebih hening dan tenang.
  2. Lebih mudah mengulang materi pelajaran.
  3. Distraksi lebih minim.
  4. Ide kreatif lebih berkembang.

Cara Belajar Efektif di Masa Pandemi

cara belajar efektif
Ilustrasi belajar (Arsip Zenius)

Banyaknya distraksi selama belajar di rumah sering bikin elo malas belajar nggak, sih? Gue pun kadang ngerasain hal yang sama, kok. Biar malesnya nggak berlarut-larut, simak cara belajar efektif di masa pandemi berikut ini, yuk. 

1. Coba Buat Ringkasan

Cara belajar efektif pertama adalah dengan membuat ringkasan. Kenapa? Karena dengan menulis ulang materi yang elo pelajari akan membuatnya lebih mudah diingat. Selain itu, ringkasan juga bisa membantu elo dalam memahami materi pelajaran. 

2. Suara Nggak Selalu Mengganggu, kok!

Ternyata, belajar itu nggak harus di tempat yang sunyi senyap, lho. Bisa jadi justru suasana yang terlalu sepi malah bikin konsentrasi belajar elo berkurang. 

Makanya, elo bisa banget menambahkan instrumen musik atau suara sebagai metode belajar aktif. Misalnya, belajar sambil dengar musik instrumental atau lagu dengan nada semangat. 

3. Kurangi Multitasking

Pusing nggak, sih, kalau ikut kelas tapi sambil masak sarapan atau rapih-rapih kamar? Yup, kebiasaan multitasking ini bisa bikin pikiran elo jadi nggak fokus dan nggak efektif untuk belajar. Makanya, perlu banget, nih, mengurangi multitasking supaya elo bisa lebih konsentrasi. 

4. Konsisten dengan Waktu

Konsisten dengan waktu belajar ini bisa bikin alam bawah sadar elo lebih siap untuk memulai hari, lho. Misalnya, elo sudah konsisten untuk bangun pagi, sarapan, dan mulai belajar. 

Nah, nantinya pikiran elo pun akan ikut terbiasa dengan jadwal ini. Secara nggak sadar, elo pun akan lebih ringan menjalani rutinitas tersebut dan jadi lebih produktif, termasuk dalam hal belajar. 

5. Buat Rencana Belajar

Pernah nggak, sih, elo udah niat belajar tapi pas duduk depan meja belajar malah bingung harus mulai darimana? Untuk menghindari hal ini, membuat rencana belajar, bisa jadi cara belajar efektif, nih. 

Rencana ini bisa elo buat berdasarkan materi yang mau elo pelajari. Dengan begitu, proses belajar pun jadi lebih optimal dan nggak buang-buang waktu. 

6. Perhatikan Konsumsi Makanan dan Jam Tidur

Di samping fokus belajar, elo juga harus memastikan makan, tidur, dan kesehatan, lho. Pastinya elo nggak mau kan udah capek belajar buat ujian, eh, malah pas hari H elo sakit. Tetap jaga kesehatan, ya! 

7. Buat Ruang Belajar yang Nyaman

Cara belajar efektif selanjutnya yang elo bisa lakuin untuk bikin suasana belajar efektif adalah dengan membuat ruang belajar nyaman. 

Misalnya, dengan menghias ulang meja belajar, menempelkan kata-kata motivasi, atau menggeser meja belajar ke depan jendela kamar. Apapun, deh, yang bikin elo nyaman belajar. 

8. Gunakan Berbagai Instrumen Pembelajaran

Terus menerus belajar lewat buku bisa jadi bikin elo lebih cepat jenuh, nih. Untuk itu, coba manfaatkan berbagai instrumen pembelajaran lain seperti video Youtube, podcast, atau metode belajar efektif seru lainnya. 

9. Coba Belajar Bersama dalam Kelompok

Selain mengganti instrumen pembelajaran, belajar dalam kelompok juga bisa jadi cara belajar efektif yang seru. Belajar bersama juga bisa elo jadiin wadah untuk diskusi, lho, sehingga materi cepat dipahami. 

10. Sharing dengan Orang Terdekat

Terkadang, rutinitas belajar yang berulang, apalagi di masa pandemi, bikin kita jadi stres, ya. Makanya, elo perlu sharing juga mengenai perasaan ke orang terdekat. 

Dengan sharing, pikiran mungkin akan lebih tenang dan terhindar dari stres. Pikiran tenang inilah yang bisa bikin suasana belajar efektif. 

11. Hindari Distraksi

Duh, kalau lagi belajar tapi di rumah lagi ramai nonton TV rasanya cukup mengganggu, ya. Untuk menghindari hal ini, elo bisa pilih waktu belajar di saat kondisi rumah sedang kondusif, seperti saat adik kecil tidur siang. 

Nah, itu dia 11 cara belajar efektif di masa pandemi yang bisa elo ikuti. Terbatasnya aktivitas selama pandemi tentunya nggak menjadi alesan lagi, nih, buat bikin elo males belajar. Serunya kita bahas apa lagi ya di next artikel? Komen di bawah, ya! 

Bagikan Artikel Ini!