Persiapan Ujian Mandiri dalam 30 Hari, Begini Caranya!

Persiapan Ujian Mandiri (Arsip Zenius)

Persiapan UTBK dalam 2 minggu, memang bisa? Yuk, #GantiCaraBelajar elo di Ultima Bootcamp supaya elo bisa tahu gimana sih cara belajar UTBK efektif!

Sobat Zenius, gimana nih persiapan UTBK nya apalagi buat elo yang mengejar Ujian Mandiri. Sebenernya bisa nggak sih persiapan Ujian Mandiri semepet ini?

Buat elo yang mencari kesempatan yang lebih besar untuk diterima di Perguruan Tinggi Negeri lewat Ujian Mandiri, udah nyampai mana nih persiapannya? Eits tapi jangan lupa juga belajar untuk UTBK juga ya.

Dulu waktu gue juga mau menghadapi UTBK, hal yang paling berat buat gue itu kebiasaan menunda-nunda belajar dan bingung harus belajar UTBK mulai dari mana. 

Memang nggak jarang, sih, kita jadi lebih serius belajarnya kalau kepepet. Pasti nggak sedikit orang yang punya kebiasaan kayak gini. Termasuk elo nggak, nih? 

Untuk yang sedang persiapan Ujian Mandiri jangan santai-santai dulu ya, karena di beberapa perguruan tinggi negeri mempertimbangkan nilai UTBK juga lho. Makanya elo masih perlu berjuang untuk UTBK juga.

Eh, tapi dulu sebutannya bukan UTBK. Namanya sempat berganti-ganti, meskipun esensinya sama sebagai ujian tulis masuk kuliah di PTN. Elo bisa lihat rangkumannya di infografis berikut.

Cara Belajara UTBK Efektif, Persiapan UTBK dalam 2 Minggu, Jadwal Belajar UTBK
Sejarah Penerimaan Mahasiswa Baru (Arsip Zenius)

Nah, jadwal UTBK 2022 akan dilaksanakan mulai 17-23 Mei 2022 (Gelombang 1) dan 28 Mei-3 Juni 2022 (Gelombang 2). Karena UTBK sudah semakin dekat, persiapan UTBK harus semakin digas juga! 

Kini beberapa PTN sudah menerima nilai UTBK juga sebagai syarat mengikuti seleksi ujian mandiri. Namun masih banyak juga yang mengharuskan elo untuk mengikuti ujian seleksi lagi, lho.

Nah Ujian Mandiri ini jadi salah satu pilihan karena dianggap sebagai jalan terakhir menuju perguruan tinggi negeri. Meskipun dari segi daya tampung ujian mandiri hanya dapat menerima maksimal 30% mahasiswa, namun elo perlu tahu nih keuntungannya adalah peminatnya yang lebih sedikit.

Jika dibandingkan dengan jalur penerimaan UTBK, ujian mandiri tentunya memiliki lebih sedikit pesaing. Ini bisa jadi celah elo untuk raih kesempatan lolos dan masuk perguruan tinggi negeri.

Persiapan ujian mandiri, kuota penerimaan mahasiswa
Kuota SBMPTN (Arsip Zenius)

Saingan yang lebih sedikit bukan berarti elo bisa remehkan gitu aja ya. Mengingat banyaknya ujian mandiri yang akan diselenggarakan setelah UTBK berlangsung berarti waktunya nggak banyak lagi.

Ditambah elo mungkin belum punya bayangan apa yang akan elo hadapi nanti di ujian mandiri. Wajar kok mungkin karena kemaren-kemaren elo nyiapin untuk UTBK dulu, tapi tenang aja Zenius punya jawabannya.

Jadi penasaran kan ada nggak sih paket ujian mandiri Zenius? Ada dong, paket Zenius Ultima Bootcamp UM bakal jadi jawaban atas kebingungan elo.

Simak penjelasan dan harga paket Zenius Ultima Bootcamp UM di bawah ini ya!

Kuis zenius kampus yang cocok buat lo

Persiapan Ujian Mandiri dalam 30 Hari

Buat elo yang punya waktu mepet banget ini, bisa banget ikutan Zenius Ultima Bootcamp UM! Di program ini, elo bakal dibimbing persiapan ujian mandiri dalam waktu satu bulan. Di sini elo bakal pelajaran basic yang bakal ada di UM. Nggak cuma itu ada pilihan pelajaran soshum dan saintek juga.

Bareng Ultima Bootcamp UM, paket Zenius ujian mandiri ini elo bakal dapat live class juga tentunya dan yang nggak kalah penting juga ada try out ujian mandiri. Pas banget kan tuh bikin elo siap tempur di ujian mandiri.

Selama 30 hari elo nggak perlu bingung masalah waktu belajar, karena kalau masalah jadwal Zenius Ultima Bootcamp UM telah terstruktur secara harian. Dilengkapi dengan guide dan informasi lengkap tentang ujian mandiri.

Pingin tahu harga Zenius Ultima Bootcamp UM ini? Harganya bervariasi nih sesuai dengan pilihan paket yang elo inginkan. Harganya mulai dari Rp700.000 untuk paket basic. 

Untuk penjelasan yang lebih jelas lagi tentang paket Ultima Bootcamp UM Zenius bisa elo lihat di sini ya!

Makin yakin kan untuk langganan Zenius dan kejar impian menuju perguruan tinggi favorit elo. Langsung aja yuk beli paket Zenius Ultima Bootcamp UM dalam 30 hari udah siap tempur deh. Klik banner di bawah ini ya!

Persiapan Ujian Mandiri dalam 30 Hari, Begini Caranya! 9
Yuk, daftar Ultima Bootcamp UM sekarang!

Originally published: February 22, 2022
Updated by: Silvia Dwi

Bagikan Artikel Ini!