perguruan tinggi swasta

5 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Memilih Bimbel Intensif SBMPTN

Halo Sobat Zenius, apa kabarnya nih? Ketemu lagi sama gue Sabrina. Di artikel kali ini gue akan membantu lo mempersiapkan UTBK SBMPTN 2022, ditambah dengan tips memilih bimbel intensif SBMPTN yang berkualitas supaya bisa mendukung lo keterima di universitas impian. 

Kalo gue tanya mengenai bimbel intensif SBMPTN, kira-kira hal apa yang pertama kali terlintas di pikiran lo?

Kalo lo masih berpikiran tentang bimbel SBMPTN yang mengharuskan lo dateng ke kelas abis pulang sekolah, lagi capek-capeknya terus harus maksain diri ngedengerin guru bimbel padahal udah ngantuk banget, wah… itu sih udah gak jaman ya. 

Apalagi sejak pandemi Covid-19 dan pesatnya kemajuan teknologi, bimbel SBMPTN pun mulai dilakukan secara online.

Nih, gue kasih tau alasan kenapa ikut bimbel SBMPTN tuh penting banget dan bahkan bisa membantu lo memahami materi SBMPTN lebih cepat. 

Kenapa Ikut Bimbel SBMPTN Itu Penting?

Sebenarnya lo memang bisa belajar sendiri tanpa mengikuti bimbel intensif SBMPTN. Tapi, ada tapinya nih… setelah gue jabarin di atas kalau menghadapi SBMPTN lo butuh strategi khusus, ini artinya lo gak bisa bener-bener sendirian menghadapi ujian yang satu ini. 

Bisa kita analogikan bahwa lo ini adalah seorang bajak laut yang sedang mencari harta karun. Lo udah punya kapal, udah punya anak buah kapal dan bahkan lo juga udah punya peta harta karunnya. 

Sayangnya, lo gak tau cara membaca peta yang bener tuh gimana. Akhirnya, lo tersesat dan gak bisa menemukan harta karun yang lo incar. 

Nah, itu artinya lo butuh strategi dan bantuan orang lain, misalnya seorang ahli peta. Sama kayak lo mau mempersiapkan UTBK SBMPTN, dengan mengikuti bimbel intensif SBMPTN, lo akan dibantu sama tutor-tutor yang benar-benar ahli di bidangnya dan akan mempermudah lo mendapatkan harta karun yang selama ini lo incar (keterima di universitas). 

Dengan mengikuti bimbel intensif SBMPTN, lo bisa menemukan strategi dalam menjawab soal-soal SBMPTN. 

Karena perlu lo ingat, dalam menjawab soal SBMPTN kuncinya bukan menjawab soal sebanyak-banyaknya tetapi menjawab soal benar dengan tingkat kesulitan yang tinggi supaya bisa dapat skor UTBK tinggi. 

Ngomong-ngomong tentang bimbel, lo tau gak sih kalo bimbel intensif SBMPTN online tuh ternyata sudah lebih dulu populer di luar negeri lho

Banyak bimbel online di Amerika, Kanada hingga India yang berhasil membawa murid-murid mereka diterima di universitas top di berbagai belahan dunia. Kalo lo penasaran bimbel online apa aja yang terkenal di berbagai negara dan kenapa siswa-siswa di sana lebih milih ikutan bimbel online, nih gue jabarin alasannya. 

Bimbel Online Terbaik di Luar Negeri

ArborBridge

ArborBridge adalah bimbel online asal Amerika yang sudah menawarkan les online selama lebih 10 tahun untuk siswa di berbagai tingkat dan berbagai mata pelajaran sekolah. 

Guru-guru ArborBridge berasal dari lulusan universitas ternama di Amerika dan memiliki indeks prestasi yang baik pula. Ditambah, mereka juga harus memiliki pengalaman mengajar yang signifikan dan mengetahui psikologis anak-anak didiknya. 

Sistem bimbel online di ArborBridge menggunakan video interaktif yang secara aktif melibatkan siswa melalui platform obrolan video.

SOC Online Academy

SOC Online Academy adalah bimbel online asal Kanada yang berafiliasi dengan sekolah swasta Kanada, Southern Ontario Collegiate. 

Kanada adalah negara yang berpendidikan tinggi, beragam dan telah populer di kalangan siswa internasional selama bertahun-tahun. Oleh karena itu, bimbel ini berdiri untuk mempersiapkan siswa-siswa kelas 9-12 agar bisa diterima di berbagai universitas top di Kanada, AS, Inggris, dan banyak negara maju lainnya.

Gak hanya itu, SOC Online Academy juga membuka bimbel online untuk siswa internasional yang ingin berkuliah di Kanada dan Amerika. 

WONK

WONK adalah bimbel online asal India yang didirikan oleh Vidhu Goyal. Bimbel online ini tercatat sebagai aplikasi les online dengan pengguna terbesar di India. 

Selain bimbel online untuk siswa, WONK juga menyediakan layanan kursus gratis untuk tutor untuk meningkatkan keterampilan dan efektivitas mereka.

Guru-guru di WONK, juga berasal dari universitas ternama di India, memiliki kemampuan komunikasi yang baik dan keahlian dalam materi pelajaran. 

Sistem bimbel online di WONK menggunakan aplikasi online yang wajib di-download oleh para siswa. 

Dengan melihat perkembangan bimbel di luar negeri khususnya bimbel online yang memfokuskan persiapan masuk perguruan tinggi, lo bisa lihat bahwa orang di luar negeri juga menganggap ujian masuk universitas sebagai sesuatu yang harus disiapkan dengan matang.

Nah, karena tadi kita udah tau mengenai bimbel online di luar negeri, kali ini gue mau kasih tips dan trik memilih bimbel SBMPTN di dalam negeri. Tentunya dengan kualitas pengajar dan soal-soal terbaik. 

Tips dan Trik Memilih Bimbel Intensif SBMPTN Terbaik

Setelah gue menjabarkan bimbel-bimbel online di luar negeri di atas, bisa kita simpulkan kalo orang luar juga memandang les tambahan di luar sekolah sebagai hal yang penting. Apalagi kalau itu berurusan dengan tes masuk sekolah atau tes masuk perguruan tinggi. 

Di Indonesia, bimbel intensif SBMPTN khususnya bimbel online SBMPTN sudah cukup banyak. Sayangnya, gak semua bimbel intensif SBMPTN sudah memenuhi standar kualitas. Mulai dari kualitas guru, cara mengajar, materi pelajaran hingga soal dan pembahasan. 

Dari segi kepraktisan, bimbel intensif SBMPTN online memang memiliki keunggulan yang tidak dimiliki oleh bimbel offline. Kalo lo ikut bimbel intensif SBMPTN online, lo bisa belajar kapan aja dan di mana aja. Lo gak perlu repot-repot harus dateng ke kelas (ruang bimbel) atau menyesuaikan jadwal tutor. 

Tapi, lo tetep harus pinter-pinter dalam memilih bimbel intensif SBMPTN mana yang berkualitas dan bisa membantu lo diterima di universitas pilihan. 

Nah, di sini gue akan membagikan hal-hal yang harus dimiliki oleh bimbel terbaik untuk SBMPTN:

Punya Tutor yang Kompeten di Bidangnya

Yang pertama adalah lo harus mengecek kualitas guru atau tutor yang ada di bimbel SBMPTN tersebut. Lo harus memastikan bahwa tutor yang mengajar punya latar belakang yang mumpuni buat mengajarkan materi SBMPTN, bukan tutor abal-abal. 

Selain kemampuan secara materi, seorang tutor yang berkualitas adalah tutor yang memiliki kemampuan mengajar yang baik, sehingga setiap materi atau soal yang diajarkan bisa langsung lo mengerti. 

Punya Materi SBMPTN yang Lengkap dan Terbaru

Bimbel terbaik untuk SBMPTN adalah bimbel yang memiliki materi SBMPTN terlengkap dan terupdate.

Kenapa ini penting? Iya, soalnya materi SBMPTN dari tahun ke tahun memiliki kombinasi yang berbeda-beda. Kalo lo les di tempat bimbel SBMPTN yang update mengenai materi SBMPTN artinya lo juga bisa belajar materi terbaru lebih awal dan mempersiapkan menghadapi UTBK dengan lebih siap. 

Punya Program Soal-Soal Latihan SBMPTN (Try Out)

Hal penting lainnya dalam memilih bimbel intensif SBMPTN adalah melihat apakah tempat bimbel itu punya program untuk latihan soal-soal SBMPTN.

Latihan soal ini bisa berasal dari kumpulan soal-soal SBMPTN sebelumnya atau prediksi soal SBMPTN di tahun yang akan datang bisa juga disebut sebagai fitur try out UTBK SBMPTN. 

Nah, supaya lo bisa menaklukkan soal-soal UTBK SBMPTN 2022 mendatang lo harus banyak latihan soal-soal yang mirip. Dengan mengikuti try out UTBK SBMPTN akan membantu lo beradaptasi dengan soal-soal SBMPTN sebenarnya. 

Kalau lo hanya belajar tok tapi gak pernah latihan atau ikutan try out UTBK SBMPTN, lo akan kesulitan dalam meraih skor tinggi saat UTBK nanti. 

Soalnya, saat UTBK nanti lo gak bisa hanya mengandalkan pengetahuan materi. Tapi lo juga harus bisa mengatur waktu, karena waktu pengerjaan UTBK kan terbatas. Nah, hal-hal teknis kayak gini nih yang hanya bisa lo mengerti kalo sering mengikuti try out SBMPTN. 

Bimbel terbaik untuk SBMPTN adalah bimbel yang menjamin soal-soal try outnya berkualitas dan sudah menggunakan sistem perhitungan (skoring) sama dengan UTBK sesungguhnya adalah Zenius. 

Kalo mau tau lebih lanjut gimana cara ikutan try out bareng Zenius, lo bisa baca artikel ini ya: Yuk Try Out Online di Zenius, Makin Siap Kejar UTBK!

Sistem Penilaian Try Out yang Mirip dengan UTBK Asli

Selanjutnya, lo harus cek apakah tempat bimbel intensif SBMPTN itu punya sistem penilaian try out yang mirip dengan UTBK asli. 

Hal ini gak kalah penting, karena kalau sistem penilaiannya gak mirip sama UTBK yang asli, lo akan kesusahan mengukur sejauh mana lo sudah menguasai suatu materi atau sebaliknya. 

Ini juga akan jadi hambatan kalo lo punya target skor tertentu di UTBK SBMPTN 2022 mendatang. 

Misalnya, lo punya target skor untuk kelompok soal Tes Kemampuan Akademik (TKA) rata-rata 700. Kalo sistem perhitungan yang digunakan tempat bimbel intensif SBMPTN itu gak sesuai dengan UTBK sesungguhnya. 

Bisa jadi, saat mengikuti try out nilai rata-rata TKA lo sudah mencapai target tapi karena sistem penilaian yang salah akhirnya lo gak pernah mencapai target, atau sebaliknya. 

Bimbel Intensif SBMPTN Memberikan Jawaban dan Penjelasan Lengkap untuk Setiap Materi

Yang terakhir, bimbel terbaik untuk SBMPTN adalah bimbel yang selalu menyediakan jawaban dan penjelasan dari setiap materi dan soal try out. 

Ini akan menghindari lo dari kebingungan sendiri ya. Jangan pas udah dikasih contoh soal atau udah ikutan try out UTBK SBMPTN di tempat bimbel SBMPTN tersebut, tapi lo malah gak dikasih jawaban dan penjelasan yang detail. 

Masih inget kan di atas gue sempet mention bimbel online di ArborBridge dari Amerika yang memberikan penjelasan kepada murid-murid menggunakan video interaktif. 

Nah, cara ini juga digunakan oleh Zenius Education melalui fitur live class. Fitur live class yang tersedia di bimbel intensif SBMPTN dari Zenius bisa lo gunakan untuk memahami soal masuk perguruan tinggi dan bertanya langsung secara interaktif serta berdiskusi bareng tutor-tutor Zenius.

Kalo lo mau tau lebih lanjut mengenai fitur live class yang ada di bimbel intensif SBMPTN milik Zenius ini, lo bisa langsung cek di sini ya: Panduan Persiapan UTBK Terlengkap dari Zenius!

Cara Belajar SBMPTN Tanpa Bimbel, Sebenernya Bisa Gak Sih?

Nah, karena gue sebelumnya telah berpanjang lebar mengenai pentingnya mempersiapkan UTBK dengan bimbel intensif SBMPTN, mungkin, lo bertanya-tanya, emang gak bisa ya kalo belajar sendiri aja? 

Cara belajar SBMPTN tanpa bimbel, bisa gak sih? Atau, belajar otodidak aja deh, gak usah ikut bimbel intensif SBMPTN, gimana?

Jawabannya, bisa aja. Tapi, sebelum memutuskan untuk belajar mandiri. Lo harus tanya dulu sama diri lo sendiri. Apakah lo sanggup dan bisa konsisten belajar SBMPTN seorang diri?

Dan kalaupun lo sanggup dan konsisten, apakah lo bisa menjamin kalau materi yang lo pelajari udah tepat sasaran? Artinya materi yang lo pelajari bener-bener berbobot dan materinya akan keluar di SBMPTN mendatang. 

Nah, kalo lo masih ragu-ragu, artinya lo memang masih butuh bimbingan untuk belajar SBMPTN salah satunya dengan mengikuti bimbel intensif SBMPTN.

Tenang aja, ikut bimbel intensif SBMPTN bukan berarti lo adalah siswa yang kurang pintar kok. Justru dengan mengikuti bimbel, belajar lo akan lebih terarah dan lebih efektif. 

Bayangin, kalo belajar sendiri, lo seperti belajar tanpa arah. Cara belajar yang seperti ini malah akan membuat lo cepat lelah dan kehilangan semangat belajar. 

Belum lagi kalo ternyata materi yang dipelajari ngaco alias bukan materi yang diujikan di SBMPTN. Udah capek-capek belajar, eh materi yang keluar di soal beda jauh. 

Dengan ikut bimbel terbaik untuk SBMPTN, lo akan diarahkan untuk mempelajari materi-materi yang bisa jadi adalah kekurangan lo. 

Justru, dalam UTBK SBMPTN mata pelajaran semuanya harus bisa dikuasai. Kalo belajar sendiri, besar kemungkinan lo bakal memilih materi atau mata pelajaran yang lo sukai aja tanpa berusaha memecahkan masalah dari mata pelajaran yang kurang lo kuasai. 

Nah, kalo lo belum tau mengenai sistem skoring di SBMPTN terbaru, lo bisa langsung cek artikel ini, karena udah dibahas secara rinci: Informasi Lengkap UTBK SBMPTN, Cara Daftar dan Jadwal Belajar UTBK yang Efektif.

Sebagai tambahan nih, buat lo yang juga masih bingung mengenai cara dapet skor tinggi di SBMPTN bisa cek artikel keren dari Zenius ini tentang tips dan trik mendapatkan skor tertinggi di UTBK SBMPTN: Tips Lulus SBMPTN – Lakukan Ini Biar Dapat Skor Maksimal UTBK.

Okey, segitu dulu informasi dari gue mengenai pentingnya menyiapkan UTBK SBMPTN dan memilih bimbel terbaik untuk SBMPTN. Perlu lo ingat bahwa hasil yang baik datang karena persiapan yang baik pula. 

Kalo lo mau diterima di universitas impian artinya lo juga harus bersiap sebaik mungkin dengan tahap-tahapan yang benar dan konsisten, salah satunya dengan mengikuti bimbel intensif SBMPTN. 

Selain itu, lo juga bisa nonton tips dan trik lainnya mengenai UTBK SBMPTN, tentunya hanya di youtube channel Zenius ya:

Bagikan Artikel Ini!