SMMPTN 2021: Informasi Pendaftaran, Jadwal, dan Pembahasan 9

SMMPTN 2021: Informasi Pendaftaran, Jadwal, dan Pembahasan

Pendaftaran SMMPTN 2021 akan segera dibuka, artikel ini akan memberikan informasi terkini untuk membantu mempersiapkan diri kalian menuju kesuksesan, yuk kita telusuri!

SMMPTN 2021

SBMPTN ataupun SNMPTN bukanlah satu-satunya jalur menuju Perguruan Tinggi Negeri (PTN) impianmu, masih ada cara lain nih yang pasti kamu juga tahu, yaitu jalur mandiri. Setiap PTN biasanya akan menyediakan jalur alternatif berbentuk ujian tertulis bagi kamu yang masih ingin berjuang sampai akhir. Salah satu alternatif tersebut adalah Seleksi Masuk Mandiri Perguruan Tinggi wilayah barat (SMMPTN-BARAT) yang merupakan jalur mandiri bagi sebagian besar PTN yang terdaftar di daerah Sumatera.

Tanggal-tanggal Penting SMMPTN 2021

Jika kamu tertarik mendaftarkan diri mengikuti jalur SMMPTN ini, ada beberapa tanggal penting nih yang harus kamu ketahui dan catat;

  • Pendaftaran peserta SMMPTN-BARAT akan dibuka pada tanggal 17 Mei sampai dengan 21 Juni 2021 pada pukul 16.00 WIB.
  • UTBK SMMPTN-BARAT akan dilaksanakan dari tanggal 28 Juni sampai dengan 7 Juli 2021.
  • Pengumuman kelulusan akan diberikan dari pukul 16.00 WIB pada tanggal 14 Juli 2021

Tempat dan Lokasi Ujian SMMPTN-BARAT 2021

SMMPTN tahun 2021 akan tetap diadakan di PTN terdekat dengan tempat tinggal yang akan kamu daftarkan. Walaupun harus ke suatu tempat untuk melakukan ujian, jangan takut dan khawatir, karena protokol kesehatan akan dijadikan prioritas agar tidak ada penularan Covid-19. Seperti ujian mandiri lainnya, SMMPTN 2021 akan diadakan dalam bentuk Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) juga. Jadi, kalau kamu ingin mempersiapkan diri dengan me-review ulang pelajaran sekolah dari tahun ke tahun, yuk kunjungi  Zenius untuk memahami materi yang mungkin akan keluar lebih dalam lagi.

PTN terdaftar di SMMPTN-BARAT 2021

Ada 17 PTN yang terdaftar di dalam penyelenggaraan SMMPTN-BARAT yang akan diselenggarakan pada tanggal 28 Juni sampai dengan 7 Juli 2021, yaitu;

  • Universitas Syiah Kuala (USK)
  • Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta)
  • Universitas Bengkulu (Unib)
  • Universitas Jambi (UNJA)
  • Universitas Lampung (Unila)
  • Institut Seni Indonesia (ISI) Padangpanjang
  • Universitas Palangkaraya (UPR)
  • Universitas Malikussaleh (Unimal)
  • Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH)
  • Universitas Bangka Belitung (UBB)
  • Universitas Teuku Umar (UTU)
  • Institut Teknologi Sumatera (ITERA)
  • Institut Seni dan Budaya Indonesia (ISBI) Aceh
  • Universitas Samudra (Unsam)
  • Universitas Riau (UNRI)
  • Universitas Siliwangi (Unsil)
  • Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta (UIN Jakarta)

Persyaratan

Sebelum kita masuk ke cara mendaftar, pahami dulu yuk beberapa persyaratan resmi untuk mengikuti SMMPTN 2021 yang diambil dari website resmi SMMPTN-BARAT

  1. Pendaftaran
    1. Bagi lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat dan Paket C, harus memiliki ijazah.
    2. Bagi lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat dan Paket C tahun 2021, telah memiliki Surat Keterangan Lulus yang memuat sekurang-kurangnya informasi jati diri, pas foto yang bersangkutan, serta dibubuhi cap yang sah.
    3. Peserta seleksi dalam kondisi kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu proses pembelajaran pada program studinya.
    4. Ijazah adalah 3 tahun terakhir 2019, 2020, dan 2021 kecuali untuk beberapa universitas:
      • UMRAH, UNJA, UTU dan Unimal tahun ijazah 5 tahun terakhir (2017, 2018, 2019, 2020, dan 2021);
      • ISBI Aceh menerima tahun ijazah 10 tahun terakhir yaitu mulai ijazah dari tahun 2012 sampai dengan 2021 dan Paket C maksimal umur 25 tahun; dan
      • UPR 3 tahun terakhir (2019, 2020, dan 2021) untuk Fakultas Kedokteran dan 5 tahun terakhir (2017, 2018, 2019, 2020, dan 2021) untuk fakultas lainnya.
  2. Penerimaan
    Peserta seleksi lulus pendidikan menengah, lulus SMMPTN 2021, sehat, dan memenuhi persyaratan lain yang ditetapkan oleh masing-masing PTN penerima, termasuk besaran nilai UKT dan Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI) atau Biaya Pengembangan Institusi (BPI) yang besarnya dapat dilihat pada website perguruan tinggi masing-masing.

Biaya Pendaftaran SMMPTN 2021

Biaya yang harus kamu bayarkan jika ingin mendaftar adalah Rp 350.000,-. Biaya ini sudah termasuk biaya seleksi dan harus dibayarkan segera setelah mendaftarkan diri kalian. Biaya yang sudah dibayarkan tidak bisa diambil kembali dengan alasan apapun ya.

Tata cara Pendaftaran dan Pembayaran

Setelah yakin bahwa kamu sudah sesuai dengan persyaratan dan siap melaksanakan ujian mandiri ini, daftarkanlah dirimu melalui link https://pendaftaran.smmptnbarat.id/. Kalau kamu coba mendaftar sebelum tanggal 17 Mei 2021, jangan panik kalau link tidak berhasil membantu ya, ini mungkin karena pendaftarannya memang belum dibuka. Dengan mendaftar, kamu akan mendapatkan pin dan ID bayar untuk akun pribadimu. Nah, setelah berhasil mendaftar dan mendapatkan pin, kamu bisa lanjut ke pembayaran dengan tata cara sebagai berikut;

  1. Memiliki ID Bayar dan PIN (bisa didapatkan apabila sudah mendaftarkan diri melalui link pendaftaran.)
  2. Malekukan pembayaran biaya seleksi sebesar Rp 350.000 di Bank Mandiri/BTN/BNI/BSI menggunakan ID bayar yang sudah kamu miliki.
  3. Bank akan menerima pembayaran berdasarkan ID bayar calon peserta.
  4. Bank akan melakukan penandaan (flagging) bahwa biaya seleksi untuk ID bayar yang sudah dibayar.
  5. Bank akan mencetak tanda bukti pembayaran.
  6. Kamu akan menerima tanda bukti pembayaran tersebut.
  7. Setelah sukses melakukan pembayaran, log in di laman https://pendaftaran.smmptnbarat.id/ dengan menggunakan ID bayar dan PIN yang kamu miliki untuk menuntaskan proses pendaftaran.

Cara pembayaran berdasarkan bank mitra yang terdaftar (bank Mandiri, BTN, BNI atau BSI) bisa kalian telusuri lebih lanjut di laman tata cara pembayaran, ada berbagai panduan pembayaran yang dijelaskan dengan lengkap disana, pahami dengan seksama dulu ya sebelum melanjutkan pembayaran supaya tidak terjadi kesalahan.

Setelah berhasil mendaftar dan melakukan pembayaran, jangan lupa untuk pantau terus informasi lebih lanjut sampai hari pengumuman tiba ya. 

Sekian sesi informasi seputar ujian jalur mandiri SMMPTN 2021, semoga artikel ini membantu kalian mengenal lebih dalam tentang alternatif menuju PTN pilihanmu. Semangat dan sukses terus ya!  Kalau butuh bantuan untuk mengerti materi-materi pelajaran yang mungkin masuk dalam ujian, yuk belajar bersama Zenius melalui aplikasi dan website kami melalui https://www.zenius.net/ .  Sampai jumpa di artikel berikutnya!