5 Cara Meningkatkan Motivasi Belajar di Masa Pandemi

motivasi belajar di masa pandemi

Elo suka merasa motivasi belajar di masa pandemi ini menurun nggak, sih? Duh, rasanya males banget, ya, mau mulai belajar. Jangankan belajar, duduk di depan buku aja rasanya super berat dan dan malah tergoda dengan kenyamanan kasur.

Apalagi selama pandemi aktivitas kita jadi serba terbatas, ya. Mau belajar di luar sama temen susah, tapi belajar di rumah juga nggak konsen. Bawaannya pengen males-malesan aja seharian. Nah, biar waktu belajar elo enggak terbuang sia-sia, elo butuh punya motivasi belajar di masa pandemi, nih.

Emangnya motivasi belajar itu buat apa, sih, dan gimana, ya, caranya meningkatkan motivasi belajar di masa pandemi ini? Tenang saja, Zenius punya tipsnya, nih, buat elo.

Pentingnya Punya Motivasi Belajar di Masa Pandemi

meningkatkan motivasi belajar
Ilustrasi belajar (Dok. Unsplash.com)

“Ngapain sih pake nyari motivasi belajar segala, buang-buang waktu banget” Eits, siapa nih Sobat Zenius yang masih suka berpikir seperti ini? Pemikiran ini kurang tepat lho. Justru bisa jadi dengan punya motivasi belajar, apalagi motivasi belajar di masa pandemi ini, elo bakal bisa lebih banyak menghemat waktu. 


Dikutip dari Asian Journal of Education and Social Studies, Jacob Filgona (2020) menyebutkan beberapa manfaat penting memiliki motivasi belajar.

1. Tujuan Belajar Lebih Jelas 

Manfaat memiliki motivasi belajar di masa pandemi yang pertama merupakan tujuan belajar lebih jelas. 

Misalnya tujuan elo buat belajar itu demi masuk PTN yang diinginkan. Nah, dengan punya motivasi belajar, pikiran elo jadi bisa terfokus ke tujuan itu dan semangat belajar pun jadi meningkat.

2. Mengasah Konsentrasi dan Kemampuan Berpikir

Misalnya, elo lagi belajar, tapi enggak ada motivasi yang melatarbelakangi keinginan elo buat belajar. Elo bakal bertanya-tanya sendiri enggak, sih, kenapa elo belajar? 

Hal inilah yang nantinya bikin proses belajar kita jadi nggak fokus. Apalagi di masa pandemi ini kegiatan jadi terbatas dan kadang bikin kita cepet stres. Akhirnya, motivasi belajar di masa pandemi pun jadi kendor dan kemampuan berpikir kita menurun. 

Padahal, mengasah kemampuan berpikir itu penting, lho, karena bisa melatih daya pikir dan kekritisan elo. Selain punya motivasi belajar, elo juga bisa memanfaatkan fitur Zencore di Zenius, nih, untuk meningkatkan mengasah pemikiran logika elo.

3. Mempercepat Proses Belajar

Nah, karena motivasi membuat pikiran kita lebih fokus, maka materi yang kita pelajari pun jadi lebih mudah terserap. Waktu belajar kita pun jadi semakin efisien, deh. 

Tips Meningkatkan Motivasi Belajar di Masa Pandemi

5 Cara Meningkatkan Motivasi Belajar di Masa Pandemi 9
ilustrasi sekolah online (Dok. Unsplash.com)

Walaupun ruang gerak menjadi terbatas di masa pandemi, semangat belajar elo tetap harus terjaga, nih. Nah, biar proses belajar elo jadi lebih maksimal, ketahui cara meningkatkan motivasi belajar di masa pandemi berikut, yuk!

1. Mulai dengan Why

Cara paling mudah untuk mendapatkan motivasi belajar di masa pandemi itu dengan bertanya “kenapa elo belajar?”. 

Elo bisa tulis alasannya sebanyak mungkin, misalnya untuk masuk ranking 10 besar atau untuk dapat hadiah dari orang tua. Nah, alasan ini yang nantinya bisa elo jadikan motivasi tiap belajar. 

Biar motivasi ini terus nempel, elo bisa nih tulis goals elo di sticky notes, trus elo tempel, deh, di samping layar laptop atau komputer. Jadi, tiap Zoom atau Gmeet keinget terus, deh. 

2. Hindari Menunda Belajar

“Duh, masih jam segini, nanti aja deh belajarnya”. Selama pandemi, rawan banget ya menunda aktivitas. Apalagi mengingat selama sekolah dari rumah nggak ada guru yang secara langsung mengawasi. Ujung-ujungnya, motivasi belajar di masa pandemi jadi cepat hilang, deh. 

Tapi tahu nggak, sih, menunda belajar kaya gini bakal bikin elo capek duluan secara emosional sebelum mulai belajar, lho, dan bikin belajar jadi nggak optimal. Nah, biar nggak sering nunda kerjaan lagi, baca artikel Zenius tentang prokrastinasi, yuk!

3. Tak Perlu Membanding-bandingkan

Elo enggak perlu khawatir kalo elo butuh waktu lebih panjang untuk memahami materi dibanding temen elo. Tenang, belajar itu bukan perlombaan, kok! Dengan memiliki waktu belajar yang tenang dan tanpa beban, semangat belajar elo bisa meningkat dan motivasi belajar di masa pandemi pun terbentuk, deh. 

4. Fokus dengan Tugas yang Sedang Dikerjakan

Kebayang enggak sih pusingnya kalo elo belajar Matematika sekaligus Sejarah di waktu yang bersamaan? Wah, kayanya bisa-bisa otak elo ngepul, deh. 

Multitasking dalam belajar ini enggak disarankan, ya, karena selain melelahkan secara fisik, mental elo pun juga cepet lelah sehingga motivasi belajar di masa pandemi pun cepet sirna.

5. Kerjakan Dahulu, Motivasi Setelahnya

Enggak sedikit lho yang pada akhirnya jadi enggak belajar gara-gara nunggu motivasi belajar dateng dulu baru mau mulai belajar. 

Nah, daripada menunggu dan buang-buang waktu, elo bisa langsung mulai aja dulu belajarnya. Nantinya, secara perlahan motivasi itu pun akan datang sendiri dan belajar pun bisa semakin fokus.

Itu dia Sobat Zenius tips meningkatkan motivasi belajar di masa pandemi yang bisa elo ikutin. Kira-kira next artikel serunya kita bahas tips apa lagi, ya? Coba request di kolom komentar, ya. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

Baca Juga: 

Duh Gue Malas Belajar, Gimana dong?

3 Tips Bikin Jadwal Belajar SBMPTN yang Efektif Plus Contohnya

Cara Mudah Mengajar Online Bagi Guru

Bagikan Artikel Ini!