Rangkuman Besaran dan Satuan - Materi Fisika Kelas 10

Materi Lengkap Besaran dan Satuan Fisika Kelas 10

Halo Sobat Zenius, di artikel kali ini gue akan fokus membahas materi besaran dan satuan kelas 10 yang akan elo temui di Mata Pelajaran Fisika. 

Oh iya guys, di kelas 7, mungkin elo sudah mempelajari materi besaran dan satuan Fisika. Nah, materi ini adalah materi pendalaman atau lanjutan dan elo akan mempelajarinya mulai dari pengukuran besaran dan satuan hingga pengertian dimensi dalam Fisika.

Mengenal besaran dan satuan dalam fisika (dok: unsplash.com/charlesdeluvio)
Mengenal besaran dan satuan dalam fisika (sumber gambar: unsplash.com/charlesdeluvio)

Elo masih ingat nggak, sih, besaran satuan dan pengukuran Fisika itu apa? Ayo, coba diingat-ingat lagi, sambil flashback masa-masa SMP juga boleh, kok. 

Siapa tau elo menemukan kembali kenangan yang sempat hilang. Haha. Bukan begitu konsepnya ya, guys. Kalau berbicara tentang besaran dan satuan, yang pertama terlintas di pikiran adalah massa tubuh gue adalah 45 kg atau panjang tiang sekolah gue mencapai 5 m. 

Nah, yang disebut besaran adalah massa dan panjang, sedangkan satuannya adalah kg dan m. Agar lebih paham lagi, yuk kita langsung simak rangkuman besaran dan satuan kelas 10 berikut ini!

Apa Itu Besaran dan Satuan?

Elo pernah gak sih kepikiran, mengapa dalam fisika ada pelajaran besaran dan satuan? Kenapa gak semuanya kg atau semua satuan dibuat meter aja gitu?

Jadi gini guys, dalam hidup kita butuh satuan dan alat pengukuran untuk mengidentifikasikan kata panjang, pendek, tinggi, rendah, hingga berat dan ringan. 

Nah, kita butuh alat ukur untuk mengetahuinya yang sudah dirancang dengan satuan untuk mengetahui nilai pasti dari hal yang akan kita ukur itu. 

Dan supaya ingatan elo tentang materi Fisika besaran satuan dan pengukuran lebih kuat, mari kita bahas definisinya terlebih dahulu.

Besaran Fisika adalah segala sesuatu yang dapat diukur dan dinyatakan dengan angka, serta memiliki satuan.

Satuan itu apa? Satuan adalah segala sesuatu yang menyatakan hasil pengukuran atau pembanding dari suatu besaran. 

Elo juga harus tau kalau ada yang namanya Satuan Internasional (SI), di mana SI itu merupakan satuan pengukuran baku yang ditetapkan oleh International Bureau of Weights and Measures (BIPM) dan berlaku universal. 

Kalau ada satuan baku, berarti ada satuan tidak baku dong? Iya betul. Kalau satuan baku itu contohnya meter, sekon, kilogram. Sedangkan satuan tidak baku itu seperti jengkal dan langkah, di mana setiap orang tentu memiliki panjang jengkal dan langkah yang berbeda.

Kalau satuan itu ada dua jenis, besaran juga tidak mau kalah, dong. Besaran ada dua jenis, yaitu besaran pokok dan turunan. NahSI tersebut digunakan dalam tujuh besaran pokok yang akan dibahas selanjutnya.

Oke, Sekarang elo udah paham pengertian dari besaran satuan dan pengukuran. Sebelum gue lanjut ke bagian macam-macam besaran dan turunannya, gue punya info penting yang gak boleh elo lewatkan. 

Kalo elo mengalami kesulitan dalam memahami mata pelajaran Fisika atau Mata Pelajaran lainnya seperti Kimia, Biologi, Ekonomi, atau Sejarah, elo gak perlu khawatir. 

Soalnya, Zenius akan bantu elo dengan rangkuman materi dan soal-soal akurat terbaru, lengkap dengan penjelasan yang komprehensif dari para tutor profesional.

Kalo mau, elo boleh coba ikutan belajar bareng Zenius dengan cara klik link ini ya~

Besaran Pokok dan Satuannya

Besaran pokok adalah besaran yang tidak berasal dari besaran lain, melainkan besaran yang menjadi dasar untuk menetapkan besaran yang lain.

Ada 7 macam besaran yang telah disepakati sebagai berikut:

besaran pokok dan satuannya
Besaran pokok dan satuannya (sumber gambar: video materi Zenius)

Besaran Turunan dan Satuannya

Besaran turunan adalah besaran yang diturunkan dari besaran pokok. Contohnya adalah kecepatan dengan satuannya m/s yang diturunkan dari besaran panjang/waktu.

Untuk lebih jelasnya, elo bisa langsung melihat contoh besaran turunan dan satuannya di bawah ini.

besaran turunan dan satuannya
Besaran turunan dan satuannya (sumber gambar: video materi Zenius)

Apa Itu Dimensi?

Setelah elo mengetahui besaran satuan dan pengukuran dalam Fisika itu seperti apa, sekarang kita bahas tentang dimensi. 

Dimensi adalah bentuk penulisan besaran menggunakan lambang satuan besaran pokok dengan kata lain merupakan cara menunjukkan besaran turunan dari besaran pokok penyusunnya. 

Ciri-cirinya yaitu terdapat lambang besaran pokok yang diapit oleh kurung siku. Yuk, langsung aja kita lihat contoh dimensi pada tabel di bawah ini.

dimensi besaran fisika
Konsep Dimensi Besaran

Elo tidak perlu bingung, perhitungan dimensi tetap sama kok seperti perhitungan biasa. 

Hanya saja, kalau ini menggunakan lambang yang diapit kurung siku. Kemudian, kalau nilai perkalian ditulis pangkat positif, sedangkan untuk pembagian ditulis pangkat negatif. 

Langsung aja deh lihat contoh di bawah ini agar lebih jelas.

contoh soal dimensi fisika

Nah, seperti itu, guys. Jadi, yang penting elo tau rumusnya, setelah itu tentu elo bisa membuatnya menjadi dimensi besaran. Mudah bukan?

Tapi, kira-kira elo tau nggak apa sih manfaat menuliskan rumus-rumus tersebut menjadi dimensi besaran? 

Pertama, elo bisa mengetahui antara rumus yang satu dengan yang lainnya ternyata memiliki persamaan dimensi, contohnya usaha dengan energi. Kedua, dengan besaran dimensi, elo jadi tau bahwa suatu persamaan itu tepat atau tidak.

Pengukuran dan Ketidakpastian

Sekarang, kita akan mempelajari tentang pengukuran besaran dan satuan. Pengukuran itu apa sih? Pengukuran adalah membandingkan suatu besaran yang diukur dengan suatu satuan. 

Kita ambil contoh saat mengukur panjang pensil. Tentu elo membutuhkan penggaris dan pensilnya, bukan? Penggaris digunakan untuk melihat satuan panjang, sedangkan pensil merupakan benda yang akan kita cari tau besarannya. 

Contoh pengukuran lainnya yaitu massa, menggunakan timbangan untuk mengetahui bobot badan. Atau waktu yang diukur dengan jam atau stopwatch. Nah, itu semua termasuk contoh membandingkan suatu besaran.

Tapi, hasil pengukuran juga tidak selamanya pasti lho, guys. Antara alat ukur yang satu dengan yang lainnya bisa menyebabkan perbedaan hasil. 

Misalnya, ketika elo mengukur suatu benda menggunakan penggaris dan jangka sorong, maka hasilnya bisa sama dan bisa juga ada perbedaan meski sedikit. Selain itu, faktor lainnya selain perbedaan alat ukur juga bisa karena dilakukan berulang-ulang untuk mendapatkan hasil yang paling akurat.

Contoh Soal Besaran dan Satuan

Setelah elo mengetahui konsep-konsep di atas, belum lengkap rasanya kalau belum mencoba latihan soalnya, betul?

Tenang, gue sudah menyiapkan contoh soal dan pembahasan khusus untuk Sobat Zenius. Bisa dilihat contohnya di bawah ini ya, guys!

Tentukan dimensi dan satuannya dalam SI untuk besaran turunan berikut ini!

  1.       Gaya
  2.       Berat Jenis
  3.       Tekanan
  4.       Usaha
  5.       Daya

Pembahasan:

comtoh soal dan pembahasan besaran dan satuan fisika

Demikian rangkuman materi besaran dan satuan kelas 10. Semoga setelah membaca artikel ini Sobat Zenius jadi memahami besaran Fisika dan satuannya.

Selain materi Fisika, Zenius juga punya kumpulan materi pelajaran lainnya bahkan hingga kumpulan materi UTBK SBMPTN terlengkap, lho!

Ditambah, elo juga bisa dapetin ribuan materi belajar dan ikut live class bareng para tutor berpengalaman. Klik gambar di bawah ini buat info selanjutnya, ya!

Materi Lengkap Besaran dan Satuan Fisika Kelas 10 9

Selain belajar lewat dari artikel, Sobat Zenius juga bisa banget, lho, belajar dari video pembahasan tutor Zenius!

Penjelasannya akan mudah dicerna oleh elo dan tersedia beragam contoh soal yang menarik buat elo pelajari.

Elo tinggal klik banner di bawah ini,ketikkan materi pelajaran yang ingin elo dalami melalui kolom pencarian. Jangan lupa login pake akun Zeniusnya, ya!

besaran dan satuan fisika

Baca Juga Artikel Fisika Lainnya

Materi Fisika: Usaha dan Energi

Pembahasan Materi Dinamika Partikel dan Hukum Newton

Materi Konsep Dasar Termodinamika


Originally published: January 08, 2021
Updated by: Maulana Adieb dan Sabrina Mulia Rhamadanty

Bagikan Artikel Ini!