Contoh Kalimat Article (a, an, the), Apa Perbedaannya? – Materi Bahasa Inggris Kelas 12

Contoh kalimat article (Arsip Zenius)

Dalam pelajaran bahasa Inggris elo akan menemui contoh kalimat article dan kerap kali banyak yang bingung membedakannya, lho. Yuk gue ajak belajar dari contoh kalimat a an the di materi Bahasa Inggris. Kali ini gue mau ajak elo belajar tentang materi ini beserta contoh soal article. 

Pada kalimat Bahasa Inggris kita mengenal yang namanya articles. Maksudnya gimana, tuh? Nah, coba kalian perhatikan deh, contoh kalimat menggunakan article an berikut ini.

‘Steve is eating an apple’.

Jika kita lihat di dalam kalimat tersebut terdapat huruf ‘an’ yang merupakan bagian dari articles. Kalau di pikir-pikir, kenapa sih, kita harus menggunakan ‘an’? Kenapa bukan ‘a’ atau ‘the’?  

Article an digunakan untuk kata yang seperti apa ya?

Nah, penggunaan ‘an’ di dalam kalimat tersebut tentu bukan tanpa sebab guys, melainkan ada alasannya. 

Kira-kira apa ya, alasannya? Oke deh, langsung saja yuk, kita bahas mengenai perbedaan, penggunaan, serta contoh kalimat articles di bawah ini!

Article (a, an, dan the)

contoh kalimat article
Apa itu a, an, dan the? Kapan a, an, dan the harus digunakan? Yuk baca sampai habis untuk mengetahuinya! (Arsip Zenius)

Article  adalah sebuah kata yang diletakkan di depan kata benda (nouns) untuk memberi informasi tambahan terhadap kata benda tersebut apakah bersifat spesifik atau umum.

Di dalam penggunaan contoh kalimat article dalam bahasa inggris, ternyata masih banyak orang yang keliru, lho! Padahal, jika salah menempatkan articles (a, an, dan the) dapat berpotensi mengubah makna keseluruhan dari sebuah kalimat. 

Oleh karena itu guys, untuk menghindari kesalahan penggunaan kita perlu memahami perbedaannya terlebih dahulu. Biar elo makin paham, gue bakal ngebahas juga contoh kalimat article a, an, the secara lengkap beserta contoh soal & pembahasannya

Nah, article sendiri terbagi menjadi dua jenis yaitu indefinite dan definite: Elo juga bakal belajar contoh article a an the di pembahasan berikut ini!

1. Indefinite Articles

Yang termasuk indefinite articles adalah ‘a’ dan ‘an’ yang hanya digunakan untuk kata benda umum (general nouns) dan kata benda tunggal (singular nouns). 

Nah, terus kapan ‘a’ dan ‘an’ digunakan? Well, di dalam penggunaannya ‘a’ dan ‘an’ ini memiliki perbedaan nih, guys! 

  1. Articles ‘a’, digunakan sebelum kata benda yang memiliki bunyi huruf awalan konsonan. Contoh kalimat articles ‘a’ antara lain:
  • Do you have a pencil?
  • I have a dog.
  1. Articles an digunakan untuk sebelum kata benda yang memiliki bunyi huruf awalan vokal (a, i, u, e, o). Contoh kalimat menggunakan article ‘an’ antara lain :
  • I ate an egg yesterday.
  • I am going to bring an apple pie. 

Setelah paham kedua contoh kalimat article di atas sekarang elo paham kan contoh kata a dan an dalam bahasa Inggris bisa digunakan di kata-kata seperti apa.

Baca Juga: Caption Text, Struktur, Fungsi & Contohnya! – Materi Bahasa Inggris Kelas 12

2. Definite Articles

perbedaan kalimat article a an the
Apa itu Definite Articles? (Dok. Pixabay)

Yang termasuk definite articles adalah ‘the’ yang digunakan untuk kata benda spesifik (specific nouns) dan dapat digunakan pada kata benda tunggal (singular nouns) maupun jamak (plural nouns). Contoh kalimat articles ‘the’ antara lain:

  • Parasite was the first Korean movie to win the Academy Award for Best Picture. 
  • I bought a shirt. The shirt is blue. 

Kalau a, an dan the itu dipakai untuk contoh kalimat article dengan proper noun yang countable atau bisa dihitung. The juga bisa dipakai untuk noun yang uncountable juga ya.

Tapi elo juga bisa nggak pakai article apa-apa jika kata bendanya tidak spesifik dan uncountable atau tidak bisa dihitung. Coba kasih contoh kalimat article dan no article di komen ya, lalu bandingkan perbedaannya.

Baca Juga: 3 Rumus Simple Present Tense dan Contohnya

Contoh Soal Article (a, an, dan the)

contoh soal article a an the, the article given below is incomplete
Contoh soal article a an the, the article given below is incomplete (Arsip Zenius)
  1. Gambar di atas adalah contoh soal article ‘a’, ‘an’, dan ‘the’ nih, guys. Soalnya berbunyi “The article given below is incomplete”.  Kira-kira article mana ya, yang cocok untuk mengisi titik-titik di atas? 

A. a, the, the

B. a, the, a

C. a, a, a

D. a, a, the

E. the, a, the

Jawaban: D. a, a, the

Pembahasan: Kata fondue (nama salah satu hidangan asal Swiss) di dalam teks dijelaskan secara umum sehingga tidak merujuk ke sebuah fondue spesifik. Selain itu, yang dijelaskan adalah karakteristik umum bahwa fondue cocok saat musim panas dan pasti akan berantakan/berceceran (messy).

Sementara itu, furniture sebenarnya secara implisit sudah termasuk spesifik, karena kita tahu bahwa furniture yang dirujuk adalah tempat kita meletakkan fondue-nya. Jadi, bukan furniture yang lain. Inilah alasan kita menggunakan indefinite articles untuk fondue dan definite articles untuk furniture.

2. A cannon that once saluted a Sinhalese king and __ diamond looted from __ Indonesian sultan are among thousands of objects seized during __ colonial era whose rightful owners Dutch authorities are intent on tracking down. But establishing who those owners are can be complicated, __ national Rijksmuseum in Amsterdam argues.

It says at least 4,000 objects in its collections have clear ties to __ country’s colonial empire, which spanned some 300 years from the mid-17th century and whose main centers of power were in __ Southeast Asia and the Caribbean.

source: thejakartapost.com

A.no article, an, a, a, the, the

B. a, an, the, the, the, no article

C. a, the, the, the, a, the

D. a, no article, the, the, a, no article

E. the, the, the, a, the, a

Pembahasan:

Tips dari gue nih, kalau ketemu soal yang kayak gini langsung aja eliminasi opsi yang salah banget. Dengan kata lain elo bisa pilih yang tidak sejenis berbeda kelompok di opsi tersebut.

Misal kayak soal di atas banyak pilihan yang dengan jawaban pertama adalah  “a”, maka elo bisa eliminasi pilihan yang awalannya bukan “a”. Tapi tetap lebih baik elo cek dulu kebenarannya di soal ya.

Langsung ke contoh soal article a an the serta no article di atas ya. Kata diamond di atas belum ada penjelasan spesifiknya atau masih umum, seperti kata “A cannon” di awal kalimat. 

Maka, kata “diamond” termasuk dalam indefinite article. Yups, elo pakai article “a” untuk jawab ini.

Kata “Indonesian Sultan” juga belum spesifik nih karena kita belum tau identitasnya. Maka, indefinite article yang elo gunakan adalah “an” karena awalnya berupa huruf vokal.

Selanjutnya kalimat “Colonial era” menunjukkan waktu yang udah spesifik. Nah ini pakai definite article yaitu the. 

 “national Rijksmuseum in Amsterdam” kalimat ini juga menggunakan the, karena sudah spesifik di mana letak dan namanya.

Untuk melengkapi kata “country’s”, elo isi lagi pakai the. Kalau elo teliti country di sini sudah dijelaskan di beberapa bagian seperti  “Indonesian sultan” dan “Singhale King”. Jadi “country” di sini bisa mengacu ke salah satunya.

Nah, elo perlu tahu juga nih, ada beberapa daerah yang tak memerlukan article. Sama seperti “Southeast Asian” yang ada di text. Bagian ini berarti diisi no article ya.

Okay, udah ketemu ya jawabannya adalah B. a, an, the, the, the, no articles

Biar makin paham lagi gue saranin elo untuk latihan secara mandiri dengan membuat 10 contoh kalimat article. Dengan latihan membuat kalimat elo jadi lebih tahu bagian mana yang masih bikin bingung.

Baca Juga: Direct and Indirect Speech – Bahasa Inggris Kelas 12

Well, itu dia guys, pembahasan kita hari ini. Setelah menyimak artikel ini pastinya elo sudah paham dong mengenai penggunaan contoh article a, an, dan the? 

Biar lebih mengerti tentang materi contoh kalimat article elo bisa download aplikasi Zenius sekarang atau klik banner di bawah ini untuk mempelajari materinya. 

belajar materi pelajaran bahasa inggris di zenius
Yuk lanjut belajar lagi1

Belajar Bahasa Inggris tuh nggak sebatas ngerti terjemahannya aja, lho. Elo perlu banyak latihan dan paham konteks bahasa untuk bener-bener paham. Cobain deh kerjain latihan soal dan tryout dengan berlangganan paket belajar Zenius. Nikmatin juga fitur live class buat tanya jawab sama Zen Tutor. Info lengkapnya cek di bawah ini ya!

Contoh Kalimat Article (a, an, the), Apa Perbedaannya? - Materi Bahasa Inggris Kelas 12 9

Selamat belajar!

Originally published December 31, 2021
Updated by Silvia Dwi

Bagikan Artikel Ini!