Cara Mendapatkan Nilai Maksimal UTBK Agar Lolos PTN Impian

5 Cara Mendapatkan Nilai UTBK Tinggi Agar Lolos PTN Impian

Halo Sobat Zenius, apa kabarnya nih? Perkenalkan gue Sabrina, SEO Web Writer di Zenius yang bakal sharing cara jitu mendapatkan skor maksimal UTBK 2022. 

Seperti yang elo tau, mendapatkan nilai maksimal UTBK adalah mimpi para pejuang PTN supaya bisa diterima di kampus impian. Tapi, sebelum mencapai goal itu, elo harus mengetahui seluk-beluk dan tips agar nilai UTBK tinggi. 

Karena mendapatkan skor maksimal UTBK bukan kayak sulap, yang sekali baca mantra langsung jadi. Ada proses dan informasi UTBK yang harus elo jalani dan elo pahami dengan tekun. 

Untuk mendukung elo menaklukan soal-soal di UTBK, Zenius udah nyiapin fitur simulasi try out UTBK di Zenius yang tentunya super lengkap dan terupdate. 

Oke, dari pada berlama-lama, gue akan mulai dari informasi terkait sistem penilaian hingga cara mendapatkan nilai maksimal di UTBK mendatang. 

Informasi UTBK SBMPTN 2022

Mungkin elo bertanya sebenernya berapa soal UTBK itu? atau apakah soal UTBK sama semua? 

Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan di atas, elo bisa merujuk informasi pelaksanaan UTBK 2022 yang telah diumumkan oleh LTMPT pada awal Januari 2022 lalu. 

Jadwal UTBK 2022 akan dibagi menjadi dua gelombang selama dua minggu, sebagai berikut:

  • Gelombang pertama: 17-23 Mei 2022, setiap hari dilakukan dua sesi (pagi dan siang).  
  • Gelombang kedua: 28 Mei-3 Juni 2022, setiap hari dilakukan dua sesi (pagi dan siang).

Sedangkan biaya pendaftaran untuk peserta yang memilih kelompok ujian Saintek atau Soshum adalah Rp200.000 dan peserta yang memilih kelompok campuran adalah Rp300.000.

Untuk pemilihan jurusan, satu peserta bisa memilih maksimal dua jurusan di perguruan tinggi /PTKIN/Poltek Negeri. Jika, pendaftaran UTBK 2022 sudah dibuka, elo bisa langsung mendaftar pada 

Jumlah Soal UTBK 2022 (Informasi Terbaru)

Pengumuman mengenai informasi UTBK 2022 terbaru telah dilakukan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) pada akhir tahun 2021 kemarin.

Di tahun ini, jumlah soal UTBK 2022 memiliki “sedikit” perbedaan dengan tahun 2021. Terutama di bagian kelompok soal TPS. Ini akan gue jelaskan lebih lanjut di bagian akhir. 

Sama seperti UTBK 2021, UTBK 2022 akan dilaksanakan dalam dua gelombang. Gelombang pertama pada 17 – 23 Mei 2022. Sedangkan gelombang kedua dilaksanakan pada 28 Mei – 3 Juni 2022. 

Kalau dibandingkan tahun 2021, tahun 2022 ini pelaksanaan UTBK lebih mundur. Terlihat dari gelombang pertama yang dimulai pada pertengahan Mei 2022, sedangkan tahun lalu gelombang pertama dilaksanakan pada 12 April 2021.

Pada UTBK 2022 masing-masing ujian juga dibagi dalam dua sesi, yaitu sesi pagi dan sesi siang. 

Biaya pendaftaran UTBK 2022 juga tidak mengalami perubahan yaitu hanya untuk kelompok ujian Saintek atau Soshum sebesar Rp200.000 dan peserta yang memilih kelompok campuran sebesar Rp300.000.

Untuk pemilihan jurusan pun sama. Satu peserta bisa memilih maksimal dua jurusan di perguruan tinggi /PTKIN/Poltek Negeri.

Terus untuk tahun 2022, berapa soal UTBK yang akan keluar? Jika tidak berubah dan jumlah soal UTBK sama dengan tahun 2021, maka inilah pembagian jumlah soal UTBK 2022 per-kelompok soal:

Jumlah soal UTBK 2022 untuk Tes Potensi Skolastik (TPS) terdiri dari ±79 soal, yang terdiri dari: 

  • Pemahaman Baca dan Menulis (PBM): ±17 Soal
  • Pengetahuan dan Pemahaman Umum (PPU): ±16 Soal
  • Pengetahuan Kuantitatif (PK): ±15 Soal
  • Penalaran Umum (PU): ±16 Soal
  • Bahasa Inggris: ±15 Soal

Jumlah soal UTBK 2022 untuk Tes Kemampuan Akademik (TPA) terdiri dari 60 soal, terdiri dari:

  • TKA Saintek 
  • Matematika Sains: 15 Soal 
  • Fisika: 15 Soal
  • Kimia: 15 Soal 
  • Biologi: 15 Soal
  • TKA Soshum 
  • Geografi: 15 Soal
  • Sosiologi: 15 Soal 
  • Sejarah: 15 Soal
  • Ekonomi: 15 Soal
  • TKA Campuran = TKA Saintek + TKA Soshum: 120 Soal 

Kalau elo udah ngeliat dan memahami pembagian masing-masing soal, bisa disimpulkan kalo total soal UTBK tahun 2022 adalah sebagai berikut:

  • Jumlah soal UTBK 2022 untuk Saintek: 79 + 60 = ±139 soal.
  • Jumlah soal UTBK 2022 untuk Soshum: 79 + 60 = ±139 soal.
  • Jumlah soal UTBK 2022 untuk Campuran: 79 + 60 + 60 = ±199 soal.

Jumlah soal UTBK 2022 dan UTBK 2021 gak terlalu berbeda, elo bisa lihat daftar jumlah soal UTBK 2022 yang telah disosialisasikan oleh LTMPT berikut ini: 

Try Out UTBK - Jumlah soal UTBK 2022
Jumlah soal UTBK 2022

Mengenai perbedaan jumlah soal UTBK 2022 dengan soal UTBK 2021 terletak pada soal TPS. Bisa elo lihat daftar di atas bahwa ada soal atau tes Bahasa Inggris. 

Mungkin sebagian dari elo sempet nanya ke kakak tingkat atau bahkan elo sendiri ikutan tes UTBK tahun lalu. 

Di UTBK 2021 memang ada tes Bahasa Inggris tapi penilaiannya masuk ke dalam TPS. Sedangkan di kelompok soal UTBK 2022, tes Bahasa Inggris akan memiliki penilaian sendiri. Tapi waktu pengerjaannya saja yang tetap digabung dengan TPS.

Skor Maksimal UTBK 

Kalo udah tau tentang jumlah soal dan waktu pengerjaannya berarti kali ini saatnya elo merancang strategi supaya bisa mendapatkan skor maksimal UTBK. 

Eits, tapi sebelum masuk ke tahap itu, elo harus kenalan dulu sama sistem penilaian UTBK 2022. Namanya adalah IRT Scoring atau Item Response Theory (IRT). Sistem penilaian ini dibagi menjadi tiga tahap, yaitu:

1.      Tahap 1: Pada tahap ini semua soal yang dijawab oleh peserta UTBK akan diberi skor 1 dan yang tidak dijawab akan diberi skor 0.

2.      Tahap 2: Berdasarkan tahap 1, soal-soal nantinya akan dianalisis kembali dan diurutkan berdasarkan tingkat kesulitan dari soal-soal lainnya.
(Contoh: Bisa jadi soal nomor 3 tidak dijawab oleh banyak peserta, karena soal ini tingkat kesulitannya tinggi).

3.      Tahap 3: Berdasarkan skor masing-masing soal di tahap ke-2 akan dihitung total skor (nilai) yang berhasil dikumpulkan masing-masing peserta UTBK.

Simpelnya gini, cara penilaian UTBK 2022 yang disebut dengan IRT scoring ini membuat soal dengan tingkat kesulitan tinggi memiliki poin atau skor lebih tinggi dibandingkan dengan soal dengan tingkat kesulitan menengah atau mudah. 

Ini dirasa lebih adil, karena dengan begitu peserta tidak dirugikan dalam hal penilaian dan panitia atau universitas yang menjadi tempat tujuan mendapatkan penilaian yang sesuai.

Misalnya nih, elo ikut UTBK 2022 terus di mata pelajaran Biologi elo berhasil menjawab betul 10 soal. Dari 10 soal itu komposisi soal sulit yang berhasil dijawab adalah 7. 

Sedangkan ada temen elo yang ikut ujian juga dan di mata pelajar biologi sama-sama menjawab 10 soal dengan elo. Tapi setelah dicek komposisi soal sulit yang berhasil dijawab oleh temen elo hanya 3 soal, sisanya soal mudah.

Nah meskipun secara kuantitas (jumlah) soal benar kalian sama, tapi secara kuantitas (tingkat kesulitan) berbeda. 

Maka orang yang menjawab lebih banyak soal sulit akan mendapatkan skor lebih besar. Gimana, sampe sini paham?

Nah, mengenai nilai maksimal UTBK, sebenernya kalo elo jago banget dan emang bisa menjawab semua kelompok soal dengan benar artinya nilai maksimal UTBK elo adalah 1.000 (seribu). 

Tapi sampai sekarang belum ada sih siswa atau peserta UTBK yang berhasil memecahkan rekor ini.

Meskipun tujuan elo misalnya adalah jurusan favorit di Indonesia, nilai maksimal UTBK untuk masing-masing universitas selalu berbeda kok. Ini juga karena dipengaruhi oleh banyaknya peminat yang menyesuaikan dengan kuota per-jurusan. 

Nah, gue udah ngumpulin nih nilai rata-rata diterima UTBK 2021 di jalur Soshum dan Saintek pada berbagai universitas di Indonesia. 

Nilai rata-rata diterima UTBK 2021 jurusan Soshum
Nilai rata-rata diterima UTBK 2021 jurusan Soshum
Nilai rata-rata diterima UTBK 2021 jurusan Saintek
Nilai rata-rata diterima UTBK 2021 jurusan Saintek

Daftar nilai rata-rata UTBK 2021 ini diambil dari 10 universitas dengan pendaftaran terbanyak. Ini menjadi acuan buat elo dalam memilih universitas di UTBK 2022 nanti. 

Kalo dilihat dari dua daftar diatas bisa dibilang rata-rata nilai masih berputar pada nilai 600-an. Makanya banyak banget orang yang menyarankan untuk mendapatkan skor UTBK di atas 600 atau bahkan menyentuh angka 700 yang udah dianggap sebagai titik aman masuk ke PTN favorit

Tapi gimana sih sebenernya, cara mendapatkan nilai UTBK 700 itu?

Tenang, gak perlu khawatir, karena gue udah merangkum 5 cara mudah supaya elo bisa mendapatkan nilai UTBK tinggi bahkan mendekati skor 700-an. 

Cara Mendapatkan Nilai UTBK Tinggi 

Gue mau ngajak elo buat membahas beberapa cara mendapatkan nilai UTBK 700 dan satu cara yang cukup efektif yaitu dengan mengikuti try out UTBK secara intensif.

Buat elo, para pejuang PTN, tentunya ingin dapat nilai maksimal UBTK, supaya bisa lolos PTN impian, kan? Yuk langsung aja lihat penjelasannya di bawah ini:

Bikin Jadwal Belajar 

Selain tau mengenai jadwal UTBK, jangan lupa untuk membuat jadwal belajar membuat elo lebih terarah untuk meraih nilai maksimal UTBK 2022.

Gue pribadi menganggap membuat jadwal belajar UTBK bisa sangat membantu elo mendapatkan nilai maksimal UTBK.

Dengan adanya jadwal belajar otomatis otak elo akan membuat pengaturan mengenai waktu, Kalo udah masuk waktu belajar tapi elo masih berleha-leha di depan TV atau scroll Twitter biasanya bakal ada tuh rasa bersalah karena elo gak memanfaatkan waktu dengan baik.

Nah, kalo udah ngerasa gitu, jangan diabaikan ya. Langsung tarik napas dalam-dalam dan siapkan buku-buku untuk belajar.

Jadwal belajar juga akan mempermudah elo untuk memahami materi. Sehingga elo bisa mengetahui materi yang udah atau belum elo pelajari sehingga meminimalisir mempelajari subjek berulang. 

Belajar dengan Mentor 

Namanya belajar, pasti sering mengalami kebuntuan. Perasaan udah baca buku berulang kali, udah diitung dengan berbagai macam rumus. Kok tetep gak ngerti ya? Kok tetep gak ketemu jawabannya ya?

Jangan risau, ini artinya tanda bahwa elo harus belajar dengan seorang guru atau mentor. Fungsi mentor di sini adalah penunjuk jalan kalau elo lagi tersesat mengerjakan soal.

Ditambah, untuk mendapatkan skor maksimal UTBK, elo gak bisa main-main karena soal UTBK memang bukan jenis soal biasa yang elo pelajari di SMA. Jadi emang perlu treatment khusus dalam menanganinya. 

Dengan kemajuan zaman, semua kegiatan elo akan dipermudah dengan adanya teknologi. Salah satunya adalah mencari mentor atau guru untuk persiapan UTBK. 

Elo bisa mulai mengikuti les atau bimbel UTBK online. Dengan mengikuti bimbel UTBK online elo bisa lebih leluasa mengatur jadwal belajar dan gak perlu mengeluarkan tenaga lebih untuk dateng ke tempat les. 

Nah, salah satu bimbel UTBK online yang bisa elo pilih adalah Zenius.

Sejak tahun 2004, Zenius telah berdiri dan sudah berhasil mengukir prestasi sebagai bimbel terbaik di Indonesia.

Zenius juga punya banyak fitur-fitur canggih yang bisa elo gunakan kalo ikutan bimbel UTBK online. 

Paket belajar di Zenius juga ramah kantong, bahkan tersedia mulai dari 12 ribuan aja. 

Kalo penasaran langsung cek di sini ya: Paket Belajar Zenius Terlengkap: Pilih Paket Berlangganan Sekarang! 

Perbanyak Latihan Soal dengan Try Out UTBK

Practice make perfect, peribahasa yang satu ini sangat cocok untuk elo semua yang pengen banget diterima di kampus pilihan. 

Melihat banyak saingan dan sistem penilaian UTBK 2022 yang tidak biasa, artinya elo harus bisa beradaptasi dengan ujian ini. Tidak lain dan tidak bukan dengan mengikuti try out UTBK. 

Sebelum pandemi, sistem try out UTBK biasanya banyak dilakukan secara tatap muka. Tapi ternyata terkadang sistem try out offline gak terlalu efektif. Apalagi ketika penyelenggaranya nggak memberikan fasilitas yang memadai. 

Untungnya, berkat perkembangan teknologi, elo jadi bisa latihan soal try out UTBK online. Dari internet, elo bisa menemukan banyak penyelenggara try out UTBK online, mulai dari yang berbayar hingga yang gratis. 

Tapi tunggu dulu, sebelum memilih tempat mengikuti try out online, elo harus mengetahui ciri-ciri dari penyelenggara try out online yang berkualitas, di antaranya sebagai berikut: 

  • Soal Try Out Mudah Diakses
  • Soal Try Out Berkualitas (Bukan Hasil Daur Ulang Soal)
  • Soal Try Out Punya Format yang Mirip dengan Soal UTBK Asli
  • Sistem penilaian Try Out sama dengan Sistem Penilaian UTBK
  • Penyelenggara Try Out UTBK Memberikan Jawaban dan Penjelasan untuk Setiap Soal Try Out 

Nah, salah satu penyelenggara try out online yang berkualitas dan sudah terpercaya adalah Zenius. Kalau ikutan try out UTBK online bareng Zenius, elo akan dapet sederet keuntungan dari fitur-fitur unggulan yang dimiliki Zenius.

Elo akan mengerjakan soal-soal Zenius simulasi UTBK yang bener-bener mirip sama soal UTBK asli. Terus, sistem penilaian di Zenius juga udah menggunakan sistem penilaian terbaru sama dengan sistem penilaian UTBK beneran.

Sistem try out SBMPTN Zenius juga gampang diakses. Elo bisa ikut Zenius simulasi UTBK dari aplikasi Zenius yang bisa di download gratis di play store atau apple store dan pastinya elo bisa ikutan try out UTBK online ini dari mana aja.

Plus, elo akan dapet free akses tentang penjelasan try out SBMPTN Zenius dalam bentuk video dari guru-guru profesional di bidangnya. 

Jadi elo bisa lebih paham tentang materi yang ada di soal try out UTBK, bukan cuma dikasih kunci jawaban. 

Elo juga akan mendapatkan rangkuman materi UTBK secara detail, ini berguna banget supaya di try out SBMPTN Zenius selanjutnya, elo bisa dapat skor yang lebih tinggi.

Gimana Sobat Zenius, oke banget kan fitur-fiturnya? Kalau elo penasaran, elo bisa intip fitur-fitur try out online Zenius lebih lengkapnya di sini ya!

cta banner donwload apps zenius

Download Aplikasi Zenius

Fokus UTBK untuk kejar kampus impian? Persiapin diri elo lewat pembahasan video materi, ribuan contoh soal, dan kumpulan try out di Zenius!

icon download playstore
icon download appstore
download aplikasi zenius app gallery

Pahami Format Soal UTBK

Yang kedua adalah memahami karakteristik ujian dan soal-soal yang diberikan dalam UTBK termasuk informasi mengenai jumlah soal dan lama waktu pengerjaan setiap sesi UTBK adalah hal yang penting.

Mungkin dari elo semua ada yang kepikiran “Emang gak cukup cuman modal belajar aja? Kan yang penting pertanyaannya dijawab”.

Jadi gini, pengetahuan tentang jumlah soal dan lama waktu pengerjaan setiap sesi akan sangat membantu elo supaya bisa menyusun strategi di medan perang.

Ini juga akan membantu supaya elo bisa mendapatkan skor maksimal UTBK dengan menggunakan waktu seefektif mungkin selama ujian.

Dengan pembagian soal UTBK yang udah gue jelasan di awal, artinya kalau elo memilih kelompok saintek atau soshum maka elo cuman punya waktu pengerjaan total selama 195 menit aja. 

Sedangkan, buat elo yang memilih kelompok campuran elo punya waktu 285 menit aja.

Untuk melatih supaya elo bisa manajemen waktu selama mengerjakan soal UTBK, elo bisa mengikuti banyak try out UTBK yang menggunakan sistem waktu sama dengan waktu UTBK sesungguhnya. 

Dengan mengetahui estimasi waktu dan jumlah soal, akan mempermudah elo menakar kemampuan dan membuat strategi dalam menjawab soal UTBK.

Pahami Sistem Penilaian dalam UTBK

Cara mendapatkan nilai UTBK tinggi selanjutnya adalah elo harus paham tentang sistem penilaian dalam UTBK. Mungkin sebagian dari elo ada yang mikir, “Kalo sistem penilaian serahkan saja pada panitia penyelenggara, kita gak usah tau”.

Well, sebenernya mengetahui sistem penilaian UTBK 2022 adalah salah satu cara strategis terbaik supaya elo bisa menjawab soal tepat sasaran. Artinya, soal-soal yang elo jawab adalah soal-soal pilihan yang punya skor tinggi. 

Ingat peribahasa sekali mendayung dua-tiga pulau terlampaui? Nah dengan informasi ini, elo bisa menjawab soal-soal berbobot yang akan membantu elo dapat skor maksimal UTBK. 

Dengan cara penilaian IRT Scoring yang gue jelasin di atas, artinya semakin banyak soal dengan tingkat kesulitan tinggi yang bisa elo jawab, maka semakin besar skor UTBK yang akan elo didapatkan.

Biar gak lupa, gue udah rangkum cara-cara jitu mendapatkan skor maksimal UTBK yang bisa elo cek di bawah ini:

Cara Jitu Dapatkan Nilai Maksimal UTBK
Cara Jitu Dapatkan Nilai Maksimal UTBK

Oke, segitu dulu informasi yang bisa gue sampaikan tentang cara mendapatkan nilai maksimal UTBK hingga informasi tentang soal dan sistem penilaian UTBK 2022 terbaru. 

Jangan lupa diterapkan ya, biar elo bisa dapet skor maksimal UTBK di tahun 2022 ini dan bisa mewujudkan mimpi diterima di perguruan tinggi idaman elo. 

Yuk, ikutan Grand Try Out Zenius buat matengin persiapan hadapi soal-soal UTBK 2022. Klik banner di bawah ini, sekarang!

Grand Try Out Zenius. Event try out online untuk uji kemampuan jawab soal UTBK SBMPTN 2022


Referensi:

Tanggal Ujian UTBK 2021 & Apa Itu Sistem IRT Scoring di Tes SBMPTN – Tirto.id (2021)
Seleksi Masuk PTN: Sistem Penilaian UTBK 2021 – Detik.com (2021)

Originally published: November 21, 2021
Updated by: Sabrina Mulia Rhamadanty

Bagikan Artikel Ini!