Contoh Soal SIMAK UI – Biologi

Contoh Soal SIMAK UI

Hai, Sobat Zenius! Siapa nih yang lagi sibuk buat persiapan SIMAK UI (Universitas Indonesia)? 

Nggak heran sih, soalnya UI emang salah satu perguruan tinggi negeri yang jadi incaran banyak orang, termasuk elo kan pasti?

Ilustrasi form registrasi SIMAK UI
Contoh Soal SIMAK UI
Ilustrasi Form Registrasi SIMAK UI (Arsip Zenius)

Nah, kalau banyak yang ngincer, berarti banyak saingannya dong? Iya dong! Makanya, supaya peluang elo tinggi buat tembus SIMAK UI, elo harus punya persiapan yang matang dong! Salah satunya elo pasti penasaran sama contoh soal SIMAK UI Biologi kan?

Tenang-tenang, gue akan bantuin elo buat nyiapin diri ngadepin SIMAK UI nanti. Tapi, elo udah tahu belum, apa aja sih materi yang bakal elo hadapi ketika elo ikut SIMAK UI? 

Oke, gue kasih bocoran ya, materi apa aja yang perlu elo pelajari, di antaranya:

  • Kemampuan Dasar (KD): Matematika Dasar, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris
  • Kemampuan IPA (KA): Matematika IPA, Fisika, Kimia, Biologi
  • Kemampuan IPS (KS): Ekonomi, Sejarah, Geografi, Sosiologi

Wah, ada Biologi nih. 

Yap, Biologi jadi salah satu pelajaran yang perlu elo pelajari, tenang, santai aja,  elo gak perlu merasa khawatir. Kenapa? Karena di artikel kali ini, gue bakal ngasih elo contoh soal dan pembahasan SIMAK UI Biologi.

Kira-kira gimana ya? Yuk, simak terus artikel ini yang akan membahas kumpulan soal Biologi SIMAK UI. 

Baca Juga: Info Pendaftaran SIMAK UI 2022 – Kuota, Jadwal, dan Biaya

Alt: Jadwal Pendaftaran SIMAK UI
Contoh Soal SIMAK UI Biologi
Jadwal Pendaftaran SIMAK UI (Arsip Zenius)

Materi Biologi SIMAK UI

Sebelum gue ngajak elo ke bagian contoh soal dan pembahasan untuk SIMAK UI, ada baiknya elo tahu nih, kira-kira materi apa aja sih yang diprediksi bakalan muncul di soal biologi SIMAK UI nanti?

Melihat dari soal-soal SIMAK UI dari tahun ke tahun, materi Biologi yang kemungkinan besar bakalan keluar di SIMAK UI tahun 2022 ini adalah materi tentang struktur dan fungsi tumbuhan, ciri makhluk hidup. Klasifikasi makhluk hidup, organ manusia, persaingan dan mutasi, biokimia, sel, metabolisme sel, ekosistem, pembelahan sel, evolusi dan perubahan lingkungan. 

Wah, kalau dilihat sih kayak banyak banget ya? Iya sih, tapi tenang aja, elo harus inget, kalau belajar Biologi itu bukan hanya menghafal, melainkan elo harus paham konsep terlebih dahulu. Yakin deh, dengan elo bisa memahami konsepnya, elo akan sangat terbantu ketika nanti ngerjain soalnya. 

Fyi, jumlah soal SIMAK UI dari tahun ke tahun, untuk Biologi adalah 15. Jadi, elo harus maksimalin tuh, supaya peluang elo untuk lolos juga semakin besar. 

Karena elo udah tahu apa saja materi yang biasanya muncul dalam soal-soal Biologi di SIMAK UI, sekarang langsung aja ya simak soal dan pembahasan SIMAK UI. Check it out!

Baca Juga: Kumpulan Soal dan Pembahasan SIMAK UI Matematika

Contoh Soal dan Pembahasan SIMAK UI: Biologi

Dalam SIMAK UI nanti, elo berpeluang untuk menemukan 3 bentuk soal. Soal pertama adalah soal dalam bentuk pilihan ganda yang biasa elo temukan di sekolah. Elo bisa memberi jawaban untuk soal ini dengan memilih salah satu jawaban yang paling tepat. 

Bentuk soal kedua yang akan elo temukan adalah Soal yang terdiri atas 3 bagian, yaitu PERNYATAAN; kata SEBAB; dan ALASAN yang disusun berurutan. 

Untuk soal ini elo akan diminta untuk memilih dengan cara seperti ini: 

  1. Jika pernyataan benar, alasan benar, dan keduanya menunjukkan hubungan sebab dan akibat.
  2. Jika pernyataan benar, alasan benar, tetapi keduanya tidak menunjukkan hubungan sebab dan akibat.
  3. Jika pernyataan benar dan alasan salah.
  4. Jika pernyataan salah dan alasan benar.
  5. Jika pernyataan dan alasan keduanya salah.

Dan bentuk soal terakhir, akan disajikan  pernyataan dan elo harus memilih dengan cara sebagai berikut:

(A) Jika (1), (2), dan (3) yang benar.

(B) Jika (1) dan (3) yang benar.

(C) Jika (2) dan (4) yang benar.

(D) Jika hanya (4) yang benar.

(E) Jika semuanya benar.

Oke, biar makin kebayang gimana bentuk soalnya, di bagian ini gue akan kasih tau elo contoh soal SIMAK UI dan pembahasan SIMAK UI untuk materi Biologi. Yuk, mari kita bahas…

Soal 1

Topik: Sel 

Manakah dibawah ini yang merupakan bentuk paling sederhana dari suatu materi yang sifatnya hidup?

A. Jaringan

B. Sel

C. Organ

D. Biomolekul

E. Tidak ada jawaban yang benar

Pembahasan dan Jawaban:

Jawaban yang tepat adalah B. sel.

Kok bisa sel sih? Coba deh elo perhatikan penjelasan berikut ini:

Urutan kompleksitas dari sistem kehidupan adalah sebagai berikut: 

Makromolekul -> Organel -> Sel -> Jaringan -> Organ -> Sistem -> Organisme

Kenapa unit dasar kehidupan bukan Makromolekul dan Organel?

Jawabannya adalah karena makromolekul dan organel tidak punya kemampuan menduplikasikan diri dan mentransmisikan informasi ke hasil duplikasi dirinya.

Fyi guys, soal dengan materi ini pernah keluar di SIMAK UI tahun 2018 lho. 

Soal 2

Topik: Evolusi 

Apa perbedaan utama antara seleksi alam dan seleksi buatan?

A. seleksi alam terjadi secara random, seleksi buatan tidak random

B. seleksi alam terjadi dalam waktu lama, seleksi buatan hanya butuh waktu singkat

C. seleksi alam tidak mempunya arah, seleksi buatan mempunya arah

D. seleksi alam tidak mempunyai tujuan, seleksi buatan punya tujuan yang ditentukan

E. seleksi alam tidak dapat diprediksi, seleksi buatan dapat diprediksi

Pembahasan dan jawaban:

Pada dasarnya, seleksi alam dan buatan menggunakan prinsip yang sama. Hanya saja, seleksi buatan memiliki tujuan dan ekspektasi sesuai dengan pihak yang melakukan seleksi di awal, dan organisme yang jadi subjek diseleksi berdasarkan ekspektasi tersebut. Sehingga jawaban yang benar adalah seleksi alam tidak mempunya tujuan, seleksi buatan mempunyai tujuan yang ditentukan D.

Tahu nggak sih, soal dengan topik evolusi ini pernah muncul pada SIMAK UI 2019 lho. 

Soal 3

Perhatikan tabel di bawah ini!

Contoh Soal SIMAK UI - Biologi 33

Tabel Gas Pencemar dan Dampaknya (Arsip Zenius) 

Alt: Materi Biologi SIMAK Ui

Pasangan gas pencemar dan dampaknya yang tepat ditunjukkan oleh nomor ….

A. 1, 2, 3, dan 4

B. 1, 2, dan 4

C. 2 dan 3

D. 1 dan 4

E. 4 saja

Pembahasan dan jawaban:

Pasangan gas pencemar dan dampaknya yang tepat adalah sebagai berikut:

Contoh Soal SIMAK UI - Biologi 34

Tabel Gas Pencemar dan Dampaknya (Arsip Zenius) 

Alt: Materi Biologi SIMAK Ui

Sehingga jawaban yang tepat adalah D. 1 dan 4

Soal dengan topik ini pernah muncul di SIMAK UI 2019 lho. 

Soal 4

Topik: Genetika

Makin tingginya tingkat resistensi suatu populasi sel bakteri terhadap antibiotik tidak terkait dengan ….

A. adaptasi fisiologi

B. seleksi alam

C. variasi genetik

D. Evolusi

E. Kekerabatan genetik

Pembahasan dan jawaban:

Resistensi adalah ketahanan, sedangkan antibiotik merupakan obat yang dapat membunuh bakteri. Pada soal di atas yang ditanyakan adalah faktor yang tidak meningkatkan resistensi suatu populasi sel bakteri. Adaptasi fisiologi, seleksi alam, variasi genetik dan evolusi merupakan faktor-faktor yang berhubungan dengan tingkat resistensi sel bakteri terhadap antibiotik, sedangkan kekerabatan genetik memiliki arti bahwa terdapat kemiripan dalam suatu bakteri, sehingga memunculkan bakteri yang bisa bertahan, sehingga jawaban yang tepat adalah E. Kekerabatan genetik. 

Soal dengan topik ini pernah muncul pada SIMAK UI 2019 hlo guys

Soal 5

Topik: Organ Tumbuhan 

Contoh Soal SIMAK UI - Biologi 35

Organ Tumbuhan (Arsip Zenius)

Alt: Materi Simak UI Biologi 

Organ dari tumbuhan di atas yang merupakan hasil modifikasi dari batang adalah ….

A. 1 dan 3

B. 2 dan 3

C. 3 dan 4

D. 2 dan 1

E. 4 dan 1

Pembahasan dan jawaban: 

Alt: Materi contoh soal Simak UI
Modifikasi Batang (Arsip Zenius)

Pada soal di atas ditanyakan hasil modifikasi batang. Harus elo ketahui, tanaman yang merupakan modifikasi batang harus memiliki stolon, bulb dan rhizome. Pada gambar di atas, tanaman yang memiliki hal tersebut adalah tanaman strawberry dan bawang, yaitu nomor 1 dan 4, sehingga jawabannya adalah E. 4 dan 1.

Materi ini penting banget hlo, karena di SIMAK UI tahun 2018, soal dengan materi ini pernah keluar hlo. 

Soal 6

Topik: Ekosistem

Manakah pernyataan yang salah terkait dengan suatu ekosistem?

A. semakin tinggi keanekaragaman jenis, ekosistem akan makin stabil

B. ekosistem tersusun dari berbagai komunitas yang dibentuk oleh berbagai  jenis organisme

C. ekosistem tersusun dari berbagai individu sejenis yang menyusun berbagai komunitas

D. setiap jenis organisme memiliki relung (niche) tersendiri

E. antar komunitas terhubung oleh aliran energi

Pembahasan dan jawaban:

Inget nggak sih elo apa itu ekosistem? Ekosistem adalah interaksi antara faktor biotik (makhluk hidup) dan abiotik (sumber daya tak hidup). 

Alt: Contoh Soal Simak UI Materi Ekosistem
Ekosistem Laut (Dok. Unsplash)

Pada soal di atas, elo diminta untuk mencari pernyataan yang salah tentang ekosistem. Sehingga jawaban yang benar adalah C. ekosistem tersusun dari berbagai individu sejenis yang menyusun berbagai komunitas. 

Hal ini karena, pada pilihan jawaban tersebut terdapat pernyataan bahwa komunitas disusun dari berbagai individu sejenis, padahal yang benar adalah komunitas terbentuk dari berbagai organisme yang berbeda. 

Soal dengan topik ini pernah keluar lho, di SIMAK UI 2018, jadi pesen gue, pahami konsepnya dengan baik ya!

Alt: Contoh Soal SIMAK UI Materi Ekosistem
Pengertian Ekosistem (Arsip Zenius) 

Soal 7

Topik: Sel

Plasmolisis adalah fenomena terpisahnya membran sel tumbuhan dengan dinding sel.

SEBAB

Vakuola pada bagian tengah sel mengandung larutan dengan tekanan osmotik yang lebih tinggi.

A. Jika pernyataan benar, alasan benar, dan ada hubungan sebab akibat

B. Jika pernyataan benar, alasan benar, tapi tidak ada hubungan sebab akibat

C. Jika pernyataan benar dan alasan salah 

D. Jika pernyataan salah dan alasan benar

E. Jika keduanya salah

Pembahasan dan Jawaban: 

Pada bagian ini, elo harus tahu dulu nih, apa itu plasmolisis? Plasmolisis adalah suatu peristiwa dimana membran sel tumbuhan mengalami pengerutan sehingga terpisah dari dinding selnya. Nah, peristiwa ini bisa terjadi karena adanya konsentrasi vakuola yang rendah (hipotonik) dan konsentrasi di lingkungan luar yang tinggi (hipertonik). Air dalam sel keluar dari sel yang hipotonik menuju lingkungan yang hipertonik.

Sehingga pernyataan di atas menunjukkan jika pernyataan benar, namun alasannya salah. Jawaban yang tepat adalah C. Jika pernyataan benar dan alasan salah.  

Soal dengan topik ini pernah muncul di SIMAK UI 2019 hlo. 

Soal 8

Topik: Organ tumbuhan 

Keterangan gambar potongan melintang batang yang benar adalah ….

Alt: Materi SIMAK UI Biologi
Batang Tumbuhan (Arsip Zenius) 

(1) B: berkas pembuluh

(2) C: empulur

(3) D: floem

(4) A: sklerenkim 

Pilihan jawaban: 

A. jika (1), (2), dan (3) benar

B. jika (1) dan (3) benar

C. jika (2) dan (4) benar

D. jika hanya (4) yang benar

E. jika semuanya benar

Pembahasan dan jawaban:

Dilihat dari gambar di atas, batang pada soal tersebut adalah batang dikotil, hal ini dibuktikan dari adanya berkas pembuluh yang rapi. 

Keterangan bagian-bagian batang yang benar adalah:

A merupakan sklerenkim

B merupakan berkas pembuluh

C merupakan empulur

D merupakan xilem

Sehingga bagian batang yang benar ditunjukkan oleh nomor 1, 2, dan 4. Namun karena nggak ada nih pilihan jawaban yang menunjukkan 1, 2, dan 4, maka jawaban yang bisa elo pilih adalah yang paling tepat, yaitu C. jika (2) dan (4) benar. 

Soal dengan materi ini pernah muncul pada SIMAK UI 2018, jadi matengin konsepnya yah, siapa tahu keluar lagi! Hehe…

Soal 9

Topik: Organisme

Perhatikan gambar organisme-organisme di bawah ini!

Alt: Materi contoh soal SIMAK UI Biologi
Contoh Organisme (Arsip Zenius)

Organisme yang kemungkinan memiliki kekerabatan yang dekat ditunjukkan oleh nomor ….

A. 1 dan 3

B. 1 dan 2

C. 2 dan 3

D. 2 dan 4

E. 3 dan 4

Pembahasan dan Jawaban:

Pada gambar di atas, elo bisa liat hewan yang ditunjuk nomor 1 adalah jangkrik, nomor 2 adalah kumbang, nomor 3 adalah belalang, nomor 4 adalah kupu-kupu.

Nah, untuk melihat kekerabatan antar makhluk hidup itu, elo bisa liat dari kemiripan bentuk tubuhnya atau kemiripan karakteristik lainnya. Sehingga kalau elo perhatiin, kekerabatan paling dekat itu ditunjukkan oleh jangkrik dan belalang. Sehingga jawaban yang tepat adalah A. 1 dan 3.

Soal ini pernah muncul pada SIMAK UI Biologi tahun 2018.

Soal 10

Topik: Organ Tumbuhan

Akar selain berfungsi untuk menambatkan tumbuhan pada tanah dan juga menyerap air dan mineral dari tanah, terdapat akar yang bermodifikasi menjadi struktur lain. Berikut ini tanaman yang memiliki pneumatophore adalah ….

A. Rhizophora apiculata (bakau)

B. Beta vulgaris (beetroots)

C. Daucus carota (wortel)

D. Piper betle (sirih)

E. Solanum tuberosum (kentang)

Pembahasan dan Jawaban:

Pneumatofora adalah akar napas yang mencuat ke permukaan air. Akar nafas ini adalah akar yang sudah mengalami spesialisasi sehingga bisa berfungsi untuk pertukaran gas. Tumbuhan yang memiliki akar nafas adalah A. Rhizophora apiculata (bakau). 

Nah, itu tadi beberapa contoh soal dan pembahasan SIMAK UI Biologi. Semoga setelah baca artikel ini, elo udah mulai ada bayangan nih, soal kayak apa yang bakal elo hadapi di SIMAK UI nanti. 

Oh ya, kalau elo masih mau latihan soal-soal lain, elo bisa klik banner di bawah ini ya!

Contoh Soal SIMAK UI - Biologi 36

 Jangan  kelewatan juga live class dari Zenius yang bakal bikin elo semakin tercerahkan. 

Biar persiapan elo makin mantap, Zenius punya fitur spesial nih yang bisa bantu fundamental konsep elo makin mantap buat persiapan SIMAK UI nanti. 

Fitur spesial ini adalah Zencore. Melalui fitur ini, elo bisa banget menutupi kekurangan fundamental konsep. Kenapa? Karena kemampuan fundamental konsep yang kuat itu sangat penting dalam mengikuti SIMAK UI. 

Sip deh, semoga elo terbantu ya!

Good luck!

Baca Juga:  Strategi dan Tips Lolos SIMAK UI

MAKIN SIAP IKUT SIMAK UI! – YouTube

Bagikan Artikel Ini!