contoh kalimat article a an the

Contoh Kalimat Article (a, an, the), Apa Perbedaannya? – Materi Bahasa Inggris Kelas 12

Berbeda dengan Bahasa Indonesia, di dalam kalimat Bahasa Inggris kita mengenal yang namanya articles. Maksudnya gimana, tuh? Nah, coba kalian perhatikan deh, contoh kalimat articles berikut ini.

‘Steve is eating an apple’

Jika kita lihat di dalam kalimat tersebut terdapat huruf ‘an’ yang merupakan bagian dari articles. Kalau di pikir-pikir, kenapa sih, kita harus menggunakan ‘an’? Kenapa bukan ‘a’ atau ‘the’

Nah, penggunaan ‘an’ di dalam kalimat tersebut tentu bukan tanpa sebab guys, melainkan ada alasannya. Kira-kira apa ya, alasannya? Oke deh, langsung saja yuk, kita bahas mengenai perbedaan, penggunaan, serta contoh kalimat articles di bawah ini!

Article (a, an, dan the)

contoh kalimat article
Apa itu a, an, dan the? Kapan a, an, dan the harus digunakan? Yuk baca sampai habis untuk mengetahuinya! (Arsip Zenius)

Articles adalah sebuah kata yang diletakkan di depan kata benda (nouns) untuk memberi informasi tambahan terhadap kata benda tersebut apakah bersifat spesifik atau umum.

Di dalam penggunaannya, ternyata masih banyak orang yang keliru, lho! Padahal, jika salah menempatkan articles (a, an, dan the) dapat berpotensi mengubah makna keseluruhan dari sebuah kalimat. Oleh karena itu guys, untuk menghindari kesalahan penggunaan kita perlu memahami perbedaannya terlebih dahulu. 

Nah, article sendiri terbagi menjadi dua jenis yaitu indefinite dan definite:

1. Indefinite Articles

Yang termasuk indefinite articles adalah ‘a’ dan ‘an’ yang hanya digunakan untuk kata benda umum (general nouns) dan kata benda tunggal (singular nouns). 

Nah, terus kapan ‘a’ dan ‘an’ digunakan? Well, di dalam penggunaannya ‘a’ dan ‘an’ ini memiliki perbedaan nih, guys! 

  1. Articles ‘a’, digunakan sebelum kata benda yang memiliki bunyi huruf awalan konsonan. Contoh kalimat articles ‘a’ antara lain:
  • Do you have a pencil?
  • I have a dog.
  1. Articles ‘an’, digunakan sebelum kata benda yang memiliki bunyi huruf awalan vokal (a, i, u, e, o). Contoh kalimat articles ‘an’ antara lain:
  • I ate an egg yesterday.
  • I am going to bring an apple pie. 

Baca Juga: Caption Text, Struktur, Fungsi & Contohnya! – Materi Bahasa Inggris Kelas 12

2. Definite Articles

perbedaan kalimat article a an the
Apa itu Definite Articles? (Dok. Pixabay)

Yang termasuk definite articles adalah ‘the’ yang digunakan untuk kata benda spesifik (specific nouns) dan dapat digunakan pada kata benda tunggal (singular nouns) maupun jamak (plural nouns). Contoh kalimat articles ‘the’ antara lain:

  • Parasite was the first Korean movie to win the Academy Award for Best Picture. 
  • I bought a shirt. The shirt is blue. 

Baca Juga: 3 Rumus Simple Present Tense dan Contohnya

Contoh Soal Article (a, an, dan the)

contoh soal article a an the, the article given below is incomplete
Contoh soal article a an the, the article given below is incomplete (Dok. Arsip Zenius)
  1. Gambar di atas adalah contoh soal article ‘a’, ‘an’, dan ‘the’ nih, guys. Kira-kira article mana ya, yang cocok untuk mengisi titik-titik di atas? 

A. a, the, the

B. a, the, a

C. a, a, a

D. a, a, the

E. the, a, the

Jawaban: D. a, a, the

Pembahasan: Kata fondue (nama salah satu hidangan asal Swiss) di dalam teks dijelaskan secara umum sehingga tidak merujuk ke sebuah fondue spesifik. Selain itu, yang dijelaskan adalah karakteristik umum bahwa fondue cocok saat musim panas dan pasti akan berantakan/berceceran (messy).

Sementara itu, furniture sebenarnya secara implisit sudah termasuk spesifik, karena kita tahu bahwa furniture yang dirujuk adalah tempat kita meletakkan fondue-nya. Jadi, bukan furniture yang lain. Inilah alasan kita menggunakan indefinite articles untuk fondue dan definite articles untuk furniture.

Baca Juga: Direct and Indirect Speech – Bahasa Inggris Kelas 12

Well, itu dia guys, pembahasan kita hari ini. Setelah menyimak artikel ini pastinya kalian sudah paham dong mengenai penggunaan article a, an, dan the? 

Namun, bagi yang belum paham, kalian bisa mendalami lagi materi hari ini melalui video-video pembelajaran yang ada di Zenius. Gak hanya Bahasa Inggris, kalian juga bisa menemukan video pembelajaran lainnya lho, seperti Matematika, Biologi, Sosiologi, dan lain-lainnya. 

Maka itu, yuk, download aplikasi Zenius sekarang atau klik banner di bawah ini untuk mempelajari materinya!

belajar materi pelajaran bahasa inggris di zenius
Bagikan Artikel Ini!