Barisan dan Deret Aritmatika: Rumus, Contoh Soal dan Pembahasan Lengkap

Salah satu materi yang dipelajari dalam matematika SMA adalah barisan dan deret aritmatika. Pengertian Barisan aritmatika adalah baris yang nilai setiap sukunya didapatkan dari suku sebelumnya melalui penjumlahan atau pengurangan dengan suatu bilangan. Selisih atau beda antara nilai suku-suku yang berdekatan selalu sama yaitu b. Nilai suku pertama dilambangkan dengan a. Untuk mengetahui nilai suku ke-n dari suatu barisan arimatika dapat dihitung dengan rumus berikut. Sedangkan untuk pengertian dari Deret …

Strange Matter, Influencer Keren yang Harus Kamu Kenal

Alam semesta yang begitu luas ini tak henti-hentinya menyajikan hal-hal menarik untuk dipelajari. Setelah sebelumnya black hole akhirnya berhasil difoto, kini saatnya kamu mengenal strange matter, partikel unik dari luar angkasa sana. Kamu pernah gak bayangin kalo monyet nyentuh kamu, tiba-tiba setelah disentuh itu monyet kamu malah jadi monyet juga, lalu kamu yang udah menjadi monyet iseng menyentuh benda-benda lain dan mengubah yang lain jadi monyet juga dan akhirnya seluruh …

Barisan dan Deret Geometri: Rumus, Contoh Soal, dan Pembahasan Lengkap

Artikel ini membahas tentang rumus barisan dan deret geometri lengkap dengan contoh soal dan juga pembahasan. Barisan dan deret geometri adalah salah satu materi yang dipelajari dalam Matematika SMA. Barisan geometri adalah baris yang nilai setiap sukunya didapatkan dari suku sebelumnya melalui perkalian dengan suatu bilangan. Perbandingan atau rasio antara nilai suku-suku yang berdekatan selalu sama yaitu r. Nilai suku pertama dilambangkan dengan a. Untuk mengetahui nilai suku ke-n dari …

Jurusan Desain Kok Banyak Banget, Apa Bedanya?

Artikel ini membahas tentang perbedaan jurusan desain. Beserta penjelasan lengkap prospek kerja dan kampus yang mempunyai jurusan tersebut. Halo semunyaaa….. Siapa diantara kalian yang tertarik dengan jurusan desain? Apa kalian sudah menentukan jurusan desain yang tepat untuk kalian? Atau masih bingung tentang jurusan ini? Dalam memilih jurusan perkuliahan, sebaiknya kamu mencari tahu lebih banyak tentang jurusan-jurusan yang ada agar kamu tidak salah jurusan nantinya. Seperti pada pembahasan kali ini nih, …

Jenis, Keliling, & Luas Segitiga: Rumus, Contoh Soal dan Pembahasan

Artikel ini membahas tentang jenis segitiga berdasarkan panjang sisi & besar sudut, keliling dan luas segitiga dengan rumus, contoh soal, beserta pembahasan. Tahukah kalian rumus keliling dan luas segitiga? Pada jenjang Sekolah Dasar kita sudah pernah mempelajari bagaimana cara mencari keliling dan luas segitiga. Pada jenjang SMP kita akan mempelajari segitiga lebih mendalam. Yuk, kita pelajari jenis segitiga dan rumus-rumus segitiga bersama supaya pemahaman mengenai segitiga akan lebih mendalam. Segitiga …

Pertanyaan yang Mungkin Tidak Kamu Pikirkan Saat Belajar Induksi Matematika

Mungkin karena terlalu sibuk mengerjakan soal dan memperhatikan materi, kamu jadi lupa menanyakan sesuatu yang sebenarnya sangatlah menarik untuk dibahas dari materi Induksi Matematika ♥  Sebelumnya, di blog zenius.net memang sudah dibahas penjelasan terkait materi Induksi Matematika. Lo bisa buka di link berikut: apa itu induksi matematika?   Di sana dijelasin bahwa induksi matematika itu adalah salah satu cara pembuktian rumus atau pernyataan matematika, atau lebih tepatnya metode pembuktian terhadap suatu pernyataan apakah …

Apa dan Mengapa Bencana Terjadi?

Apakah bencana terjadi karena memang harus terjadi? Tidakkah ada pemicu di baliknya? Bukankah tidak akan ada asap jika tidak ada api? Termasuk juga mengapa bencana harus terjadi di bumi kita tercinta ini ♥ Apakah ditinggal pacar pas sedang sayang-sayangnya adalah sebuah bencana? Apakah dapat nilai ujian jelek bisa dikategorikan sebagai bencana? Apa definisi bencana menurutmu?  Kali ini, aku pengen bahas hal-hal mendasar tentang bencana yang cukup menarik untuk diketahui. Tujuannya, …

Hidup Berdampingan Dengan Bencana Alam

Ketika kedatangan bencana tak dapat ditolak. Mengapa kita tidak mencoba untuk hidup berdampingan dengannya? ♥ Berapa banyak bencana alam yang kamu ketahui? Tanah longsor, gempa bumi, tsunami, puting beliung, kebakaran hutan, apa lagi? Ada begitu banyak bentuk bencana yang dapat muncul di dunia ini. Sebagai makhluk yang hidup berdampingan dengan potensi bencana, kita harus cukup cerdas dalam menghadapinya.  Kita tidak bisa menghentikan letusan gunung berapi. Menghentikan tanah atau salju yang …