Materi Pelajaran Matematika Kelas 3 SD dan Contoh Soalnya

Materi Pelajaran Matematika Kelas 3 SD dan Contoh Soalnya

Bapak/Ibu yang saat ini sedang mengajar atau memiliki anak yang duduk di bangku kelas 3, melalui artikel ini, Zenius telah menyiapkan rangkuman materi Matematika kelas 3 SD semester 1 dan 2 secara lengkap. 

Seperti yang diketahui, Matematika merupakan salah satu pelajaran yang dianggap sulit tidak hanya bagi siswa kelas 3 namun juga untuk siswa di tingkat kelas lainnya. Dengan demikian, pada artikel ini, Zenius akan membahas apa saja materi Matematika kelas 3 SD dan contoh soalnya. 

Contoh soal Matematika kelas 3 SD yang dibahas di artikel ini akan berdasarkan materi yang dipelajari oleh siswa kelas 3 nantinya.

Jadi, apa saja materi pelajaran Matematika kelas 3 SD dan contoh soalnya? Simak penjelasan berikut.

Materi Matematika Kelas 3 SD Semester 1 dan 2

Dalam materi Matematika kelas 3 semester 1 dan 2, siswa akan mempelajari beberapa topik bab, seperti letak bilangan pada garis bilangan, operasi hitung penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian, uang, pengukuran waktu, panjang, dan berat, pecahan, unsur dan sifat bangun datar, jenis-jenis sudut, dan keliling luas persegi dan persegi panjang.

Bapak/Ibu sebaiknya mengajarkan konsep dasar, teori, rumus, dan contoh pengaplikasiannya dalam dunia nyata dari setiap topik pada pelajaran Matematika kelas 3 SD.

Selanjutnya, Zenius sudah mempersiapkan video pembelajaran yang menarik agar mempermudah Bapak/Ibu dan juga siswa untuk mempelajari materi pelajaran Matematika kelas 3 SD. 

Nah, di video-video tersebut, pembahasan mengenai konsep dan teori dari pelajaran Matematika akan dikemas dengan animasi, gambar, dan coretan tangan pengajar dengan warna-warni yang menarik. Hal tersebut bertujuan untuk membantu siswa mengerti konsep dan teori dari materi pelajaran Matematika kelas 3 SD dengan lebih mudah. 

Berikut link Zenius yang dapat Bapak/Ibu akses untuk mengajarkan materi Matematika kelas 3 SD dengan lebih lengkap.

Dalam link tersebut, selain bisa mengakses video pembelajaran, Bapak/Ibu juga bisa melihat latihan soal-soal.

Setelah membahas apa saja list materinya, selanjutnya, Zenius akan membahas contoh soal Matematika kelas 3 SD per babnya. Bapak/Ibu dapat menyimak penjelasan berikut ini. 

Contoh Soal Matematika Kelas 3 SD dan Pembahasan

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, dalam materi pelajaran Matematika kelas 3 SD, ada 10 bab yang akan siswa pelajari dan kuasai. 

Lalu, untuk menguji kemampuan siswa terhadap materi Matematika yang sudah dipelajari, Bapak/IBu bisa mencoba untuk memberikan beberapa contoh soal berikut. Pastikan siswa mencoba menghitung dan menjawab soal ini sendiri, dan setelahnya melihat pembahasan yang ada.

BAB 1 – Letak Bilangan pada Garis Bilangan

Pada materi Matematika kelas 3 semester 1 yang pertama ini siswa akan belajar menjumlah dan mengurangi angka dengan menggunakan garis bilangan seperti di bawah ini.

materi pelajaran matematika kelas 3 sd

Urutkan bilangan-bilangan di bawah ini dari terkecil hingga terbesar.

818, 817, 821, 820, 822, 819

A. 817, 818, 819, 820, 821, 822

B. 819, 818, 817, 820, 821, 822

C. 822, 821, 820, 819, 818, 817

Pembahasan:

Untuk mengurutkan bilangan-bilangan tersebut dari terkecil hingga terbesar dapat dilihat dari angka ratusan terlebih dahulu. Angka ratusan dari semua angka yang ada adalah sama, yaitu 800. Selanjutnya, lihat angka puluhan dari setiap angka dan didapatkan bahwa 17 merupakan angka terkecil dan 22 adalah angka tersebar. 

Dengan demikian, bilangan-bilangan tersebut dapat diurutkan menjadi 817, 818, 819, 820, 821, 822. Jadi, jawabannya adalah A.

Cek rangkuman materi bilangan cacah kelas 3 SD dan garis bilangan lebih lengkapnya di sini ya: 

BAB 2 – Operasi Hitung Penjumlahan & Pengurangan

Cek rangkuman dan contoh soal pelajaran SD tentang operasi hitung dan penjumlahan di sini ya: 

BAB 3 – Operasi Hitung Perkalian & Pembagian

Tiga orang anak mengantre untuk dibagikan balon yang masing-masing mendapat jumlah yang sama. Total balon yang ada adalah 42 buah. Berapa balonkah yang didapat satu orang?

A. 7 balon

B. 12 balon

C. 14 balon

Pembahasan:

contoh soal materi pelajaran matematika kelas 3 sd

42 : 3 = (30 + 12) : 3

           = 10 + 4

           = 14

Masing-masing anak akan mendapatkan 14 balon. Jadi, jawabannya adalah C.

Semua bisa terjawab ketika siswa sudah memahami materi kelas 3 sd semester 1 tentang operasi hitung perkalian dan pembagian di bawah ini:

BAB 4 – Masalah yang Melibatkan Uang

Satu potong roti harganya 500 rupiah. Jack membawa uang 10.000 rupiah. Berapa potong roti yang bisa dibeli Jack paling banyak?

A. 10 potong

B. 20 potong

C. 30 potong

Pembahasan:

Jumlah maksimum roti yang bisa dibeli Jack dengan jumlah uang Rp10.000 dapat dihitung sebagai berikut:

500 x (jumlah maksimum roti) = 10.000

(jumlah maksimum roti)     = 10.000 : 500 = 20

Jumlah maksimum roti yang dapat dibeli oleh Jack adalah 20 potong. Jadi, jawabannya adalah B.

Supaya bisa lebih paham, langsung cek pembahasan dan contoh soal materi kelas 3 SD semester 1 yang berkaitan dengan perhitungan uang di bawah ini:

zeniusland

Download ZeniusLand

Aplikasi edukasi online dipenuhi dengan cerita seru dan permainan interaktif, untuk mengasah kemampuan berpikir kritis. Dirancang khusus untuk anak usia 7–12 tahun.

icon download playstore
icon download appstore

BAB 5 – Pengukuran Waktu, Panjang, dan Berat

materi pelajaran matematika kelas 3 sd tentang berat dan timbangan - Ilustrasi Timbangan (dok: Pixabay oleh stevepb)
Ilustrasi Timbangan (dok: Pixabay oleh stevepb)

Kamu pernah dong liat alat ini di pasar? Ini adalah timbangan beras, bisa terigu juga sih, kadang tukang buah juga pakai ini.

Tapi pernah gak sih terpikir olehmu kalau timbangan ini digunakan untuk mengukur tinggi badan? Atau menghitung lama waktu? Bisa gak ya?

Ternyata alat ukur punya fungsi masing-masing lho, di materi Matematika kelas 3 semester 1 kali ini, siswa akan mengenali pasangan alat ukur dengan fungsinya: 

BAB 6 – Hubungan antar Satuan Waktu, Panjang, dan Berat

Hari ini guru di sekolah memberikan PR. Saat melihat PR tersebut, kamu bilang ke temanmu kalau kamu butuh waktu 3 hari untuk menyelesaikan PR. 

Terus temanmu jawab, kalau dia cuman butuh waktu 1 minggu untuk menyelesaikan PR itu. 

Lalu kamu bingung, kok cuman? Bukannya 1 minggu lebih lama dari 3 hari ya? 

Tapi kan angka 3 lebih besar dari angka 1?

Nah, masalah ini berhubungan dengan pengukuran waktu. Di bab kali ini, siswa akan mengenal hari, minggu, bulan hingga tahun. 

Selain belajar pengukuran waktu, pada materi yang termasuk ke dalam materi Matematika kelas 3 semester 2 ini, siswa juga akan mempelajari tentang pengukuran panjang dan berat. 

BAB 7 – Pecahan

Harry mempunyai 24 butir kelereng. Satu per enam dari kelereng tersebut diberikan kepada Ginny. Berapa butir kelereng yang diterima Ginny?

A. 4 butir

B. 5 butir

C. 6 butir

Pembahasan:

Jumlah kelereng Harry adalah 24 butir. Jika ⅙ dari kelereng yang ia miliki diberikan ke Ginny, maka hitungannya akan menjadi seperti ini:

⅙ x 24 = 24/6

= 4 butir

Jadi, jawabannya adalah A.

Supaya bisa memahami apa itu pecahan dan bagaimana menghitung pecahan, bisa langsung cek pembahasan dan contoh soal dari pelajaran Matematika kelas 3 SD semester 2 di bawah ini ya: 

BAB 8 – Unsur dan Sifat Bangun Datar Sederhana

Kamu tau gak sih kenapa ada yang namanya persegi empat? Atau segitiga? Atau mungkin persegi panjang?

Segi empat disebut sebagai segi empat karena memiliki sisi empat buah, sama halnya dengan segitiga. 

Tapi kalo persegi panjang, bukannya sisinya empat juga ya? Kok namanya beda?

Nah, di materi Matematika kelas 3 semester 2 ini, kamu akan belajar mengenai sifat dan unsur bangun datar secara lebih detail. Langsung cek di sini ya:

BAB 9 – Jenis dan Besar Sudut

Ilustrasi Busur yang digunakan dalam menghitung besaran sudut  (dok:  Pixabay oleh ds_30)
Ilustrasi Busur yang digunakan dalam menghitung besaran sudut (dok: Pixabay oleh ds_30)

Suatu hari kamu diminta membawa busur ke sekolah. Gurumu bilang, busur akan digunakan untuk menghitung sudut. 

Sebenarnya apa sih sudut itu? Jadi sudut adalah kombinasi dari dua garis dengan titik akhir yang sama.

Lewat materi Matematika kelas 3 semester 2 yang satu ini, kamu akan banyak belajar mengenai jenis-jenis dan besaran pada sudut. 

BAB 10 – Keliling dan Luas Persegi dan Persegi Panjang

Bab terakhir dalam materi Matematika kelas 3 semester 2 adalah tentang keliling dan luas persegi serta persegi panjang.

Contoh yang sering kamu temui dalam kehidupan sehari-hari misalnya, saat pelajaran olahraga, Pak Guru memintamu dan teman-teman berlari kecil mengelilingi lapangan sepak bola.

Tapi baru setengah putaran berlari, kamu dan teman-temanmu udah gak kuat.

Temanmu bilang, ini karena lapangannya yang terlalu besar.

Ilustrasi Lapangan yang diukur dalam Matematika (dok Pixabay oleh bottomlayercz0) - materi pelajaran matematika kelas 3 sd
Ilustrasi Lapangan yang diukur dalam Matematika (dok Pixabay oleh bottomlayercz0)

Kemudian Pak Guru bilang kalau panjang lapangan adalah 10 meter dan lebar lapangan adalah 7 meter.

Tapi kamu berpikir, kalau dengan panjang dan lebar segitu, berapa keliling lapangan sebenarnya ya?

Untuk menjawab pertanyaan ini, siswa bisa belajar soal pelajaran kelas 3 SD Matematika yang berkaitan dengan keliling dan luas persegi dan persegi panjang berikut ini: 

Bapak/Ibu, jadi itu materi pelajaran Matematika kelas 3 SD semester 1 dan 2  serta contoh soal dari beberapa materinya. Jika Bapak/Ibu ingin mengetahui lebih banyak contoh soal, cukup mengakses link dari setiap bab yang sudah dicantumkan di atas. Semoga bermanfaat!

Jika Bapak/Ibu ingin memahami mata pelajaran di tingkat pendidikan yang lebih tinggi. Zenius punya berbagai paket belajar pilihan yang sudah disesuaikan dengan kebutuhan setiap siswa-siswa. Silahkan klik gambar di bawah ini untuk info lengkapnya ya.

Langganan Zenius

Penulis: Ni Kadek Namiani Tiara Putri – SEO Writer Intern Zenius
Update by: Sabrina Mulia Rhamadanty

Bagikan Artikel Ini!