mm

Biar Makin Semangat Belajar Yuk Ikutan Zenius #jagoUTBK Joget Challenge

Halo semuanya. Gimana nih kabar kalian semua? Apa nih harapan kalian di tahun baru ini? Buat kakak-kakak kelas 12, udah deg-degan belum? Kalau udah, wajar kok. Kalian mungkin sedang pusing-pusingnya mikirin persiapan UTBK yang kurang lebih tiga bulan lagi akan diselenggarakan. Makin deg-degan deh.  Meski kalian sedang berada dalam keadaan yang tidak begitu menggembirakan, kalian harus tetap semangat belajarnya. Nah biar kalian makin semangat belajar, Zenius ngadain challenge yang seru …

Berkenalan dengan Hewan Hasil Perkawinan Silang, Yuk!

Artikel ini akan membahas tentang seluk beluk perkawinan silang pada hewan, mulai dari pengertian perkawinan silang, aturan perkawinan silang, hingga contoh hewan hasil perkawinan silang. Pernahkah kamu melihat hewan yang mirip dengan dua spesies sekaligus? Itu merupakan hewan hasil perkawinan silang. Contohnya kucing Savannah, ayam Broiler, sapi Santa Gertrudis, dan bebek Brati atau Tongki. Tentu, persilangan tersebut tidak semata-mata hanya untuk memunculkan hewan dengan spesies baru, melainkan ada tujuan lain …

Kenalan Sama Jurusan Baru Vokasi UI

Artikel ini membahas materi tentang jurusan baru pada studi pendidikan sarjana terapan (D4) di Vokasi UI tahun ajaran 2021/2022. Kabar gembira untuk kita semua, tapi kali ini bukan karena kulit manggis ada ekstraknya, tapi karena Vokasi UI menghadirkan jurusan baru pada tahun ajaran ini yaitu tahun ajaran 2021/2022. Mungkin beberapa dari kalian belum kenal sama “apa sih vokasi itu?” so di artikel ini kita bakal jelasin nih mengenai program pendidikan …

Materi Lengkap Besaran dan Satuan Fisika

Artikel ini akan membahas tentang pengertian besaran dan satuan, dimensi besaran, pengukuran, dan ketidakpastian. Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya besaran dan satuan. Yap, tentu saja. Kamu sudah mempelajari besaran dan satuan di kelas 7 SMP. Di kelas 10 ini, kamu juga akan belajar lagi, tapi yang dibahas akan lebih mendalam dari sebelumnya, khususnya di bagian pengukuran. Kamu masih ingat gak sih besaran dan satuan itu apa? …

Pembahasan Materi Kimia: Sifat Periodik Unsur

Artikel ini membahas materi tentang sifat periodik unsur yaitu jari-jari atom, energi ionisasi, afinitas atom, elektronegativitas, sifat logam dan non logam, keasaman, kereaktifan, serta titik leleh dan titik didih. Kalian pasti gak asing kan sama gambar tabel diatas? Bahkan mungkin beberapa dari kalian udah hafalin kan? Nah di artikel ini kita bakal bahas sifat periodik unsur, dimana ternyata sifat periodik unsur itu berhubungan erat dengan letak penempatan unsur tabel periodik …

Materi Unsur Pembangun Puisi

Artikel ini membahas materi tentang unsur pembagun puisi yang mencakup unsuk intrinsik dan unsur ektrinsik. Pernah gak si kalian denger atau baca puisi yang bagus banget, sempe mikir “kok bisa ya dia sepuitis itu?” entah karena maknanya yang bagus, atau karena pemilihan kata-katanya yang indah atau mungkin malah karena keduanya. Itulah kenapa mengetahui dan menerapkan unsur pembangun puisi itu penting guys.  Diluar dari kemampuan seorang penyair membuat puisi, unsur-unsur yang …

Unsur Buku Fiksi dan Nonfiksi

Artikel ini akan membahas tentang pengertian dan unsur buku fiksi maupun nonfiksi, contoh-contohnya, serta unsur-unsur dalam penyusunannya. Apakah kamu suka membaca buku? Buku jenis apa yang suka kamu baca? Buku materi pelajaran atau novel genre romance? Terlepas dari genre apa yang suka kamu baca, tentunya kamu sudah tidak asing dengan karya tulis fiksi dan nonfiksi, bukan? Dalam karya tulis tersebut terdapat unsur-unsur penyusunnya, mulai dari sampul hingga isi bukunya. Dengan …

6 Contoh Hikayat Berdasarkan Jenisnya

Di sini, kamu akan memahami lebih jauh tentang hikayat atau cerita rakyat, karena artikel ini akan membahas tentang contoh-contoh hikayat. Hi, guys! Kali ini aku mau bahas tentang contoh-contoh hikayat. Tapi, sebelumnya kamu harus tau apa itu hikayat terlebih dahulu. Kamu bisa langsung cek di sini untuk mengetahui apa sih sebenarnya hikayat itu! Singkatnya, hikayat adalah salah satu bentuk prosa yang menceritakan tentang kehidupan manusia, bisa tentang kehidupan raja, khayalan …