Try Out UTBK - Cara Jitu Lolos UTBK SBMPTN dan Kejar PTN Impian

Boleh Dicoba, Cara Jitu Belajar UTBK Agar Lolos PTN Impian

Halo Sobat Zenius, apa kabarnya nih? Perkenalkan gue Sabrina, SEO Web Writer di Zenius yang bakal banyak sharing tentang tips UTBK SBMPTN. Nah, kali ini gue mau ngajak lo buat membahas beberapa cara jitu untuk mempersiapkan diri menghadapi UTBK SBMPTN 2022. Salah satu caranya yaitu dengan mengikuti try out UTBK.

Buat lo, para pejuang PTN, tentunya ingin dapat nilai maksimal UBTK, supaya bisa lolos PTN impian, kan? Nah, biar persiapan lo makin efektif, ada baiknya kalau lo ikut simulasi UTBK lewat try out online.

Cara Jitu Belajar UTBK

Sebenarnya, ada banyak cara yang bisa lo lakuin buat mempersiapkan diri menghadapi soal UTBK SBMPTN 2022. Nah, biar makin mudah dan efektif, gue sudah merangkum beberapa cara jitu yang bisa lo terapin, biar peluang lolos PTN impian lo makin maksimal. Yuk langsung aja lihat penjelasannya di bawah ini:

Cara Jitu Pertama: Perbanyak Latihan Soal dengan Try Out UTBK

Practice makes perfect, peribahasa yang satu ini sangat cocok untuk lo semua yang pengen banget diterima di kampus pilihan. Melihat banyak saingan dan standar penilaian yang tidak biasa, artinya lo harus bisa beradaptasi dengan ujian ini. Tidak lain dan tidak bukan dengan mengikuti try out UTBK. 

Sebelum pandemi, sistem try out UTBK biasanya banyak dilakukan secara tatap muka. Tapi ternyata terkadang sistem try out offline gak terlalu efektif. Apalagi ketika penyelenggaranya nggak memberikan fasilitas yang memadai. 

Untungnya, berkat perkembangan teknologi, lo jadi bisa latihan soal try out UTBK online. Dari internet, lo bisa menemukan banyak penyelenggara try out UTBK online, mulai dari yang berbayar hingga yang gratis. 

Tapi tunggu dulu, sebelum memilih tempat mengikuti try out online, lo harus mengetahui ciri-ciri dari penyelenggara try out online yang berkualitas, diantaranya sebagai berikut: 

  • Soal Try Out Mudah Diakses
  • Soal Try Out Berkualitas (Bukan Hasil Daur Ulang Soal)
  • Soal Try Out Punya Format yang Mirip dengan Soal UTBK Asli
  • Sistem Penilaian Try Out Sama dengan Sistem Penilaian UTBK
  • Penyelenggara Try Out UTBK Memberikan Jawaban dan Penjelasan Setiap Soal Try Out 

Nah, salah satu penyelenggara try out online yang berkualitas dan sudah terpercaya adalah Zenius. Kalau lo ikutan try out UTBK online bareng Zenius, lo akan dapet sederet keuntungan dari fitur-fitur unggulan yang dimiliki Zenius.

Lo akan mengerjakan soal-soal try out UTBK yang bener-bener mirip sama soal UTBK asli. Terus, sistem penilaian di Zenius juga udah menggunakan sistem penilaian terbaru sama dengan sistem penilaian UTBK beneran.

Sistem try out di Zenius juga gampang diakses. Lo bisa ikut try out online dari aplikasi Zenius yang bisa di download gratis di Play Store atau App Store dan pastinya lo bisa ikutan try out UTBK online ini dari mana aja.

Plus, lo akan dapet free akses tentang penjelasan try out UTBK dalam bentuk video dari guru-guru profesional di bidangnya. Jadi lo bisa lebih paham tentang materi yang ada di soal try out UTBK, bukan cuman dikasih kunci jawaban, doang. Dan lo juga akan mendapatkan rangkuman materi UTBK secara detail, ini berguna banget supaya di try out UTBK selanjutnya, lo bisa dapat skor yang lebih tinggi.

Gimana Sobat Zenius, oke banget kan fitur-fiturnya? Kalau lo penasaran, lo bisa intip fitur-fitur try out online Zenius lebih lengkapnya klik di sini ya.  

Cara Jitu Kedua: Pahami Format Soal UTBK

Yang kedua adalah memahami karakteristik ujian dan soal-soal yang diberikan dalam UTBK termasuk informasi mengenai jumlah soal dan lama waktu pengerjaan setiap sesi UTBK adalah hal yang penting.

Mungkin dari lo semua ada yang kepikiran “Emang gak cukup cuman modal belajar aja? Kan yang penting pertanyaannya dijawab”. Jadi gini sobat, pengetahuan tentang jumlah soal dan lama waktu pengerjaan setiap sesi akan sangat membantu lo supaya bisa menyusun strategi di medan perang. Ini juga akan membantu supaya lo bisa mendapatkan skor tertinggi dengan menggunakan waktu seefektif mungkin selama ujian.

Tips Lolos Tes Potensial Skolastik UTBK. Lolos UTBK SBMPTN lebih mudah lewat Try Out Online Zenius!
Tips Lolos Tes Potensial Skolastik UTBK

Merujuk pada pelaksanaan UTBK 2021, berikut ini adalah informasi lengkap kelompok, jumlah dan waktu pengerjaan soal UTBK:

  • Soal Tes Potensi Skolastik (TPS): Berjumlah 120 soal dengan waktu pengerjaan 105 menit.
  • Soal Tes Kemampuan Akademik (TKA): Saintek berjumlah 80 soal dengan waktu pengerjaan 90 menit.
  • Soal Tes Kemampuan Akademik (TKA): Soshum berjumlah 80 soal dengan waktu pengerjaan 90 menit.

Dengan pembagian ini artinya kalau lo memilih kelompok saintek atau soshum maka lo cuman punya waktu pengerjaan total selama 195 menit aja. Sedangkan, buat lo yang memilih kelompok campuran lo punya waktu 285 menit aja.

Untuk melatih supaya lo bisa manajemen waktu selama mengerjakan soal UTBK, lo bisa mengikuti banyak try out UTBK yang menggunakan sistem waktu sama dengan waktu UTBK sesungguhnya. Dengan mengetahui estimasi waktu dan jumlah soal, akan mempermudah lo menakar kemampuan dan membuat strategi dalam menjawab soal UTBK.

Cara Jitu Ketiga: Pahami Sistem Penilaian dalam UTBK

Informasi yang harus lo pahami selanjutnya adalah tentang sistem penilaian dalam UTBK. Mungkin sebagian dari lo ada yang mikir, “Kalo sistem penilaian serahkan saja pada panitia penyelenggara, kita gak usah tau”.

Well, sebenernya mengetahui sistem penilaian adalah salah satu cara strategis terbaik supaya lo bisa menjawab soal tepat sasaran. Artinya, soal-soal yang lo jawab adalah soal-soal pilihan yang punya skor tinggi. Ingat peribahasa sekali mendayung dua-tiga pulau terlampaui? Nah dengan informasi ini, lo bisa menjawab soal-soal berbobot yang akan membantu lo dapat skor lebih tinggi dari yang lain.

Sistem Penilaian dalam UTBK dinamakan IRT Scoring atau Item Response Theory (IRT). Sistem penilaian ini dibagi menjadi tiga tahap, yaitu:

  • Tahap 1: Pada tahap ini semua soal yang dijawab oleh peserta UTBK akan diberi skor 1 dan yang tidak dijawab akan diberi skor 0.
  • Tahap 2: Berdasarkan tahap 1, soal-soal nantinya akan dianalisis kembali dan diurutkan berdasarkan tingkat kesulitan dari soal-soal lainnya (Contoh: Bisa jadi soal nomor 3 tidak dijawab oleh banyak peserta, karena soal ini tingkat kesulitannya tinggi).
  • Tahap 3: Berdasarkan skor masing-masing soal di tahap ke-2 akan dihitung total skor (nilai) yang berhasil dikumpulkan masing-masing peserta UTBK.

Dengan cara penilaian ini, artinya semakin banyak soal dengan tingkat kesulitan tinggi yang bisa lo jawab, maka semakin besar skor UTBK yang akan lo didapatkan.

Kenapa Cara Jitu dalam Mengerjakan Soal UTBK Diperlukan

Perlu Sobat Zenius ketahui bahwa UTBK adalah tipe ujian yang berbeda dari UTS atau UAS yang sering kita temui di sekolah. Seperti namanya UTBK adalah ujian masuk perguruan tinggi berbasis komputer yang dilaksanakan langsung oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT).

Ada beberapa hal yang membuat ujian ini istimewa, apa saja itu?

Yang pertama, UTBK ini akan diikuti oleh beberapa kalangan, salah satunya dari kalangan alumni. Berbeda dengan SNMPTN yang hanya bisa dilakukan oleh anak SMA aktif, UTBK bisa diikuti oleh alumni dengan kriteria sebagai berikut:

1. Siswa lulusan maksimal 2 tahun sebelum tahun pendaftaran UTBK

Contoh: Sobat Zenius adalah lulusan SMA tahun 2021 dan telah mengikuti UTBK pada tahun yang sama, artinya lo masih punya 2 tahun (2 kali) kesempatan  tes ditahun 2022 dan 2023.

2. Siswa lulusan Paket-C maksimal 2 tahun sebelum tahun pendaftaran UTBK

Sama seperti persyaratan alumni SMA, namun alumni lulusan paket-C yang boleh mengikuti UTBK maksimal berumur 25 tahun.

Yuk try out utbk di Zenius, tingkatkan peluang lolos UTBK SBMPTN 2022 dari sekarang!

Yang kedua, UTBK hanya bisa dilakukan satu kali dalam setahun. Itu artinya, lo harus memanfaatkan kesempatan ini dengan sangat maksimal.

Yang ketiga, soal UTBK memiliki beberapa kelompok soal yang harus lo pahami dan jangan sampai ketika melakukan pendaftaran UTBK. Beberapa kelompok soal UTBK antara lain:

1. Kelompok Ujian Sains dan Teknologi (Saintek): Terdiri dari soal TPS dan TKA Saintek (Matematika Saintek, Fisika, Kimia, dan Biologi).

2. Kelompok Ujian Sosial dan Humaniora (Soshum): Terdiri dari soal TPS dan TKA Soshum (Geografi, Sejarah, Sosiologi, dan Ekonomi).

3. Kelompok Ujian Campuran (Saintek dan Soshum): Terdiri dari soal TPS, TKA Saintek, dan TKA Soshum. 

Dari ketiga keistimewaan ujian ini, lo harus tau bahwa persaingan untuk masuk ke universitas impian akan lebih berat ketika lo gak punya cara jitu untuk menaklukan soal-soal UTBK.

Nah, segitu dulu cara-cara jitu yang bisa gue kasih tau ke lo semua. Jangan lupa diterapkan ya supaya dapet nilai UTBK yang tinggi dan akhirnya diterima di perguruan tinggi favorit. 

Bagikan artikel ini