Jurusan Ilmu Hukum - Belajar Apa Aja Sih

Jurusan Ilmu Hukum – Belajar Apa Aja Sih?

Artikel ini membahas tentang Jurusan Ilmu Hukum seperti peminatan di Jurusan Hukum sampai dengan prospek kerja lulusan hukum.

Kali ini gue mau bahas salah satu jurusan yang gak asing lagi pastinya buat elo semua. Gue mau bahas Jurusan Ilmu Hukum yang biasanya ada di Fakultas Hukum.

Buat yang belum tahu, di Fakultas Hukum seringnya cuma ada Jurusan Ilmu Hukum. Kenapa gue bilang seringnya? Karena ada kampus yang Fakultas Hukumnya (FH) ga cuma ada Jurusan Hukum aja. Hal ini gue temui di kampus gue dulu (UNS) yang waktu itu ngebuka Jurusan D4 Demografi dan Pencatatan Sipil di FH UNS. 

Jadi, gue mau bahas nih, sebenarnya Ilmu Hukum itu belajar apa saja sih?

Kalo menurut elo, lulusan hukum itu prospek kerjanya apa saja sob? Dulu gue pahamnya ya kalau elo kuliah ilmu hukum setelah lulus ya jadi pengacara. Pandangan gue baru terpatahkan saat mulai kuliah dan kenal sama anak-anak FH. Dari mereka akhirnya gue tahu kalau ga semua orang yang belajar di FH nantinya akan jadi pengacara.

Belajar di Ilmu Hukum ternyata juga ga selalu ngomongin pasal-pasal atau undang-undang aja loh guys. Nah, makanya nih sebaiknya elo baca artikel ini secara saksama biar elo jadi ada gambaran di FH tuh belajar apa aja dan lulusnya bisa jadi apa.

Apa itu Jurusan Ilmu Hukum?

Apa itu Jurusan Ilmu Hukum
Apa itu Jurusan Ilmu Hukum (Arsip Zenius)

Jurusan Ilmu Hukum adalah sebuah studi yang di dalamnya mempelajari berbagai sistem hukum yang berkaitan dengan kehidupan bermasyarakat. Di Jurusan Ilmu Hukum elo akan belajar tentang perundang-undangan. Elo juga akan belajar tentang hukum dasar seperti konstitusi, hukum dagang, hukum perdata, hukum tata negara, hukum pidana, hukum tata pidana, hingga hukum internasional dengan lingkup yang cukup luas. 

Lulusan Ilmu Hukum diharapkan dapat menguasai dengan baik dan benar tentang hukum dan sistem di Indonesia, peka terhadap permasalahan sosial, bisa menerapkan ilmu yang dipelajari untuk menyelesaikan masalah hukum dan berpihak kepada kebenaran.

Apa yang Dipelajari di Fakultas Hukum?

mata kuliah ilmu hukum
Ada beragam mata kuliah yang diajarkan di Ilmu Hukum (Credit Image by freepik.com).

Sama seperti jurusan lain, di awal semester di Ilmu Hukum, elo bakal ketemu sama beberapa mata kuliah seperti Pengantar Ilmu Hukum. . Selain itu juga ada mata kuliah lain kayak ilmu perundang-undangan, hukum pemerintahan daerah, dan yang lainnya. 

Oiya, selama kuliah di hukum elo mungkin bakal sering denger istilah-istilah atau adagium dalam bahasa asing kayak Ubi Societas ibi Justicia (di mana ada masyarakat dan kehidupan, di situ ada hukum), Fiat justicia ruat caelum (Keadilan harus ditegakkan, meskipun langit akan runtuh), Pacta sund servanda (Setiap perjanjian itu mengingat para pihak dan harus ditaati dengan itikad baik pula), dan banyak lagi.

Mata Kuliah Jurusan Ilmu Hukum
Mata Kuliah Jurusan Ilmu Hukum (Arsip Zenius)

Adagium-adagium tersebut telah diucapkan jauh sekali di masa lampau. Meski sudah lama sekali diucapkan, adagium itu ternyata masih dijadikan acuan dalam membuat aturan sampai saat ini loh. Untuk lebih lengkapnya elo bisa lihat daftar matkul untuk Jurusan Ilmu Hukum di bawah ini.

Materi Kuliah Hukum

Mata Kuliah Ilmu Hukum Semester 1

  • PIH (Pengantar Ilmu Hukum)
  • PHI (Pengantar Hukum Indonesia)
  • Ilmu Negara
  • Pancasila
  • Kewarganegaraan
  • Bahasa Indonesia 
  • Bahasa Inggris

Mata Kuliah Ilmu Hukum Semester 2

  • Hukum Pidana
  • Hukum Perdata
  • Hukum International
  • HAN
  • HTN
  • Hukum Islam
  • Hukum Adat

Mata Kuliah Ilmu Hukum Semester 3

  • Hukum Acara Pidana
  • Hukum Acara Perdata
  • Hukum Dagang
  • Hukum Pemerintah Daerah
  • Tindak Pidana Dalam KUHP
  • Hukum Waris Islam
  • Hukum Perjanjian International
  • Hukum Acara Peradilan Tata Usaha Negara

Mata Kuliah Ilmu Hukum Semester 4

  • Hukum Pidana Khusus
  • Hukum Administrasi Daerah
  • Hukum Agraria
  • Ilmu Perundang-Undangan
  • Hukum Laut International
  • Hukum Lingkungan
  • Hukum Perdata International 
  • Hukum Pajak
  • Hk. Acara Peradilan Konstitusi

Mata Kuliah Ilmu Hukum Semester 5

  • Hukum Perburuhan 
  • Hukum HAM
  • Hukum Perjanjian dan Jaminan
  • Sosiologi Hukum
  • Antropologi Hukum
  • Etika Profesi Hukum
  • Logika dan Penalaran Hukum

Mata Kuliah Ilmu Hukum Semester 6

  • Pengantar Filsafat Hukum
  • Praktik Peradilan Perdata

Peminatan Jurusan Hukum

Prospek Kerja Lulusan Ilmu Hukum
Prospek Kerja Lulusan Ilmu Hukum (Arsip Zenius)

Selain belajar mata kuliah kayak yang gue sebutin di atas, elo juga bisa milih konsentrasi jurusan juga nantinya. Jadi, elo bisa milih nih mau fokus belajar soal hukum apa. Nah, ternyata nih gaes, ada banyak banget peminatan di jurusan hukum yang bisa elo pilih.

Berikut adalah beberapa peminatan yang bisa elo pilih saat berkuliah di Jurusan Ilmu Hukum. Tiap kampus biasanya punya peminatan yang beda-beda. Nah, di sini gue kasih beberapa pilihan buat gambaran aja:

Hukum Pidana

Pertama, cabang hukum yang paling terkenal nih Hukum Pidana. Di cabang hukum ini, kita mempelajari semua aturan yang menentukan apa aja sih tindakan yang termasuk dalam tindak pidana serta hukum apa yang dapat dikenakan pada pelaku tindak pidana.

Hukum Perdata

Selanjutnya, yang ga kalah eksis, ada Hukum Perdata. Cabang hukum ini mengatur kepentingan perorangan dan hubungan antara subjek hukum. Subjek hukum ada apa aja sih? Subjek hukum itu terdiri dari perorangan/individu dan badan hukum (perusahaan, organisasi, institusi, dll)

Hukum Acara

Cabang hukum ini juga dikenal sebagai hukum prosedur atau peraturan keadilan. Hukum Acara berisi tentang rangkaian aturan yang mengikat dan mengatur tata cara dijalankannya persidangan pidana, perdata, serta tata usaha negara.

Hukum dan Masyarakat

Di UNS ada cabang hukum Hukum dan Masyarakat nih. Mungkin sangat awam untuk sebagian orang. Dalam cabang hukum ini, kemudian terpecah-pecah lagi seperti Hukum Adat, Hukum Islam, dan lain-lain. Hukum Adat, elo akan belajar mengenai hukum-hukum yang berlaku di suatu masyarakat. Buat yang belum tahu nih. Hukum adat tuh diakui loh sama konstitusi negara kita.

Hukum Tata Negara/HTN

Cabang hukum HTN mempelajari tentang peran, bentuk, dan struktur hukum yang mendefinisikan hubungan antara berbagai lembaga di dalam suatu negara. Contohnya di Indonesia, kita punya 3 cabang kekuasaan pemerintah nih, antara lain Eksekutif, Legislatif, dan Yudikatif.

Hukum Administrasi Negara

Cabang Hukum Administrasi Negara atau biasa disebut HAN sebenernya bisa dibilang anak atau pecahan dari Hukum Tata Negara, sesuai dengan namanya, kita tuh akan belajar tentang aturan/regulasi mengenai tindakan, keputusan, dan kegiatan yang dilakukan lembaga-lembaga pemerintahan dalam menyelenggarakan suatu negara.

Hukum Internasional

Yang terakhir ada hukum Internasional. Hukum internasional itu membahas mengenai keseluruhan kaidah dan asas hukum yang mengatur hubungan atau persoalan yang melintasi batas negara. Hubungan antar negara sendiri bisa berupa hubungan politik, ekonomi, kesehatan, dll.

Peluang Karier Lulusan Ilmu Hukum 

Peluang karir yang dimiliki seorang lulusan Hukum tuh luas banget loh. Dalam sebuah perusahaan, umumnya ada tim legal atau tim hukumnya. Kenapa gitu? Salah satunya buat bantu ngurus yang namanya perjanjian kerja sama. 

Oke, berikut adalah beberapa contoh profesi yang bisa dimasuki oleh seorang lulusan hukum. Gue ingetin ya, ini hanya sebagian kecil banget karena saking luasnya ada banyak sekali dan ga mungkin gue cantumin semuanya di sini. So, gue saranin elo eksplore sendiri aja ya biar makin tahu. Ini cuma buat gambaran aja.

Pengacara atau Lawyer 

Mungkin ini adalah pandangan karir paling umum tentang seseorang yang lulus dari Ilmu Hukum. Pandangan gue juga sih waktu belum tahu. Nah, selain tau nama profesinya, elo tau gak sih sebenarnya kerjaan seorang pengacara tuh ngapain aja?

Gue mau ngasih tahu dulu ke elo, tugas pengacara tuh bukan buat memenangkan kliennya di pengadilan. Tugas seorang lawyer adalah memberikan pendampingan hukum supaya seorang klien atau orang yang menggunakan jasa lawyer bisa mendapatkan hak-haknya selama menjalani proses hukum.

Untuk bisa jadi seorang lawyer, elo perlu menjalani beberapa proses loh setelah lulus dari Ilmu Hukum dan menyandang gelar Sarjana Hukum. Setelah lulus kuliah, elo perlu ikutan Pendidikan Khusus Profesi Advokat yang diselenggarakan sama Perhimpunan Advokat Indonesia (PERADI).

Setelah lulus PKPA, elo perlu menjalani magang di kantor advokat atau yang biasa disebut lawfirm selama 2 tahun. Baru deh setelahnya elo akan disumpah di Pengadilan Tinggi. Kalau udah, barulah elo sah menjadi seorang lawyer.

Jaksa 

Mungkin beberapa dari elo masih asing sama profesi ini. Jaksa adalah seseorang yang tugasnya menyampaikan dakwaan atau tuduhan pada saat proses pengadilan terhadap orang yang diduga melanggar hukum. Profesi ini cuma bisa dimasuki sama lulusan hukum loh btw. 

Notaris 

Pernah gak sih elo lagi di jalan terus ketemu sama papan bertuliskan Notaris & PPAT? Tau gak sih itu maksudnya apa? 

Mengacu pada UU Nomor 30 tahun 2004, Notaris adalah pejabat umum yang berwenang untuk membuat akta otentik dan kewenangan lainnya seperti membuat akta otentik yang berkaitan dengan perbuatan, perjanjian, dan ketetapan yang diharuskan oleh peraturan perundang-undangan dan/ atau yang dikehendaki oleh yang berkepentingan untuk dinyatakan dalam akta otentik.

Untuk bisa menjadi seorang notaris, elo harus lulus dari S1 Ilmu Hukum dan lulus dari S2 Kenotariatan. Eits ga cukup di situ aja. Elo juga harus menjalani magang setidaknya selama 12 bulan di kantor notaris. Oiya, ada usia minimalnya juga loh. Setidaknya elo udah harus berusia 27 tahun. Syarat-syaratnya ada di UU Nomor 30 tahun 2004.

Keberadaan tim legal di sebuah perusahaan sebenarnya dibalikin lagi ke kebijakan si perusahaan tadi. Ada yang tugasnya sebatas menangani perjanjian kerja sama sampai ada juga yang bertugas buat menangani permasalahan hukum baik pidana maupun perdata.

Selain itu, tim legal juga bertugas buat melakukan penyesuaian terhadap aturan baru yang dikeluarin sama pemerintah nih gaes. Jadi kan sebuah perusahaan tuh dalam bekerja ada aturan yang mesti ditaati. Ketika pemerintah membuat kebijakan baru, di situlah tim legal nantinya yang bertugas untuk melakukan penyesuaian. 

Segitu aja sih yang mau gue bagiin ke elo kali ini terkait sama jurusan Ilmu Hukum. Jurusan hukum bisa elo temui di banyak banget kampus btw. Jadi kalau emang elo minat sama jurusan ini, elo punya banyak banget pilihan mulai dari UI, UGM, sampai UNS dan juga kampus-kampus lainnya.

Universitas dengan Fakultas Hukum terbaik di Indonesia 2022

universitas dengan jurusan ilmu hukum terbaik di indonesia
Ada banyak universitas dengan jurusan hukum dengan akreditasi A di Indonesia, salah satunya UI (Credit Image by ui.ac.id)

Nah, sekarang kita sudah tahu kalau jurusan Hukum, tuh, prospek kerjanya juga luas, lho! Setelah membaca hal tersebut, mungkin Sobat Zenius tertarik untuk mengambil jurusan Hukum saat hendak masuk perkuliahan nanti.

Sebelum itu, gue mau memberikan beberapa daftar universitas yang bisa jadi opsi elo nanti. Kampus di bawah ini memiliki jurusan Hukum dengan akreditasi A, lo!

Universitas Negeri Jurusan Hukum Terbaik di Indonesia

Universitas Negeri Jurusan Hukum Terbaik di Indonesia
Universitas Negeri Jurusan Hukum Terbaik di Indonesia (Arsip Zenius)
  • Universitas Diponegoro
  • Universitas Padjadjaran
  • Universitas Brawijaya
  • Universitas Gadjah Mada
  • Universitas Indonesia
  • Universitas Sriwijaya
  • Universitas Udayana
  • Universitas Sebelas Maret

Universitas Swasta Jurusan Hukum Terbaik di Indonesia

Universitas Swasta Jurusan Hukum Terbaik di Indonesia
Universitas Swasta Jurusan Hukum Terbaik di Indonesia (Arsip Zenius)
  • Universitas Muhammadiyah Malang
  • Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
  • Universitas Islam Indonesia
  • Universitas Bina Nusantara
  • Universitas Surabaya
  • Universitas Muslim Indonesia
  • Universitas Tarumanegara
  • Universitas Katolik Parahyangan

Kalau elo masih bingung buat nentuin mau kuliah jurusan arsitektur di mana, Zenius bakal bantu elo buat cari tahu kampus mana yang cocok berdasarkan kepribadian lo. Yuk langsung aja coba kuis di bawah ini!

Jurusan Ilmu Hukum - Belajar Apa Aja Sih? 17

Kenapa Sih, Harus Mengenal Jurusan?

Mungkin bisa dibilang ibarat membeli kucing dalam karung sih kalau elo daftar jurusan tanpa mengenalnya terlebih dahulu. Waktu gue awal kuliah dulu, banyak teman gue yang merasa salah jurusan. Salah satu alasannya adalah mereka tuh ga tau di jurusan yang mereka udah diterima itu akan belajar apa dan mau jadi apa setelahnya. 

Baca Juga: Tips Memilih Jurusan Kuliah 

Kejadian tersebut akhirnya bikin gue selalu wanti-wanti junior gue dan sekarang ke kalian buat lebih memperhatikan jurusan yang mau kalian masuki. Nah, jurusan hukum udah terkenal dan pastinya ga asing di telinga elo, tapi sejauh mana nih elo udah kenalan sama jurusan yang terkenal mahasiswanya rapi-rapi ini? Hehe, that’s why gue pengen kenalin ke elo. 

Pertanyaan dan Info Tentang Jurusan Hukum

Berikut ini adalah beberapa pertanyaan dan info tentang Jurusan Hukum yang perlu elo tau!

Apakah jurusan hukum ada matematika?

Di jurusan hukum elo bakal tetap ketemu matematika ya sob, Jurusan Ilmu Hukum tetap ada pelajaran hitung-hitungannya. elo akan belajar tentang hukum waris, hukum jual beli, sampai pembagian harta gono-gini.

Apa Bedanya Jurusan Ilmu Hukum dan Hukum?

Jurusan Ilmu hukum dan hukum sama saja, hanya berbeda di penyebutan nama di setiap kampusnya. Pada umumnya kata “hukum” diperuntukan untuk nama fakultas seperti Fakultas Hukum di UB. Sedangkan kata “ilmu hukum” biasanya digunakan untuk nama prodi atau jurusan.

Berapa gaji lulusan S1 hukum?

Gaji rata-rata untuk lulusan Ilmu Hukum bervariasi, pada umumnya di mulai di kisaran 4.000.000. Tetapi kembali lagi, untuk besaran gaji tersebut sangat bergantung pada kemampuan, area tempat bekerja, dan pengalam yang dimiliki.

Mata Pelajaran yang Harus Dikuasai untuk Masuk Fakultas Hukum

Berikut ini beberapa subjek atau mata pelajaran dan keahlian yang elo butuhkan supaya elo bisa menguasai ilmu hukum di perkuliahan nantinya: 

  • Mata Pelajaran Ilmu Sosial (ekonomi, sejarah, politik, hingga kewarganegaraan)
  • Mata Pelajaran Sains

Ilmu ini akan berguna agar elo dapat mengembangkan keterampilan dalam memahami berbagai bukti dalam setiap kasus.

Elo akan menggunakannya untuk menyelidiki kasus dan menghubungkan setiap bukti yang ada menjadi sebuah kesimpulan yang masuk akal.

  • Matematika

Terkadang elo juga harus menganalisis sejumlah data numerik yang kompleks seperti statistika, hingga laporan keuangan. Oleh karena itu, mata pelajaran ini harus banget elo kuasi juga sob.

Sekian pembahasan gue terkait Jurusan Ilmu Hukum. Nah, apakah elo tertarik untuk masuk jurusan Ilmu Hukum? Kalo iya elo kudu mulai start belajar buat persiapan SNBT mulai dari sekarang!

Gue juga mau ngasih tahu salah satu paket belajar di Zenius yang pas buat nemenin elo buat belajar meraih kampus impian, nama paketnya adalah Zenius Aktiva Sekolah!

Lewat paket belajar tersebut elo akan dapat akses ribuan materi belajar, live class dengan tutor-tutor Zenius, serta akses ke banyak banget soal dan pembahasannya. Segera klik banner di bawah, ya!

Jurusan Ilmu Hukum - Belajar Apa Aja Sih? 18

Baca Juga Artikel tentang Jurusan Lainnya

Jurusan Ilmu Komunikasi

Jurusan Filsafat

Originally Published: Saad Fajrul (31 Juli 2020)

Updated by: Adjie Sumantri (08 November 2022)

Bagikan Artikel Ini!