Info Kuliah, Prospek Karier, dan Jurusan di FPIK UB UNBRAW

Info Kuliah, Prospek Karier, dan Jurusan di FPIK UB

Tertarik masuk FPIK UB? Yuk, cari tahu info lengkap terkait akreditasi, jalur masuk, gelar, hingga jurusan di Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan UNBRAW.

Sobat Zenius, elo suka kesel nggak sih, kalau melihat sungai atau laut yang kotor gitu? Jujur, gue sih suka kesel ya, kalau melihat perairan yang kotor. Apalagi, kalau main ke pantai gue udah ngarep bisa cuci mata, nih. Eh, taunya yang gue dapet malah sampah berserakan di pinggir pantai bahkan sampai ke lautnya juga!

Jadi gregetan dan mikir aja, sebenernya gimana cara membantu pemerintah dalam mengelola perairan Indonesia? Potensi perairan kita kan nggak main-main, nih. 

Sobat Zenius juga merasakan hal yang sama kayak gue, nggak?

Kalau iya, mungkin kuliah di Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan UB (FPIK UB atau FPIK UNBRAW) bisa menjadi pertimbangan elo, nih. Selain bisa ikut membantu pemerintah, prospek karier lulusan perikanan dan ilmu kelautan itu juga sangat luas, lho. Mengingat luas laut indonesia mencapai 70% persen dari total keseluruhan wilayah indonesia. 

Buat elo yang tertarik memilih salah satu jurusan di FPIK UB, simak artikel ini sampai tuntas!

Sejarah FPIK UB

Sebelum kita membahas tentang jurusan di FPIK UB, kita bahas sedikit sejarah FPIK UB. Jadi, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Brawijaya berawal dari Perguruan Tinggi Jurusan Perikanan Laut yang berdiri pada tanggal 20 Oktober 1962. 

Kemudian, sejak 25 Mei 1963, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Brawijaya menjadi salah satu jurusan yang ada di Fakultas Kedokteran Hewan dan Peternakan (FKHP) Universitas Brawijaya. 

Seiring berjalannya waktu dan banyaknya tambahan jurusan baru, akhirnya nama Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) diresmikan pada tahun 2008. Hingga saat ini, FPIK UB memiliki tiga macam jurusan dengan total enam program studi. Wih, lumayan banyak, ya! 

Setiap jurusan juga terbagi lagi ke beberapa program studi (prodi). Nih, gue kasih daftar lengkapnya. 

Kuis zenius kampus yang cocok buat lo
Klik banner di atas untuk cek kampus yang cocok buat elo!

1. Jurusan Manajemen Sumberdaya Perairan (MSP)

  • Prodi Manajemen Sumberdaya Perairan (MSP) 
  • Prodi Teknologi Hasil Perikanan (THP)
  • Prodi Budidaya Perairan (BP)

2. Jurusan Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan dan Kelautan (PSPK) 

  • Prodi Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan (PSP)
  • Prodi Ilmu Kelautan (IK)

3. Jurusan Sosial Ekonomi Perikanan dan Kelautan (SEPK) 

  • Prodi Agrobisnis Perikanan (AP)

Jurusan di FPIK UB

Jurusan S1 Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Brawijaya (FPIK UB)
Jurusan S1 Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Brawijaya (FPIK UB). (Arsip Zenius)

1. Prodi Manajemen Sumberdaya Perairan UB

Prodi pertama yang mau gue kenalin ke elo adalah Manajemen Sumberdaya Perairan. Kalau elo masuk ke prodi ini, elo akan belajar cara mengelola dan mengembangkan sumberdaya perairan seperti laut, air tawar, dan payau. 

Selain itu, elo juga akan belajar tentang ikan nih, seperti mempelajari cara menangkap ikan, jenis ikan, hingga jenis penyakit pada ikan. 

Terus gimana dengan prospek karier lulusan Manajemen Sumberdaya Perairan? Apakah menjanjikan?

Tenang aja, guys, kalau tentang lapangan pekerjaan sih, elo nggak perlu merasa khawatir. Sebab, Indonesia mempunyai wilayah perairan yang amat luas, sehingga lulusan manajemen sumberdaya perairan pasti akan banyak dicari.

Beberapa pilihan karier yang bisa elo pilih, yaitu staf ahli manajemen lingkungan, staf ahli pengelolaan limbah, pengajar, peneliti, wirausaha, dan masih banyak lagi.

2. Prodi Budidaya Perairan UB

Lanjut, ke prodi berikutnya, yaitu Budidaya Perairan. Dilihat dari nama jurusannya, elo pasti udah tahu dong apa yang akan dipelajari kalau memilih prodi ini?

Yap, di prodi Budidaya Perairan UB, elo akan mempelajari tentang budidaya hewan-hewan laut seperti lele, udang, cumi-cumi, dan lainnya. Selain itu, elo juga akan belajar cara menangkap ikan, baik di laut, sungai, atau danau. 

Untuk prospek kariernya pun ada banyak, lho. Elo bisa bekerja sebagai supervisor usaha budidaya perairan, peneliti, bahkan elo bisa juga menjadi wirausaha dengan membuka usaha tambak.

Nah, bagi elo yang punya hobi memelihara ikan, cocok banget nih, untuk masuk ke prodi yang satu ini.

3. Prodi Teknologi Hasil Perikanan UB

Kira-kira kalau masuk ke prodi Teknologi Hasil Perikanan bakal belajar apa aja, ya? Pasti elo penasaran, kan? Kalau masuk ke prodi ini, elo akan belajar cara mengolah hasil perikanan pascapanen, seperti teknik fermentasi.

Wih, fermentasi ikan yang kayak gimana, tuh? Produk hasil fermentasi ikan sebetulnya gampang banget elo temui, contohnya terasi, ikan peda, sampai kecap ikan.

Selain itu, elo juga akan belajar cara mengolah limbah hasil perikanan.

By the way, prospek karier Sarjana Teknologi Hasil Perikanan UB nggak main-main, lho. Soalnya, elo bisa bekerja di lembaga-lembaga pemerintahan seperti Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), dan Kementerian Perdagangan (Kemendag). 

Eittsss, nggak cuma itu aja, lho. Bagi elo yang lebih suka bekerja di perusahaan BUMN atau perbankan juga bisa, kok. Mau jadi wirausaha? Pastinya bisa juga, dong.

Baca Juga: Info Kuliah, Akreditasi, & Jurusan di Fakultas Pertanian IPB

4. Prodi Agrobisnis Perikanan UB

Kalau memilih masuk Prodi Agrobisnis Perikanan, maka elo akan belajar tentang cara mengelola serta mengembangkan bisnis perikanan. Bagi elo yang suka dengan ekonomi dan bisnis, prodi ini bisa elo pertimbangkan, nih.

Nah, untuk peluang kerjanya sudah pasti sangat banyak, dong. Apalagi Indonesia mempunya laut yang sangat luas sehingga bisnis perikanan pasti akan selalu berkembang. Jadi, nggak heran kalau Sarjana Agrobisnis Perikanan pun pasti akan banyak dicari.

Beberapa bidang pekerjaan yang bisa elo pilih, antara lain wirausaha, peneliti, konsultan, Aparatur Sipil Negara (ASN), pegawai bank, dan pegawai perusahaan perikanan.

5. Prodi Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan UB

Di Prodi Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan, elo akan belajar cara mengelola, memanfaatkan, serta memelihara sumberdaya perikanan. Selama kuliah di prodi ini, elo akan ketemu beberapa mata kuliah: 

  • Metode Penangkapan Ikan
  • Kepelautan
  • Eksplorasi Penangkapan Ikan
  • Kebijakan Perikanan Tangkap. 

Nah, kalau udah lulus nanti elo bisa bekerja sebagai peneliti, trainer untuk bisnis tambak, wirausaha, atau pembuat kebijakan dalam bidang perikanan. 

6. Prodi Ilmu Kelautan UB

Sesuai dengan nama jurusannya, kalau masuk ke Prodi Ilmu Kelautan UB udah pasti elo akan belajar tentang laut. Mulai dari belajar memecahkan permasalahan, pengembangan, hingga penelitian di bidang kelautan. Adapun ada beberapa mata kuliah Ilmu Kelautan UB yang akan elo temui kalau udah keterima nanti: 

  • Mikrobiologi Laut
  • Dinamika Ekosistem Laut
  • Geologi Laut
  • Pemetaan Sumber Daya Hayati (SDH) Laut
  • Hukum dan Peraturan Kelautan dan Perikanan

Prospek kerja Ilmu Kelautan UB juga sangat luas, lho. Elo bisa berkarier sebagai pengajar, ahli konservasi, peneliti, instansi pemerintah, TNI, dan masih banyak lagi deh pokoknya.

Daya Tampung FPIK UB

Gimana nih, setelah melihat prodi yang gue sebutin di atas? Ternyata kuliah di bidang perikanan dan ilmu kelautan semenarik itu, ya. Bahkan, lapangan pekerjaannya pun kayak ngasih elo kesempatan buat mencoba banyak hal baru. 

Nah, setelah elo memilih jurusan yang diinginkan, elo perlu mencari tahu peluang untuk lulus di prodi tersebut dengan melihat daya tampungnya. 

Cusss, langsung cek daya tampung FPIK UNBRAW jalur UTBK SBMPTN melalui gambar di bawah ini!

Daya tampung 2022 Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Brawijaya (FPIK UB)
Daya tampung 2022 Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Brawijaya (FPIK UB). (Arsip Zenius)

Baca Juga: UTBK Fest Campus Festival: UI, UNBRAW, dan UPI

Akreditasi Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan UB

Jurusan udah dibahas, daya tampung juga udah dibahas, gimana kalau sekarang kita bahas tentang akreditasi Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan UB? 

Pasti elo penasaran kan, dengan akreditasi FPIK UB. So, biar nggak penasaran lagi, elo bisa lihat gambar di bawah ini, ya.

Akreditasi Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Brawijaya (FPIK UB)
Akreditasi Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Brawijaya (FPIK UB). (Arsip Zenius)

Terus bagaimana cara masuk ke Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan UB? Nah, FPIK UB menyediakan 3 jalur penerimaan mahasiswa baru, yaitu jalur masuk SNMPTN (jalur undangan), UTBK SBMPTN (ujian tertulis), dan Seleksi Mandiri UB (Selma UB)

Untuk passing grade Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan UB, gue belum bisa kasih tahu, nih. Soalnya, passing grade itu merupakan data yang bersifat rahasia. Jadi, hanya pihak penyelenggara ujian saja yang tahu.

Tapi tenang aja, elo masih bisa cari tahu lebih jelas soal passing grade dengan membaca artikel Cara Menghitung Skor UTBK dengan Zenius Rasionalisasi ini, ya. 

Gelar dari Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan UB

Gelar dari Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Brawijaya (FPIK UB)
Gelar dari Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Brawijaya (FPIK UB). (Arsip Zenius)

Setelah lulus dari FPIK UB/UNBRAW, gelar apa ya, yang bakal didapat? 

Nah, gelar sarjana yang akan elo dapat itu berbeda-beda, nih, tergantung prodi yang elo pilih.

  • Gelar Sarjana Perikanan (S.Pi.) untuk lulusan Prodi Manajemen Sumberdaya Perairan
  • Gelar Sarjana Perikanan (S.Pi.) untuk Prodi Teknologi Hasil Perikanan
  • Gelar Sarjana Perikanan (S.Pi.) untuk Prodi Budidaya Perairan
  • Gelar Sarjana Perikanan (S.Pi.) untuk Prodi Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan
  • Gelar Sarjana Kelautan (S.Kel.) untuk Prodi Ilmu Kelautan 
  • Gelar Sarjana Perikanan (S.Pi.) untuk Prodi Agrobisnis Perikanan

Baca Juga: Informasi Kuliah FK UB (Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya)

Well, sekian dulu ya, informasi tentang Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan UB yang bisa gue sampaikan. Semoga setelah membaca tulisan ini, elo nggak galau lagi ya, untuk memilih jurusan yang tepat.

Dan buat elo yang lagi berjuang menaklukkan UTBK, gue ucapkan selamat berjuang, ya! Semoga pas pengumuman nanti, elo bisa dapat ucapan selamat. 

Nah, buat elo yang lagi ikutan UTBK 2022 gelombang 1, semangat berjuang! 

Elo bisa kapanpun tonton playlist belajar UTBK yang Zenius siapin. Klik aja link di bawah ini, ya!

Persiapan UTBK: Materi Ujian, Latihan Soal, Try Out, dan Live Class

Nah, supaya bisa diterima di kampus impian, masih banyak kesempatan lain selain UTBK. Makanya, penting banget buat melatih kemampuan elo mengerjakan berbagai variasi soal ujian. 

Selai itu, lo bisa ikut Zenius Ultima Bootcamp untuk memantapkan persiapan elo. Untuk info selengkapnya bisa klik banner di bawah ini, ya! 

zenius ultima boot camp um

Referensi:

Seleksi Masuk Universitas Brawijaya – selma.ub.ac.id

Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan – fpik.ub.ac.id

Bagikan Artikel Ini!