urutan lapisan atmosfer dan penjelasannya zenius education

Urutan Lapisan Atmosfer dan Pengertiannya! – Materi Geografi Kelas 10

Sobat Zenius pasti tahu hujan meteor, kan? Terus, elo juga pasti pernah dong, lihat pesawat yang lagi terbang di udara? Nah, pertanyaanya apakah kedua benda tersebut berada di lapisan atmosfer yang sama? Pasalnya, atmosfer sendiri terdiri dari beberapa lapisan yang memiliki cirinya masing-masing. Nah, kira-kira ada berapa banyak ya, jumlah lapisan atmosfer? Yuk, kita cari tahu sama-sama!

Lapisan-Lapisan Atmosfer

Apa yang dimaksud dengan lapisan atmosfer? 

Jadi, lapisan atmosfer merupakan lapisan udara yang menyelubungi Bumi. Dengan adanya atmosfer inilah suhu Bumi menjadi tetap stabil sehingga elo jadi nyaman tinggal di Bumi. 

Lantas, apa yang terjadi jika lapisan atmosfer tersebut hilang? 

Seperti yang kita ketahui, atmosfer memiliki fungsi melindungi Bumi sehingga apabila atmosfer tidak ada maka meteor akan langsung menghantam Bumi dan radiasi sinar UV juga akan bebas masuk ke Bumi tanpa penghalang. 

Urutan lapisan atmosfer dari yang paling dekat dengan Bumi adalah troposfer, stratosfer, mesosfer, termosfer, hingga eksosfer. Yuk, kita bahas satu per satu!

urutan lapisan atmosfer
Lapisan Atmosfer (Dok. Wikimedia Commons)

Baca Juga: Jenis-Jenis Tanah di Indonesia dan Persebarannya – Materi Geografi Kelas 10

1. Troposfer

Troposfer merupakan lapisan udara yang terletak pada ketinggian 0-10 km di atas permukaan Bumi. Pada lapisan inilah tempat manusia tinggal. Lalu, ciri-ciri dari troposfer yaitu merupakan satu-satunya lapisan yang mengandung air sehingga menyebabkan pembentukan cuaca.

2. Stratosfer

urutan fungsi lapisan stratosfer
Pesawat umumnya terbang di lapisan stratosfer karena pergerakan udara yang cenderung tenang (Dok. Freepik).

Stratosfer merupakan lapisan udara yang terletak pada ketinggian 10-30 km di atas permukaan Bumi. Ciri-ciri lapisan stratosfer yakni pergerakan udaranya cenderung tenang sehingga banyak pesawat yang terbang di lapisan ini, guys! 

Selain itu, pada lapisan ini terdapat ozon yang berfungsi untuk melindungi Bumi dari radiasi sinar UV. Seperti yang kita tahu, sinar UV sendiri sangat berbahaya bagi kesehatan kulit. 

3. Mesosfer

urutan fungsi lapisan atmosfer
Lapisan mesosfer adalah tempat erjadinya pembakaran meteor (Dok. Freepik).

Mesosfer merupakan lapisan atmosfer yang terletak di ketinggian 30-50 km di atas permukaan bumi. Pada lapisan mesosfer inilah tempat terjadinya pembakaran meteor, guys! Batas atas mesosfer disebut sebagai mesopause. 

4. Termosfer

Termosfer merupakan lapisan atmosfer yang terletak di ketinggian 50-400 km di atas permukaan Bumi. Ciri-ciri lapisan termosfer yaitu suhunya semakin meningkat seiring dengan ketinggiannya. Selain itu, lapisan termosfer ini juga mempunyai sifat memantulkan gelombang radio. 

5. Eksosfer

Eksosfer merupakan lapisan atmosfer paling luar yang terletak di ketinggian lebih dari 400 m di atas permukaan bumi. Pada lapisan ini terdapat butiran-butiran gas yang meloloskan diri ke luar angkasa.

cta banner donwload apps zenius

Download Aplikasi Zenius

Tingkatin hasil belajar lewat kumpulan video materi dan ribuan contoh soal di Zenius. Maksimalin persiapanmu sekarang juga!

download aplikasi zenius play store
download aplikasi zenius app store
download aplikasi zenius app gallery

Baca Juga: Pengertian Tektonisme, Proses, dan Dampaknya – Materi Geografi Kelas 10

Contoh Soal Lapisan Atmosfer

  1. Lapisan ozon yang ditemukan di stratosfer memiliki peran yang penting pada kehidupan di Bumi dengan mengurangi radiasi ultraviolet yang masuk. Tanpa lapisan ozon kemungkinan besar yang terjadi adalah ….

A. Pemanasan global

B. Maraknya penyakit kulit terjadi pada manusia

C. Berkurangnya pasokan oksigen di udara

D. Hujan asam

E. Gelombang panas

Jawaban: 

Lapisan ozon berperan sebagai penghalang radiasi ultraviolet masuk ke permukaan bumi. Tanpa lapisan ozon, radiasi UV bebas masuk ke permukaan bumi dan akan menyerang lapisan kulit yang berakibat pada berbagai jenis penyakit kulit di manusia. Maka jawaban yang tepat adalah B. Maraknya penyakit kulit terjadi pada manusia

Baca Juga: Pengertian Erosi, Faktor, dan Prosesnya – Materi Geografi Kelas 10

Finally, selesai juga nih materi kita hari ini. So, gimana guys, kalian pasti sudah paham dong tentang lapisan-lapisan atmosfer? Nah, kalau elo mau mendalami lagi materi ini, elo bisa langsung kunjungi Zenius atau klik banner di bawah ini, ya!

Urutan Lapisan Atmosfer
Bagikan Artikel Ini!