Tips Persiapan Menghadapi UN SMA Fisika

Kisi-kisi UN SMA Fisika dijabarkan lengkap dengan link untuk video pembahasan materi dan soal untuk setiap topik Fisika SMA.

Sebagian besar orang kalau denger kata “Fisika” biasanya langsung males duluan. Anggapan yang paling umum nih: Fisika itu susah, banyak rumus yang harus dihapal, banyak hitung-hitungan, … “pokoknya gue paling nggak ngerti fisika deh”.

Nah, kalau lo termasuk orang yang kayak gitu, saran gue sebelum baca tulisan ini: Buang jauh-jauh dulu deh anggapan kalau Fisika itu susah, apa lagi anggapan kalau lo nggak akan bisa ngerti Fisika. Karena sebenernya Fisika itu nggak sesusah yang dibayangin, terutama kalau lo belajar Fisikanya bener-bener dari konsep.

Kalau lo mau lihat gimana contoh belajar UN SMA Fisika pakai konsep, cek link ini deh. Ini gue ambil dari soal UN SMA Fisika tahun 2012.

Nah, sekarang di bawah ini gue udah daftarin SKL (Standard Kompetensi Lulusan) yang diujikan untuk UN SMA Fisika 2013. Dan udah ada daftar video teori dan latihan soal di zenius.net yang bersesuaian sama SKL yang diujikan itu. Check aja daftarnya di bawah:

SKL UN Fisika - 01

Yang paling penting di sini adalah lo tahu gimana cara mengukur dengan Jangka Sorong dan Mikrometer Sekrup. Terus juga harus kuasain konsep vektor. Teori + Latihan Soalnya lengkap ada di sini:

SKL UN Fisika - 02

Nah, ini harus kita bagi per indikator:
Menentukan besaran-besaran fisis gerak lurus, gerak melingkar beraturan, atau gerak parabola

Menentukan berbagai besaran dalam hukum Newton dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari

Menentukan besaran-besaran fisis dinamika rotasi (torsi, momentum sudut, momen inersia, atau titik berat) dan penerapannya berdasarkan hukum II Newton dalam masalah benda tegar

Menentukan hubungan usaha dengan perubahan energi dalam kehidupan sehari-hari atau menentukan besaran-besaran yang terkait

Semua materi di Fisika itu nyambung satu sama lain di konsep Usaha dan Energi. Jadi, penting banget untuk kuasain materi ini 100%!!!

Menjelaskan pengaruh gaya pada sifat elastisitas bahan atau menentukan besaran-besaran terkait pada konsep elastisitas

Menentukan besaran-besaran fisis yang terkait dengan hukum kekekalan energi mekanik

Menentukan besaran-besaran fisis yang terkait dengan tumbukan, impuls atau hukum kekekalan momentum

Menjelaskan hukum-hukum yang berhubungan dengan fluida statik atau fluida dinamik dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari

SKL UN Fisika - 03

Nah, materi yang ini gabungan dari materi Kalor di kelas 10 dan materi Gas Ideal dan Termodinamika di kelas 11. Konsep dan latihan soalnya bisa dilihat di sini:

SKL UN Fisika - 04

Nah, untuk yang ini, kita masuk ke materi Fisika Kelas 12: Gelombang, Bunyi, dan Optika Fisis. Ditambah materi kelas 10 tentang Mikroskop dan Teropong.

SKL UN Fisika - 05

Prinsip Kelistrikan dan Kemagnetan:

SKL UN Fisika - 06

Untuk kompetensi terakhir ini, semua materinya berasal dari materi Kelas 12. Materinya udah dirangkum di serial video yang ada di Fisika Kelas 12.

Okay, DONE!!
Kalau semua materi di atas udah dipelajarin, udah cukup banget untuk persiapan UN SMA Fisika.

==========CATATAN EDITOR===========

Kalo ada di antara lo yang mau ngobrol atau diskusi sama Wisnu tentang tips belajar UN SMA Fisika, langsung aja tinggalin komentar di bawah artikel ini.

Baca Juga Artikel Tentang Materi Fisika Lainnya

Materi Konsep Termodinamika

Belajar UTBK Fisika

Persiapan UNBK SMA 2020

Bagikan Artikel Ini!