Sumpah Pemuda: Mengapa Bahasa Indonesia yang Dipilih Sebagai Bahasa Persatuan?

Mengapa Bahasa Indonesia yang digunakan sebagai bahasa persatuan dalam Sumpah Pemuda? Mengapa bukan bahasa Jawa, yang jumlah penggunanya lebih banyak di Nusantara? Kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia. Kami putra dan putri Indonesia, mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia. Kami putra dan putri Indonesia, menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia. Gue yakin banget kalo lo tahu bahwa kalimat-kalimat di atas adalah isi dari Sumpah Pemuda …

Bagaimana Vaksin Menyelamatkan Jutaan Nyawa Manusia

Artikel ini akan mengajak kamu ke masa lampau saat wabah penyakit menular merampas jutaan nyawa dan mengkaji bagaimana vaksin menyelamatkan peradaban manusia. Pernah ga kamu denger orang di sekitar kamu menderita atau bahkan meninggal karena penyakit difteri, tetanus, polio, campak, gondongan, atau cacar variola? Kemungkinan besar, kamu bakal jawab “jarang banget” atau bahkan “ga pernah sama sekali”. Ya, manusia yang hidup di zaman sekarang cukup beruntung. Kita jarang mendengar suara batuk rejan (pertusis) yang khas …

Apa itu Stres dan Bagaimana Cara Mengatasinya?

Apa itu stres? Bisakah kita hidup tanpa stres? Pada titik apa stres menyeret orang ke gangguan mental lain? Bagaimana pula cara mengatasi stres dengan cara yang tepat? Semua dibahas tuntas di artikel ini oleh dokter yang fokus mendalami neurosains. Beberapa waktu lalu, publik dunia dihebohkan dengan kasus bunuh diri Chester Bennington, vokalis band Linkin Park. Chester dilaporkan bunuh diri karena stres yang membuatnya depresi berkepanjangan sejak lama. Jauh sebelum kasus …

4 Prinsip Utama dalam Belajar Bahasa Asing

Artikel ini mengupas 4 prinsip utama dalam mempelajari bahasa asing. Dilengkapi juga dengan indikator penguasaan bahasa, tingkat kesulitan, serta tips-tips mempelajari bahasa asing dengan cara yang efektif dan menyeluruh. Pernah gak sih, lo nyoba belajar bahasa asing? Entah itu bahasa Jepang, bahasa Korea, bahasa Mandarin, atau bahasa Jerman? Hayo, udah sampe mana penguasaannya? Berdasarkan pengalaman gua jadi guru bahasa asing, gak sedikit pembelajar yang semangat belajarnya gak bertahan lama, mungkin ada juga yang sampe putus asa, …

Penerapan Persamaan Kuadrat dalam Genetika

Siapa sangka persamaan kuadrat di Matematika bisa diterapkan di Biologi? Khususnya dalam menentukan distribusi gen dalam sebuah populasi. Masih inget bagaimana matematika bisa dipakai dalam penemuan Teori Genetika Mendel? Beberapa waktu yang lalu, gue pernah menulis artikel tentang itu. Kalau lu belum pernah baca, lu bisa baca artikel tersebut di sini: Penerapan Matematika dalam Hukum Hereditas Mendel Di artikel itu, gue bercerita bagaimana Mendel melakukan eksperimen terhadap puluhan ribu tanaman …

Pembahasan Soal SBMPTN 2017

Berisi daftar lengkap PDF soal yang bisa diunduh gratis beserta video pembahasan soal SBMPTN 2017 untuk semua kelompok ujian. Dari 797.738 peserta yang mengikuti seleksi SBMPTN 2017, hanya 148.066 peserta yang dinyatakan lolos atau cuma sekitar 18,56% yang akhirnya bisa menyandang gelar "maha"siswa. Faktanya, persentase kelulusan SBMPTN skala nasional tiap tahunnya hanya 15-18%. Untuk tahun 2017, berarti ada 649.672 peserta SBMPTN yang harus menelan pil pahit kegagalan di jalur ini untuk mendapatkan kursi di PTN pilihannya. Buat lo …

10 Film Biografi Sejarah yang Keren Banget

Artikel ini berisi 10 rekomendasi film biografi sejarah yang akan membuka cakrawala baru terhadap pengetahuan & pemahaman kamu tentang sejarah dunia. Film adalah salah satu sarana yang praktis untuk menerima informasi. Kita tinggal duduk manis tanpa perlu mengeluarkan banyak tenaga dan pikiran, sebuah film dapat memberikan kita informasi yang cukup padat dalam waktu yang relatif singkat. (ya setidaknya lebih singkat daripada baca buku, hehe...) Namun sayangnya, bentuk kepraktisan yang ditawarkan …

Bahasa Indonesia itu Gampang atau Susah, sih?

Kenapa banyak anak yang merasa bahasa Indonesia lebih sulit dibandingkan bahasa Inggris? Artikel ini mengulas penyebabnya dan memberi tips mengatasinya. Pernah gak sih, kalian mikir gini: “Kok nilai ulangan Bahasa Indonesia gue gak bagus-bagus amat, ya?” “Perasaan nilai ulangan Bahasa Indonesia gue lebih jelek dari Bahasa Inggris, deh.” Gue sering banget mendengar keluhan-keluhan tersebut dari para siswa. Selama gue mengajar, hal ini selalu saja menjadi fenomena yang berulang setiap tahunnya. Nilai ulangan …