Manfaat Kelas Online - Zenius Education

Manfaat Kelas Online Gak Cuma Sekedar Memudahkan Proses Belajar Loh!

Kelas online secara daring kini mau tidak mau menjadi di salah satu aktivitas wajib untuk pendidikan di Indonesia khususnya selama masa pandemi. Anak-anak diminta untuk tetap belajar dari rumah bersama orang tua dengan mengerjakan tugas dari guru. Apa saja manfaat kelas online?

Manfaat Kelas Online - Zenius Education

Pengertian Kelas Online

Jauh sebelum masa pandemi sebenarnya metode online learning sudah mulai diterapkan di beberapa kampus, universitas, atau sekolah. Pengertian kelas online sendiri adalah proses belajar mengajar yang memanfaatkan internet atau media digital untuk menyampaikan materi kepada para siswa.

Seiring dengan perkembangan teknologi dan informasi, maka kelas online pun mulai banyak digalakkan apalagi saat masa pandemi seperti saat ini. Beberapa media yang bisa digunakan untuk pembelajaran kelas online seperti WhatsApp, Zoom meeting, Google meet, dan lainnya.
Bahkan beberapa lembaga kursus atau les pun juga sudah banyak yang membuat aplikasi atau platform yang bisa diakses secara online oleh para peserta didiknya. Maka bukan tidak mungkin kelas online bakal menjadi suatu tren baru yang bakal dilakukan oleh banyak lembaga.

Manfaat Online Learning

Online learning pada dasarnya bukan sekedar tren saja, namun juga bisa menjadi sebagai alternatif untuk kegiatan belajar mengajar di berbagai situasi. Belajar secara online pun bisa memberikan banyak manfaat baik bagi pihak lembaga atau sekolah maupun peserta didik itu sendiri.

1. Pendekatan yang Lebih Sesuai

Kemajuan teknologi dan informasi juga turut dirasakan manfaatnya oleh para pelajar dan guru dalam kaitannya dengan sistem pendidikan. Kelas online menjadi salah satu sistem dengan pendekatan yang lebih sesuai untuk digunakan pelajar masa kini dibandingkan dengan metode konservatif belajar di kelas.

Materi dan metode dalam menyampaikan pelajaran di kelas kelas online learning pada umumnya sudah menggabungkan antara materi pelajaran formal maupun nonformal. Pembelajarannya pun bisa melalui video call dengan guru secara langsung melalui atau melalui tutorial di video dan lainnya.

2. Praktis dan Fleksibel

Tidak bisa dipungkiri bahwa sistem belajar online bisa dibilang lebih praktis dan fleksibel dari segi waktu dan tempat. Interaksi antara guru dan para murid pun menjadi lebih praktis karena tidak harus menempuh perjalanan jauh untuk bertemu dan melakukan kegiatan belajar mengajar.

Baca Juga Artikel Lainnya dari Zenius

Langsung Nikah Setelah Lulus Sekolah, Aman kan?
Mengenal Kesalahan Logika Beban Pembuktian
Ngapain Sih Berpikir Kritis?
Ikan Cupang: Cantik-cantik Kok Suka Berantem?
Buat Apa Ada Suatu Negara? Emang Ada Fungsinya?
Benci Mendengar Rekaman Suara Sendiri, Kok Bisa?
Proses Mumifikasi dalam Tradisi Mesir Kuno

Tidak ada ruang kelas layaknya tempat belajar formal pada umumnya sehingga kamu bisa bebas belajar dimana saja. Tentu akan sangat menyenangkan apabila kamu bisa belajar di tempat nyaman seperti di taman. Waktunya juga lebih fleksibel dan bisa menyesuaikan dengan kegiatan harian.

3. Lebih Personal dan Privasi

Belajar secara online tidak hanya bisa dilakukan dengan materi-materi yang bersifat satu arah di mana kamu hanya melihat video dan mengerjakan soal yang tersedia. Namun, banyak juga sistem belajar secara online yang menyediakan komunikasi dua arah antara guru dan murid secara langsung.

Guru dan murid akan saling bertatap muka melalui layar HP atau laptop dan materinya langsung disampaikan. Siswa bisa menanyakan kepada guru apabila ada materi yang tidak dipahami dan bisa mendiskusikannya secara langsung. Sifatnya personal karena 1 guru biasanya hanya mengampu 1 anak.

4. Pengalaman Belajar Lebih Menyenangkan

Jika belajar formal biasanya menggunakan item-item dan fasilitas seperti papan tulis, buku catatan, meja, dan kursi, maka online learning akan memberikan pengalaman belajar yang lebih menyenangkan. Materi pelajaran dan format pengajaran disampaikan biasanya lebih menarik dan seru.

Bahkan para guru atau lembaga yang menyediakan online learning ini akan menyediakan berbagai media baik video, audio, maupun foto. Hal ini akan membuat peserta didik lebih mudah dalam belajar dan memahami setiap materi yang diberikan. Kamu pun tidak akan merasa bosan saat online learning.

5. Mudah Didokumentasikan

Kamu tidak perlu capek-capek membawa buku pelajaran setiap hari karena materi pelajaran yang disampaikan melalui online learning lebih mudah didokumentasikan. Kamu bisa mengunduh materi pelajaran tersebut di HP sehingga kamu bisa mempelajarinya kapanpun dan di manapun berada.

Penggunaan media kertas pun mungkin akan jarang dibutuhkan karena kamu akan lebih banyak merekam dan menulis materi dalam bentuk digital. Buku yang bertumpuk-tumpuk yang biasanya harus dibawa saat belajar formal pun sudah tidak terlalu diperlukan lagi.

Kamu bisa mengakses materi pelajaran dengan lebih mudah dan praktis. Semua materi bisa disimpan secara langsung di smartphone maupun laptop.

6. Hemat Waktu dan Biaya

Saat proses pembelajaran konvensional biasanya akan dibutuhkan waktu setidaknya beberapa menit hingga kelas dimulai untuk perpindahan ruang maupun guru berjalan dari satu kelas ke kelas lain. Selain itu, biaya tambahan akan sering ada untuk kebutuhan mengerjakan tugas, fotocopy materi dan lainnya.

Sementara itu, online learning akan sangat memangkas waktu dan biaya yang diperlukan untuk pembelajaran konvensional. Karena semua bisa diakses secara online dan mudah dan pengerjaan tugas pun biasanya bisa langsung dikerjakan menggunakan laptop atau handphone secara digital.

7. Menjadi Alternatif Untuk Social Distancing

Seperti diketahui bahwa wabah covid 19 masih terus ada di Indonesia dan belum tahu kapan akan berakhir. Sehingga proses pembelajaran secara tatap muka masih belum bisa dilakukan dan mau tidak mau harus secara online hingga pandemi ini berakhir demi mencegah terjadinya penularan virus.

Sehingga bisa dikatakan bahwa online learning merupakan salah satu upaya atau alternatif untuk social distancing dengan murid ataupun guru. Keamanan dan kesehatan pun akan lebih terjaga selama belajar di rumah.

Manfaat kelas online banyak dirasakan khususnya bagi kamu yang sibuk dengan kegiatan lainnya seperti bekerja atau membangun bisnis. Di masa pandemi seperti ini, belajar online juga dinilai lebih efektif untuk menggantikan belajar tatap muka sementara waktu.

Lihat Juga Proses Belajar Ala Zenius di Video Ini