Try Out UTBK Adalah - Keuntungan Mengikuti Try Out Online

Cek! 9 Kelebihan Try Out Online yang Bikin Siap Taklukkan Soal UTBK

Halo Sobat Zenius, nggak terasa ya UTBK SBMPTN 2022 udah di depan mata. Nah, buat elo yang pengin dapetin nilai tinggi buat lolos PTN impian, mengikuti try out UTBK adalah satu di antara strategi paling penting. Kenapa begitu?

Yuk, langsung aja kita bahas sampai tuntas salah satu strategi para pejuang PTN ini.

Manfaat Ikut Try Out UTBK untuk SBMPTN 2022

Mengingat pelaksanaan UTBK 2022 sudah tak lama lagi, mungkin elo udah pernah ikut try out UTBK online. Elo ngerasain nggak manfaat yang didapat dari try out ini?

Mungkin masih ada yang penasaran apa itu try out UTBK? Sesuai namanya try out UTBK adalah uji coba terhadap soal-soal yang akan diujikan pada UTBK SBMPTN 2022.

Seiring perkembangan zaman, try out UTBK adalah hal yang mudah banget untuk elo ikuti. Soalnya, dengan adanya internet, handphone, gadget, laptop hingga komputer elo bisa ikutan simulasi ini. 

Terus apa sih keuntungan try out UTBK Online dibandingkan sama yang offline?

Antara try out UTBK online atau offline, lebih untung yang mana? Tentunya keuntungan lebih terasa bagi elo yang mengikutinya secara online.

Apa aja keuntungannya? Pastinya banyak banget ya, nih daftarnya bisa elo baca di bawah ini:

Keuntungan Mengikuti Try Out UTBK Online

Meskipun try out UTBK adalah sebuah uji coba tapi gak bisa dibawa main-main lho. Karena, simulasi ini bisa menjadi langkah awal elo mendapatkan nilai UTBK masuk PTN yang maksimal. 

Perlu elo ketahui juga kalau try out UTBK SBMPTN sekarang sudah berkembang lebih mudah berkat adanya sistem online. 

Di samping itu, try out online adalah salah satu sistem simulasi yang memberi banyak keuntungan dan kemudahan lho, apa saja itu? 

Try Out Online Bisa Dilakukan di Mana Saja

Kelebihan try out UTBK adalah dapat dilakukan di mana saja. Selain bisa membantu elo dalam meraih nilai maksimal UTBK, sifat fleksibel ini akan memberikan kemudahan kepada Sobat Zenius dalam mengerjakan simulasi UTBK. 

Hanya dengan berbekal device seperti smartphone, laptop dan koneksi internet yang memadai, elo udah bisa ngerjain try out UTBK online dari mana saja dan kapan saja. 

Elo bahkan bisa latihan soal UTBK 2022 sambil ngopi-ngopi di tempat kesukaan elo, atau sembari menikmati senja dan hujan ala anak indie ibu kota, lho

Tapi, biar lebih aman, baiknya elo latihannya di rumah aja ya karena lagi pandemi hehehe.

Lebih Hemat Waktu

Nah, poin yang kedua ini jadi satu di antara kelebihan try out UTBK online yang paling digemari nih. 

Karena berbasis jaringan internet, elo nggak perlu lagi datang jauh-jauh dari rumah ke tempat pelaksanaan. 

Belum lagi, kalo ternyata jarak antara tempat tersebut jauh dari rumah elo. Makan waktu dan ngerepotin banget nggak sih?

Selain itu, try out UTBK adalah sistem online lebih cepat karena elo gak perlu lagi mengulang pengisian informasi seperti pada angket terkait data administrasi tes. 

Karena semua data tentang peserta yang mengikuti ujian secara otomatis tercatat dalam sistem. 

Ini membuat elo jadi lebih fokus pada pemahaman pertanyaan dan memberikan jawaban terbaik selama simulasi UTBK.

Lebih Mudah Diakses

Nggak cuma itu, try out UTBK adalah sistem online juga sangat mudah diakses. Apalagi, saat ini ada banyak banget bimbel penyedia try out yang bisa elo akses secara online. 

Tapi inget ya, dalam memilih tempat try out UTBK online elo harus memastikan memilih bimbel terbaik untuk SBMPTN.

Karena bimbel yang memiliki kelas khusus untuk SBMPTN biasanya juga memiliki sistem try out untuk menguji pemahaman para siswa atau alumni yang akan mengikuti UTBK. 

Salah satu ciri bimbel terbaik untuk SBMPTN dalam menyelenggarakan try out terutama yang sistemnya online adalah menggunakan soal terbaru dan memberikan penjelasan terhadap jawaban dari tiap soal yang elo kerjakan.

Karena try out UTBK adalah penentu awal dari langkah elo selanjutnya sebelum menghadapi UTBK yang sesungguhnya. Kalo di try out elo gak bisa menemukan materi mana aja yang belum elo pahami, mungkin ini artinya lembaga tersebut bukanlah bimbel terbaik untuk SBMPTN dan saatnya elo untuk memilih penyelenggara try out UTBK online di tempat lain.

Lebih Hemat Biaya

Kelebihan penting lainnya dari try out UTBK adalah sistem online adalah lebih hemat. Kalo urusan hemat biaya sih, jangan ditanya, harga yang elo keluarkan untuk mengikuti simulasi online cenderung murah dan nggak bakal bikin kantong jebol, deh. 

Try out UTBK online juga bisa diakses lewat aplikasi mobile, jadi elo nggak perlu lagi tuh alasan minta uang jajan lebih cuma buat bayar transport ke tempat penyelenggaraan try out offline. 

Try out UTBK online Zenius Education
Manfaat try out online (Arsip Zenius)

Nilai Try Out UTBK Online Keluar Lebih Cepat

Nilai try out menjadi tumpuan berharga buat elo yang sedang mempersiapkan punya nilai UTBK masuk PTN tinggi. Wah, makanya simulasi ini jadi penting banget, kan.

Gak bisa dipungkiri kalau setiap tahun soal UTBK selalu lebih sulit dan jumlah peserta UTBK juga lebih banyak. 

Ini artinya, kalau mau masuk jurusan dan universitas pilihan elo harus punya bekal nilai maksimal UTBK. 

Sebenernya nilai maksimal bukan berarti elo harus bener semua dalam menjawab soal tapi setidaknya elo tau standar nilai dari jurusan yang elo pilih.

Tapi sebelum tau nilai UTBK masuk PTN yang sesungguhnya, elo bisa memantau dulu nilai hasil try out UTBK.

Karena dibangun menggunakan sistem komputer, pemrosesan nilai try out UTBK jadi lebih cepat. Sehingga, elo bisa langsung tahu nilai yang elo dapet begitu selesai ngerjain semua soal yang disajikan, lho. 

Try out online adalah salah satu cara elo evaluasi hasil simulasi yang udah elo kerjain. Semakin cepat elo tahu hasil nilai try out, elo bakal makin cepat mengidentifikasi kelebihan dan kelemahan selama mengerjakan soal-soal. 

Walhasil, elo jadi punya rencana dan strategi yang lebih matang deh buat menghadapi UTBK 2022 mendatang. Keren kan?

Dirancang Mirip dengan UTBK Sebenarnya

Mungkin banyak dari elo yang bertanya pelaksanaan UTBK online atau offline sih? Meski nantinya elo harus datang ke lokasi ujian namun pelaksanaannya tetap berbasis komputer, lho.

Perlu elo ketahui “feel” mengerjakan soal di depan laptop atau komputer bakal beda banget saat elo mengerjakan soal di kertas. Try out UTBK online bakal ngasih elo pengalaman yang sama persis seperti elo sedang tes UTBK sungguhan. 

Dengan membiasakan diri mengerjakan soal di depan laptop atau komputer, elo akan beradaptasi dengan karakteristik media ujian yang elo gunakan. Istilahnya biar nggak kagok gitu deh.

Mulai dari latihan ngarahin kursor komputer atau laptop, persiapan mata menghadapi layar sampai ketahanan badan duduk di depan komputer atau laptop.

Try Out SBMPTN Zenius

Gak bisa dipungkiri kalau soal-soal UTBK setiap tahunnya selalu berkembang dan mengalami perubahan. 

Mulai dari jumlah soal, jenis soal, sistem penilaian (scoring) hingga tingkat kesulitan. 

Karena semakin tahun soal UTBK bisa dibilang selalu bertambah sulit, oleh karena itu try out UTBK adalah cara yang cukup efektif untuk menaklukkan soal-soal tersebut. 

Seperti yang udah gue bahas di atas, try out UTBK sangat mudah untuk diakses apalagi kalo elo memilih untuk mengikuti try out UTBK online. 

Itulah kenapa, setiap tahunnya, Zenius selalu ngadain Zenius simulasi UTBK yang bisa secara online dari mana aja dan kapan aja. 

Program ini adalah program try out Zenius yang berfokus pada pengembangan pengetahuan siswa SMA kelas 12 sederajat dan para-alumni agar siap menghadapi UTBK 2022. 

Kalo elo ikut program try out SBMPTN Zenius ini, elo akan mendapatkan banyak fitur menarik yang akan mendukung elo menguasai materi UTBK SBMPTN. Dan pastinya, kalo elo udah menguasai materi, ini akan mempermudah elo menjawab soal dan mendapatkan skor UTBK yang diinginkan. 

Nah, buat elo yang penasaran di program tryout Zenius ada fitur-fitur apa aja, berikut ini udah gue list dan bisa menjadi pertimbangan kalo masih rada bingung ikutan try out UTBK online di mana.

Try Out Zenius Punya Materi TPS dan TKA Terbaru dan Terlengkap

Soal-soal yang muncul dalam try out SBMPTN Zenius dirancang dengan materi paling baru dan paling update. 

Seperti yang gue bilang di awal tadi, try out UTBK adalah simulasi yang harus mempertimbangkan unsur kebaruan, karena soal UTBK asli pun selalu berkembang. 

Sayang banget kalo elo udah capek-capek belajar, latihan dan ikut try out UTBK online tapi pihak penyelenggara try out gak update sama jenis dan materi soal UTBK.

Belajar UTBK SBMPTN memang penting tapi elo juga harus tau materi terbaru yang harus elo pelajari, jadi tenaga elo gak sia-sia. 

Try Out Online Gratis tapi Tetap Berkualitas

Karena masalah harga bukan masalah sepele, Zenius peduli banget sama elo semua yang pengen banget try out UTBK online tapi berkualitas. 

Sini deh gue kasih tau program gratis Zenius yang dilaksanakan Zenius. Try out UTBK Zenius gratis ini berlangsung online dan diberi nama Zenius Grand Try Out. Cek cara pendaftarannya di sini ya!

Program ini dilaksanakan untuk membantu para sobat Zenius menaklukkan kampus impian. 

Ini adalah keuntungan buat elo yang ikutan try out Zenius karena kalo cuman ikutan try out sekali doang mah, gimana bisa tau perkembangan skor nilai kan?

Kalo elo punya track record skor nilai dari hasil try out Zenius, ini akan mempermudah elo untuk menentukan kira-kira dengan nilai segitu elo bisa memilih jurusan hingga universitas yang mana. 

Misalnya ternyata skor dari Zenius simulasi UTBK yang udah elo ikutin gak sesuai dengan apa yang elo harapkan. Tenang aja, karena elo bakalan dikasih akses gratis jawaban dan pembahasan dari setiap soal. 

Makin penasaran kan try out UTBK Zenius rasanya gimana sih. Elo bisa nih intip-intip jadwal pelaksanaannya di artikel https://www.zenius.net/blog/try-out-utbk.

Peserta Try Out Mendapatkan Rangkuman Penjelasan Soal

Keuntungan selanjutnya dari mengikuti tryout Zenius yang sempet gue mention di atas adalah mendapatkan jawaban dan rangkuman penjelasan soal.

Elo pernah gak sih ikutan try out tapi cuma dikasih kunci jawaban? Gak ada penjelasan, gak tau pake rumus yang mana, eh tau-tau jawabannya A. 

Wah itu sih red flag banget ya. Karena kalo penyelenggara try out gak bisa ngasih elo penjelasan dari masing-masing soal, ini akan menghambat elo dalam memahami materi UTBK.

Selain itu, elo juga jadi gak tau apakah emang jawaban yang diberikan oleh penyelenggara adalah benar. Kan bisa aja tuh salah dan gak bisa dikoreksi karena elo gak tau rumus atau penjelasannya gimana. 

Kalo di try out Zenius, semua itu gak ada ya. Karena inti dari mengikuti try out UTBK adalah sistem online yang bukan cuman ngisi jawaban tapi memahami jawaban dan materi dari setiap soal.

Dan elo tau gak sih kalau try out ternyata gak cuman buat persiapan masuk PTN tapi juga bisa buat persiapan masuk PTN atau PTS jalur mandiri hingga try out untuk menghadapi ujian sekolah.

Semua jenis try out ini bisa elo temukan di Zenius tentunya, kalo penasaran langsung klik di sini ya Try Out Online Zenius.

Peserta Try Out Zenius Mendapatkan Penjelasan dalam Bentuk Video 

Nah, ini yang gak kalah penting. Biasanya kalo ikutan try out UTBK online ada beberapa penyelenggara try out yang memberikan penjelasan dari masing-masing jawaban. 

Tapi pernah gak sih elo ngerasa pas baca penjelasannya elo malah makin bingung?

Ini gak sepenuhnya salah elo, karena memang banyak jenis soal yang cukup kompleks (apalagi ini UTBK) untuk dijelaskan dalam selembar kertas. 

Cara terbaik adalah dijelaskan dalam sebuah video. Kok gitu?

Iya, sama aja kayak elo lagi di sekolah dan ngedengerin guru ngejelasin suatu materi. Saat semua indra elo dipake, elo akan lebih mudah mengingat dan memahami materi tersebut. 

Itu sebabnya try out UTBK Zenius menggunakan cara ini untuk memberikan penjelasan dari masing-masing soal.

Kerennya lagi video penjelasan try out Zenius bisa elo akses kapan aja dan di mana aja serta nggak terbatas. Jadi kalo pertama nonton penjelasan elo belum paham, elo bisa replay lagi videonya sampe bener-bener ngerti. 

Gimana? Manteb banget kan? Kalau mau lebih jauh mengenal fitur-fitur apa aja yang bakal elo dapet saat mengikuti try out Zenius langsung klik di sini ya: TO bimbel online Zenius

FYI nih, Zenius punya kelas khusus program bimbel intensif SBMPTN, yang bisa elo manfaatin buat matengin persiapan UTBK 2022, lho. Kelas ini bisa elo ikutin secara intensif selama 6 minggu penuh. 

Tentunya, elo bakal dibimbing langsung sama tutor berpengalaman dari Zenius sampai elo benar-benar paham materi dan soal-soal UTBK. Buat info lengkapnya, elo bisa cek paketnya di sini: Zenius Ultima Bootcamp.

Nah, itu dia informasi tentang try out online yang bisa elo jadikan referensi. Buat elo yang masih bingung atau ragu sama pentingnya TO sebelum ujian, elo juga boleh menambah referensi informasi di artikel ini ya: Yuk Try Out Online di Zenius, Makin Siap Kejar UTBK!

Jangan lupa, ikutan Grand Try Out Zenius buat menguji kemampuan elo hadapi soal-soal UTBK 2022. Klik banner di bawah ini sekarang!

Grand Try Out Zenius. Event try out online untuk uji kemampuan jawab soal UTBK SBMPTN 2022
Yuk, klik banner untuk lihat lebih lanjut!

Originally published: November 12, 2021
Updated by: Sabrina Mulia Rhamadanty

Bagikan Artikel Ini!