Solusi Malas Belajar Tips

Duh Gue Malas Belajar, Gimana dong?

Pernah ngerasa malas belajar? Sebenarnya, apa yang membuat kita malas belajar? Yuk, kita bahas bareng-bareng sambil ngebahas bagaimana cara menghilangkan rasa malas belajar. Mari meluncur …

Sobat Zenius, elo pernah gak sih dengar perkataan kayak “…teruslah belajar tanpa henti di dalam hidup”? 

Sebenarnya, kita gak mungkin berhenti belajar. Pasti selalu ada hal baru yang bisa kita pelajari setiap harinya. Cuma biasanya kita gak begitu sadar.

Namun, ada momen tertentu dimana kita dituntut untuk belajar secara intensif untuk suatu keperluan. Misalnya karena tugas sekolah, ujian, atau pelatihan tertentu.

Gue pun dulu juga pernah ngerasa jenuh dan jadi malas belajar. Rasanya kudu gak mau ngapa-ngapain gitu deh sampai tiba-tiba hari penghakiman, eh hari ujian, udah dekat.

Nah, pernah gak sih lo tiba-tiba ngerasa ‘duh malas deh harus belajar’?

View Results

Loading ... Loading ...

bruno-mars-gif-monkey
Lazy Song GIF | Sumber: Jumping In The Sky

Kalo elo jawab pernah, apa alasan utama elo ngerasa malas belajar?

View Results

Loading ... Loading ...

Nah, buat elo yang pernah ngerasa malas belajar, ada fakta dan pengetahuan yang menarik soal malas belajar nih buat kita. Apa aja?

Kita bakal bahas faktor penyebab, dampak, dan cara agar tidak malas belajar. Dengan mengetahui ini, kita bisa lebih memahami fenomena malas belajar dan menumpas akar permasalahannya.

Faktor Penyebab Malas Belajar

Duh Gue Malas Belajar, Gimana dong? 9

Menurut elo, kira-kira apa yang membuat kita malas belajar? Berikut ini beberapa faktor umum penyebab malas belajar.

  • Tujuan belajar gak jelas. Misalnya, elo lagi belajar materi matematika buat ujian. Ketika elo ngeliat materinya, elo ngerasa gak akan pakai ilmu tersebut di masa depan sehingga elo jadi mulai bertanya-tanya buat apa belajar materi tersebut. Berhubung elo gak tahu, elo jadi malas deh.
  • Lingkungan gak mendukung. Ketika belajar, sebaiknya elo melakukannya di tempat yang nyaman dan sesuai dengan kebutuhan elo. Bayangin kalo harus belajar di tempat yang ramai dan gak kondusif. Pasti susah banget ya buat konsentrasi?
  • Masalah emosi atau perasaan. Mungkin elo sedang patah hati atau ada masalah sama keluarga atau teman. Ketika emosi lagi gak stabil, rasanya gak enak ngelakuin apapun termasuk belajar.
  • Gaya belajar gak sesuai. Setiap orang punya gaya belajar masing-masing yang biasanya dikategorikan menjadi tiga: audiotori, visual, dan kinestetik. Ada orang yang nyaman belajar dengan mendengarkan audio, melihat grafik dan gambar, dan ada juga yang perlu bergerak.

Selain empat faktor penting yang udah disebutkan di atas, ada satu faktor menarik yang berasal dari dalam otak manusia: dopamine

Yap, mari kita kenalan sama dopamine, suatu senyawa atau zat kimia di otak kita yang memberikan rasa nikmat dan sensasi kesenangan.

Secara ilmiah, manusia memang secara alami menginginkan dopamine. Simpelnya, kita sebagai manusia ingin melakukan hal yang memberikan kesenangan dan kenikmatan, dan menghindari hal yang memberikan kesulitan dan stres.

Dopamine Bisa Membuat Rajin dan Malas Belajar

Nah, dopamine bisa menjadi salah satu faktor penyebab malas belajar karena kita jadi cenderung menghindari belajar yang terkesan susah dan ruwet, lalu beralih mengerjakan hal lain yang menyenangkan dan nikmat seperti rebahan, nonton film, main game, dan lain sebagainya.

Dampak Malas Belajar

Selanjutnya, kita akan bahas apa akibat malas belajar yang bisa menimpa kita.

  • Hasil buruk gak maksimal. Walau jarang, terkadang ada sih anak jenius yang konon katanya malas belajar dan bisa dapat nilai bagus. Namun, kenyataannya bisa jadi anak atau orang seperti itu tetap belajar dengan caranya sendiri. Misal, ia mendengarkan dengan baik ketika guru menjelaskan di kelas atau sebenarnya ia belajar secara gak langsung dari pengalaman yang didapatkan ketika bermain game dan nonton film.
  • Merasa tertinggal. Terkadang ada materi-materi baru yang memerlukan pemahaman materi sebelumnya. Ketika sebelumnya udah gak belajar dengan baik, jadi makin banyak materi yang harus dilahap.
  • Kurang wawasan. Belajar dapat menambah wawasan dan membuka pikiran seseorang. Apabila malas belajar hal baru, wawasan pun jadi cenderung sempit. 
  • Makin malas dan stres. Kalo udah menerima hasil yang buruk dan merasa tertinggal terus, kita justru merasa makin stres dan gak percaya diri untuk memulai. Rasanya seperti, ah udah terlambat  gak mungkin bisa ngejar belajar.

Dampak Buruk Malas Belajar

Ada gak dampak di atas yang pernah elo rasain? Share pengalaman elo di kolom komentar ya.

Cara Agar Tidak Malas Belajar

Sekarang, kita udah tahu nih apa aja faktor dan dampak malas belajar. Lalu, bagaimana cara menghilangkan rasa malas belajar?

Pilihan Tempat Kondusif Untuk Belajar

  • Cari tempat yang kondusif. Ini sebenarnya relatif karena setiap orang punya preferensi masing-masing. Biasanya perpustakaan, cafe, kelas kosong, kamar sepi, dan beragam tempat kondusif lainnya merupakan pilihan terbaik untuk menjaga konsentrasi ketika belajar.
  • Pikirkan tujuan dan gol belajar. Biasanya sebelum pelajaran, guru akan memberi tahu apa tujuan dari mempelajari materi yang ada. Kalo seandainya elo gak yakin pun, secara umum belajar memberikan pemahaman serta pemikiran baru yang berguna untuk memahami cara kerja dunia ini dengan lebih baik. Kedepannya, ada pengetahuan dan persepsi yang secara gak disadari bakal kepake ketika kita membuat keputusan dan bekerja.
  • Menggunakan gaya belajar yang sesuai. Apabila elo emang tipe yang lebih suka mendengarkan, mungkin elo bisa coba belajar melalui podcast atau audio lainnya. Kalo elo tipe visual, elo bisa bikin mind map atau nonton video. Untuk pelajar kinestetik, bisa coba belajar sambil memperagakan  hal yang ingin diingat, melakukan simulasi, dan membuat flashcard.
  • Memberi reward terhadap diri sendiri. Selain belajar dengan tekun, ingatlah juga untuk mengapresiasi diri sendiri atas usaha keras yang udah dilakukan. Namun, bukan berarti ini seperti hukuman dan reward ya. Reward di sini itu lebih seperti jeda atau momen untuk istirahat agar proses belajar gak monoton. Reward bisa dalam bentuk menonton acara favorit, makan sesuatu yang elo suka, dan lain sebagainya.

Ngomong-ngomong, kebetulan banget nih ada video yang menarik banget soal gimana cara membuat strategi maupun hal lainnya secara efektif. 

Supaya elo bisa menyusun strategi belajar yang efektif, coba tonton videonya di sini ya. Pastikan elo  login akun Zenius supaya bisa nonton videonya.

Penutup

Bagaimana Sobat Zenius, apakah elo ada pertanyaan seputar topik kita kali ini? Atau mungkin elo punya ide untuk artikel selanjutnya? 

Kalau elo punya pertanyaan maupun pernyataan, jangan ragu buat komen di kolom komentar, oke? Sampai sini dulu artikel kali ini dan sampai jumpa di artikel selanjutnya, ciao!

Baca juga:

Cara Meningkatkan Motivasi Belajar Kamu Mulai dari Sekarang

5 Tips Memaksimalkan Kegiatan Belajar di Rumah

Referensi

https://www.cnbc.com/2019/02/15/the-science-backed-reason-lazy-people-are-smarter-more-successful-and-better-employees.html

https://particle.scitech.org.au/people/are-lazy-people-more-innovative-than-we-think/

https://www.livescience.com/52807-laziness-found-in-brain.html

https://www.psychologytoday.com/us/blog/comparatively-speaking/201901/are-some-people-just-lazy

https://www.psychologytoday.com/us/blog/hide-and-seek/201410/the-psychology-laziness

https://www.gse.harvard.edu/news/ed/17/01/bored-out-their-minds

https://hospitalityinsights.ehl.edu/places-student-study

https://disdikkbb.org/news/memahami-tipe-belajar-siswa/

https://www.halodoc.com/artikel/jangan-salah-inilah-penjelasan-tentang-dopamin

https://www.livescience.com/20026-brain-dopamine-worker-slacker.html

https://www.jmcacademy.edu.au/news-and-events/news/why-it-s-important-to-reward-yourself/

https://www.indeed.com/career-advice/career-development/kinesthetic-learning-strategies

https://this.deakin.edu.au/study/four-reasons-why-you-should-study-history

Bagikan Artikel Ini!