cara belajar SBMPTN tanpa bimbel

Bisakah Belajar UTBK Tanpa Bimbel? Cek 5 Kriteria Ini!

Halo Sobat Zenius, apa kabarnya nih? Ketemu lagi sama gue Sabrina. Di artikel kali ini gue akan membantu elo mempersiapkan UTBK SBMPTN 2022, ditambah dengan tips cara belajar SBMPTN tanpa bimbel, supaya bisa mewujudkan impian elo keterima di universitas impian. 

Ngomongin cara belajar untuk SBMPTN, bisa dibilang elo harus punya persiapan yang matang dan pastinya strict dan tekun sama jadwal belajar elo.

Karena, UTBK SBMPTN ini adalah jenis ujian yang istimewa dengan tingkat kesulitan dan sistem penilaian yang berbeda dari ujian-ujian lain yang biasa elo temuin selama di sekolah. 

Selain itu gue juga akan memberikan informasi mengenai kekurangan dan kelebihan ketika elo memutuskan belajar SBMPTN tanpa bimbel. 

Oke, tanpa berlama-lama langsung aja baca artikel selengkapnya di bawah ini ya!

5 Cara Belajar SBMPTN Tanpa Bimbel

Buat elo yang mungkin bertanya-tanya gimana ya kalau mau belajar SBMPTN tanpa bimbel?

Nah, berikut ini udah gue rangkum 5 cara belajar SBMPTN tanpa bimbel yang pastinya bisa elo terapkan sambil belajar mandiri di rumah:

Perbanyak Baca Buku 

Cara belajar SBMPTN tanpa bimbel yang pertama adalah memperbanyak baca buku, terutama buku-buku terkait materi-materi UTBK SBMPTN. 

Elo bisa mulai membaca buku yang khusus membahas materi SBMPTN misalnya buku kumpulan materi dari tahun-tahun sebelumnya. 

Pastikan juga bahwa buku yang elo baca tidak hanya menyajikan materi namun juga contoh soal dan pembahasan yang lengkap dan mudah dimengerti. 

Tonton Video Pembahasan Tentang Materi yang Dipelajari 

Perkembangan teknologi membuat cara belajar SBMPTN tanpa bimbel menjadi lebih mudah. 

Elo bisa menonton video khusus terkait pembahasan materi yang tersebar luas di YouTube atau sosial media yang lain sebagai salah satu cara belajar SBMPTN tanpa bimbel. 

Tapi, sebelum mulai menonton pembahasan, pastikan bahwa narasumber (orang yang memberikan penjelasan) memiliki latar belakang yang cukup.

Misalnya seorang guru atau mentor yang sudah memiliki pengalaman di bidangnya.

Ini adalah langkah supaya informasi yang elo dapat dari video penjelasan adalah murni informasi yang valid dan benar. 

Buat Catatan Sendiri dari Setiap Materi yang Dipelajari

Dengan membuat catatan sendiri, elo akan semakin mudah menghafal dan mengingat materi yang telah dipelajari. 

Cara belajar SBMPTN tanpa bimbel yang satu ini juga akan mengasah ingatan elo terhadap materi-materi sebelumnya. 

Elo bisa mulai dengan catatan-catatan kecil, misalnya menulis rumus di sticky note kemudian menempelkannya di dinding kamar. 

Sebelum dan sesudah tidur, cobalah untuk membaca rumus tersebut agar tidak lupa. 

Lakukan Latihan Sendiri di Rumah 

Practice makes perfect, elo tidak akan tahu apakah elo benar-benar sudah paham suatu materi kalau belum pernah mengerjakan soal terkait materi tersebut. 

Jangan lupa untuk sering-sering latihan soal agar elo tahu sudah sejauh mana elo memahami dan belum memahami soal-soal SBMPTN itu.

Mempersiapkan dan Memelihara Lingkungan Belajar yang Nyaman

Mood adalah salah satu hal yang harus elo jaga supaya punya semangat dan serius belajar SBMPTN. 

Meskipun menggunakan cara belajar SBMPTN tanpa bimbel, elo harus bisa menciptakan lingkungan belajar yang nyaman untuk diri sendiri. 

Elo bisa coba belajar menggunakan musik atau bermonolog dengan diri sendiri. 

Bisakah Belajar SBMPTN Tanpa Bimbel?

Nah, karena gue sebelumnya telah berpanjang lebar mengenai cara belajar SBMPTN tanpa bimbel, mungkin, elo bertanya-tanya, emang bisa ya kalau belajar sendiri aja? apakah ada kekurangannya kalau dibanding belajar dengan bantuan tutor dari bimbel?

Jawabannya, tentu saja ada. 

Karena, sebelum memutuskan untuk belajar mandiri. Elo harus tanya dulu sama diri elo sendiri. Apakah elo sanggup dan bisa konsisten dengan cara belajar SBMPTN tanpa bimbel di atas?

Dan kalaupun elo sanggup dan konsisten, apakah elo bisa menjamin kalau materi yang elo pelajari udah tepat sasaran? Artinya materi yang elo pelajari bener-bener berbobot dan materinya akan keluar di SBMPTN mendatang. 

Nah, kalau elo masih ragu-ragu dalam menerapkan cara belajar SBMPTN tanpa bimbel, artinya elo memang masih butuh bimbingan untuk belajar SBMPTN salah satunya dengan mengikuti bimbel intensif SBMPTN.

Tenang aja, ikut bimbel intensif SBMPTN bukan berarti elo adalah siswa yang kurang pintar kok. Justru dengan mengikuti bimbel, belajar elo akan lebih terarah dan lebih efektif. 

Bayangin, kalau belajar sendiri dan cara belajar SBMPTN tanpa bimbel tidak efektif sehingga elo seperti belajar tanpa arah. Cara belajar yang seperti ini malah akan membuat elo cepat lelah dan kehilangan semangat belajar. 

Belum lagi kalau ternyata materi yang dipelajari ngaco alias bukan materi yang diujikan di SBMPTN. Udah capek-capek belajar, eh materi yang keluar di soal beda jauh. 

Dengan memilih bimbel terbaik untuk SBMPTN, elo akan diarahkan untuk mempelajari materi-materi yang bisa jadi adalah kekurangan elo. 

Justru, dalam UTBK SBMPTN mata pelajaran semuanya harus bisa dikuasai. Kalau belajar sendiri, besar kemungkinan elo bakal memilih materi atau mata pelajaran yang elo sukai aja tanpa berusaha memecahkan masalah dari mata pelajaran yang kurang elo kuasai. 

Tips dan Trik Memilih Bimbel Terbaik untuk SBMPTN 

Di Indonesia, bimbel intensif SBMPTN khususnya bimbel online SBMPTN sudah cukup banyak. Sayangnya, nggak semua bimbel intensif SBMPTN sudah memenuhi standar kualitas. Mulai dari kualitas guru, cara mengajar, materi pelajaran hingga soal dan pembahasan. 

Dari segi kepraktisan, bimbel intensif SBMPTN online memang memiliki keunggulan yang tidak dimiliki oleh bimbel offline. Kalau elo ikut bimbel intensif SBMPTN online, elo bisa belajar kapan aja dan di mana aja. Elo nggak perlu repot-repot harus dateng ke kelas (ruang bimbel) atau menyesuaikan jadwal tutor. 

Tapi, elo tetep harus pinter-pinter dalam memilih bimbel intensif SBMPTN mana yang berkualitas dan bisa membantu elo diterima di universitas pilihan. 

Nah, di sini gue akan membagikan hal-hal yang harus dimiliki oleh bimbel terbaik untuk SBMPTN.

Punya Tutor yang Kompeten di Bidangnya

Yang pertama adalah elo harus mengecek kualitas guru atau tutor yang ada di bimbel SBMPTN tersebut. Elo harus memastikan bahwa tutor yang mengajar punya latar belakang yang mumpuni buat mengajarkan materi SBMPTN, bukan tutor abal-abal. 

Selain kemampuan secara materi, seorang tutor yang berkualitas adalah tutor yang memiliki kemampuan mengajar yang baik, sehingga setiap materi atau soal yang diajarkan bisa langsung elo mengerti. 

Punya Materi SBMPTN yang Lengkap dan Terbaru

Bimbel terbaik untuk SBMPTN adalah bimbel yang memiliki materi SBMPTN terlengkap dan terupdate.

Kenapa ini penting? Iya, soalnya materi SBMPTN dari tahun ke tahun memiliki kombinasi yang berbeda-beda. Kalau elo les di tempat bimbel SBMPTN yang update mengenai materi SBMPTN artinya elo juga bisa belajar materi terbaru lebih awal dan mempersiapkan menghadapi UTBK dengan lebih siap. 

Punya Program Soal-Soal Latihan SBMPTN (Try Out)

Hal penting lainnya dalam memilih bimbel intensif SBMPTN adalah melihat apakah tempat bimbel itu punya program untuk latihan soal-soal SBMPTN.

Latihan soal ini bisa berasal dari kumpulan soal-soal SBMPTN sebelumnya atau prediksi soal SBMPTN di tahun yang akan datang bisa juga disebut sebagai fitur try out UTBK SBMPTN. 

Nah, supaya elo bisa menaklukkan soal-soal UTBK SBMPTN 2022 mendatang, elo harus banyak latihan soal-soal yang mirip. Dengan mengikuti try out UTBK SBMPTN akan membantu elo beradaptasi dengan soal-soal SBMPTN sebenarnya. 

Kalau hanya belajar tok tapi nggak pernah latihan atau ikutan try out UTBK SBMPTN, elo akan kesulitan dalam meraih skor tinggi saat UTBK nanti. 

Soalnya, saat UTBK nanti elo nggak bisa hanya mengandalkan pengetahuan materi. Tapi elo juga harus bisa mengatur waktu, karena waktu pengerjaan UTBK kan terbatas. Nah, hal-hal teknis kayak gini nih yang hanya bisa elo mengerti kalau sering mengikuti try out SBMPTN. 

Bimbel terbaik untuk SBMPTN adalah bimbel yang menjamin soal-soal try outnya berkualitas dan sudah menggunakan sistem perhitungan (skoring) sama dengan UTBK sesungguhnya adalah Zenius. 

Kalau mau tahu lebih lanjut gimana cara ikutan try out bareng Zenius, elo bisa baca artikel Yuk Try Out Online di Zenius, Makin Siap Kejar UTBK! ya.

Punya Sistem Penilaian Try Out yang Mirip dengan UTBK Asli

Selanjutnya, elo harus cek apakah tempat bimbel intensif SBMPTN itu punya sistem penilaian try out yang mirip dengan UTBK asli. 

Hal ini nggak kalah penting, karena kalau sistem penilaiannya nggak mirip sama UTBK yang asli, elo akan kesusahan mengukur sejauh mana elo sudah menguasai suatu materi atau sebaliknya. 

Ini juga akan jadi hambatan kalau elo punya target skor tertentu di UTBK SBMPTN 2022 mendatang. 

Misalnya, elo punya target skor untuk kelompok soal Tes Kemampuan Akademik (TKA) rata-rata 700. Kalau sistem perhitungan yang digunakan tempat bimbel intensif SBMPTN itu nggak sesuai dengan UTBK sesungguhnya, bisa jadi saat mengikuti try out nilai rata-rata TKA elo sudah mencapai target tapi karena sistem penilaian yang salah akhirnya elo nggak pernah mencapai target, atau sebaliknya. 

Bimbel Terbaik untuk SBMPTN Memberikan Jawaban dan Penjelasan Lengkap 

Yang terakhir, bimbel terbaik untuk SBMPTN adalah bimbel yang selalu menyediakan jawaban dan penjelasan dari setiap materi dan soal try out. 

Ini akan menghindari elo dari kebingungan sendiri ya. Jangan pas udah dikasih contoh soal atau udah ikutan try out UTBK SBMPTN di tempat bimbel SBMPTN tersebut, tapi elo malah nggak dikasih jawaban dan penjelasan yang detail. 

Salah satu bimbel online ternama di Amerika yaitu Arbor Bridge memberikan penjelasan kepada murid-murid menggunakan video interaktif. 

Nah, cara ini juga digunakan oleh Zenius Education melalui fitur live class. Fitur live class yang tersedia di bimbel intensif SBMPTN dari Zenius bisa elo gunakan untuk memahami soal masuk perguruan tinggi dan bertanya langsung secara interaktif serta berdiskusi bareng tutor-tutor Zenius.

Kalau mau tahu lebih lanjut gimana cara ikutan try out bareng Zenius, elo bisa baca artikel Yuk Try Out Online di Zenius, Makin Siap Kejar UTBK! ya.

Kalau elo mau tahu lebih lanjut mengenai fitur live class yang ada di bimbel intensif SBMPTN milik Zenius ini, elo bisa langsung cek di sini Panduan Persiapan UTBK Terlengkap dari Zenius! ya.

Nah, kalau elo belum tahu mengenai sistem skoring di SBMPTN terbaru, elo bisa langsung cek artikel ini, karena udah dibahas secara rinci di Informasi Lengkap UTBK SBMPTN, Cara Daftar dan Jadwal Belajar UTBK yang Efektif.

Sebagai tambahan nih, buat elo yang juga masih bingung mengenai cara dapet skor tinggi di SBMPTN bisa cek artikel keren dari Zenius ini tentang tips dan trik mendapatkan skor tertinggi di UTBK SBMPTN, Tips Lulus SBMPTN – Lakukan Ini Biar Dapat Skor Maksimal UTBK.

Okey, segitu dulu informasi dari gue mengenai cara belajar SBMPTN tanpa bimbel dan memilih bimbel terbaik untuk SBMPTN. Perlu elo ingat bahwa hasil yang baik datang karena persiapan yang baik pula. 

Kalau mau diterima di universitas impian artinya elo juga harus bersiap sebaik mungkin dengan tahap-tahapan yang benar dan konsisten, salah satunya dengan mengikuti bimbel intensif SBMPTN. 

Selain itu, elo juga bisa nonton tips dan trik lainnya mengenai UTBK SBMPTN, tentunya hanya di youtube channel Zenius, ya.

Originally published: December 2, 2021
Updated by: Sabrina Mulia Rhamadanty

Bagikan Artikel Ini!

Bagikan Artikel Ini!