15 Jenis Kata dalam Bahasa Indonesia 17

15 Jenis Kata dalam Bahasa Indonesia

Halo Sobat Zenius, apa kabar? Di artikel ini gue mau membahas tentang 15 jenis kata dalam Bahasa Indonesia yang penting untuk elo ketahui, lho. Yuk, baca artikel ini sampai selesai!

Dalam kehidupan sehari-hari, elo tentu membaca, mendengar ataupun mengucapkan kalimat. Saat membuat kalimat menjadi sempurna dan bisa dipahami, elo bakal memilih kata-kata yang sesuai kan? Nah, tahu nggak apa sih kata itu?

Baca Juga Artikel Lainnya Tentang Bahasa Indonesia dari Zenius

10 Salah Kaprah dalam Bahasa Indonesia
6 (Lagi) Salah Kaprah dalam Berbahasa Indonesia
15 Jenis Kata dalam Bahasa Indonesia
19 Jenis Teks dalam Bahasa Indonesia
Bahasa Indonesia itu Gampang atau Susah, sih?
Asal-Usul Kata dalam Bahasa Indonesia

Nah, sebelum ngebahas kata dalam Bahasa Indonesia yang penting, elo juga harus tahu pengertian dari “kata”. Menurut KBBI, kata adalah unsur bahasa yang diucapkan atau dituliskan. Kata juga diartikan sebagai perwujudan kesatuan perasaan dan pikiran yang digunakan dalam berbahasa.  

Jenis-jenis kata dalam bahasa Indonesia dapat dibedakan menjadi dua, yaitu berdasarkan bentuk dan kategorinya. 

Jenis kata berdasarkan bentuknya dapat dibagi menjadi:

  1. Kata Dasar

Kata dasar adalah kata awal sebelum mengalami perubahan bentuk, fungsi dan makna, atau belum memiliki imbuhan. Untuk contoh dan bagaimana perubahannya, elo dapat membacanya di sini: 

Materi Bahasa Indonesia: Kata Dasar

2. Kata Ulang

Kata ulang adalah kata yang mengalami pengulangan, bisa dalam bentuk asli ataupun perubahan suku kata dan imbuhan, yang mengubah makna kata sebelumnya. Untuk bentuk-bentuk dan contoh kata ulang, elo dapat membacanya di sini:

Materi Bahasa Indonesia: Kata Ulang 

  1. Kata Majemuk

Kata majemuk adalah gabungan dua kata yang kemudian membentuk makna baru. Jika kata majemuk dipisahkan, kata tersebut akan kembali dengan makna aslinya. Kata majemuk dibedakan sesuai dengan bentuk penulisan dan maknanya. Untuk penjelasan lebih lanjut mengenai kata majemuk dapat dibaca di sini:

Materi Bahasa Indonesia: Kata Majemuk

  1. Kata Serapan

Kata serapan adalah kata yang berasal bukan dari Bahasa Indonesia (bahasa daerah/bahasa asing) yang diintegrasikan dalam Bahasa Indonesia untuk menambah kosa kata. Beberapa cara bahasa asing diserap ke dalam Bahasa Indonesia beserta contoh katanya dapat elo pelajari di sini. 

Materi Bahasa Indonesia: Kata Serapan

Berdasarkan kategori, jenis kata dapat dibagi menjadi:

  1. Kata Keterangan

Kata keterangan adalah kata yang menerangkan atau memperjelas kata kerja, kata sifat dan kata keterangan lainnya, namun tidak menerangkan kata benda dan kata ganti nama. Kata keterangan dapat dibagi menjadi beberapa jenis yaitu, kata keterangan waktu, kata keterangan tempat, kata keterangan alat, kata keterangan syarat, dan kata keterangan sebab. Untuk mengetahui perbedaan dan contohnya, elo dapat membacanya di sini:

Materi Bahasa Indonesia: Kata Keterangan

  1. Kata Sifat

Kata sifat atau adjektiva adalah kata yang menerangkan kata benda dan kata ganti nama. Kata sifat terbagi menjadi dua jenis, yaitu kata sifat bertaraf dan kata sifat tak bertaraf yang didalamnya terbagi lagi menjadi beberapa kategori. Tidak hanya sebagai keterangan, kata sifat juga dapat digunakan sebagai predikat. Untuk pembagian dan contohnya, elo dapat membacanya lebih lanjut di sini:

Materi Bahasa Indonesia: Kata Sifat 

  1. Kata Sambung

Kata sambung atau konjungsi adalah kata yang menghubungkan kata dengan kata, frasa dengan frasa, klausa dengan klausa, kalimat dengan kalimat ataupun paragraf dengan paragraf agar saling berkaitan. Ada banyak jenis kata sambung yang memiliki maksud berbeda-beda. Untuk mempelajarinya, elo dapat membuka ini:

Materi Bahasa Indonesia: Kata Sambung 

  1. Kata Ganti

Kata ganti adalah kata yang menggantikan kata benda yang sudah diketahui sebelumnya agar tidak disebut berulang kali. Kata ganti bisa menjadi subjek atau objek dalam suatu kalimat. Untuk pembagian jenis kata ganti dan contoh-contoh dari setiap jenis, elo dapat mempelajarinya di sini:

Materi Bahasa Indonesia: Kata Ganti

  1. Kata Depan

Kata depan adalah kata yang berada sebelum kata benda, kata kerja dan kata keterangan lain yang memiliki hubungan makna. Kata depan terbagi memiliki beberapa jenis dan fungsi yang berbeda-beda. Untuk mengetahuinya lebih lanjut, elo dapat membacanya di sini: 

Materi Bahasa Indonesia: Kata Depan

  1. Kata Bilangan

Kata bilangan adalah kata yang menyatakan jumlah benda, atau urutan benda dalam suatu deretan. Terdapat beberapa jenis kata bilangan dengan contohnya yang dapat elo pelajari di sini:

Materi Bahasa Indonesia: Kata Bilangan

  1. Kata Benda

Kata benda adalah kata yang menyatakan wujud atau kebendaan yang dapat dibagi menjadi kata benda umum dan kata benda khusus. Beberapa pembagian jenis kata benda lainnya beserta ciri-ciri kata benda dapat elo pelajari di sini:

Materi Bahasa Indonesia: Kata Benda

  1. Kata Sandang

Kata sandang adalah kata yang membatasi kata benda yang tidak memiliki makna jika digunakan sendirian seperti si, para, dll. Untuk pembahasan dan contoh lainnya dapat elo baca di sini:

Materi Bahasa Indonesia: Kata Sandang 

  1. Kata Seru

Kata seru adalah kata yang mengungkapkan rasa hati atau ekspreksi dari pembicara. Biasanya, kata seru terdapat dalam kalimat dialog. Untuk pembahasan dan contoh lainnya elo dapat pelajari di sini: 

Materi Bahasa Indonesia: Kata Seru

  1. Kata Kerja

Kata kerja adalah kata yang menyatakan tindakan. Ada dua jenis kata kerja, yaitu kata kerja transitif dan kata kerja intransitif. Untuk pengertian dan contoh katanya, dapat elo pelajari lebih lanjut di sini:

Materi Bahasa Indonesia: Kata Kerja 

  1. Kata Berimbuhan

Imbuhan atau afiks adalah kata kecil yang memiliki arti dan selalu digabungkan pada kata lain. Secara posisi, afiks dibagi menjadi empat: prefiks sebagai imbuhan yang berada di awal kata, infiks sebagai imbuhan yang berada di tengah kata, sufiks sebagai imbuhan yang berada di akhir kata, dan konfiks sebagai imbuhan yang berada di awal dan di akhir kata disebut. Namun berdasarkan jenisnya, afiks dibagi menjadi dua yaitu, asli dan serapan. Untuk mempelajari prefiks, infiks, sufiks dan konfiks elo dapat langsung membukanya di sini: 

Materi Bahasa Indonesia: Kata Berimbuhan

Kata juga dapat digabung menjadi dua kata atau lebih yang memiliki makna baru yang disebut dengan frasa. Frasa memiliki beberapa jenis dan ciri yang dapat elo perdalam di sini:

Materi Bahasa Indonesia: Jenis Frasa dan Cirinya 

Agar elo lebih mengenal jenis-jenis kata di atas, yuk latihan soal di bawah ini!

Bentuk -nya yang berfungsi sebagai pembentuk kata benda terdapat dalam kalimat ….

(A) rupanya hari ini akan turun hujan

(B) Ayah menitipkan uang itu kepadanya

(C) rumahnya sedang diperbaiki

(D) indahnya Pantai Kuta menarik wisatawan

(E) kado itu dibungkusnya dengan kertas yang paling baik

Bagaimana Sobat Zenius, sampai di sini sudah makin paham kan soal kata dalam Bahasa Indonesia? Jangan lupa untuk selalu berlatih dan memahami konsep dari masing-masing jenis kata ya.

Biar makin mantap, Zenius punya beberapa paket belajar yang bisa lo pilih sesuai kebutuhan lo. Di sini lo nggak cuman mereview materi aja, tetapi juga ada latihan soal untuk mengukur pemahaman lo. Yuk langsung aja klik banner di bawah ini!

15 Jenis Kata dalam Bahasa Indonesia 18

Baca Juga Artikel Bahasa Indonesia Lainnya

Teks prosedur kompleks

Materi teks prosedur

Soal teks prosedur

Lihat Juga Proses Belajar Ala Zenius di Video Ini

Originally Publish: October, 12 2019
Updated by: Rizaldi Abror

Bagikan Artikel Ini!